Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Memanfaatkan Blog Sebagai Strategi Sosial Media

1 komentar
Konten [Tampil]
Assalamualaikum sahabat bunda imut ;)
Tipe memanfaatkan blog untuk sosial media

Sudah hari ke-29 nih event One Day One Post Indonesia Content Creator, nggak kerasa sebentar lagi berakhir. Detik-detik hari terakhir temanya tentang blogging dan sosial media. kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana cara memanfaatkan blog yang kita punya menjadi salah satu strategi content marketing yang bisa meningkatkan strategi sosial media kita. Bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai habis ya, hehhehee.

Seperti yang kita tahu, sebuah konten atau banyak disebut dengan content marketing adalah suatu strategi yang banyak dilakukan oleh para digital marketer. Kita bisa menganggapnya sebagai suatu strategi yang mencakup berbagai macam media termasuk postingan artikel, video,ebook, slideshow dan lain sebagainya.

Akan tetapi, sosial media sekaran ini bisa dibilang media yang paling lengkap dari seluruh content marketing, kenapa? Coba sahabat perhatikan. Ketika kita memposting suatu konten di sosial media, entah itu bersumber dari diri sendiri atau atas reverensi dari orang lain, pada dasarnya Anda sudah menjalankan sebuah content marketing. Artinya, ketika sahabat berhasil memposting suatu konten di sosial media, otomatis itu akan membangun sebuah branding, menghasilkan leads dan sebuah konversi. Dan jika tingkat konversi content marketing Anda sangat tinggi, maka akan semakin banyak pula waktu juga biaya yang dibutuhkan untuk sebuah content marketing.

Jadi, sosial media dan pemasaran konten pada dasarnya adalah suatu hal yang sama. Anda tidak dapat melakukan sosial media marketing tanpa melakukan content marketing. Intinya adalah sangat penting untuk mengetahui bahwa strategi sosial media tidaklah terlepas dari strategi content marketing kita. Jika kedua strategi tersebut dikombinasikan akan sangat bagus. Keduanya akan menjadi lebih efektif ketika digunakan dengan selaras.

Berikut adalah beberapa cara atau strategi content marketing dengan memanfaatkan blog untuk meningkatkan strategi sosial media marketing.

Memanfaatkan Blog Untuk Meningkatkan Strategi Sosial Media

  • Pilih Platform Sosial Media Yang Tepat

Jumlah pengguna aktif sosial pada media di Indonesia adalah hampir mencapai 80 juta pengguna. Bayangkan jika Anda menggunakan sosial media untuk pemasaran yang pengguna aktifnya ada 80 juta pengguna, itu bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk kita bukan?

Dizaman sekarang ini, platform sosial media yang bisa dipilihpun telah melimpah, jadi keberhasilan strategi content marketing Anda, sebagian besar akan bergantung pada pemilihan kombinasi yang tepat dari platform atau channel sosial media yang Anda pilih.

Hal ini untuk memungkinkan Anda secara efektif mencapai demografi target pasar atau konsumen Anda, dan agar posting konten Anda bisa dengan mudah dibaca dan dimengerti oleh mereka atau orang yang akan menikmati konten Anda.

Menurut data dari we are sosial, media sosial Facebook menjadi yang teratas sebagai sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, dan yang kedua adalah Twitter. Apakahitu artinya Facebook menjadi yang paling bagus untuk mendistribusikan konten Anda? Bisa jadi, namun itu bukanlah hal yang mutlak.

Sebenarnya ada faktor lain yaitu target pasar dan jenis bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa mengggunakan Facebook sebagai pilihan Anda jika tidak ingin terlalu repot. Karena banyak orang dengan berbagai latar belakang, minat, dan usia yang menggunakan Facebook. Jadi kemungkinan besar target pasar Anda juga ada di Facebook.

Namun, karena pengguna yang sangat besar, bisa jadi kurang dari 1% dari pengguna aktif tersebut menyukai dan berinteraksi dengan Page Facebook Anda. Maka dari itu kualitas konten yang Anda buat harus tinggi. Selain itu, Anda bisa menggunakan iklan Facebook juga.

Untuk Twitter, jika website atau bisnis Anda mempunyai target pasar yang berusia muda Anda bisa menggunakannya. Di satu sisi, pengguna Twitter Indonesia lebih tertarik dengan konten-konten singkat dan bersifat santai. Di sisi lain, banyak pula pengguna Twitter yang lebih suka dengan link ke website.

Jadi Anda bisa menggunakan konten dengan link ke website yang menuju konten Anda, jika bisnis Anda mempunyai target pasar yang berusia muda

  • Cara Memanfaatkan Blog dengan Mendistribusikannya di Sosial Media

Cara memanfaatkan blog selanjutnya adalah mendistribusikannya di sosial media. Hal yang menakjubkan dari sosial media adalah menyediakan Anda sarana agar konten Anda bisa menyebar dan dilihat oleh banyak orang.

Seperti misalnya saat Anda hanya menulis posting blog baru. Jika Anda hanya klik “Publish” dan berhenti di situ tidak melakukan apa-apa lagi, pembaca setia blog Anda akan melihatnya, namun tidak akan lebih menyebar kecuali Anda adalah seoarang expert atau orang yang sudah ahli dalam topik tertentu.

Tetapi jika Anda mendistribusikan postingan di sosial media, Anda dapat dengan mudah menyebarkan konten Anda pada orang-orang yang lain, menjadi lebih luas penyebarannya. Semakin banyak sosial media yang digunakan dan semakin besar jumlah follower Anda, lebih banyak eksposur yang akan Anda dapatkan.

  • Mengatur Jadwal Postingan Blog

Kemarin, saat ikut kelas tentang engangment sosial media, salah satu materinya adalah tentang cara menjalankan content marketing  atau kampanye sosial media adalah bisa kacau jika kita terburu-buru untuk memposting suatu konten.

Tanpa perencanaan, Anda akan benar-benar kewalahan, dan itu mungkin akan mengurangi efektivitas kerja Anda. Jadi bagaimana agar Anda tidak kewalahan?

Sebuah kalender konten akan sangat membantu dan ini bisa menjadi cara terbaik untuk menggabungkan sosial media dengan strategi content marketing. Tidak hanya akan membuat Anda lebih terorganisir, hal ini juga dapat berkontribusi dan memeberi efek positif pada keseluruhan dari kampanye.

Itu karena bisa lebih transparan dan akuntabel, dan Anda dapat melihat apa yang perlu diposting, kapan konten tersebut diposting dan diposting pada sosial media yang mana. Ini juga menjamin bahwa Anda tidak mengabaikan sosial media yang lain ketika Anda lebih banyak posting di sosial media lainnya (misalnya, posting tujuh kali seminggu di Facebook dan hanya sekali pada LinkedIn).

Dengan kata lain, hal ini membantu Anda tetap seimbang. Dalam hal efektivitas menurut Content Marketing Institute, 60 persen dari mereka yang memiliki strategi dokumentasi lebih bagus dalam hal efektivitas konten pemasaran, dibandingkan dengan 32 persen dari mereka yang memiliki strategi verbal.

Hal ini menunjukkan bahwa membuat kalender konten hampir dapat melipatgandakan efektivitas Anda. Jadi, bagaimana Anda membuat kalender konten?
Anda bisa menggunakan spreadsheet, baik melalui Excel atau Google Sheets itu sudah cukup, terutama jika Anda baru memulainya. 

  • Memanfaatkan Tombol Sosial Share

Cara memanfaatkan blog untuk sosial media marketing selanjutnya adalah menggunakan tombol sosial share. Tapi kami perhatikan masih banyak juga yang tidak memanfaatkan keuntungan dari tombol sosial share ini.

Jika Anda belum tahu apa itu tombol sosial share, ini hanyalah ikon sosial media kecil yang bisa Anda lihat di website untuk memungkinkan pengunjung berbagi konten dengan teman-temannya.

Pengunjung cukup klik ikon sosial media tersebut, lalu akan secara otomatis akan berbagi konten jika mereka sudah log in di salah satu platform sosial media yang diklik tersebut. Dengan menyiapkan tombol share sosial, Anda dapat memaksimalkan perputaran konten yang Anda publikasikan di website/ blog Anda.

Ini seperti memiliki pengunjung website yang mempromosikan konten di sosial media untuk Anda. Hal yang cukup mudah untuk menginstal tombol sosial share ini, cukup membutuhkan beberapa menit saja.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara memanfaatkan blog untuk meningkatkan strategi sosial media marketing sosial media kita. Jika Anda mempunyai cara memanfaatkan blog untuk strategi sosial media yang lain, Anda bisa berbagi bersama dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh




Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

1 komentar

  1. Aku berhenti di hari ke-16, Mbak. Dan tulisan ini worth banget, mengingatkan saya untuk menata lebih baik memanage blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email