Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Membuat Konten SEO Untuk Pemula

Posting Komentar

 


Assalamualaikum sahabat bunda imut,

Kali ini, ngobrol santai tentang SEO untuk pemula yuk. Sahabat sudah tahu kan? Konten SEO friendly ini merupakan konten yang mudah terindeks oleh google dengan judul keyword yang tepat. Memenuhi search engine lebih berkualitas dan lebih bermanfaat dibandingkan dengan konten kompetitor kita.

Karena, inti dari konten yang kita tulis di blog adalah tulisan atau artikel yang keseluruhannya memerlukan perhatian khusus dalam hal SEO ini. 

Saat saya masuk dalam kelas Blogspedia Coaching, coach dalam kelas memaparkan paling tidak harus ada sedikitnya 5 tips untuk bisa membuat konten blog kita SEO friendly, apa saja?

Tips Membuat Konten Blog SEO Friendly

  • Riset kata kunci dan memilih keyword
  • Cek search intens dari keyword yang sudah dipilih
  • Pilih dan buat roadmap tentang konten yang akan dibuat
  • Buatlah konten yang berkualitas
  • Terapkan on page SEO
Penjelasannya silahkan baca artikel berikut:

1. Riset Kata Kunci Dan Memilih Keyword

Untuk bisa melakukan riset keyword perlu adanya sebuah tools. Tools ini tersedia dengan berbayar dan ada juga yang gratis, untuk pemula bolehlah pakai yang gratis dulu seperti Ubersuggest untuk riset keyword.

Menggunakan tools untuk cek keyword alurnya adalah memasukkan speed keyword, kemudian tool akan memberikan ide-ide keyword, silahkan pilih dan kelompokkan keyword yang terpilih kemudian tentukan Keyword utama dan keyword sekunder. 

Semisal kita akan praktik dengan kata kunci "usaha toko kelontong", silahkan ketikkan seed keywordnya "usaha toko kelontong" ke tool. Nanti, tool akan memberikan beberapa ide keyword dengan search volumenya seperti ini:
  • Modal usaha toko kelontong
  • Tips mudah usaha toko kelontong
  • Toko kelontong berapa modalnya
  • Modal dua juta, bisa bikin toko kelontong
Setelah itu, silahkan hapus kata kunci yang tidak relevan untuk mendapatkan beberapa keyword yang mempunyai kekuatan yang sama, saat tadi yang di cari adalah toko kelontong, hasilnya adalah :
  • Tips mudah usaha toko kelontong
  • Modal dua juta, bisa bikin toko kelontong
  • Modal usaha toko kelontong
Nah, keyword yang statistiknya lebih banyak atau tinggi inilah yang kita pakai untuk keyword utamanya. Dan nanti, saat kita sudah menerbitkan artikel tentang toko kelontong tadi kemungkinan terindeksnya lebih tinggi sehingga akan menaikkan potensi traffic organik yang tinggi.

2. Cek search intens dari keyword yang sudah dipilih

Silahkan cek minimal 10 kata tertinggi dari hasil keyword utama tadi, bisa dengan Googling dengan mencari yang berada pada page pertama google, kemudian baca dan pelajari kontennya.

Coba perhatikan, konten pertama yang ada di page google tersebut, apakah tentang tipsnya, macam-macam produknya, artikel tentang langkah-langkahnya atau tentang apa? Setelah kita faham, mari aplikasikan pada konten artikel kita.

3.Pilih dan buat roadmap tentang konten yang akan dibuat

Pilihlah konten yang berkaitan dengan apa yang kita cari pada page google tadi, jika di halaman pertama yang banyak muncul adalah artikel tentang tips atau jasa suatu produk, maka konten yang kita buat haruslah yang hampir sama. Jika yang muncul adalah tentang artikel yang mengandung informasi, maka seharusnya kita buat artikel yang informatif juga.

4. Buatlah konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas harusnya memenuhi search on page google, lebih berkualitas dan bermanfaat dari yang muncul di page pertama pencarian, lebih memiliki sudut pandang yang berbeda dengan yang seliweran di page pertama google dan yang terpenting adalah isinya harus jelas dan mudah dipahami.

Tetapi, saat menulis hal yang harus diingat adalah "Jangan hanya mikirin SEO saja", tetapi konten harus difikirkan matang-matang, hehehehe. Nanti mikir SEO tapi koonten sama sekali gak ada ide, yang penting adalah menulis saja dulu, tulislah apa yang sudah difikirkan. Target utama adalah menulis untuk manusia, menulis seaalami mungkin dan sebagus mungkin. SEO baru diterapkan nanti kalau artikel kita sudah bener-bener selesai dibuat.

Akan saya cantumkan juga bagaimana cara membuat konten yang menarik pembaca. Dengan cara yang sederhana dan cara ini lebih banyak saya praktikkan, hehehehe.

Langkah-Langkah Menulis Artikel Untuk Pemula

  1. Buatlah kerangka tulisan, berisi pembuka, isi inti(sub bahasan dan sub-sub bahasan), penutup. 
  2. Riset kata kunci dan masukkan kedalam kerangka tulisan
  3. Olah data menjadi tulisan. Tulis berdasarkan data yang ada, perhatikan untuk tidak sering mengedit ketika menulis ya, selesaikan tulisan sampai selesai, masalah mengedit nanti bisa di akhir sesi.
  4. Buatlah pembuka yang terdiri dari kata kunci, dalam SeO ini penting untuk tercantumnya kata kunci pada 100 kata di paragraf pertama.
  5. Buatlah judul yang mencerminkan isi tulisan. Jangan lupa judul harus mengandung kata kunci juga ya.
  6. Penutup yang mengandung CTA atau call to action. Berikan arahan pada pembaca untuk share, berkomentar atau membaca artikel lainnya. Atau boleh tentang kritik saran dengan menghubunui via email.
  7. Edit tulisan. Setelah semua tulisanmu selesai, jangan langsung edit, biasanya saya diamkan dulu sekitar 2-3 jam, kemudian baru dibaca ulang dan diedit jika ada yang perlu diedit.
Tips yang terakhir untuk membuat konten yang friendly untuk pemula adalah 

5. Terapkan on page SEO

Setelah artikelku selesai diedit, sebelum di terbitkan atau sebelum publish, sebisanya terapkan dulu on page SEO untuk artielmu tadi. Ketika menerapkan SEO pada artikel, tetap utamakan artikel ya. Bahkan coach kelas Blogspedia berpesan 

Silahkan tetap menulis.. belajar SEO boleh tapi juga jangan terus jadi ambisi

Insya Allah selagi tujuan kita Pengen menebar manfaat... Tulisan2 kita akan bertemu dengan pembacanya kok.. :)

SEO hanyalah salah satu ikhtiar. Tapi kepada siapa tulisan2 kita akan bermuara itu takdir Allah. Maka harus selalu pegang baik2 the big why kita ngeblog :)


Intinya, lebih praktisnya untuk menerapkan SEO pada artikel kita yang akan dipublish adalah

  • Judul maks 60 karakter, ada keyword
  • Url maks 75 Karakter, ada keyword 
  • Keyword di 100 karakter pertama di paragraf 1 Heading ok, keyword di salah satu heading 
  • Gambar, file name oke, alt image terisi, keyword di salah satu alt 
  • External Link dan Internal Link jumlah sesuai? Deskripsi artikel maks 150 karakter ada kata kunci. 
  • Jumlah kata min 800, paragraf 3-4 kalimat aja Keyword di paragraf terakhir
Saya, setelah menulis artikel, saya cek apakah 9 hal di atas sudah ada di artikel saya. Kalau sudah kecentang semua baru klik publish. Jika artikel sudah publish, kita bisa cek-cek kembali lewat SEO Meta inspector. 

  • DI SEO Meta inspector kita bisa cek:
  • Panjang judul udah bener belum 
  • Panjang meta deskripsi udah bener belum Heading udah masuk belum 
  • Alt image udah ada belum, image udah direname dengan ciamik belum (lihat dari link imagenya)

Nah, itulah tips membuat konten SEO friendly untuk pemula. Tidak sulit jika kita mau belajar. 

Terimakasih sudah membaca blog bundaimut.my.id sampai jumpa di tips berikutnya ya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ;) 

Malang, 15 November 2020/16.06














Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email