Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Sarana Asimilasi Dan Edukasi, Wisata Alam Kabupaten Malang Murah Meriah Dan Ramah Anak

11 komentar

Sarana asimilasi dan edukasi
Assalamualaikum sahabat jurnal bunda, New Normal liburan kemana nih? Ngomongin liburan, bunda imut beberapa waktu yang lalu baru saja mengunjungi salah satu wisata alam yang sedang viral dan Hits untuk daerah kabupaten malang. Mau tau cerita lengkapnya? Baca artikelnya sampai selesai ya

Sarana Asimilasi Dan Edukasi (SAE) merupakan sarana pelatihan dan pembinaan bagi narapidana Lapas Lowokwaru malang sebelum turun kembali ke masyarakat. Berlokasi di ujung Kecamatan Ngajum, Desa Maguan Kabupaten Malang ini dikelilingi oleh panorama alam yang indah khas lembah perbukitan yang sejuk nan asri.

Tempat dengan luas lahan kurang lebih 22hektar ini merupakan sarana pembinaan para nara pidana untuk persiapan sebelum mereka kembali ke masyarakat. Banyak kegiatan yang bermanfaat yang dilakukan para narapidana disini, termasuk terlibat dalam pembangunan Sarana Asimilasi Dan Edukasi ini. Mulai dari pengerjaan konstruksi bangunan, pertanian, peternakan hingga pembuatan track sepeda.

Banyak yang tidak menyangka bahwa ini adalah sarana pelatihan bagi para narapidana, karena memang dari luar tempat ini tampak seperti taman dan tempat wisata dengan kolam dan beberapa gazebo yang tertata rapi. Untuk Anda yang ingin berwisata dengan suasana sejuk nan asri dengan udara khas pegunungan, silahkan mengunjungi SAE ini.

Akses Menuju Sarana Asimilasi Dan Edukasi 

Wisata alam SAE


Terletak di bagian Utara kabupaten malang, jika Anda dari kota malang, jarak yang akan ditempuh adalah sekitar 30km untuk bisa sampai pada tempat wisata tersebut. Lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Andapun tak perlu khawatir tersesat, karena saat masuk di Kecamatan Ngajum sudah ada petunjuk arah untuk menuju lokasi Sarana Asimilasi Dan Edukasi tersebut.

Setelah Anda sampai di tempat tersebut, Anda akan langsung disuguhi dengan pemandangan gunung Kawi yang tampak dari kejauhan. Tempat ini sudah nampak sangat indah dari kejauhan.
SAE Kabupaten Malang

Sejarah Berdirinya Sarana Asimilisa Dan Edukasi

Tulisan janji para napi


"Sarana Asimilasi dan Edukasi ini sudah ada sejak 1974, tapi sertifikat aslinya baru turun tahun 2000-an. Yang saya dengar insyaallah berprospek jadi lokasi wisata edukasi, tapi warga saat ini belum boleh masuk," ujar salah satu petugas jaganya, Muhammad Isya' pada Selasa (07/07/2020)"  (Sumber: Kumparan.com)

Ada sekitar 17 nara pidana yang berada di SAE ini, mereka berkegiatan dari pagi hingga sore hari, kegiatan yang dilakukannya juga tergolong bayak juga dibagi beberapa pos sesuai para napi tersebut, diantaranya ada bagian pengelasan, pertanian dan beberapa tenaga untuk pembangunan sarana lainnya.

Untuk para narapidana yang sengaja di pekerjakan disini adalah pada narapidana sudah dibina dan diberikan pelatihan di BLK (Balai Latihan Kerja) Singosari. Jdi, mereka hanya tinggal menerapkannya saja, seperti peternakan disana ada peternakan sapi, lalu perawatan taman/pertanian kangkung, kacang panjang dan jagung. Napi yang dipilih juga tidak main-main, mereka harus memenuhi syarat sidang TPP, lalu proses asimilasinya sudah bisa dilaksanakan setelah melaui pelatihan.

Harga Tiket Masuk SAE

Untuk bisa masuk kesini, Anda hanya perlu membayar uang parkir kendaraan sebesar Rp.5000,- . Sedangkan untuk masuk kedalam area taman Anda akan dikenakan biaya Rp.5.000,- Juga untuk orang dewasa dan Free biaya masuk untuk anak-anak dibawah usia 3 Tahun. Oiya, tiket masuk kesini keren lho, jadi tiket masuknya berupa kertas yang di pakaikan sebagai gelang di tangan kita, hehhehehe. Sayang waktu itu tiketnya nggak kefoto. Terus saat berada disini kita juga bisa duduk-duduk cantik di gazebo-gazebo yang tersedia, kalau kita kesini bawa bekal pasti bisa sambil makan bersama di gazebo-gazebo my, taman yang sangat lua ini bisa jadi alternatif untuk anak-anak bermain dengan puas. Bisa lari-larian tanpa khawatir karena memang SAE ini di desain untuk kenyamanan anak-anak, disini juga tersedia ayunan dan mainan jungkat jungkit juga lho. Jadi, jika Anda kesini bersama si kecil, ada kemungkinan mereka akan betah betkana-lama ditempat ini.

Bisa Ngapain Aja Di SAE

Selfie di SAE


Ketika sampai di Sarana Asimilasi Dan Edukasi, Anda bisa mulai foto cantik dengan gapura bertuliskan selamat datang di pintu masuk kawasan ini. Selain Itu banyak sekali pendukung wisata yang ada disana, seperti gazebo-gazebo, terdapatnya kolam yang mengelilingi gazebo dengan desain jembatan menuju gazebo super cantik yang bisa Anda manfaatkan untuk selfie-selfie cantik.

Yang paling menarik adalah, disini juga terdapat lintasan sepeda downhill dan ada juga tempat edukasi pertanian dan peternakan. Lengkap dengan adanya fasilitas umum seperti toilet dan mushollah, juga di dukung dengan banyaknya properti foto buatan para napi asimilasi yang semakin membuat kita betah berlama-lama berfoto ria di kawasan ini.

Berikut beberapa tempat cantik yang bisa kita gunakan untuk berfoto-foto



gazebo






Nah, selain kita bisa berselfie sepuasnya. Disini jika kita membawa anak-anak juga cocok sekali lho sahabat, selain tempatnya yang memang didesain ramah anak, area yang ada disini cocok sekali untuk anak-anak agar bisa bereksplorasi dengan alam. Jadi, SAE ini cocok sekali lho untuk Anda yang ingin refreshing sejenak dari aktifitas dengan biaya murah namun bisa membuat fikiran kita fresh dengan hamparan alam yang memanjakan mata. 

Tips Berkunjung Ke SAE Saat Pandemi

  • Pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan ya, dengan tetap berjaga jarak, memakai masker dan seringlah mencuci tangan dengan sabun di area-area yang tersedia
  • Jika sempat, bawalah payung agar tak kepanasan ataupun kehujanan saat berjalan menyusuri taman
  • Bawalah minimal air mineral atau Snack ya, karena dalam kawasan ini masih belum tersedia warung-warung makan atau warung camilan
  • Untuk menghindari kerumunan, silahkan ke sini saat hari kerja, karena ketika hari libur pengunjung membludak yang mengakibatkan tidak bisa berlama-lama dan malah jadi terburu-buru, nggak bisa puas foto-foto dong nanti, hehhehe
Nah, berlibur tak perlu mewah kan, karena dengan harga tiket yang murah meriah ternyata itu sudah mampu mencharge semangat dan menghilangkan stress atas kerjaan kita. Bonusnya adalah anak-anak bisa bersenang-senang dan lebih sehat karena udara pegunungan yang sejuk dan tanpa polusi.

Setelah membaca ulasan ini, semoga pembaca berkenan singgah kesini ya. Sarana asimilasi dan edukasi ini benar-benar ramah anak dan menjadi wahana wisata alam di kabupaten malang yang murah meriah.
 

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

11 komentar

  1. Oh jadi ini selain tempat tobatnya para napi, juga sebagai wisata ya.
    Wuih baru tahu ada tempat seperti ini.

    BalasHapus
  2. baru tahu kalau ada tempat untuk memberi bekal para napi agar bisa kembali ke masyarakat.

    BalasHapus
  3. waaah aku malah baru tau ada tempat pelatihan khusus kaya gini di Indonesia ^o^

    BalasHapus
  4. Wah tiketnya murah banget, padahal tempatnya cantik gitu 😍

    BalasHapus
  5. Jadi pengen ke Malang Mba, dulu ke Malang cuman pas KKL dan itupun ke RSJ Lawang doang heuheu

    BalasHapus
  6. Aku jadi ingin main ke malang nih... aduuu kapan bisa kesanaa

    BalasHapus
  7. Bisa seindah gini yaa tempat pelatihan... Keren

    BalasHapus
  8. Boleh masuk wish list travelling nih. Keren juga tempat pelatihan sekaligus tempat wisata.

    BalasHapus
  9. Pemandangan gunung ah rindu.. Jadi pengen nyoba kesana

    BalasHapus
  10. Malang emang juara bikin tempat wisata

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email