Panduan Cara Hidup Sehat dan Awet Muda dengan Cara Alami

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum teman-teman Bunda imut dimanapun berada. Kalian mau tahu nggak? Apa saja cara alami yang bisa dilakukan sebagai panduan cara hidup sehat dan awet muda? 

Nah, tulisan tentang cara hidup sehat ini sengaja ditulis untuk melengkapi tema hari ke-9 #14DaysBlogspediaChallenge

Sudah pasti semua orang dan siapapun itu pasti ingin hidup sehat, kan? Namun saat diminta untuk menjalani gaya hidup sehat yang benar, belum tentu semuanya mau menjalaninya. 
Panduan Cara Hidup Sehat dan Awet Muda dengan Cara Alami

Biasanya, keengganan itu muncul karena anggapan jika cara pola hidup sehat itu sulit untuk dijalani, dan tidak menyenangkan. Meski tak mudah untuk dilakukan, namun pola hidup sehat ini mempunyai banyak sekali manfaat lho.

Seperti akan membantu kamu menghindari kelebihan berat badan, memperbaiki suasana hati, mencegah terjadinya beragam penyakit, serta dapat meningkatkan energi kamu. Jika cara pola hidup sehat diterapkan secara teratur sudah pasti akan berujung pada baiknya kualitas hidup dan kualitas kesehatanmu itu sendiri. 

Menjaga cara pola hidup sehat memang sudah sepatutnya dilakukan dan itu sangatlah penting. Alasannya adalah, jika kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat tetap dilakukan setiap hari, maka itu bisa sangat merugikan kesehatan kamu. Memang sih, untuk mengubah kebiasaan bukanlah perkara mudah. Namun, jika dilakukan oleh niat untuk menjalani cara pola hidup sehat, semua pengorbanan harus dilakukan.

Nah, dibawah ini saya telapak merangkum tentang cara pola hidup sehat yang harus mulai dijalani untuk mendapatkan hidup yang berkualitas. Langkah-langkah ini ditulis berdasarkan beberapa sumber. Diantaranya adalah:

1. Makan secara sehat dan seimbang

Cara pola hidup sehat yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang mempunyai asupan gizi yang baik. Makanan dengan gizi yang cukup sehari-hari wajib mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Protein juga tidak kalah penting untuk menjaga fungsi enzim, sel-sel, dan senyawa dalam tubuh agar dapat bermetabolisme dengan optimal. 

Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi serat, ya. Karena serat dan air putih dapat membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Selain itu perhatikan juga cara memasaknya agar tidak merusak zat gizinya.

Jika kamu memiliki kebiasaan pola makan yang tidak sehat, kamu perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi setiap hari. Catatan ini bermanfaat untuk menjadi pengingat agar kamu membatasi konsumsinya.

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran setidaknya sembilan porsi dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

2. Makan dan minum sealami mungkin

Saat ini sangat banyak makanan dan minuman hasil dari olahan pabrik. Begitu banyak makanan dan minuman yang kini diproduksi oleh industri, di mana produksi dilakukan secara masal, proses produksi yang panjang memerlukan waktu yang lama untuk sampai pada konsumen. 

Hal ini menyebabkan makanan dan minuman tersebut membutuhkan bahan pengawet. Sebagai cara pola hidup sehat, mulailah untuk menggunakan bahan pangan alami.Cara pola hidup sehat lain yang bisa kamu lakukan adalah berhenti mengonsumsi fast food, minuman soda, alkohol, serta makanan yang mengandung banyak lemak tak sehat lainnya, seperti gorengan.

3. Kurangi konsumsi garam

Kelebihan sodium bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Bersamaan dengan itu, penyakit jantung dan stroke membunuh lebih banyak orang setiap tahun daripada penyebab lainnya. 

Selain itu, mereka mendapatkan 71 persen sodium harian mereka dari makanan olahan dan restoran. Cara pola hidup sehat adalah dengan memperhatikan konsumsi garam. Orang harus mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram sodium setiap hari. 

Mereka yang berusia 51 tahun ke atas harus membatasinya sampai 1.500 miligram. Jadi, memasak untuk diri sendiri adalah pilihan teraman untuk menjalankan cara pola hidup sehat.

4. Konsumsi asupan fermentasi untuk kesehatan usus dan pencernaan

Salah satu bagian tubuh yang sering disepelekan adalah usus. Kesehatannya kerap dilupakan begitu saja. Padahal, peran usus bagi kebugaran tubuh sangat vital. Di dalam usus terdapat banyak bakteri. Jumlahnya diperkirakan dua kali dari total sel yang kita miliki.

Bakteri-bakteri tersebut terdiri dari dua jenis, yang merugikan dan menguntungkan. Jika kesehatan usus tidak baik, jumlah bakteri merugikan bisa lebih dominan, sehingga kebugaran tubuh pun terganggu.

Oleh karena itu, mulai sekarang sebagai cara pola hidup sehat, berikan perhatian lebih pada kesehatan usus kamu. kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi asupan hasil fermentasi, seperti teh kombucha, susu rendah lemak hasil fermentasi seperti yoghurt, atau fromage frais yang merupakan keju segar yang lembut dan terbuat dari susu. 

Konsumsi asupan fermentasi secara rutin tiap hari untuk memicu pertumbuhan bakteri baik pada tubuh. Selain itu juga, asupan fermentasi bisa jadi suplemen probiotik alami yang sangat baik manfaatnya buat tubuh kita.

Panduan Cara Hidup Sehat dan Awet Muda dengan Cara Alami

5. Berhenti untuk melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan

Pertimbangkan untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan untuk menjalankan cara pola hidup sehat. Spot kebiasan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika kamu berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, Depresi, artritis, atau penyakit jantung.

6. Olahraga secara teratur

Cara pola hidup sehat yang sering kali dilewatkan oleh masyarakat yang tinggal di kota besar adalah olahraga. Olahraga dengan cara yang benar dan waktu yang tepat dapat membuat peredaran darah menjadi lancar, menguatkan otot dan tulang. 

Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit tiap minggu. Untuk menjalankan cara pola hidup sehat mulailah mengevaluasi aktivitas kamu sehari-hari apakah didominasi oleh kegiatan duduk-duduk saja di depan komputer atau sudah bergerak aktif setiap hari. 

Olahraga teratur tak harus dilakukan di tempat fitness kok. kamu bisa memulai olahraga rutin yang ringan seperti lari, bersepeda atau yoga.

7. Cukupi kebutuhan cairan

Untuk bisa menjalankan Cara Hidup Sehat kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian kamu. Air membuat setiap bagian tubuh bekerja dengan baik, serta mampu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dan juga konstipasi. 

Kamu disarankan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari, kecuali jika kamu memiliki kondisi medis tertentu yang mengharuskan kamu untuk membatasi asupan cairan.

Meminum air putih adalah cara hidup sehat dengan mudah. Air putih baik untuk tubuh, tanpa bahan pengawet, dan mengandung molekul-molekul netral yang sesuai dengan cairan tubuh. Air putih tidak mengandung glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. 

Untuk kamu yang sibuk beraktivitas atau berolahraga apalagi di tempat yang terik, jangan sampai kesibukan membuat kamu lupa minum air putih. Bila tubuh kekurangan cairan, tubuh akan mengalami dehidrasi serta proses pembuangan racun dan logam berat tubuh tidak lancar. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, tentunya tubuh akan terasa lebih bugar untuk beraktivitas sehari-hari.

8. Berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup

Vitamin dalam cara pola hidup sehat merupakan sebuah keharusan. Biasanya vitamin harus didapatkan melalui nutrisi, karena tubuh tidak memproduksinya. Namun, khusus untuk vitamin D keadaannya unik. Selain dari makanan, tubuh pun mampu menghasilkannya sendiri. 

Vitamin D sendiri biasanya hanya dikenal sebagai suplemen untuk kesehatan tulang. Padahal, tidak hanya itu. Jenis vitamin ini pun berguna untuk mengurangi risiko penyakit autoimun, jantung, stroke, kanker, sampai diabetes.

Untuk bisa mendapatkan vitamin D, kamu bisa berjemur. Caranya bisa dengan berjemur sejenak, atau sembari berjalan santai keliling area rumah yang terbuka di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Pastikan tubuh kamu mendapatkan cukup terpaan sinar matahari pagi. 

Selanjutnya, kamu juga bisa memperoleh vitamin D dari makanan seperti ikan berminyak (salmon, sarden, makerel), telur, jamur, hati sapi, ikan cod, ikan tuna, sampai yoghurt. Jadi, kalau ingin menjalankan cara pola hidup sehat, pastikan kamu mendapatkan kandungan vitamin D yang cukup

9. Hindari stres

Beban hidup yang yang berat, terkadang mendatangkan stres. Gejala fisik yang ditimbulkan adalah sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah tinggi, dada terasa sakit hingga susah tidur. Oleh karena itu, cara pola hidup sehat adalah dengan menghindari stres.

Mengelola stres dapat dilakukan dengan mengambil waktu untuk rileks, melakukan hobi, yoga atau meditasi agar budaya hidup sehat dapat tercipta.

10. Istirahat yang cukup

Istirahat cukup adalah kunci menjalankan cara pola hidup sehat. Pastikan jam tidur kamu terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat. 

Penutup 

Nah, teman-teman bisa melakukan semua langkah tentang cara hidup sehat dan awet muda secara alami yang sudah ditulis diatas ya. Semoga dengan rutin menjalankan tips tersebut, kita akan menjadi lebih sehat dan awet muda, ya. 

Semoga tulisannya bisa bermanfaat. 
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 



Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar