Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Aman Traveling Selama Pandemi

Posting Komentar

Assalamualaikum sahabat bunda imut ;)

Tips aman traveling saat pandemi

Melengkapi tema hari ke sepuluh One Day One Post Indonesia Content Creator, nulis tentang tips aman traveling selama pandemi, karena kebetulan akhir tahun kemarin sempet traveling tipis-tipis meskipun hanya di wisata dekat rumah, hehhehe.

Seperti yang kita tahu, masa new normal ini setidaknya membuat para pengelola pariwisata di Indonesia mulai membuka tempat-tempat wisatanya. Dengan mulai banyaknya pariwisata yang telah di buka kembali, hal inilah yang membuat banyak masyarakat sudah tak sabar untuk berlibur dan berwisata selama pandemi, meskipun pandemi covid-19 belum juga berakhir. 

Di era New Normal ini, ketika sahabat memutuskan untuk berlibur keluar rumah atau bahkan ke luar kota, setidaknya ada beberapa hal yang harus sahabat perhatikan, diantaranya adalah tentang kondisi tubuh dan kesehatan kalian.

Jika diantata sahabat ada yang berencana akan bepergian traveling keluar ataupun berlibur dengan keluarga, berikut adalah beberapa Tips Berwisata Selama Pandemi, agar liburanmu tetap aman dan menyenangkan.

  • Tentukan Tempat Wisata Yang Aman

Pilihlah tempat wisata yang aman dan tidak masuk ke dalam zona merah penyebaran covid-19, kalian bisa cek daerah tersebut dengan klik situs www.covid19.go.id, ada baiknya pilih tempat wisata yang ruang geraknya luas, seperti wisata alam, sehingga untuk kontak dengan orang lain minimal bisa dihindari. 

Pastikan untuk memilih tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50% dari total jumlah pengunjung normalnya.

  • Lihatlah Aturan Yang Di Terapkan Pihak Pengelola

Cari tahu tentang aturan yang diterapkan oleh pihak pengelola wisata tersebut, selain dengan menggunakan masker untuk mematuhi protokol kesehatan, perhatikan pula jam operasional lokasi wisata, proses pembelian tiket dan apa saja wahana yang dibuka.

Pastikan untuk selalu membaca informasi tentang wisata yang akan anda tuju untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Siapkan Dokumentasi Wajib

Mengacu pada surat edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 juga Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020, setidaknya terdapat beberapa dokumen penting dan wajib dibawa oleh setiap orang yang hendak melakukan perjalanan.

Antara lain adalah, surat keterangan bebas covid-19 atau surat keterangan sudah melakukan rapid test atau PCR jika kalian hendak berlibur dengan menggunakan kereta api atau pesawat.

  • Pesanlah Tiket Masuk Wisata Secara Daring Atau Online

Ada baiknya, silahkan kalian lakukan pemesanan tiket wisata secara online, hal ini penting untuk menghindari antrean dan menjaga kontak langsung dengan pelanggan lainnya atau orang banyak.

Jika terpaksa harus membeli tiket di lokasi wisata, pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, serta pastikan pihak pengelola wisata juga menerapkan protokol yang ada serta menjaga jarak dengan para pengantre minimal satu meter

  • Jagalah Selalu Kondisi Tubuh Ketika Berwisata Selama Pandemi

Sehat adalah syarat mutlak untuk kalian bisa berlibur, berlaku untuk liburan di tempat wisata yang dekat maupun yang jauh. Sebelum berlibur, pastikan kondisi tubuh Anda fit dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga agar kondisi dan stamina tubuh Anda selalu terjaga dengan baik.

  • Ada Baiknya, Selalu Bawa Hygiene Kit
Tips aman traveling selama pandemi
Sumber gambar by: Amazon.com

Biasakan untuk selalu membawa perlengkapan kesehatan ketika Anda berlibur. Membawa cadangan masker, hand sanitizer, desinfektan, sabun cair maupun tissue basah dan juga tissue kering, juga perlindungan wajah ataupun face Shield dalam daftar perlengkapan yang harus Anda bawa ketika berlibur, agar lebih aman dan nyaman.

Meskipun berada di rumah saja merupakan pilihan terbaik untuk saat ini,  bukan berarti liburan keluar rumah bahkan keluar kota tidak bisa dilakukan selama masa pandemi covid-19. Seperti saat ini, liburan akhir tahun sudah dimulai dan sudah pasti banyak masyarakat yang mulai mempersiapkan diri dan keluarga untuk melakukan liburan ke luar.

Sebelum benar-benar berlibur, pastikan kembali untuk memperhatikan kondisi tubuh Anda benar-benar sehat dan siap berangkat ke luar rumah. Jika kondisi Anda sakit atau kurang sehat, sangat lebih baik jika rencana untuk berlibur ditunda sampai kondisi anda benar-benar fit kembali.

Mengisi waktu liburan selama pandemi, tidak harus jauh-jauh hingga ke luar kota lho. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat sekitar rumah yang bisa jadi alternatif untuk berwisata selama pandemi.

Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Dengan Rumah Yang Tak Kalah Menyenangkan

  1. Taman kota atau taman desa dekat rumah
  2. Area outdoor atau lapangan olahraga dekat rumah
  3. Area perkebunan atau persawahan
  4. Piknik di area pinggir sungai juga bisa jadi aktifitas seru selama pandemi lho
  5. Bermain tenda-tenda an di sekitar rumah untuk alternatif liburanmu
Wisata aman saat pandemi

Nah, itulah beberapa tips tetap aman ketika traveling selama pandemi yang bisa kalian jadikan referensi untuk liburan di awal tahun ini. Pastikan untuk tetap menjaga kesehatan dan patuhi protokol yang ada untuk menjaga keamanan serta kenyamanan keluarga ya. 

Semoga tips diatas bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ;)


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email