Manfaat Semangkuk Bakso Sapi

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Manfaat bakso sapi

Assalamualaikum sahabat bunda imut, ada yang suka bakso sapi gak nih? Waah, hari ini suasana mendung pas banget nyemil semangkuk bakso nih. Ada yang sudah ngiler belum lihat gambar bakso diatas, hehhehehe.

Siapa sih yang gak suka makan bakso? sepertinya hampir semua orang suka bakso. Apalagi, selain harganya yang relatif terjangkau, kuliner yang satu ini mudah ditemui dimana saja. Apalagi di tempat saya tinggal ini, hampir setiap jam bapak bakso lewat depan rumah.

Sahabat jurnal bunda imut tahu gak, kalau ternyata ada beberapa manfaat dalam semangkuk bakso yang kita makan untuk kesehatan tubuh kita. Penasaran, kan?

Bakso

Terkenal dengan sebutan baso, bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka ini sering disebut orang dengan bakso. Saat ini, sudah banyak variasi bakso yang berbahan dasar daging ayam, ikan, atau udang. Umumnya disajikan bersama kuah kaldu yang panas dengan topping mie kuning dan mie putih atau bihun, tauge, tahu, bawang goreng, dan seledri. 

Kuliner ini lebih nikmat disantap hangat tanpa campuran apapun, tapi tak jarang juga terkadang ada sekelompok orang yang menyantap bakso ini dengan nasi sebagai tambahannya. Kalian, termasuk sekelompok orang ini nggak? Hehheheheh

Di Indonesia, kuliner bakso yang terkenal adalah bakso Malang dan Solo. Keduanya memiliki ciri khas yang sama. Bola daging sapi berwarna abu-abu yang benar-benar bulat serta kuah yang berlimpah. Yang membedakan adalah variasi toppingnya, dimana untuk bakso Solo biasanya ditambahkan irisan daging atau tetelan.


Bahan Dasar Bakso Sapi?

Bahan dasar bakso sapi adalah menggunakan adonan berbahan dasar daging sapi, kemudian dicampur dengan tepung sagu atau bisa juga menggunakan tepung kanji, ditambah campuran bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, daun bawang, gula, garam dan penyedap rasa, anda sudah bisa dengan mudah membuatnya sendiri dirumah. 

Manfaat Makan Bakso Sapi Bagi Kesehatan?

Manfaat bakso sapi



Sahabat jurnal bunda imut, tahu gak sih kalau bakso sapi itu mengandung banyak manfaat lho. Untuk mengetahui manfaat makan bakso sapi untuk kesehatan, saya akan menuliskannya dari setiap bahan dasar utama yang disebutkan di atas. 

Daging Sapi


Pada dasarnya, di dalam daging sapi terkadung karbohidrat, lemak, protein, omega 3, omega 6 vitamin (B kompleks, E, K), zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, kalsium, selenium, dan magnesium.

Seperti daging hewan lainnya, daging sapi merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Nutrisi ini bermanfaat untuk meningkatkan / menjaga massa otot, mengurangi risiko terjadinya penyakit sakropenia, serta meningkatkan kekebalan tubuh. 

Sementara, meski mengandung lemak yang jumlahnya bervariasi tergantung bagian dari daging sapi yang diolah, tidak semuanya berpengaruh buruk bagi tubuh. Ada salah satu di antara lemak sehat di dalamnya yang berfaedah untuk menurunkan berat badan. Namanya CLA alias conjugated linoleic acid.
Berikutnya adalah zat besi. Seperti mungkin sudah diketahui, zat besi sangat berpengaruh terhadap pembentukan sel darah merah (hemoglobin). 

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan kita terserang anemia. Oleh sebab itu, mengkonsumsi daging sapi secara rutin bisa menjaga pembentukan sel darah serta menghindari resiko terserang penyakit tersebut.

Meski jumlahnya tidak sebanyak dalam daging ikan, daging sapi juga memiliki kandungan omega-3. Asam lemak ini sudah sangat terbukti khasiatnya bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah untuk menyembuhkan depresi, meningkatkan kecerdasan otak janin (bagi ibu hamil), meningkatkan kesehatan mata, mengurangi peradangan, menurunkan resiko terkena penyakit jantung, meredakan gejala attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), mencegah kanker, mencegah penyakit autoimun, dan masih banyak lagi.

Masih belum cukup, keberadaan asam lemak omega-3 dilengkapi dengan adanya kandungan omega-6. Secara umum manfaatnya hampir sama, menguatkan efek positif omega-3 dalam tubuh.

Tepung Sagu


Tepung sagu adalah tepung yang terbuat dari pohon sagu, dimana endapan bagian tengah pohon tersebut dihaluskan lantas dicampur dengan air. Teksturnya garing dan kasat dengan warna putih susu.
Bagaimana dengan khasiatnya? Jangan salah, tidak sedikit loh. 

Wajar jika sagu sendiri merupakan makanan pokok di wilayah Indonesia bagian timur. Khususnya Maluku dan Papua. Per 100 gramnya, terdapat kandungan 94 gram karbohidrat, 0.2 gram protein, 10 mg kalsium, 1.2 mg zat besi, dan 0.5 gram serat. Terdapat pula kandungan asam askorbat, lemak, dan karoten walau tidak terlalu signifikan. Secara umum, kandungan nutrisinya lebih rendah ketimbang nasi. Pun begitu, dari segi gizi, dapat diadu dengan makanan lain yang lebih kaya protein dan vitamin.
 
Salah satu manfaat sagu adalah mampu mengontrol kadar glukosa gula darah. Serat yang terkandung di dalamnya dapat menghambat penumpkan glukosa sehingga tidak merangsang naiknya kadar gula dalam darah. Ini sangat cocok bagi penderita diabetes maupun yang ingin mengurangi resiko terkena penyakit tersebut.

Masih soal serat, serat dalam sagu memiliki fungsi prebiotik, yaitu melindungi kondisi mikro flora dalam usus. Artinya, ia dapat melindungi usus dari serangan bakteri merugikan serta melancarkan organ pencernaan. Efeknya, imunitas tubuh otomatis akan meningkat karena resiko peradangan dan infeksi saluran pencernaan dapat diminimalisir.

Ada kaitannya dengan usus, pati sagu sebenarnya tidak dapat dicerna oleh usus halus. Pun begitu, ia akan berfermentasi dengan bakteri yang ada dalam usus besar (kolon) sehingga, dengan sifatnya yang resisten terhadap mikroba dan enzim, dapat melindungi kita dari resiko kanker usus.
Oh ya, dibandingkan dengan nasi, kandungan gula sagu jauh lebih rendah. 

Sebaliknya, kandungan karbohidratnya justru lebih tinggi. Artinya, makanan yang terbuat dari (tepung) sagu relatif aman dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun oleh orang yang sedang menjalani diet / ingin menurunkan berat badan. Terlebih ada kandungan zat mineral fosfor dan serat yang mampu menekan rasa lapar lebih lama ketimbang nasi.

Manfaat lain sagu untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan tulang serta mempercepat pertumbuhan dan pembentukan kalsium pada tulang.

Tepung Kanji


Tepung kanji / tapioka adalah tepung yang terbuat dari pohon singkong, dimana pati atau sari dari singkong dikeringkan dan dihaluskan. Berbeda dengan tepung sagu, tekstur tepung kanji lebih licin dengan warna putih yang lebih bersih. Untuk jeroannya, terdapat kandungan selenium, tembaga, kalsium, mangan, zat besi, vitamin B6, asam folat, dan panthothenic.
 
Karena sama-sama mengandung serat, mengkonsumsi tepung kanji (baca: makanan yang dibuat dengan tepung kanji, bukan digadoin ya, hehehe) sangat bermanfaat untuk kesehatan organ pencernaan serta untuk mengontrol kadar gula dalam darah. 

Tidak hanya kadar gula di dalamnya, darah pun ikut merasakan khasiatnya berkat kandungan zat besi (merangsang pembentukan sel darah baru, mencegah anemia, melancarkan peredaran darah), kalium (mengurangi stress pada pembuluh darah dan pembuluh nadi), dan potasium (menurunkan tekanan darah) di dalamnya.

Ini diperkuat lagi dengan adanya kandungan asam folat (B9) yang punya bejibun manfaat bagi tubuh. Mulai dari membantu pembentukan sel-sel tubuh, mencegah gangguan jantung, mencegah stroke, serta meningkatkan daya ingat. Terakhir ada kandungan protein berbasis nabati yang mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh.

Penutup

Manfaat bakso sapi


Meski bahan dasarnya tidak banyak dan pembuatannya relati mudah atau tidak sulit, bakso sapi ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika sahabat bunda malas membuat sendiri, mencarinya pun cukup mudah. Dan sekarangpun sudah banyak sekali dijual bakso kemasan Frozen yang lebih praktis dan higienis. Jadi, selamat makan bakso ya sahabat, jangan lupa pesan es teh manisnya juga ya !!






Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar