Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Bersabarlah Untuk Pahala Yang Tanpa Batas

2 komentar

 

Pahala sabar yang tak terbatas
Assalamualaikum sahabat bunda imut ❤️

Tadi siang, ketika saya lagi-lagi tak bisa bersabar dan mengontrol emosi saat membersamai Asyraf belajar daring.

Saya: Kenapa selalu nangis pas belajar

Asyraf: Tetap nangis sambil berusaha menghentikan air matanya

Saya: Kenapa selalu nangis? Gak pernah gak nangis, kalau belajar selalu nangis! Kenapa mas?

Asyraf: Bunda jangan marah-marah, sabar bund

(Seketika saat itu, hening)


Bersabar. Ya, kata ini memang terulang di dalam Alquran lebih dari 70 tempat. Di dalam berbagai ayat tersebut dapat dilihat bahwa Allah Swt menganugerahi orang-orang yang memegang teguh sifat sabar dengan berbagai keutamaan. Selain itu, berbagai kebaikan dan derajat yang terhormat juga dijanjikan-Nya sebagai buah dari sikap sabar ini.

Firman Allah Tentang Sabar

"Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka bersabar" (as-Sajadah: 24).


"Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israel disebabkan kesabaran mereka" (al-A'raaf: 137).


"Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan" (an-Nahl: 96)


"Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka...." (al-Qashash: 54).


"Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas" (az-Zumar: 10).

Melihat dari contoh ayat di atas, saya sudah mendapat gambaran jelas tentang begitu mulianya sebuah kesabaran. Sesungguhnya, setiap kebajikan yang dilakukan telah ditakar ganjarannya, kecuali kesabaran. Itulah sebabnya, pada puasa terdapat janji pahala yang sangat besar karena ia merupakan setengah dari kesabaran.

Sabar adalah salah satu kunci dari hidup yang bahagia. Menerapkan sabar sebenarnya bisa menuntun saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Meski saya sadar, sangat tidak mudah dan sulit untuk menguasainya, tetapi saat mencoba untuk brsabar, sudah jelas akan ada bebrapa manfaat yang bisa saya pribadi dapatkan, Manfaat seperti apa?



Di Antara Manfaat Sabar

  1. Sabar adalah Akhlak para rasul
Seperti yang sudah pernah saya tuliskan di postingan sebelumnya tentang Pentingya mengajari anak tentang Adab. Akhlak yang baik yang sudah dicontohkan Allah SWT Melalui para Rosul seperti tingkah laku, sikap dan sifat yang baik, sudah sewajibnya kita teladani dan kita lakukan. Ingatlah pada saat dulu, Rasul kita mengalami banyak sekali tantangan ketika menyebarkan Agama islam. Tetapi, mereka sama sekali tak pernah menyerah dan tetap sabar meski meraka harus di olok-olok oleh para kaum kafir.
Allah SWT Berfirman yang artinya 
Sungguj telah didustakan para Rasulsebelum kamu, maka merekapun sabar dalam menghadapi tindakan para pendustamu itu, kemudian mereka disakiti smpai datanglah kepada mereka pertolongan kami (Q.S AL-An'am : 34)

2. Sabar adalah ladang pahala tanpa batas

Dalam surat Az Zummar ayat 10 dijelaskan bahwa Allah SWT senantiasa akan memberikan balasan luar biasa kepada mereka berupa pahala yang lebih baik dan tanpa batas, dimana pahala tersebut hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang bersabar dalam menghadapi ujiannya. Allah berfirman,

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Az Zummar:10)
3. Sabar membuahkan kebahagiaan hidup

Allah ta’ala berfirman,
“Demi masa, sesungguhnya seluruh manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasihati untuk menetapi kesabaran.” (QS. Al ’Ashr: 1-3)
Umar bin Khatthab radhiyallahu’anhu mengatakan,
“Kami berhasil memperoleh penghidupan terbaik kami dengan jalan kesabaran.” (HR. Bukhari)
4. Sabar penopang keimanan

Dari Shuhaib radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik untuknya. Dan hal itu tidak ada kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila dia mendapatkan kesenangan maka dia pun bersyukur, maka hal itu adalah kebaikan untuknya. Apabila dia tertimpa kesulitan maka dia pun bersabar, maka hal itu juga sebuah kebaikan untuknya.” (HR. Muslim)
5. Sabar mencegah fitnah

Dari Abu Malik al-Asy’ari radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
“Dan sabar itu adalah cahaya -yang panas-” (HR. Muslim). 
Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, 
“Fitnah syubhat bisa di tepis dengan keyakinan, sedangkan fitnah syahwat dapat di tepis dengan bersabar. Oleh karena itulah Allah Yang Maha Suci menjadikan kepemimpinan dalam agama tergantung pada kedua perkara ini.”
Allah berfirman, 
“Dan Kami menjadikan di antara mereka para pemimpin yang memberikan petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka bisa bersabar dan senantiasa meyakini ayat-ayat Kami.” (QS. As Sajdah: 24)

Sabar Itu Kemenangan

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, bahwa Allah SWT menjadikan sikap sabar itu ibarat kuda pacu yang tak pernah terperosok, bagaikan pedang tajam yang tak pernah tumpul, seperti bala tentara yang selalu menorehkan kemenangan lagi tak terkalahkan. Ia tak ubahnya seperti benteng kokoh yang tidak bisa dihancurkan ataupun retak. Sabar dan kemenangan adalah dua saudara kembar (yang selalu tak terpisahkan).

Jadi, pertolongan itu ada bersama kesabaran, kelapangan ada bersama kesusahan serta kemudahan itu beriringan dengan kesulitan. Kesabaran itu lebih bisa menolong pelaku kesabaran itu secara signifikan daripada bala bantuan manusia, tanpa harus disertai perangkat perang tidak pula jumlah. Posisi sabar terkait dengan kemenangan itu, seperti kepala bagi badan.

Dalam Al – Quran, Allah SWT menjamin akan memberikan pahala kepada orang-orang yang bersabar secara sempurna, tanpa hitungan. Allah SWT juga memberitakan bahwa Dia bersama mereka dengan bimbingan hidayah-Nya, dengan kemenangan-Nya. Allah SWT berfirman:
“Dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Anfal: 46)

Tulisan ini adalah sebagai pengingat, mengingatkan diri sendiri untuk senantiasa lebih bisa bersabar, bersabar dan bersabar, untuk pahala yang tanpa ada batas. Semoga kita senantiasa menjadi pribadi yang berusaha menjadi lebih baik lagi. Menjadi pribadi yang bisa mendirikan sabar dalam diri. Semoga Allah selalu membimbing dan meridhoi langkah-langkah kami.
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

2 komentar

  1. Masya Allah betul mbak, sabar bukan berarti kalah, justru kita menang melawan ego, hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email