Blog pribadi Sasha

 

Tips Ampuh! Cara Membahagiakan Diri Sendiri Menurut Islam

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum teman-teman Bunda Imut ;) Sudah masuk hari ke-10 nih #14DaysBlogspediaChallenge. Tulisan kali ini adalah tentang Tips Ampuh! Cara Membahagiakan Diri Sendiri Menurut Islam 
tips ambuh membahagiakan diri sendiri menurut islam

Ngomong-ngomong, kalian pingin nggak sih hidup bahagia lahir batin? Apakah selama ini kita udah bener-bener menghargai diri kita sendiri? Apakah diri kita sudah bahagia lahir dan bathin? 

Untuk diketahui, konsep self love atau yang biasa disebut mencintai diri sendiri saat ini sedang menjadi topik yang lagi rame dibicarakan oleh banyak pihak. Bagi umat muslim mencintai diri sendiri adalah bagian dari suatu kewajiban sebagai bentuk rasa syukur kita atas nikmat Allah Swt. Namun pada kenyataannya masih banyak sekali dari kita yang belum memahami bagaimana konsep mencintai diri sendiri tersebut. 

Dibawah ini adalah beberapa tips ampuh cara hidup bahagia dan membahagiakan diri sendiri menurut islam. 

Tips Hidup Bahagia Menurut Islam 

Setiap orang sudah tentu menginginkan kebahagiaan lahir batin di dunia sampai akhirat bukan? Nah, agar tidak salah langkah, ikuti tips hidup bahagia menurut Islam yang saya tulis dibawah ini agar kebahagiaan kita sesuai ajaran Islam. Jangan tergiur dengan kekayaan dunia dan rintangan kehidupan karena itu semua bisa hilang kapan saja.

Membahagiakan diri sendiri menurut Islam adalah kewajiban agar kehidupan lebih tentram. Yang terpenting tidak bertentangan dengan agama Islam, beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

1. Senantiasa Bersyukur

Bersyukur adalah kunci utama kebahagiaan dalam Islam. Apapun kondisi kehidupan kita, wajib dan harus bersyukur. Jangan sampai kecewa sama kehendak Allah SWT apalagi sampai menyampingkan kewajiban sebagai umat muslim, diantaranya sholat 5 waktu, zakat, berpuasa dan perintah Allah SWT lainnya.

Kehidupan di dunia layaknya roda yang berputar, terkadang di bawah dan di atas. Manusia tidak bisa memilih takdir dari Allah SWT, yang paling penting, kita sudah seharusnya menjalani kehidupan dengan baik dan selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Ketika mendapatkan cobaan dari Nya, jadikan penyemangat untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, ya. 

2. Percaya hanya pada Allah SWT

Tips hidup bahagia menurut Islam selanjutnya adalah hanya percaya pada Allah SWT. Berburuk sangka pada Allah membuat Anda optimis menjalankan roda kehidupan, walaupun mendapat cobaan tetap bersabar.

Percaya hanya pada Allah SWT mampu meningkatkan keimanan, alhasil lebih khusyu menjalankan kewajiban sebagai umat muslim. Saat sedih maupun senang, Anda hanya berserah dan mengadu pada Allah dalam doanya.

3. Tidak Selalu Melihat Ke Atas

Mayoritas orang melihat ke atas dengan maksud melihat orang lebih kaya. Padahal hal tersebut memicu rasa iri dan mengurangi rasa syukur Anda. Misalnya, saat perekonomian minim dan hanya memiliki sepeda. Janganlah melihat ke atas dan memiliki ambisi ingin memiliki motor atau kebutuhan mahal tetangga yang lebih kaya.

Lebih baik bersyukur dengan nikmat kebahagiaan yang diberikan Tuhan pada Anda. Walaupun minim ekonomi, tetapi kesehatan selalu terjaga dan memiliki keluarga harmonis. Hal tersebut menjamin kebahagiaan lahir batin.

4. Tidak Melihat Masa Lalu

Ukuran bahagia menurut Islam tidak sebatas memiliki masa lalu yang bahagia atau suram, tapi masa depan yang tertata dengan baik. Usahakan tidak melihat masa lalu dan larut memikirkan masa lalu, lebih baik memandang masa depan.

Jadilah pribadi yang baik dan berguna untuk keluarga dan negara, carilah ilmu yang tinggi dan gapai cita-cita. Dengan begitu semua keinginan tercapai, walaupun masa depan Anda lebih buruk dari masa lalu harus tawakal. Tanamkan dalam diri agar kebahagiaan sejati kembali di dapatkan.

5. Hidup Sederhana

Hidup sederhana dianggap kunci kebahagiaan dalam Islam karena tenang menjalani roda kehidupan. Anda tidak silau harta dan menghalalkan segala cara meraih keinginan, Anda hidup apa adanya sesuai strata kehidupan sehingga hati dan pikiran selalu tenang.

Jika ingin menggapai keinginan, carilah solusi terbaik tanpa menyakiti perasaan orang lain. Dijamin kehidupan lebih bermakna dan memiliki keluarga harmonis.

6. Rajin Sedekah

Rajin sedekah adalah tips hidup bahagia menurut Islam terpenting, sebagai umat muslim harus tolong menolong dan rajin sedekah. Sedekah mampu mengikis dosa-dosa dan membuat hati bersih. Anda bisa berbagai sesuai kemampuan, apalagi sedekah tidak harus besar. Yang terpenting ikhlas dan memiliki niat menolong sesama.

7. Tidak Mengukur Standard Kebahagiaan dengan Orang Lain

Umumnya, menghubungkan kebahagiaan dengan orang lain dialami kaum remaja. Kaum remaja identik mencintai lawan jenis dan hanya bahagia jika memilikinya, padahal persepsi tersebut membuat Anda jauh dari kebahagiaan sejati.

Bahkan memunculkan sikap egois karena memaksakan kehendaknya, Anda tidak peduli walaupun pasangan tidak menyukainya. Alhasil menghalalkan segala cara walaupun merebut kebahagiaan orang lain.

Lebih baik bahagia karena Allah, cintailah orang-orang yang dipilih Allah untuk Anda. Orang tersebut mencakup, calon istri, istri, anak-anak dan sanak saudara sehingga kehidupan lebih tentram.

Kunci Agar Bahagia Menurut Islam
Setelah memahami tips hidup bahagia menurut Islam, kenali kunci menjalani kebahagian. Dengan begitu tidak berat menerapkan dalam kehidupan, bahkan dijadikan panutan orang sekeliling. Berikut ada kunci kebahagiaan yang bisa dipraktekan, yaitu:

Tidak berlebihan saat membenci

Kebencian harus dihindari untuk mendapatkan kebahagiaan dalam Islam, terkadang benci disebabkan persaingan bisnis maupun sosial. Saat kebencian terbesit dalam hati, berusahalah menetralkan jalan pikiran agar tidak berlebihan membenci seseorang.

Dalam Islam, kebencian harus dihindari karena pemicu penyakit hati. Diantaranya sifat dengki, berburuk sangka pada orang lain yang menutup hati nurani Anda. Alhasil jauh dari ketenangan dan kebahagiaan sejati.

Tidak berlebihan saat sedih

Terkadang, seseorang sulit menerapkan tips hidup bahagia menurut Islam karena berlebihan saat bersedih. Perasaan kecewa, sedih dan terpukul memang sifat alami manusia. Tetapi ada batasannya, jangan sampai kesedihan menghancurkan Anda dan orang tercinta.

Kesedihan berlebihan menutup jalan pikiran Anda mengambil hikmah setiap cobaan. Anda akan terpuruk dalam kesedihan dan merugikan diri sendiri dan orang sekitar. Saat sedih, bijaklah mengambil tindakan dan berpikir optimis sehingga mampu melewatinya.

Hidup sederhana walaupun serba ada

Indikator kebahagiaan menurut Islam cakupannya luas, hal tersebut ditentukan dari jalan pikiran manusia. Agar kebahagiaan bisa diraih, jalani hidup sederhana walaupun serba ada. Jadikan harta dan kekuasaan sebagai penyemangat orang lain yang membutuhkan, jangan biarkan mereka sedih akibat gaya hidup Anda yang sok berkuasa atau menindas sesama.

Berbuat kebaikan walaupun kesusahan

Sebagian orang melakukan kebaikan saat dirinya merasa puas atau berkuasa. Padahal kebahagiaan dalam Islam bisa diraih dengan kebaikan. Walaupun Anda kesusahan, usahakan berbuat kebaikan karena menjadi amal jariah dan ladang pahala. 

Bahkan berbuat kebaikan di saat kesusahan menjadi alternatif banyak rezeki. Rezeki Anda akan dilimpahkan karena membahagiakan orang lain, pastinya menjadi pribadi lebih baik karena rajin menolong sesama. Otomatis disukai Allah SWT karena selalu menebar kebaikan.

Tetap tersenyum walaupun hati menangis

Dalam Islam, tersenyum menjadi ibadah. Sayangnya tersenyum saat menangis sulit dilakukan walaupun pahalanya besar. Sebagai insan beragama, harus bijak menentukan jalan kehidupan Anda.

Tidak semua orang harus mengetahui masalah yang Anda hadapi. Alasannya beragam, membuat Anda semakin sedih karena pemikiran orang berbeda-beda, memicu salah paham dan lainnya. Lebih baik tetap tersenyum saat hati menangis, alhasil orang sekitar akan bahagia karena tak mengetahui masalah Anda.

Dijamin kehidupan lebih bahagia dan harmonis, Anda mudah mencari solusi terbaik dari permasalahan Anda. 

Saling memaafkan

Saling memaafkan harus diterapkan dalam kehidupan agar tenang hidup di dunia. Selain itu mempererat silaturahmi, semakin banyak yang mengasihi dan menyayangi Anda karena mudah memaafkan.

Meskipun memberikan maaf untuk orang yang salah itu sangatlah berat, tapi tetap harus ditanamkan. Jadilah sosok teladan bagi anak-anak agar mereka mengikuti sifat pemaaf Anda.

Tips hidup bahagia menurut Islam harus ditanamkan sejak dini. Dengan begitu penerapannya akan menjadi lebih mudah, jadikan setiap masalah sebagai penyemangat menggapai kehidupan lahir batin. Dengan begitu Anda akan bisa menjalani kehidupan sesuai ajaran agama Islam dan mempercayai qadha dan qadar Allah SWT.

Semoga bermanfaat ya. 
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar