Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamualaikum...
Tips mengelola keuangan keluarga

Sebenarnya saya ini bukanlah sesorang yang ahli dalam satu bidang, tetapi saya adalah seseorang yang mau belajar banyak hal agar saya bisa tahu lebih banyak hal yang saya belum tahu.

Hari kedua One Day One Post Indonesia Content Creator dengan tema Keuangan, pas sekali karena saya ingin membagikan apa yang telah saya bagikan juga kepada banyak teman-teman saya dalam komunitas, teman-teman dekat juga teman-teman reseller jualan online saya. Apa yang saya bagikan? Yaitu tentang Cara mengelola keuangan keluarga.

Saya sudah pasti berpikir, bahwa semua wanita terlebih yang sudah menjadi istri merasakan bagaimana susah dan njelimetnya ketika mengatur keuangan keluarga. Pasti semua istri merasakan bagaimana gampang-gampang susahnya mengatur keuangan negara rumah tangga kita, heheheh. Nah, tips ini hasil rangkuman dari salah satu buku yang saya baca yang intinya adalah 
Menuliskan secara rinci pendapatan dan pengeluaran pada rumah tangga kita

 Jadi, keuangan keluarga sebisanya kita tulis dalam sebuah buku dengan rapi. Setiap hari selama satu bulan, apapun yang kita beli, berapapun yang kita keluarkan, entah itu untuk kebutuhan keluarga atau untuk biaya lain-lainnya, sudah semestinya kita tulis secara rinci dalam sebuah buku catatan tersebut. Kalau saya buku tersebut saya sebut dengan buku Kas Harian.

Nah, disini saya memang bukan seorang yang ahli dalam bidang ekonoli, bukan pula seorang analisis keuangan apalagi seorang akuntansi ya bund. Tetapi dengan mencoba mempraktekkan tips dan metode ini, meskipun pada awalnya akan terasa ribet dan njelimet, tetapi saya merasakan banyak sekali hal baik yang saya dapatkan. Apa saja?

Manfaat Mencatat Keuangan Setiap Hari

Tips mengelola keuangan rumah tangga
  1. Kita akan mengetahui pendapatan serta pengeluaran kita selama satu bulan, akan ketahuan uangnya di pos-poskan ke mana saja, jadi tidak akan ada ungkapan "uang cepet habis, ngalir kayak air", karena kita sudah punya catatan pengeluaran harian kita
  2. Dengan mencatat keuangan, kita akan bisa belajar untuk lebih Bersyukur saat kita kembali melihat catatan pendapatan kita. Wah, ternyata Allah begitu baik sama kita, Allah telah memberikan rezeki yang cukup pada keluarga kita, sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan yang kita inginkan, sayapun akan sangat merasa ketika melihat kembali catatan keuangan, Masya Allah, Allah ini baik sekali ya, tanggal ini Allah memberi rezeki sejumlah ini, dan otomatis akan menambah rasa syukur kita pada ni'mat yang sudah Allah beri.
  3. Dengan mencatat, kita akan bisa mengontrol apa yang menjadi kebutuhan mendesak atau apa kebutuhan yang sebenarnya hanya sebuah keinginan semata. Ya karena sayapun sadar, niatnya belanja ini, eeeeh bisa merembet sampai itu, hehhehe. Apalagi kalau ada barabg-barang diskon seperti nerjang lampu merah deh.
  4. Saat kita memiliki catatan keuangan, kitapun akan bisa menjawab saat suami kita yang selalu presiden rumah tangga menanyakan uangnya dipakai apa aja, ya meskipun para suami kebanyakan percaya aja sama istrinya, tapi kalau ada kitab nya kota bisa sama-sama tahu tentang aliran dana kita selama ini.
Mengelola keuangan keluarga dengan baik merupakan salah satu kunci kesuksesan keluarga. Pengelolaan keuangan keluarga atau rumah tangga ini lebih rumit dibandingkan mengelola keuangan pribadi karena melibatkan banyak orang yaitu suami, istri dan anak-anak.

Jika pengelolaan keuangan rumah tangga ini berjalan dengan benar, maka beruntunglah anggota keluarga tersebut. Namun, jikalau salah mengelola, maka siap-siaplah mengalami masalah keuangan seperti habis sebelum akhir bulan.

Siapapun yang bertanggungjawab mengelola keuangan keluarga, apakah istri atau suami, dia bertugas mengatur pengeluaran, mulai dari dana operasional hingga cicilan yang ada, uang sekolah anak, liburan, bantuan sosial atau agama, hingga jajan di luar rumah dan investasi juga dana darurat.

Seorang bendahara keluarga ini didorong untuk lebih kreatif dan hati-hati dalam hai ini, karena keberlangsungan rumah tangga tergantung dari pintarnya mereka mengatur keuangan.

Berikut beberapa tips untuk menghemat dan mengelola keuangan rumah tangga yang bisa sahabat lakukan, diantaranya adalah

Tips Berhemat Untuk Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Tips mengelola keuangan

  • Tahu detil pemasukan dan pengeluaran
  • Pangkas kebutuhan yang tidak
  • Jangan tunda membayar semua kewajiban
  • Menabung dan Investasi
  • Buat daftar belanja bulanan
  • Kurangi membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan
Nah, itulah beberapa tips dan sharing  tentang pengalaman mengatur keuangan dalam keluarga, semoga bisa bermanfaat ya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.











Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email