Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tentang Google Analytics

Posting Komentar

Assalamualaikum ;) 

Google Analytics

Menuju materi terakhir kelas Blogspedia Coaching Batch1, dimana coach Marita memberikan materi tentang GA atau Google Analytics, sayapun sebelumnya pernah mendengar tentang GA ini, meskipun saya belum berani memasangnya di blog saya. Namun, berbekal nekat dan mengikuti langkah demi langkah yang diberikan mbak Marita, akhirnya saya bisa memasang tools itu pada blog yang saya punya.

Sebelumnya, saya mau menuliskan tentang apasih google Analytics itu? Buat sahabat bunda imut yang mau tau, simak selengkapnya disini ya

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah layanan untuk menganalisa web atau platform apapun yang terhubung secara online dan diberikan secara gratis oleh google. Layanan ini merupakan bagian dari google marketing platform dan terdapat juga dengan versi berbayar yang lebih canggih.

Google Analytics itu adalah perlu bahkan wajib dimiliki untuk sahabat yang mempunyai situs web. Jika Anda ingin melakukan iklan pada google seperti beriklan menggunakan google ads ataupun Facebook ads, bisa juga jika Anda menginginkan untuk menggunakan jasa seorang influence. Tools ini wajib anda miliki dan harus Anda perhitungkan keberadaannya. Karena tools ini akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki suatu bisnis yang berhubungan dengan dunia online.

Tipe Laporan Dasar Yang Dihasilkan Google Analytics

Seperti yang kita tahu, bahwa GA adalah sebuah pelaporan atas sebuah situs, berikut adalah beberapa laporan dasar yang bisa kita ketahui dari Google Analytics

  • Laporan Real Time
Google Analytics

Google Analytics

Google Analytics


Adalah sebuah laporan secara terkini dalam suatu situs yang dihasilkan dalam jangka waktu 30 menit terakhir. Laporan ini berisi beberapa hal penting, seperti asal mula pengunjung, lokasi halaman yang dituju, pelacakan tombol dan pelaporan konvensi dan sebagainya. Pelaporan dalam GA, pada umumnya biasanya mengalami jeda antara 4 hingga 40 jam, dan laporan real time ini hanya berlaku untuk maksimal 30menit terakhir.

  • Laporan Pengunjung atau Audience Report
Dalam laporan pengunjung ini, ada beberapa hal yang bisa kita gali dengan pertanyaan siapa saja pengunjung situs kita?, berikut adalah beberapa hal yang bisa kita dapatkan dari laporan pengunjung: 
- Demografi pengunjung yaitu memuat informasi tentang dari mana asal pengunjung situs kita, dari kota mana dan usia berapa saja
- Perangkat yang digunakan oleh pengunjung, apakah melalui komputer dekstop atau melalui perangkat seluler atau smartphone. Disini terkadang juga memuat info tentang merk dari perangkat yang digunakan pengunjung lho.
- Gaya hidup pengunjung atau affinity. Dalam hal ini, google berusaha untuk mengidentifikasikan tentang gaya hidup pengunjung situs kita 
- Minat pengunjung (In-Market), hal apa sih yang diminati pada pengunjung kita? Apa yang sedang mereka cari saat ini?
- Pengunjung baru dan pengunjung yang sudah pernah berkunjung sebelumnya. Jadi kita bisa tahu berapa pengunjung lama dan pengunjung baru situs kita.

  • Laporan Akuisisi Pengunjung (Acquisition)
Dalam laporan ini, khusus untuk sahabat bunda imut yang bertanya "Bagaimana bisa, mereka datang ke blog saya?". Laporan ini juga termasuk laporan yang sering dibuka oleh pemasar, karena di dalamnya terdapat dampak dari beragam kegiatan pemasaran online tentang kunjungan situs atau traffic.

Ada beberapa hal yang bisa terlihat dari Acquisition ini, diantaranya adalah 
- Bagaimana kegiatan SEO kits, promosi AdWords yang kita gunakan, Facebook, influencer yang kita lakukan sehingga bisa menghasilkan kunjungan
- Apakah kunjungan yang datang secara singkat atau benar-benar menjadikan sebuah goals
- Apa saja yang perlu dilakukan diantara kanal pemasaran yang perlu kita tingkatkan.

  • Laporan Perilaku Pengunjung (Behavior)
Dalam laporan ini, berlaku untuk Anda yang bernama tentang "Apa yang mereka lakukan terhadap situs saya? bagaimana performa situs saya?"
Dalam laporan perilaku ini, ada banyak wawasan yang dapat kita peroleh, antara lain adalah 
- Halaman yang paling banyak dibuka oleh pengunjung
- Kecepatan sebuah situs kita
- Apa yang dicari pengunjung situs kita?
- Apakah pengunjung kita melakukan tindakan seperti mendownload, memutar video, atau melakukan tindakan interaksi lainnya.

  • Laporan Konversi (Conversions)
Adalah laporan untuk pertanyaan "Apakah perilaku pengunjung sesuai dengan apa yang saya inginkan?"
Nah, inilah yang paling penting dalam bisnis kita. Yaitu melacak konversi. Konversi disini adalah sesuatu yang kita inginkan dilakukan oleh pengunjung situs kita. Beberapa hal yang bisa kita tahu dengan laporan ini antara lain
- Melacak proses terjadinya goal dan membutuhkan waktu berapa lama, berapa kali kunjungan dan melalui media apa pengunjung mengunjungi situs kita
- Jika Anda adalah toko online, kita bisa melihat bagaimana performa keranjang belanja kita, produk apa saja yang sering dimasukkan dalam kantong belanja dan jika Anda menyediakan Kulo, seberapa banyak dan sering kupon tersebut digunakan.

  • Google Analytics Lebih Dari Hanya Sebuah Laporan Dasar Situs
Jika Anda belum puas dengan laporan yang termuat, dibawah ini masih ada beberapa kelebihan dari platform ini yang bisa Anda gunakan, antara lain adalah
- Membuat laporan berdasarkan segmen tertentu
- Membuat laporan turunan baru dari laporan dasar
- Melacak dampak kampanye offline
- Membuat pengelompokan
- Membuat group pengunjung
Lantas, siapa yang perlu dan wajib untuk menggunakan tools ini?
Tools ini wajib dimiliki untuk Anda pemilik sebuah situs, platform yang wajib digunakan untuk pemilik bisnis ataupun webmaster. Andapun juga bisa memberikan akses pada pihak ketiga untuk bisa bersama-sama melacak sebuah kampanye iklan yang Anda buat.

Manfaat Google Analytics

  • Membantu pelaporan kegiatan pemasaran online dalam satu platform
  • Membantu mengenal perilaku pelanggan berdasarkan data yang diterima
  • Mencari wawasan baru dalam hal bisnis berdasarkan data aktual

Demikian sedikit ulasan tentang Google Analytics serta kegunaan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan tools ini. Semoga ulasan ini bermanfaat ya. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ;) 




Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email