Blog pribadi Sasha

 

Dikenal Mendunia, Berikut Fakta Unik Indonesia yang Jarang di Ketahui

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum ;) Yeaaaayy tema ke-11 #14DaysBlogspediaChallenge. Kali ini temanya adalah tentang fakta unik Indonesia yang jarang diketahui. Padahal banyak sekali hal unik yang dikenal seluruh dunia, lho. 

Fakta-unik-indonesia-yang-jarang-diketahui

Menurut Wikipedia, Indonesia atau bisa disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, selain itu Indonesia memiliki nama alternatif yaitu Nusantara. Negara ini terletak di Asia Tenggara. Secara lebih spesifiknya, Indonesia terletak di antara garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Oseania, bahkan Indonesia juga terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Dari Sabang di tanah Aceh hingga Merauke di tanah Papua, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Indonesia terdiri dari masyarakat adat, yaitu Mongoloid Selatan/Austronesia dan Melanesia, dengan jumlah penduduk Austronesia terbesar, terutama di  Indonesia bagian barat. Lebih khusus lagi, suku  Jawa merupakan suku terbesar, dengan jumlah penduduk mencapai 42% dari total penduduk Indonesia.

Indonesia memiliki semboyan Nasional, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti “berbeda-beda, tetapi tetap satu”. Semboyan ini menggambarkan keragaman sosial budaya yang membentuk negara kesatuan. Selain padat penduduk  dan luas wilayahnya, Indonesia adalah kawasan alam pendukung keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, lho. Keren sekali kan? 

Nah, sebagai warga negara Indonesia. Kita harus tahu seputar negara kita kan? termasuk fakta-fakta menarik yang mungkin kamu belum ketahui. Apa aja? Nah berikut ini adalah fakta menarik dan unik dari Indonesia dan sudah terkenal hingga dunia:

1. Cincin Api Dunia

Indonesia mempunyai lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.

2. Pulau Bungin

Pulau Bungin di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa NTB, merupakan pulau kecil buatan terpadat didunia melebihi kepadatan pulau Jawa dengan kepadatan 36000 jiwa/km2 sedangkan kepadatan pulau jawa hanya sekitar 813 jiwa/km2 atau kepadatan pulau Bungin sama dengan 44 kali kepadatan pulau Jawa. Pulau yang hanya seluas 8 hektar ini mempunyai jumlah penduduk sebanyak 2.800 Jiwa.

3.Negara Pertama Pasca Perang Dunia ke II

Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

4. Negara Kepulauan Terbesar

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat 17.504 pulau dimana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Yang semakin membanggakan adalah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia ada di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas perairan Indonesia mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

5. Hutan Terbanyak

Dunia telah mengakui bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak dan beragam Hutan dengan luas 39.549.447 hektar di pulau sumatera, kalimantan, Dan sulawesi terdapat keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terlengkap di dunia, jika hutan tersebut hilang maka bumi akan hancur karena bumi sangat tergantung pada hutan tropis untuk menjaga keseimbangan iklim selain ditopang oleh hutan hujan yang ada di amazon. Hal itu membuktikan bahwa bumi dan kelangsungan hidup seluruh makhluk di dunia bergantung pada Indonesia, selain itu Indonesia juga memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman bakau bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi.

6. Kekayaan Bahari

Kekayaan alam laut Indonesia ternyata juga luar biasa. Kekayaan itu antara lain adalah terdapatnya spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu sekitar 150 spesies, terdapatnya ikan terkecil di dunia tepatnya di Sumatera yang panjang tubuhnya 7.9 mm, transparan, dan tidak bertulang kepala. Indonesia juga memiliki gugusan terumbu karang terbanyak dan terindah yang di sebut segitiga coral, namun 65% dari 75.000 km² segitiga coral itu ada  di Indonesia. Itulah sebabnya Indonesia menyumbang 18% terumbu karang bagi perairan dunia.

7. Komodo

Selanjutnya adalah fakta bahwa banyak peninggalan purbakala yang ternyata ada di Indonesia. Di dunia fauna ada komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan peninggalan hewan purba dan komodo hanya ada di Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Kini kepopuleran komodo terutama setelah terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia semakin mendunia. Di temukannya fosil manusia purba tertua di dunia yang diperkirakan berasal dari 1.8 juta tahun yang lalu. Fosil yang disebut phitecantrophus erectus itu ditemukan di Jawa Tengah.

8. Kopi Termahal

Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai di seluruh dunia. Dan kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi luwak. Brazil boleh menjadi negara penghasil kopi terbesar sementara Indonesia berada  di posisi ketiga, tetapi kopi luwak kopi yang dihasilkan bersama kotoran oleh musang ini asli berasal dari Indonesia. Walaupun mahal, kopi fenomenal itu banyak di cari terutama oleh penikmat kopi.

Demikianlah artikel mengenai fakta unik tentang negara Indonesia. Tentunya dengan mengenal dan mengetahui berbagai fakta unik ini, membuat kita bisa semakin mengenal negara kita sendiri dan juga bangga dengan kekayaan alam serta keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Semoga bermanfaat ya. 
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar