Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Optimasi SEO On Page Blog Atau Website Untuk Pemula

Posting Komentar



Assalamualaikum, sahabat jurnal bunda imut. Bagaimana kabarnya nih, pada postingan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang Tips optimasi SEO on page atau cara mengoptimalkan SEO pada halaman website atau blog kita.

Sahabat blogger semua pasti sudah nggak asing kan dengan istilah SEO (Search Engine Optimization)? Di era sekarang ini, SEO merupakan teknik pemasaran yang paling efektif lho.

Karena, sekarang ini banyak orang yang ingin mencari sesuatu di internet, mereka akan mengetikkan serangkaian kata kunci sesuai yang ingin mereka cari di mesin pencari. 

Setelah itu akan muncul beberapa list website yang sesuai dengan kata kunci yang dicari tersebut. Nah, sebuah website dengan SEO yang baik, biasanya akan muncul di halaman utama.

Jika halaman website sahabat muncul di halaman pertama, bisa dipastikan jumlah pengunjung website sahabat jurnal bunda akan lebih banyak yang berasal dari mesin pencari dan kemungkinan besar akan berdampak pada produk atau layanan yang sahabat tawarkan di website tersebut.

Optimasi SEO on-Page website memang sedikit sulit, tetapi teman-teman tetap bisa melakukannya secara gratis.

Tips Optimasi SEO On Page Blog Untuk Pemula

Di kelas Blogspedia Coaching For Newbie, saat materi tentang SEO ini dijelaskan oleh coach kami yaitu mbak Marita, ada beberapa tips tentang optimasi SEO di blog kita. Diantaranya adalah sebagai berikut

1. Judul Artikel

Judul merupakan hal yang wajib diperhatikan karena judul adalah salah satu faktor kuci utama dari SEO on-page. Gunakan title tage sebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. 

Kata kunci yang diletakkan di awal judul akan lebih baik dari kata kunci yang diletakkan di tengah judul atau di belakang judul, tetapi tidak semua harus meletakkan kata kunci di awal judul. 

Sahabat dapat meletakkan kata kunci di awal judul apabila kata kunci bisa memikat calon pengunjung website.

Saat menulis judul, pastikan ada kata kunci, jumlahnya maksimal 60 karakter. Kata kunci itu gimana sih, kata kunci itu topik utama yang dibahas di blog.

Misal judul artikelnya adalah Tips optimasi SEO on page blog untuk pemula, maka kata kuncinya kuncinya adalah SEO on page.
 
2. Permalink 
Jadi, permalink itu defaultnya ambil dari judul artikel, makanya kalau judulnya nggak diisi, blogspot otomatis ambil dari 100 karakter pertama di paragraf awal artikel.

Nah kalau judulnya terlalu panjang, blogspot otomatis memotong sendiri, dan kadang potongannya jadi nggak enak.

Jadi, pastikan saat ketik permalink benar-benar sisipkan kata kunci dan jangan lupa juga maksimal 75 karakter saja ya.

3. Deskripsi
Sama seperti meta deskripsi blog yang kita isi di SETTING, setiap artikel juga ada meta deskripsinya, pastikan untuk selalu diisi. Maksimal adalah 150 karakter. Sebaiknya ada kata kunci di situ. kalau bisa ada 2x pengulangan kata kunci, yang smooth, natural dan nggak terkesan spammy.

4. Paragraf Pertama
Di 100 karakter pertama sebuah artikel setidaknya kata kuncinya nampang ya,
Gunanya apa? ada kalanya meta deskripsi sudah diisi tapi yang muncul malah paragraf pertamanya. Nah kalau di 100 karakter pertama udah ada kata kunci artikel, lumayan lah ketika orang googling, ada kesempatan artikel kita ikutan masuk ke pencarian gitu

Berikut contohnya, SEO on page sudah ada di awal paragraf. 

Setelah sebulan rutin ngeblog



Dan nanti, akan muncul dibawah meta deskripsi nya.

5. Stop Cara lama atau jadul Penulisan Keyword.
Buat sahabat jurnal bunda imut yang udah pernah belajar SEO sebelumnya, atau pernah kerja jadi content writer, terus diajari sama bosnya untuk nulis kata kunci ditebalkan di awal paragraf, di tengah artikel dimiringkan, di akhir artikel digarisbawah, saat ini sudah nggak berlaku ya.

Jadi tulis saja sealami mungkin, nggak perlu di bold, miring, underline, dan pastikan harus menyatu dengan kalimat-kalimat lainnya.

6. Paragraf akhir
Sama halnya di 100 karakter pertama yang harus ada kata kunci, di paragraf akhir pun sebaiknya kata kunci dimunculkan, dalam bentuk kesimpulan.

7. Jumlah kata dalam sebuah artikel. 
Karena saya ikut kelas Blogspedia Coaching For Newbie ini, jadi saya mengikuti standart penulisan minimal di blog yaitu 800 kata.

8. Optimalkan paragraf
Maksimal 4 kalimat dalam 1 paragraf. Kalau 2 kalimat saja sudah majemuk dan panjang, silahkan ganti saja ke paragraf baru

9. Heading
Jangan lupa menggunakan heading untuk sub judul dan sub heading untuk sub sub judul. Contohnya seperti artikel dibawah ini, h1 judul, sub judul "apa sih seo on page" , h2 bisa dipilih heading di post editor, sub2 judul pilih sub heading atau h3. Penting untuk salah satu heading sebaiknya dimasukkan juga kata kunci di dalamnya ya.

10. Optimasi gambar
Pertama rename file gambar dengan cara yang benar, rename file di pengaturan file sahabat sebelum diunggah ke blog. Misal judul artikel tips optimasi SEO, silahkan ganti  nama gambarnya dengan tips-optimasi-seo, kemudian setelah nama file oke, silahkan diunggah. Oiya, jangan lupa alt dan title text pada gambar yang telah diunggah diisi juga ya, dan sebaiknya berbeda plus harus ada kata kuncinya. Tapi jangan di semua gambar ada kata kuncinya, minimal di satu gambar aja. Dan perhatikan untuk ukuran gambar jangan lupa maksimal 100 kb saja.

11. Link pada artikel
Ada yang namanya internal dan external
internal link: link yang mengarah ke artikel sendiri, internal link biasanya setema/ punya topik/ label yang sama dengan artikel yang dikasih internal link
exetrnal link: link yang mengarah ke artikel di blog orang lain
perbandingnya adalah 1:3, jadi kalau ada 1 external link, sebaiknya ada 3 internal link di dalam artikel itu. Kecuali, blog kita masih baru nggak bisa kasih internal link yang setema, atau karena job dari klien, kadang ada klien yang nggak mau artikel pesenannya ada link lain selain link punyanya.

12.Karena masih belum perlu jadi info couchnya diabaikan saja. 


13. Share di media sosial
Mau orang lain tahu kalau kita blogger, mau blog kita ada pengunjungnya? dishare ke media sosial adalah salah satu cara untuk branding + nambahin traffic

14. Juga belum perlu, jadi diabaikan saja.


Nah, sekiranya itu saja rangkuman yang bisa saya tulis tentang Tips Optimasi SEO On Page Blog Atau Website Untuk Pemula. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, dan jangan lupa dipraktekkan agar blog kita lebih banyak page viewnya.

Semangat Ngeblog Sahabat !!
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email