Ide dan Jadwal Kegiatan Anak Pra Sekolah

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum Sahabat Bunda ;)

Setelah tulisan saya tentang ide jadwal kegiatan anak usia 4 tahun menjadi topik yang menarik bagi pembaca blog bundaimut ini, akhirnya saya mencoba mengulas tentang ide dan jadwal kegiatan anak pra sekolah yang bisa para bunda contoh atau ikuti sebagai acuan untuk mengatur jadwal kegiatan anak dirumah.

Ide dan jadwal kegiatan anak pra sekolah


Jadwal prasekolah harian anak bisa jadi landasan utama untuk bisa memulai suatu aktifitas dan berpengaruh pada perkembangan yang terjadi setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa tips menyusun dan merencanakan jadwal prasekolah yang simpel dan tetap fleksibel.


Ternyata, fakta yang terjadi jika kita bisa menyusun aktifitas sehari-hari dengan baik akan berpengaruh dan mempunyai manfaat terbaik untuk anak bisa lebih enjoy dan semangat dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Tentunya didukung dengan memberikan nutrisi terbaik dan tepat agar perkembangan ketrampilan motorik anak bisa seimbang.

Aktifitas sehari-hari disekolah akan membutuhkan banyak waktu untuk belajar keseimbangan, bermain, rutinitas belajar dan aktifitas fleksibel lainnya.

Berikut ini beberapa contoh jadwal kegiatan anak prasekolah yang efektif dan bisa memberikan gagasan tentang pengelolaan aktivitas prasekolah sehari-hari. Saya juga menuliskan contoh jadwal kegiatan lengkap di bawah artikel ini agar bisa menjadi contoh untuk Anda mulai menata jadwal Anda sendiri.

Cara Membuat Jadwal Prasekolah yang Terstruktur

Jadwal prasekolah yang baik dan terperinci juga terstruktur akan membantu Anda, staf, dan juga anak-anak agar memiliki hari-hari yang produktif dan menyenangkan. Rencanakan aktivitas dan waktu istirahat dengan baik dan cermat untuk membantu mendorong perkembangan dan pertumbuhan anak menjadi lebih optimal.

Tetapkan dasar-dasar jadwal prasekolah

Tujuan utama dari jadwal prasekolah harian adalah untuk menyusun lingkungan terbaik untuk perkembangan anak usia dini. Karena anak-anak prasekolah tidak dapat mengatur diri sendiri seperti anak-anak yang lebih besar, perencanaan yang cermat akan memungkinkan pertumbuhan mereka. 

Pengalaman prasekolah yang positif sangat penting untuk perkembangan anak usia dini yang optimal , dan pertumbuhan ini terjadi setiap hari tergantung pada seberapa baik guru merencanakan dan terlibat dengan anak-anak.


Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan jadwal rutin anak pra sekolah, diantaranya adalah:

1. Aktifitas Rutin: Anak-anak akan melakukan yang terbaik jika mereka memiliki jadwal yang teratur dan tahu apa yang diharapkan.

2. Waktu Bermain: Anak-anak akan tumbuh dan bereksplorasi melalui permainan , dan setiap prasekolah dapat memasukkan waktu bermain ke dalam jadwalnya.

3. Makanan dan snack yang teratur: Masa-masa prasekolah membutuhkan banyak energi, dan anak-anak perlu memenuhi kebutuhan tubuh mereka dengan makanan ringan dan makanan bergizi .

4. Waktu tenang: Orang dewasa sering kali berharap waktu tidur siang tetap menjadi bagian dari jadwal harian mereka, dan untuk alasan yang baik. Jadwalkan waktu tidur siang (atau waktu tenang) yang bisa membantu anak-anak memulihkan tenaga sehingga otak mereka dapat menyerap apa yang telah mereka pelajari.

5. Aktivitas fisik: Waktu dan ruang yang teratur untuk bergerak di luar ruangan secara luas dianggap sebagai kebutuhan pokok dalam setiap jadwal prasekolah dan penting untuk mengembangkan keterampilan motorik .

Anda bisa memasukkan semua elemen ini ke dalam jadwal harian anak untuk lebih mendorong perkembangan anak usia dini.

Gunakan fleksibilitas untuk keuntungan Anda

Fleksibilitas adalah bagian penting dari jadwal harian Anda. Sejak awal, biarkan jadwal Anda fleksibel karena semua anak Anda menyesuaikan diri dengan jadwal baru. Prasekolah adalah masa pertumbuhan dan eksplorasi yang akan terwujud secara berbeda untuk setiap anak, sehingga Anda mungkin menghadapi tantangan yang berbeda dari satu kelas ke kelas berikutnya.

Misalnya, satu kelompok anak mungkin mengalami pengantaran yang relatif lancar, sementara kelompok anak lainnya mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk bersiap menghadapi hari tersebut. Mungkin kelompok terakhir Anda sudah lapar jauh sebelum waktu ngemil, dan kelompok Anda berikutnya sama sekali tidak lapar saat waktu ngemil. Tidak ada cara untuk mengetahui hal ini sebelumnya, namun fleksibilitas selama minggu-minggu pertama sekolah dapat mengurangi rasa frustrasi staf dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang direncanakan.


Rahasia jadwal prasekolah yang fleksibel adalah kesabaran—dan bukan hanya bersikap tenang jika Anda terlambat atau harus menyesuaikan alur hari Anda. Ini juga tentang bersabar dengan anak-anak yang Anda rawat. Memulai prasekolah merupakan penyesuaian besar; butuh waktu bagi anak untuk memercayai gurunya dan merasa nyaman tidur siang, mengonsumsi makanan baru, mendengarkan instruksi, atau bersosialisasi. Kesabaran dan kesediaan Anda untuk meluangkan beberapa menit ekstra untuk memuluskan segala sesuatunya merupakan sinyal utama bagi anak-anak bahwa Anda dapat dipercaya dan berada di pihak mereka.


Cara lain untuk membangun kelenturan ke dalam rutinitas harian Anda adalah dengan menerapkan waktu pilihan terbimbing, terutama jika Anda memiliki kelompok usia dan kemampuan yang beragam. Hal ini akan memastikan bahwa anak-anak bereksplorasi dan memiliki waktu “mandiri” untuk bersosialisasi, beristirahat, atau mencoba sesuatu yang baru sesuai keinginan mereka.

Kelola Transisi

Berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya sebagai sebuah kelompok dapat menjadi tantangan bagi anak-anak prasekolah. Mengelola alur jadwal Anda akan menjaga hari Anda dan anak-anak yang Anda rawat tetap pada jalurnya. Mendekati transisi dengan tangan yang tegas dan lembut akan membantu Anda mengantarkan kelas Anda dengan lebih mudah.


Salah satu elemen kunci dalam mengelola transisi muncul bahkan sebelum Anda memulai hari Anda. Posting jadwal visual di mana semua orang dapat melihatnya. Sangat mudah untuk membuat jadwal harian yang ramah anak dengan menggunakan kertas laminasi atau papan tulis—tidak perlu yang mewah. Selama anak-anak mengetahui di mana melihat urutan kegiatan, jadwal yang dipasang sudah berfungsi dengan baik.


Jika menyangkut waktu transisi, gunakan isyarat audio atau visual untuk menandakan dimulainya penyelesaian. Ini bisa berupa bel, sajak, lagu, atau apa pun yang cocok untuk kelas Anda. Anda dapat mengikutsertakan anak-anak dengan menjadikannya sebagai peran pembantu kelas yang bergilir , yang juga akan menanamkan kesadaran akan ritme harian saat setiap anak berperan sebagai “konduktor transisi.”

Gunakan penguatan positif dan harapan yang jelas untuk membantu transisi kelompok Anda dengan lancar. Tetapkan peraturan seputar masa transisi, seperti, "Setiap orang melakukan bagiannya untuk membersihkan," dan pujilah anak-anak yang mengikuti kode kelas Anda setiap hari.

Cara lain yang baik untuk memperlancar transisi adalah dengan memberikan pilihan yang tenang bagi mereka yang menyelesaikan tugasnya lebih awal (misalnya, menyelesaikan makan siang lebih awal atau bangun dari tidur siang lebih awal). Buku bergambar, teka-teki, gambar pensil, atau membuat bentuk pembersih pipa adalah aktivitas solo yang tenang dan mudah dilakukan. Ini membantu anak-anak menyibukkan diri, jadi Anda tidak perlu terburu-buru dan memastikan seluruh kelompok berpindah dari satu hal ke hal lainnya bersama-sama.

Berikut adalah contoh jadwal kegiatan anak pra sekolah 

07:00—08:30: Selamat datang / Permainan gratis

08:30—09:00: Sarapan

09.00—09.30: Bersih-bersih

09:30—10:30: Waktu lingkaran

10:30—12:00: Pusat pembelajaran

12:00—13:00: Makan Siang

13.00—13.30: Bersih-bersih

13.30—14.30: Waktu tidur siang

14:30—15:00: Waktu bercerita

15.00—16.00: Bermain di luar ruangan

16:00—16:30: Waktu camilan

16:30—17:00: Bersih-bersih / Bermain bebas

17.00: Tutup

Contoh jadwal setengah hari prasekolah

07:00—07:30: Selamat datang / Permainan bebas

07:30—08:30: Sarapan

08:30—09:00: Bersih-bersih

09.00—09.30: Waktu lingkaran

09:30—10:30: Pusat pembelajaran

10:30—11:30: Waktu tidur siang

11:30—12:00: Makan Siang

12:00: Tutup


Rencanakan Sebaik Mungkin

Tidak ada jadwal harian prasekolah yang “sempurna”. Itu tergantung pada apa yang cocok untuk Anda, pengaturan prasekolah Anda, dan anak-anak Anda. Namun, kerangka jadwal prasekolah yang baik dibuat dengan dasar-dasar yang teruji dan benar, dan manajemen kelas dapat menjadi penentu dalam membuat jadwal berhasil.

Rutinitas yang Anda bangun bersama anak-anak prasekolah bukan hanya urutan aktivitas Anda, ini juga tentang ekspektasi perilaku dan bagaimana Anda dapat mengatur hari Anda untuk mendukung setiap anak. Jadwal prasekolah harian Anda menjadi dasar bagi semua pembelajaran dan perkembangan yang terjadi setiap hari, jadi mengaturnya dengan benar sangat penting agar ruang kelas dapat berfungsi.


Semoga bisa bermanfaat, ya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar