Blog pribadi Sasha

 

Tips Sukses Cara Menjadi Blogger Pemula

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum teman-teman Bunda Imut. Wah, sedikiiittt lagi nih #14DaysBlogspediaChallenge berakhir. Masuk tema ke-13 yaitu tentang cara menjadi blogger pemula yang sukses. Cukup menantang sih ya, karena sayapun menuliskan ini dalam rangka ingin juga jadi blogger pemula yang sukses. Hehehhe

Tips sukses cara menjadi blogger pemula

Sebenarnya semua orang, siapapun itu bisa kok menjadi seorang blogger yang sukses, namun untuk kamu yang belum pernah sama sekali mengenal tentang dunia blogger ini, tentu akan ada banyak sekali hal yang harus di pelajari dengan baik tentang dunia blogger ini.

Memang, saat ini di internet sudah cukup banyak informasi bahkan tutorial tentang dunai blogger ini, tetapi tetap saja untuk kamu yang masih blogger pemula, pasti akan merasa bingung apa aja sih yang harus dilakukan untuk pertama kali. Tak jarang kebingungan ini akhirnya membuat banyak dari mereka yang merasa putus asa dan berhenti di tengah jalan.

Nah, tulisan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa saja sih langkah-langkah yang harus blogger pemula lakukan ketika sudah berniat dan mulai memasuki dunia blogger ini. Bagaimana cara memulai, apa yang harus dipelajari, dan hal-hal terkait lainnya. Sehingga jika kamu merasa akan memulai dunia blogger, kamu udah punya ilmu pengetahuan agar bisa menjadi seorang blogger yang sukses.

Tips memulai blogging bagi pemula

Ada berbagai tujuan ketika seseorang membuat blog, tapi kebanyakan, tujuan utamanya adalah ingin menjadi blogger sukses dan menghasilkan banyak uang. Bener nggak? Teman-teman blogger begitu juga nggak sih? Benar nggah jika blog itu bisa menghasilkan uang?

Oiya, sebelumnya saya juga sering sekali ditanyai sama teman-teman yang setiap melihat saya menulis di blog, mereka pasti tanya "Berapa penghasilannya?  Beneran bisa dapet uang? Cuma nulis doang?". Penasaran jawaban saya apa? Hehehehe

Sebenarnya jika dipikir, nggak mungkin ada banyak orang yang rela menulis berbagai macam artikel, tanpa dirinya mempunyai tujuan yang jelas. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips untuk kamu yang ingin menjadi blogger pemula yang sukses dengan tujuan yang jelas. 

1. Tentukan topik dan tujuan

Sebelum kamu terjun ke dunia blogger ini, sebaiknya tentukan maksud dan tujuanmu tentang ngeblog ini. Apakah kamu hanya terjun ke dunia blogger ini karena sekedar hobby, apakah menjadi blogger ingin menghasilkan uang, atau untuk tujuan atau hal lainnya.

Dengan adanya tujuan yang jelas, kamu akan mempunyai motifasi untuk mengembangkan blog yang kamu bikin tersebut. Bagaimana agar bisa menjadikan blog tersebut terkenal dan sukses, maka kamu juga harus konsisten dan tekun, membuat dan merakit blog tersebut. 

Selanjutnya adalah menentukan topik. Apa sih sebenarnya topik? Topik ini adalah langkah dan inti yang utama dari seluruh isi tulisan yang akan kamu sampaikan, atau yang akan orang atau pembaca kenal dengan "topik pembicaran".

Topik apa yang sebaiknya kamu pilih ?

Pilihlah topik yang sebaiknya kamu kuasai, seperti misalnya saat kamu menyukai dunia kecantikan wanita. Sebaiknya buatlah topik tentang tips kecantikan, review produk kecantikan, dan lain sebagainya. 

Sebagai contohnya kamu bisa lihat situs-situs beauty blogger Indonesia bagaimana mereka membuat konten. Begitu juga jika kamu mahir dan piawai dalam hal lainnya. Lebih baik fokuslah pada topik yang sedang kamu buat tersebut, dengan demikian orang akan mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

2. Membuat blog dan menggunakan template yang baik

Setelah kamu selesai menentukan topik yang akan dibuat, berikutnya adalah menetukan blog yang akan digunakan. Ada beberapa penyedia blog gratis yang bisa kamu gunakan, seperti blogger.com, wordpress.com, mywapblog.com, tynder.com dan beberapa blog lainnya.

Untuk kamu yang masih merasa bingung memilih blog yang pas, saya pribadi lebih menyarankan untuk memilih blogspot atau wordpres. Tentu masing-masing darinya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Nanti akan dibahas di tulisan lainnya, ya. 

Kenapa harus menggunakan template yang baik

Setelah kamu memilih blog yang pas, maka berikutnya adalah memilih template yang pas, dan cocok untuk blog yang sedang dibuat tersebut. Perhatikan juga apakah template tersebut memiliki berbagai unsur yang ramah untuk mesin pencari. Untuk hal ini kamu tak perlu merasa bingung, karena saat ini ada banyak sekali template gratisan yang bisa kamu jadikan pilihan. 

Lalu, jika sudah memiliki blog apa yang harus dilakukan?

Setelah kamu mempunyai blog, berikutnya daftarkan blog tersebut ke mesin pencari. Tujuannya tidak lain adalah, agar blog yang kamu miliki mudah dikenali oleh mesin pencari dan bisa ditemukan oleh para pembaca yang sesuai dengan niche blog kamu. 

3. Belajar menulis artikel

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah belajar membuat sebuah artikel. Kamu harus belajar bagaimana menyusun kata menjadi tulisan dengan baik, tujuannya adalah agar mudah dan nyaman dibaca. Apa yang harus ditulis? 

Yang harus kamu tulis tentu saja yang berkaitan dengan blog yang sedang kamu buat tersebut. Kamu juga perlu belajar mencari judul yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Kemudian buat tulisan yang baik, dan nyaman untuk dibaca. Lalu publikasikan tulisanmu tersebut agar semakin banyak yang berkunjung ke blogmu. 

Selanjutnya, apa yang harus dilakukan saat artikel selesai dipublish ? Tentunya kamu harus segera mensubmit artikel tersebut di mesin pencari. Daftarkan di mesin pencari agar tulisanmu muncul, ya. 

4. Belajar mempromosikan konten

Ada 2 cara untuk mempromosikan konten yang bisa kamu lakukan, agar artikel yang ditulis lebih dikenal orang. Salah satu caranya yaitu dengan promosi online atau offline. Cara offline adalah dengan mencantumkan alamat blog kamu di berbagai brosur atau hal lainnya. Sedangkan cara online adalah dengan menggunakan berbagai macam social media yang kamu miliki.

Apa tujuan promosi? Tujuan dari promosi ini tak lain adalah agar blog yang kamu miliki ini banyak dikunjungi pembaca.

5. Mempelajari SEO dan desain blog

Apa itu SEO?
SEO adalah sebuah cara yang harus Anda lakukan agar artikel Anda mudah dicari. Mengapa harus belajar SEO?

Karena dengan menggunakan SEO yang baik, maka pengunjung akan mudah masuk ke blogmu, saat dia mengetik dan mencari menggunakan mesin pencari di google. 

6. Pelajari cara mendapatkan uang dari Internet

Semakin banyak pengunjung yang mendatangi blog yang kamu miliki, maka kamu akan semakin mudah dalam menghasilkan uang. Ditambah lagi akan ada berbagai aplikasi yang akan menghubungimu kelak.

Gimana? Apakah teman-teman mulai tertarik dengan dunia blogger? Selain semua yang ditulis diatas, jangan lupa untuk terus memupuk konsistensi dan kedisiplinan dalam hal menulis ya. Semoga artikel nya bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh. 


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar