Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Hari Ayah Nasional Pentingkah

24 komentar

 

Hari ayah nasional



Seperti yang banyak orang ketahui, setiap tanggal 12 November negara Indonesia memperingati sebagai hari ayah nasional. Sahabat tau gak, bagaimana sejarah ditetapkannya hari ayah nasional?

Seperti dikutip dari situs Kemendikbud, ayah adalah sosok penting dalam keluarga. Posisinya sejajar dengan ibu. Ayah punya cara sendiri dalam menjalankan perannya sebagai kepala rumah tangga, pemberi nafkah, pelindung, dan masih banyak peran penting lain untuk keluarganya.

Mengingat pentingnya peran ayah dalam keluarga, ketika sosok ibu sebagai orang yang melahirkan kita diberi penghargaan dengan cara memperingati hari Ibu setiap tanggal 22 Desember, sosok Ayah juga perlu mendapatkan penghargaan yang sama. Atas hal itulah yang akhirnya mendorong tercetusnya peringatan Hari Ayah Nasional.

Meskipun, bagi keluarga saya hari ibu dan hari ayah itu adalah setiap hari. Tapi nggak ada salahnya jika saya ikut andil untuk mengapresiasi adanya hari ayah nasional ini.


Sejarah Adanya Hari Ayah Nasional


Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara tersebut mendapat sambutan cukup baik dan mendapatkan sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Beberapa surat terbaik tersebut dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, Mahasiswa, serta umum. Momen tersebut kian mengharukan ketika anak-anak yatim piatu melakukan sungkeman pada ibu-ibu dari Panti Jompo. Usai acara, panitia penyelenggara dibuat terkejut dengan pertanyaan para peserta, "Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi."

Atas pertanyaan tersebut lah, yang akhirnya menggugah hati untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. PPIP berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta. Mereka menanyakan kapan hari ayah di Indonesia dan jika belum ada penetapan hari Ayah, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah. Namun ketika itu PPIP tak mendapatkan jawaban memuaskan.

Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'.

Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku 'Kenangan untuk Ayah' yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. 

Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Setelah itulah setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Lantas, apa pengaruh penting hari ayah terhadap keluarga saya? Ya, putra pertama saya ketika tahun kemarin masih di taman kanak-kanak, salah satu tugas yang harus dikerjakan adalah membuat ucapan hari ayah. Tepat tanggal 12 November, surat yang telah dibuat tersebut harus di kasihkan ke ayahnya masing-masing.


Rupanya, tujuan ustadzah putra saya memberikan tugas menulis surat untuk ayah adalah untuk menumbuhkan rasa simpati anak kepada seorang ayah, menumbuhkan rasa peduli anak terhadap perjuangan ayahnya, membuat agar anak tahu berterimakasih terhadap ayahnya juga menumbuhkan rasa tentang "pentingnya sosok ayah" untuk mereka. Dan ini semua adalah luar biasa.


Peran Penting Ayah Untuk Anak-Anaknya


Pentingnya peringatan hari ayah


Sama dengan ibu, sosok ayah juga punya peran penting untuk perkembangan tumbuh kembang anak. Ayah adalah sosok penjaga dan mampu memberikan dorongan emosional kepada anak-anaknya. Dengan kehadiran seorang ayah dengan kasih sayang yang beliau curahkan kepada anaknya, ikut berkontribusi dan terlibat dalam kehidupan anak,secara tidak langsung peran tersebut akan mampu memberikan kontribusi besar dalam perkembangan kognitif, bahasa, sosial , serta prestasi akademiknya.

Berikut contoh sedikit tentang pentingnya peran ayah terhadap anak-anaknya

  • Adanya sosok ayah, akan sangat mempengaruhi kesuksesan anak
  • Ayah sebagai teman bermain
  • Ayah mampu mengajarkan untuk berani mengambi resiko
  • Ayah sebagai pelindung
  • Ayah sebagai tokoh yang berperan penting untuk mendisiplinkan anak
  • Bekal anak menjalani hubungan ketika sudah dewasa.


Peran Ayah Dalam Keluarga Modern

Pada saat ini, peran ayah dan ibu dalam keluarga saat ini tidak bisa dipandang secara tradisional, dengan ayah sebagai pencari nafkah sementara ibu di rumah mengurus anak-anak dan kebutuhan rumah tangga.

Ayah saat ini juga berbagi peran, misalnya membersihkan rumah, mengantar dan menjemput anak dari sekolah, dan membantu anak-anak dengan pekerjaan rumah mereka.

Dengan banyaknya perempuan yang masuk ke dunia kerja, dan ayah yang berganti peran di dalam rumah tangga, maka peran ayah dan ibu saat ini lebih luas.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) menemukan jika sosok ayah saat ini ayah lebih terlibat dalam pengasuhan anak daripada sebelumnya.

Alasan dari keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak tersebut beragam. Bisa jadi sang ibu bekerja lebih lama dan menerima gaji lebih tinggi, atau jam kerja ayah yang lebih sedikit.

Lebih lanjut, Studi lain yang diterbitkan oleh Father Involvement Initiative menyebutkan, anak yang terikat dan menerima kasih sayang dari ayah cenderung tidak memiliki masalah perilaku dan memiliki pengetahuan terhadap alkohol dan penyalahgunaan narkoba.

Namun, jika ayah kurang terlibat, anak-anak akan cenderung putus sekolah lebih awal dan menunjukkan lebih banyak masalah dalam perilaku dan penyalahgunaan zat.

Penelitian juga menunjukkan, bahwa ayah sama pentingnya dengan ibu dalam perannya masing-masing sebagai pengasuh, pelindung, pendukung keuangan, dan yang paling penting model untuk perilaku sosial dan emosional.

Lebih lanjut, penelitian yang dilakukan Michael Lamb, seorang profesor psikologi di University of Cambridge menemukan jika anak-anak akan beralih ke sosok ayah ketika mereka ingin bermain dan bersenang-senang. Sedangkan mereka akan beralih ke ibu jika merasa stres atau kesal.

Lalu bagaimana seorang ayah dapat mempengaruhi kondisi anak mereka?

Pengaruh Hadirnya Seorang Ayah Untuk Anaknya

Sebagai makhluk sosial, manusia tak lepas dari pengaruh dan interaksi. Tak hanya itu, manusia juga sering meniru perilaku. Faktanya semua primata belajar bagaimana bertahan hidup dengan pola peniruan sosial.

Pola-pola inilah yang pada awalnya diketahui dan kemudian ditiru oleh anak-anak. Hal ini kemudian bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak, karena mereka rentan terhadap pola-pola awal tersebut.

Hubungan antara ayah dan anak dapat mempengaruhi kehidupan mulai sejak ia lahir hingga meninggal dunia. Pola hubungan anak dan ayah juga bisa berdampak pada interaksi mereka baik dengan teman, rekan kerja, hingga pasangan.

Pengaruh Hubungan Ayah Dengan Anak Perempuannya

Dalam artikel berjudul The Role of Fathers in Childhood Development yang terbit di laman Harvard Extension School, bagi anak-anak perempuan, peran ayah dapat memberikan dampak yang besar terhadap harga diri dan bagaimana mereka akan tumbuh menjadi wanita.

Beberapa wawancara yang dilakukan dengan tokohtokoh perempuan seperti Hillary Clinton, Madeline Albright, dan banyak ilmuwan wanita terkemuka menekankan pengaruh ayah pada anak perempuan.

Selain itu, pada anak perempuan, sosok seorang ayah akan sangat berperan terutama saat mencari pasangan. Hal ini karena, anak-anak khususnya perempuan terbiasa dengan pola asuh ayah mereka.

Oleh karena itulah, jika sosok seorang ayah dipandang baik di mata anak perempuannya, maka ia akan mencari pasangan dengan kriteria yang tak jauh dari ayahnya.

Selain itu, anak perempuan akan mencari sosok yang bisa memberikan rasa nyaman, sama sepeti yang mereka dapatkan saat berada di rumah dan keluarga. Ini karena mereka telah terbiasa dengan pola perilaku tersebut dan berpikir bahwa kriteria tersebut dapat menjadi salah satu faktor suksesnya sebuah hubungan.

Pengaruh Sosok Ayah Untuk Anak Laki-Laki

Sementara anak laki-laki akan mencari persetujuan ayah mereka dalam segala hal. Selain itu, anak-anak akan meniru perilaku yang mereka akui baik. Jadi jika seorang ayah berlaku kasar, mengendalikan, dan cenderung mendominasi, maka pola itu bisa saja ditiru oleh putra mereka.

Tetapi jika seorang ayah berlaku penuh kasih sayang, suportif, baik hati, dan protektif, maka anak-anak akan meniru dan ingin menjadi pribadi yang ditunjukkan oleh sosok ayah mereka.

Kemudian jika anak-anak beranjak dewasa dan menjadi orangtua, anak akan mempelajari apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dari pola pengasuhan ayah dan ibu terhadap mereka.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang pentingnya peran seorang ayah, pentingnya untuk memperingati hari ayah. Semoga dengan adanya hari ayah, para Ayah akan senantiasa merasa bahwa sosoknya benar-benar dibutuhkan dan Ayah akan selalu menjadi contoh yang baik untuk anak-anaknya.



Sumber:
Kompas.com
Tribunnews.com
Skata.info



Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

24 komentar

  1. Baca ini jadi tambah rasa sayangku ke bapak~ emang bener sih sosok ayah itu punya peran yang penting buat tumbuh kembang anak. Dan bener akan nyari pasangan yg kayak bapak :" Humoris dan bucin sama ibuk kwokwok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwoooo... Kudu ada bucin-bucinnya yaaa biar hidupnya ntar lebih berwarna..hehhehehe

      Hapus
  2. Bener banget, beruntung punya suami yang hangat terhadap anak-anak.

    BalasHapus
  3. Beruntungnya anak perempuan yang dekat dengan ayahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya. Pernah iri sama teman-teman yang deket sama bapaknya. Alhamdulillah, suami juga begitu sama anak-anak. 🥰

      Hapus
  4. Semoga selalu dikuatkan pundak para ayah ayah ini😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn ya Allaah... Sehat selalu untuk para ayah ...

      Hapus
  5. MasyaaAllah jadi teringat bapakku, semoga Allah berikan kesehatan selalu pada beliau dan ibuku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya Allaah... Sebat-sehat untuk orang tua kita ya mbak...

      Hapus
  6. Ayah adalah cinta pertama anak perempuannya... itu yang aku lihat dari anakku yang klo ayahnya pergi selalu ditanyain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekalii mbaaak... Semoga para ayah selalu diberi kesehatan yaa

      Hapus
  7. Baru tau sejarah hari ayah, kayaknya tuh baru ramai tahun-tahun terakhir ini. Dulu taunya cuma ada hari ibu, terus akhirnya muncul deh hari ayah. Tujuannya bagus, semoga gak melenceng dari yang diharapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuga para ayah juga senantiasa ingat akan perannya terhadap anak dan keluarganya ya mbaak

      Hapus
  8. Aamiin aamiin smeoga ayah2 hadir dalam tumbang anak-anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn... Bisa gotong royong dalam membersamai Anak2 kita ya mbaak..

      Hapus
  9. aku kalau ke ayah ngobrolin hal yang gak baper wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa.... Kalau aku seringnya curhat..ehehehe sepertinya pepatah yang bilang anak perempuan bakal lebih dekat dengan ayahnya itu adalah benar..wkwkskw

      Hapus
  10. Hidup ayah :P. Sebagai ayah aku senang sekali ada hari ayah. Tapi hari ayah gaungnya nggak sebesar hari ibu ya? Hal ini membuktikan ibu-ibu lebih berarti dari pada bapak-bapak. Gimana nggak berarti, surga saja dibawah kakinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun ibu lebih banyak disebutkan daripada ayah, tetapi letak bakti tertinggi seorang istri ada pada suaminya dan suami itu adalah seorang ayah dari anak-anaknya..hehehehe

      Hapus
  11. Hueee.. jadi kangen ayahku, pengen pulang kampung nih :(
    Kedua orang tua memanglah penting dan saling melengkapi di hidup kita. Kalu surga di bawah telapak kaki ibu, maka kunci untuk membukanya lah ada pada restu dan doa ayah. Selamat Hari Ayah untuk seluruh ayah di dunia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari ayah masih tgl 12 besok nih mbak..wkwkwkw semoga para ayah dan juga ibu kita senantiasa diberi kesehatan dan umur yang berkah yaa...

      Hapus
  12. Selamat Hari Ayah untuk semua ayah hebat seluruh duniaaaaa :)))))

    BalasHapus
  13. MaasyaAllah baru tau kak ttg selayang pandang hari ayah....

    Informasi mantap

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email