Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tadabbur Al-qur'an Surat Al-Ashr

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamualaikum sahabat bunda imut ;) 
Tadabbur Al Qur'an surat An-Nashr

Masuk hari ke-15 Bertema tengang Islam. Menulis untuk One Day One Post Indonesia Content Creator hari ini saya mau mencoba menuliskan dan mencoba mengajak pembaca setia blog ini untuk tadabbur surat Al-Ashr.

Tadabbur surat Al 'Ashr

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran" (QS. Al 'Ashr).

Surat Al 'Ashr adalah surat dalam Al Qur'an yang banyak dihafal oleh orang Islam, kaum muslimin banyak sekali yang hafal surat ini diluar kepala, alasannya adalah karena surat ini pendek dan mudah untuk dihafal. Namun sangat disayangkan, sedikit sekali di antara kaum muslimin yang dapat memahami surat tersebut. Padahal, meskipun surat ini pendek, kandungan per ayatnya memiliki arti yang bisa dibilang sangat mendalam.

Bisa dibilang, surat ini adalah surat yang dapat membawa keselamatan dan keberuntungan besar dalam perjalanan panjang seorang manusia.

Dimulai dengan firman Allah SWT kepada salah satu makhluk-Nya, yaitu waktu. Menurut para ulama, jika Allah subhanahu wa ta'ala telah bersumpah dengan makhluk-Nya, maka Diapun menunjukkan bahwa ciptaan-Nya ini memiliki nilai urgensi yang sangat tinggi.

Waktu

Ya, makhluk Allah yang kita berjalan diatasnya, detik demi detik, hari demi hari, bahkan tahun hingga tahun. Sudah barang tentu, ia adalah hal yang sangat penting. Karena dengannya lah, hidup ini berjalan, dan terus berjalan. Hingga suatu saat nanti kita akan meninggalkan dunia. Maka dengan berjalannya waktu, kita sebenarnya sedang berjalan setapak demi setapak menuju kematian. Maka apa yang sudah kita siapkan menuju kematian itu?

Kemudian Allah melanjutkan, 
"sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian."
Kerugian yang dimaksud dalam ayat ini bisa bersifat mutlak, artinya seorang merugi di dunia dan di akhirat, tidak mendapatkan kenikmatan dan berhak untuk dimasukkan ke dalam neraka.

Bisa jadi ia hanya mengalami kerugian dari satu sisi saja, di dunia atau di akhirat. Oleh karena itu, dalam surat ini Allah mengeneralisir bahwa kerugian pasti akan dialami oleh manusia kecuali berpegang pada agama Islam.

Kandungan Surat An-Ashr Sebagai Pelajaran Bagi Umat Muslim

Berikut beberapa kandungan surat An-Nashr yang bisa kita gunakan sebagai bahan pelajaran, diantaranya adalah 
Tadabbur Al-qur'an surat Al-Ashr

Tentang Umat Manusia Yang Merugi

Dalam surat ini, Allah menjelaskan bahwa semua manusia akan merugi, entah itu orang miskin, orang kaya, orang berpangkat, tak berpangkat, baik tua maupun orang muda. Namun, kerugian itu tidak akan datang dan menghampiri orang-orang yang beriman, beramal shaleh, orang yang saling menasehati untuk kebenaran serta dalam kesabaran. Maksud kerugian yang sangat ditekankan disini adalah termuat pada ayat pertama, yaitu perihal masa atau waktu.

Pengingat Agar Tidak Membuang-buang Waktu

Surat inipun mengingatkan untuk manusia agar tidak membuang-buang waktunya, membuang waktunya untuk melakukan hal-hal yang sama sekali tidak ada manfaat dan hanya melakukan hal yang negatif. Waktu yang kita miliki sudah seharusnya kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena waktu tidak akan bisa kita ulang, tidak akan bisa kembali dan waktu tidak bisa diganti dan dibeli dengan apapun.

Mengingatkan Agar Kita Selalu Berbuat Baik Dan Beramal Shaleh

Sebagai umat muslim,d marilah kita menjadi bagian dari golongan orang-orang yang beriman, beramal saleh, menjadi bagian orang yang saling menasehati untuk kebenaran serta dalam kesabaran agar bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Demikian tentang tadabbur surat Al-Ashr, semoga bermanfaat dan bisa semakin menambah rasa iman kita kepada Allah SWT. Amin..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 












Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar