Tips Jitu Ajarkan Anak untuk Selalu Bersyukur

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum Sahabund ;) Awal 2024, nih. Bagaimana kabarnya? 

Membuat hidup terasa lebih mudah! Ya, ini adalah salah satu manfaat jika kita selalu bersyukur pada-Nya. Begitupun untuk anak, dengan mengajarinya bersyukur, mereka akan lebih paham tentang arti menerima, belajar ikhlas dan selalu legowo atas apa yang sudah di takdirkan untuknya.

Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk selalu menyayangi anaknya. Berusaha memenuhi kebutuhan serta kewajiban anak-anak bukan berarti harus menyanggupi semua yang diinginkan. Nggak harus menyediakan apa yang diminta oleh anak. Selain berdampak negatif, dengan selalu memenuhi kebutuhan sang anak tanpa terkecuali, akan membuat anak menjadi penuntut dan tidak akan mempunyai rasa bersyukur.

Tips jitu ajarkan anak untuk selalu bersyukur


Lantas, bagaimana caranya agar anak-anak kita menjadi pribadi yang pandai bersyukur di kehidupan sehari-harinya? Berikut beberapa tips jitunya, diantaranya adalah:

1. Biasakan untuk Merefleksikan Diri Anak Kita Setiap Hari

Merefleksikan diri setiap hari merupakan langkah penting untuk bisa mengetahui apa saja hal yang perlu untuk di syukuri. Serta apa saja hal yang perlu diperbaiki lagi.

Cara merefleksikan diri yang rutin saya terapkan dalam keluarga adalah dengan bercerita tentang apa saja kegiatan selama sehari tadi. Cerita sebelum tidur atau ketika jam makan malam. Tips ini sangat efektif untuk anak-anak saya, terlebih mereka akan memahami jika setiap hari akan ada hal berat namun akan ada banyak hal yang membuat bahagia dan patut untuk disyukuri.

2. Memberikan Semangat untuk Tetap Berbuat Baik dan Membantu Orang Lain 

Memberikan bantuan untuk orang lain, cara yang biasa keluarga saya lakukan adalah dengan selalu mengingatkan anak-anak untuk tidak lupa berbuat kebaikan setiap hari. Berbuat baik sesuai usia anak-anak saya, seperti misalnya anak pertama yang usianya 9Th yang kebetulan sudah kelas 3 Sekolah Dasar.

Setiap hari Jum'at di sekolahnya akan ada amal jum'at, atau sedekah jum'at. Nominalnya tidak ditentukan dan juga tidak wajib, tetapi dengan menyisihkan sebagian rezekinya untuk orang lain yang membutuhkan, dengan tujuan kebaikan dan dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan. Hal ini akan membuat sang anak lebih menghargai kehidupan dan membuatnya lebih bersyukur karena mereka masih bernasip beruntung.

3. Selalu Mengajarkan untuk Berterimakasih 

Membuat rasa syukur semakin bertambah setiap hari, salah satunya adalah dengan rasa terimakasih. Sebaiknya ajarkan anak-anak kita untuk selalu berterimakasih atas hal kecil yang sudah mereka perbuat, berterimakasih atas apapun yang telah mereka lakukan, dengan terimakasih sudah pasti akan membuat hari-harinya menjadi lebih ceria dan menyenangkan.

Selain terimakasih, ingatkan anak-anak untuk tidak melupakan ungkapan sakti selanjutnya, maaf dan tolong agar mereka mampu menjadi pribadi yang santun dan berbudi yang luhur.

4. Abadikan Ucapan Syukur dengan Membuatkan Dokumen Syukur

Tips ini, rutin saya lakukan setiap hari. Salah satu yang saya lakukan untuk mengabadikan ucapan rasa syukur setiap hari adalah dengan membuat tulisan di secarik kertas. Masing-masing dari kami menuliskan rasa syukur sesuai dengan apa yang dialami hari ini.

Setelah satu minggu, biasanya kami akan membuka satu persatu tulisan yang sudah terkumpul dan membaca bergiliran dengan seluruh keluarga. Selama ini, cara ini sangat efektif dan terbukti bisa membantu menumbuhkan rasa bersyukur dan terimakasih didalam keluarga saya.

Jika salah satu dari kami mengalami hal buruk di suatu hari, dengan membaca dan mengingat selalu isi tulisan syukur tadi, akan menumbuhkan rasa tenang dan akan selalu teringat jika di setiap hal buruk yang dialami tentu akan ada hal baik yang perlu dan harus kita syukuri.

Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Selalu Bersyukur 

Bersyukur artinya berterima kasih terhadap apa yang anak miliki, apa yang anak rasakan, dan apa yang anak lalui selama kehidupan mereka. Dengan belajar rasa bersyukur ini, anak akan merasa jauh lebih bahagia dan cukup dengan apa yang mereka miliki.

Tidak hanya mendatangkan kebahagiaan, anak yang lebih sering bersyukur memiliki sikap yang lebih positif terhadap keluarga, lingkungan dan juga sekolah mereka. Maka dari itu, mengajarkan anak agar selalu bersyukur adalah hal yang sangat penting dilakukan bagi setiap orangtua.

Melansir dari laman Greater Good Science, UC Berkeley, rasa bersyukur itu mencakup empat aspek diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyadari hal-hal apa saja yang bisa disyukuri.
  2. Menyadari kenapa kita diberikan atau memiliki hal-hal yang patut disyukuri.
  3. Menyadari apa yang dirasakan ketika diberikan atau memiliki berbagai hal.
  4. Menunjukkan rasa terima kasih.

Penutup

Bund, memang pada dasarnya untuk bisa mengajarkan anak tentang cara selalu bersyukur memang terlihat mudah, tetapi semuanya akan terasa sulit jika Anda tipe yang mudah menyerah.

Jangan lelah untuk selalu mengingatkan mereka untuk bersyukur, yang terpenting jadilah contoh dan role model anak agar mereka tahu bahwa yang mereka lakukan adalah hal yang positif.

Semoga bermanfaat ya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar