Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamualaikum sahabat bunda imut ;)
Tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis

Waah, nulis apa ya? Hehhehehe. Kali ini sharing yuk tentang bagaimana sih cara dan tips untuk mengubah hobi menjadi peluang bisnis, menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan yang pastinya akan memberikan keuntungan untuk kita. 

Seperti yang kita tahu, bahwa setiap orang sudah pasti akan memilki cara tersendiri dalam mengelola hidupnya, begitu juga dengan hobi mereka. Ngomongin soal hobi nih, sahabat bunda imut pasti udah tahu kan, bahwa hobi yang dimiliki setiap orang pasti berbeda-beda, meskipun banyak juga yang sama sih, seperti hobi saya ini, menulis. Diluar sana banyak sekali orang lain yang hobinya juga sama-sama suka menulis, itulah kenapa banyak organisasi atau perkumpulan yang terbentuk dari orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Salah satunya adalah komunitas menulis Indonesia Content Creator ini.

Sadar atau enggak, jika sahabat bisa lebih jeli untuk bisa mengelola hobi tersebut, sahabat bisa mendapatkan dan memiliki nilai jual yang dapat dijadikan peluang usaha lho. Karena di zaman sekarang ini juga sudah banyak sekali pelaku bisnis yang telah merasakan kesuksesannya dari caranya mengubah hobi yang disukainya menjadi sebuah bisnis.

Apalagi jika sahabat melakukan suatu pekerjaan yang didasari oleh perasaan suka dari hati, pekerjaan yang sebenarnya berat akan terasa ringan. Itu semua terjadi karena kalian melakukannya tanpa merasa terbebani dengan pekerjaan atau hal-hal yang tak terduga di dalamnya, karena sekali lagi, kalian melakukannya atas dasar suka dan sayang dengan pekerjaan kalian.

Nah, jika kalian ingin bisa mendapatkan penghasilan sekaligus bisa menyalurkan hobi, artikel ini akan menuliskan tentang pertanyaan kalian, yuk baca artikelnya dibawah ini ya

5+ Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Apa saja sih tips dan trik agar kalian bisa mendapatkan penghasilan dari hobi yang kalian miliki? 

1. Ajarkan hobi yang Anda Sukai

Ini adalah cara yang sangat mudah untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hobi sahabat. Misalnya nih, seperti saya yang suka sekali menulis, maka saya akan membuat tulisan saya agar bisa lebih banyak dibaca orang, membuat tulisan saya agar bisa membuat orang tertarik untuk membaca, dan sayapun juga menawarkan tulisan saya ke banyak orang untuk bisa dimuat. Tentunya sayapun tak lupa untuk terus melakukan upgrade dan perbaikan juga pengembangan diri agar kemampuan saya dan hobi yang saya punya makin berkembang dan menjadikannya bisa menghasilkan uang. 

2. Menentukan Hobi Yang Paling Disukai Dan Memiliki Nilai Jual 

Menentukan hal yang paling kalian senangi, merupakan kriteria penting bahwa hobi tersebut haruslah memiliki nilai jual. Karena sesuai tujuan awal, melalui hobi ini kalian berharap ingin mendapatkan keuntungan kan?

Misalnya saja sahabat mempunyai hobi membuat kue, karena hal ini sudah umum dilakukan banyak orang, untuk alternatifnya agar tetap memanfaatkan hobi yang kalian sukai, gunakan jalan lain dengan menjual bahan-bahan ataupun alat pendukung untuk membuat kue. Tentunya jika hobi itu benar-benar kegiatan yang kalian sukai, maka sudah pasti sahabat akan sangat paham dengan bahan dan peralatan apa saja yang bagus untuk digunakan. Jadi, mulai sekarang tentukan hobi apa yang paling sahabat sukai dan yang terpenting pastikan hal itu bisa jadi peluang bagus untuk berbisnis.

3.Mengenali Dengan Baik Target Pasar Anda

Setelah berhasil membangun strategi yang efektif dalam menjual, selanjutnya lakukan survei ke beberapa lokasi yang menjadi target pemasaranmu. Dengan berbekal pengetahuan yang baik dalam hobi tersebut, pastinya sahabat sudah sangat memahami tentang apa yang paling konsumen perlukan saat ini.

Misalkan sahabat memiliki hobi di bidang seni, cobalah untuk mencari tahu tentang apa saja trend yang sedang banyak diminati masyarakat, pastikan trend itu paling banyak dicari oleh para pencinta seni ya. Dengan menentukan target pasar yang baik, arah bisnis yang sudah direncanakan akan semakin jelas dan menjalankannya pun juga semakin mudah.

4. Perluas Pengetahuan Dan Wawasan 

Langkah yang selanjutnya harus sahabat lakukan adalah mengkombinasikan antara keterampilan dan gairah yang kalian miliki. Kalian bisa menggunakan pengetahuan yang kalian punya untuk mengembangkan hobi tersebut. Misalnya jika kalian memiliki skill bermusik, maka jangan berhenti dalam usaha jasa pelatihannya saja, tetapi cobalah kembangkan dan ciptakan peluang ide bisnis baru seperti membuat studio penyewaan alat musik atau menjual peralatan musik secara online.

Pikirkanlah segala macam hal yang dapat kamu lakukan, setelah itu hubungkan ide-ide tersebut dengan hobi yang sahabat punyai. Dengan begitu sahabat bisa mengembangkan bisnis serta mendatangkan pendapatan yang lebih besar.

5. Mulailah Menciptakan Brand Kalian

Dalam hal ini cobalah untuk lebih memanfaatkan media sosial untuk melakukannya. Sebagai langkah awal, buatlah akun Instagram dan Facebook sebagai sarana media promosi bisnis. Selain itu sahabat juga bisa membuat Blog atau situs berbayar yang lebih memenuhi standar untuk memasarkan produk usaha kepada banyak orang.

6.Gabung Dan Bangunlah Sebuah Komunitas

Memiliki hobi, tentu hal ini akan sangat berkaitan erat dengan sebuah perkumpulan atau komunitas. Dengan ini jelas bahwa kalian sudah mempunyai jaringan yang bagus untuk berbisnis.

Biasanya di dalam komunitas terdapat banyak sekali orang yang bisa dijadikan calon konsumen. Selain itu sahabat juga bisa memperkaya pengetuhan mengenai hal yang berkaitan dengan hobi tersebut dan mengikuti perkembangan yang sedang ramai saat ini.

Seperti hobi saya yang suka menulis, saya harus banyak bergabung dengan komunitas-komunitas literasi dan grup-grup menulis agar saya bisa mendapatkan lebih banyak ilmu dalam dunia tulis menulis, dan hal inipun bukan tidak mungkin akan bisa mempertemukan saya dengan calon klien yang nantinya akan tertarik dengan tulisan yang saya buat.

Jadi, mulai sekarang yuk lebih aktif untuk  membangun sebuah komunitas dengan cara mempromosikan diri kepada orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kalian . Setelah itu bangunlah komunitas yang kalian miliki dengan baik dan konsisten, agar dapat menghasilkan sesuatu yang lebih menguntungkan untuk kalian depannya.

Semoga sharing dan tulisan saya tentang tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis bermanfaat ya ;) 
Jika sahabat punya hobi yang sudah berhasil mendatangkan keuntungan, silahkan tulis dikolom komentar untuk bisa memotifasi lebih banyak orang.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar