Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Mudah Daftarkan Web Di Google Search Console

Posting Komentar
Assalamualaikum sahabat bunda imut ;)
Memasang Google search console

Tulisan kali ini adalah melengkapi tulisan saya sebelumnya yang berjudul Tentang Google Analytics, karena tulisan yang saya tulis ini berkaitan erat dengan google Analytics, tentang bagaimana cara mudah mendaftarkan website kita di google search console.

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa salah-satu tools yang wajib dimiliki oleh pemilik website adalah Google Search Console. Tools ini sebelumnya mempunyai nama Google Webmaster, tetapi untuk saat ini sudah berubah menjadi Google Search Console. Tools ini dibuat oleh Google dengan salah satu fungsinya yaitu memonitor kinerja website kita di pencarian organik atau mesin pencari.

Tapi tak hanya itu, GSC ini juga bisa melihat kerusakan yang ada di website kita lho, selain itu masih ada banyak lagi manfaat yang tentunya berguna untuk website kita menjadi lebih baik lagi. Nah, salah-satu yang harus dilakukan adalah mendaftarkan website kita ke Google Search Console. Jika sahabat tidak tahu cara mendaftarkan ya, jangan khawatir karena di artikel ini saya akan menuliskan tentang bagaimana cara mendaftarkan website kita ke Google Search Console sampai berhasil terverifikasi. Tetapi sebelum kita masuk ke pokok pembahasan, berikut saya tuliskan tentang pengertian Google Search Console itu sendiri.

Pengertian Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah tools gratis yang disediakan oleh Google dengan salah satu fungsinya adalah untuk bisa melihat kinerja website yang kita miliki di pencarian organik Google. Tools ini sangat bermanfaat untuk digunakan bagi setiap pemilik website yang menginginkan websitenya menjadi optimal juga untuk melihat sejauh mana perkembangan website kita dan artikel mana yang paling banyak diminati dan disukai oleh pengunjung website kita sesuai mesin pencarian.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Website di Google Search Console

Memasang Google search console

Dibawah ini adalah langkah-langkah dan panduan yang bisa sahabat ikuti untuk bisa mendaftarkan website ke Google Search Console.

Langkah 1: Buat Akun Google

Silahkan melakukan langkah yang pertama yaitu membuat akun Google terlebih dahulu. Setelah itu silahkan masuk ke halaman https://search.google.com/search-console/.

Langkah 2: Memasukkan Domain

Langkah selanjutnya yaitu masukkan nama domain web kita, silahkan ikut langkah berikut
  • Buka Webmaster Tools.
  • Klik Add Property.
  • Pilih “Website”.
  • Pilih “Website” dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
  • Klik “Continue”.
  • Pilih Cara Verifikasi.
Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang memungkinkan untuk kalian pakai ya.
  • Tambahkan Domain Secara Terpisah.

Langkah 3: Verifikasi

Langkah lengkap baca dibawah ini ya

  • Silakan akses Google Webmaster Tools dan login menggunakan akun Google yang kalian punya. Setelah berhasil login, klik tombol ADD A PROPERTY, tambahkan URL website dan klik tombol Add.
  • Di halaman selanjutnya, sahabat akan diminta untuk melakukan verifikasi kepemilikan dari website yang akan di tambahkan. 
  • Silakan klik Alternate methods dan pilih HTML tag, kemudian copy meta yang tampil untuk dipastekan di dalam tag <head> website Anda. Silakan lanjut ke langkah selanjutnya sampai muncul tombol VERIFY.
Jika sudah selesai, nanti akam tampil pop up dengan keterangan “Kepemilikan telah diverifikasi” maka website sudah berhasil di daftarkan ke GSC.


Setelah tahu cara mendaftarkan website ke akun GSC, apa sih sebenarnya pentingnya jika kita sudah berhasil memasang untuk web kita?

Manfaat Google Search Console

Inilah beberapa manfaat Google Search Console yang bisa kita dapatkan jika berhasil menggunakannya:
  • Mendapat notifikasi jika ada error di website
  • Melihat kata kunci paling diminati untuk website kita
  • Melihat halaman paling populer di website
  • Mengetahui link error pada website
  • Mengetahui perangkat yang digunakan visitor
  • Mengetahui jumlah backlink ke website
  • Submit sitemap
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya

Cara Menambahkan Sitemap

Jika sahabat sudah selesai mendaftarkan website ke Google Search Console, maka langkah berikutnya yaitu menambahkan sitemap. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak caranya dibawah ini :
  1. Klik menu sitemap di sebelah kiri Google Search Console.
  2. Masukkan URL Sitemap
  3. Setelah itu masukkan URL sitemap atau peta situs website kita. Secara umum URL sitemap website yaitu sitemap.xml.
  4. Selesai sudah memasukkan sitemap website ke Google Search Console.

Penutup

Nah, itulah beberapa panduan tentang cara mendatarkan website ke Google Search Console. Semoga langkah-langkah diatas bisa mudah dimengerti dan bermanfaat untuk kalian gunakan ya.
Cara memasang Google search console



Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.







Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email