Blog pribadi Sasha

 

Menerima Kesalahan! Berikut Tips Meluluhkan Hati Wanita Ketika Marah

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum sahabat Bunda Imut. Day2 #14DaysBlogspediaChallenge. Malam ini, sesuai urutan tema ke-2 saya menulis tentang tips meluluhkan hati wanita ketika sedang marah. 

Cara meluluhkan hati wanita ketika sedang marah

Teman-teman ngerasain juga ngga? Entah kenapa ya, moment ketika anak-anak atau pasangan kita sedang tidur tuh rasanya selalu jadi momen kontemplasi. 

Di suatu waktu, ketika sedang ngobrol santai berdua dengan suami. Tiba-tiba saja suami seperti menyadari suatu hal. Beliau menyadari, sepertinya sudah lebih dari dua kali dia membuat istrinya nggak enak hati. Padahal hanya untuk urusan yang sebenarnya sangat sepele, ungkapnya. 

Ya, hal sepele seperti saat akun riweh dengan anak-anak. Rasanya ingin marah sekali ketika dia sudah beres sarapan, sedang aku masih berjibaku dengan urusan perumahan tanggaan. Masih suapin anak ke-2, siapin bekal anak pertama, sambil menggendog anak ke-3 dan yang lainnya. 

Meminta untuk anak-anak biar bisa bersama ayahnya, tapi ternyata anak-anak lebih mau dengan bundanya. Membuat hatinya merasa ingin marah saat menghadapi istrinya yang mungkin sangat keras kepala dan semaunya sendiri. 

Beliau merasa kesal karena mungkin tidak ingin melihat istrinya serba kerepotan dengan menyelesaikan semuanya sendiri, padahal sebenarnya istrinya mampu, dan dia baik-baik saja dengan apa yang dilakukan selama ini. 

Padahal itu baik, tapi saya selalu istrinya justru jadi sebel dengan saran-saran yang diucapkan suami, saya jadi merasa kalau suami itu nggak yakin dan percaya kalau saya bisa nge handle semuanya. Menjadi sebel kemudian marah dan berakhir ngambek dengan suami. Hehehehe

Ngambek dan marah. Ya! Pertengkaran dalam suatu hubungan memang sangat lumrah dan sangat biasa terjadi. Saat saya ngambek dengan suami, rasanya ada aja cara sederhana yang dilakukan suami untuk meluluhkan hati saya yang sedang marah tersebut. 

Beberapa cara sederhana ini akan saya tuliskan dan bisa jadi rujukan teman-teman pembaca biar bisa di praktikkan oleh para suami jika pasangan atau istrinya sedang marah. Agar ketika bertengkar, pertengkaran tidak semakin berlanjut sehingga membuat hubungan kita dengan pasangan menjadi retak. 

Karena terkadang masalah yang sepele jika dibiarkan berlarut-larut akan membuat hubungan jadi tidak baik. Itulah kenapa perlu sekali untuk teman-teman tahu gara-gara sederhana yang bisa suami lakukan untuk bisa meluluhkan hati istrinya ketika sedang marah. Apa saja? Yuk simak!

1. Hadapi Dengan Kepala Dingin

Ketika si dia atau istri sedang marah, bukan berarti kamu harus ikutan marah. Karena hal ini hanya akan semakin membuat masalah menjadi besar dan tak terkendali. Meskipun sebenarnya kamu tidak salah, tetaplah hadapi mood marah istri dengan kepala dingin ya, sebisanya tetap sabar dan jangan ikut terbawa emosi.

2. Berikan Ruang Sejenak Untuk Istri yang Sedang Marah

Cara sederhana untuk meluluhkan hati wanita yang sedang marah adalah kamu dan wanitamu sama-sama butuh berdiam diri, butuh waktu untuk meredam emosi masing-masing. Maka dari itu, jangan sampai kamu menghadapi masalah tersebut dalam keadaan atau kondisi yang tidak stabil.

Akan lebih baik jika kamu memberikan istri ruang untuk berpikir jernih, sebentar saja. Biarkan dia bisa meluapkan emosinya dengan baik.

3. Usahakan untuk Meminta Maaf Terlebih Dahulu

Tidak ada salahnya meminta maaf terlebih dahulu, entah kamu salah atau tidak. Meminta maaf dengan penuh ketulusan dan kelembutan bisa membuat hati para istri sedikit luluh. Setelah itu, Kamu bisa menunjukkan rasa kepedulianmu ketika dia sedang marah, dengan cara ini perlahan hatinya akan terbuka dan tidak lagi merasa marah.

4. Bicarakan Masalahnya Baik-Baik

Setelah segala emosi buruk mereda, kamu dan dia harus segera membicarakan masalah tersebut. Apa yang memicu marah? Agar kalian bisa tahu mana saja yang harus diperbaiki dan dijadikan sebagai introspeksi diri agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Tentu saja saat membicarakannya, kamu dan istrimu harus berada di situasi yang sama-sama nyaman sehingga pikiran bisa lebih terbuka.

5. Maafkan dan Terima Kesalahannya

Tips ini sepertinya yang paling mudah untuk dilakukan, namun rasanya tidak semua suami memahami dan bisa melakukannya. Ya! Memaafkan kemarahan istri dan terima kesalahannya. 

Padahal istrimu sudah berjanji untuk mengurangi ngomel-ngomelnya, berjanji untuk mengurangi emosi jeleknya, padahal, padahal, yang lain-lainnya. Sudah pasti istrimu sedih dan merasa  bersalah, mungkin juga menyesali apa yang sudah dilakukannya. 

Ya nggak apa-apa menyesal, tapi lebih tepatnya dia akan menjadi belajar. Menyadari jika dia sudah melakukan kesalahan. Apa yang sudah dilakukannya, dan biarkan semuanya menjadi sebuah pencapaian. 

Mencoba sadar jika istri itu bukanlah wanita yang sempurna, bukan pula ibu yang sempurna untuk anak-anak, bukan ibu yang selalu sabar dan mampu menahan amarahnya. Terimalah jika semuanya itu tidak akan seindah dengan yang tampil di media atau dimata orang. 

Dengan menerima kesalahannya, akan menjadikan semua itu sebagai bagian tidak sempurna yang menyempurnakan proses belajarnya. Proses yang nantinya akan menyadarkan wanitamu untuk berpikir bahwa tidak perlu menjadi istri atau ibu yang sempurna, cukup menjadi istri dan ibu yang selalu sadar akan kesalahan dan mau berusaha serta belajar untuk menjadikan dirinya lebih baik lagi. 

Penutup

Nah, gimana? Sebenarnya banyak sekali cara sederhana untuk bisa meluluhkan hati wanita saat dia sedang marah, kan? Cara yang mudah dan simpel, namun masih saja ada beberapa yang mengabaikan dan melewatkannya. Pemicunya adalah karena masing-masing dari kita terbawa oleh emosi yang sudah memuncak. 

Semoga apa yang sudah saya tuliskan bermanfaat ya. Jika ada tips lain, silakan tulis dan sharing di kolom komentar. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh





Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar