Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

My Big Why Kenapa Pilih Ngeblog? Dan Manfaat Dari Ngeblog

Posting Komentar


My big why kenapa pilih ngeblog


Assalamualaikum sahabat bunda imut ;)

Karena seringnya melihat saya hampir setiap hari update tulisan dan kelihatannya saya kok mudah aja menulis setiap hari, banyak dari teman saya menanyakan tentang kenapa harus ngeblog? bagaimana mulanya saya bisa ngeblog? atau enak ya, sekarang ada uang tambahan dari ngeblog?

Padahal, jika mereka tahu bagaimana perjuangan awalnya, bisa jadi yang saat ini kepingin ikutan nulis dan ngeblog jadi mundur perlahan karena nggak tahan dengan konsekuensinya nanti. Atau mereka yang tiba-tiba ingin terjun ke dunia blogging ini karena telah melihat saya "enak" dan bisa "mendapatkan penghasilan", ya... Karena hidup ini adalah sawang sinawang, jadinya tak perlulah saya menceritakan bagaimana detailnya ya, bisa jadi artikel curhatan dong nanti, hehehehhe.

Tentang sejarah blog yang banyak mereka pikirkan, apakah blog bisa menghasilkan uang? Ya memang bisa, bahkan saat ini banyak sekali para blogger senior yang menggantungkan hidupnya dengan ngeblog. Tetapi pertanyaannya apakah kita ngeblog hanya karena mengejar penghasilan saja? Apakah kita menulis hanya ingin mendapatkan uang dari tulisan kita? Jawaban saya adalah "Tidak". Lalu, apa dong tujuan sebenarnya saya ngeblog?

Big Why, Apa Pentingnya?

Setelah beberapa tahun terakhir saya serius untuk terjun dalam dunia blogging, hampir keseluruhan kelas balajar yang saya ikuti selalu menjelaskan tentang pentingnya sebuah big Why. Kenapa? Ya karena itu adalah sebuah perjalanan dalam meraih kesuksesan.

Jika saya ingin sukses dalam dunia blogger, apa yang harus saya lakukan? Bagaimana agar saya bisa sukses dalam dunia ngeblog ini? Kemudian kalau sudah sukses saya harus ngapain lagi? Saat inilah peran Big Why dibutuhkan. Untuk apa? Jelas untuk lebih menjadi penyemangat, dan menguatkan perjalan saya menjadi seorang yang sukses dalam dunia blogging.

Alasan Kenapa Pilih Ngeblog?

Alasan kenapa ngeblog

Banyak yang menanyakan hal ini pada saya, kenapa saya memilih ngeblog? Kenapa harus menulis? Dan saya akan selalu jawab "Menulis adalah passion saya". Menulis adalah hobi dan aktivitas yang paling saya cintai sejak kecil.

Sudah sejak lama saya menuliskan curhatan di media sosial saya, baik Facebook ataupun Instagram. Ya, meskipun tulisan saya mulai tahun 2017 yang lalu masih seputar curhat dan unek-unek belaka. Hingga akhirnya saya bertemu dengan seseorang yang percaya dengan kemampuan menulis saya dan dengan banyak perjuangan atas Passion saya tersebut hingga akhirnya bisa menjadi frelance content writer untuk beberapa perusahaan dan beberapa website bisnis ataupun pendidikan.

Awal mula saya putuskan untuk serius dalam dunia blog ini adalah pertengahan tahun kemarin, melihat postingan salah satu teman menulis buku antologi tiga tahun kemarin. Mbak Jihan dengan beberapa blognya yang sudah melejit, diantaranya adalah jeyjingga.com. Melihat mbak jihan membagikan info bahwa di bukanya member atau peserta dalam komunitas Odop (One Day One Post), tanpa berpikir panjang saya memutuskan langsung daftar dan alhamdulillah semuanya terasa dimudahkan.

Awalnya saya memutuskan untuk membuat blog dari wordpress, meskipun saya sudah punya akun blogspot sejak akhir tahun 2018, tetapi karena kurangnya ilmu jadinya mangkrak tak tersentuh sama sekali, setengah perjalanan saya dipertemukan dengan mbak Marita Ningtyas. Beliau membuka kelas khusus pemula untuk blog dengan platform blogspot. Dari sinilah saya memutuskan pindah haluan dan segera mengurus akun blogspot saya.

Dari kelas Blogspedia inilah saya akhirnya menemukan komunitas yang tepat, teman-teman yang sefrekuensi dan akhirnya membuat saya bisa lebih berkembang dalam dunia menulis. Mengerti bagaimana membuat konten, membuat tulisan yang menarik hingga membuat tampilan blog menjadi cantik. Meskipun saya menyadari, sejak Agustus 2020 kemarin jadwal tidur amburadul, waktu istirahat yang mungkin berkurang dan harus ekstra mengatur waktu antara kewajiban terhadap keluarga dan selingan untuk menulis.

Tapi, atas itu semua saya tak pernah menyesali. Teringat akan satu ayat Al-Qur'an yang berarti
"Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam." (Q.S. Az-Zariyat:17)
Dengan rincian terjemahan bahwa disebutkan jika mereka, orang-orang yang bertakwa itu, sedikit sekali tidur pada waktu malam, sebagian waktunya dipergunakan untuk melakukan kebaikan dan ibadah kepada tuhannya, dan pada akhir malam, setelah melaksanakan salat tahajud mereka melanjutkan dengan zikir dan memohon ampunan kepada Allah yang maha pengampun kepada semua makhluk-Nya yang bertobat. Ini adalah sebagai renungan untuk saya, jika saya tak mengurangi tidur untuk melakukan hal yang bermanfaat dan beribadah kepada Allah, lalu apa yang nanti akan saya pertanggungjawaban saat ditanyakan waktu dan kesempatan yang di berikan kepada saya?

Manfaat Yang Menjadi Alasan Saya Kenapa Pilih Menulis Di Blog

Selain untuk terus membuat semangat saya dalam menulis, dengan menulis di blog saya dituntut untuk mau terus dan terus belajar, belajar tentang apa yang akan saya tulis, apa yang akan saya sajikan untuk pembaca blog saya agar blog yang saya punya terus up to date. Berikut adalah beberapa manfaat ngeblog yang membuat saya menjadi semakin cinta pada dunia blogging ini


Kenapa pilih ngeblog



Membuat Saya Lebih Aware Terhadap Sekitar

Ada yang setuju dengan ini? Dengan ngeblog mindset saya akan dengan perlahan terbentuk agar mencari sesuatu yang baru dan bisa saya share pada pembaca. Dari hal sederhana seperti ketika saya bertemu dengan anak yang sepertinya kurang dalam pengajaran adabnya, seketika itu saya jadi ada ide buat menulis tentang Jangan Lupakan Pendidikan Adab Untuk Anak.

Bikin Daya Analisa Lebih Tajam

Ini ada hubungannya sama kejadian sekitar yang memunculkan ide untuk saya menulis. Karena udah kebiasa ngeblog, setidaknya saya jadi lebih terlatih untuk menganalisa sesuatu yang lebih dalam. Seperti saat ada tugas dalam komunitas menulis tentang big why ngeblog ini. Karena saya nggak mau tulisan saya standard-standard aja, ya saya mencoba memikirkan bagaimana sudut pandang yang akan saya ambil.

Analisa yang saya lakukan ini mungkin terkesan sederhana sih, tapi sebenarnya cukuplah dalam menurut saya. Saking sampai dalamnya, saya setor tugas menulis ini tepat di hari Dateline, hehehehe.

Ngeblog Bisa Dapet Duit

Nah, pasti pada nungguin alasan ini kan?, emang sudah banyak sekali para blogger senior yang sudah pada tahap ini. Bahkan tak hanya uang, dengan ngeblog kita bisa mendapatkan beraneka macam barang yang jika kita beli dengan duit sendiri itu rasanya sayang banget.

Dunia blogger sudah diakui eksistensinya oleh banyak brand dan banyak pula uang menyadari dengan bekerjasama dengan blogger, kesempatan untuk mendapat engangment di internet menjadi lebih besar dan manfaatnya produk mereka akan lebih mudah ditemukan pada mesin pencari.

Jadi, tertarik nggak untuk konsisten nulis dan terjun ke dunia blog?

Pikiran Jadi Lebih Terorganisir

Untuk alasan yang ini, menurut saya dengan terbiasa menuliskan apa uang ada pada pikiran kita, lama-lama saya jadi terbiasa juga untuk memilah-milah tentang apa yang harus dikerjakan, apa yang harus dilakukan dan lain sebagainya. Jadi seperti mudah dalam management waktu.

Menambah Banyak Teman

Lewat blogwalking dan komen-komen dengan blog temen-temen sesama blogger, membuat kita akan semakin akrab dan membuat teman kita bertambah. Pertemanan lewat blog tak terbatas dengan lokasi geografisnya, kita bisa ngobrol seru juga dengan mereka meskipun ini adalah kali pertama bertatap muka. 

Apalagi jika kita aktif ikut komunitas-komunitas menulis atau komunitas blogger yang sudah pasti akan menambah jaringan pertemanan kita. Pintu rezeki itu datangnya dari manapun lho, termasuk dari temen-temen blogger juga. Karena sering komentar, menjadi kenal, kemudian bisa ditawari job juga, akhirnya perkataan tentang banyak teman banyak rezeki itu memang benar adanya lho, hehehhee.

Merasakan Popularitas Dalam Passion Kita

Ini sih benar-benar saya rasakan akhir-akhir ini. Tentunya dengan seiring perkembangan dunia blog, semakin banyak pula orang-orang yang mulai dikenal orang luar. Apalagi jika blognya mudah ditemukan oleh mesin pencari dan isi kontennya memang dibutuhkan banyak orang. 

Sayapun beberapa kali bertemu dengan orang yang sebelumnya sama sekali belum pernah ditemui, karena beliau sering melihat Ig saya, story tentang anak saya dan konten tulisan blog saya, saat itu beliau menyapa dengan sebutan "bunda imut, ya?", Tentu kaget, haru, juga senang, begitupun yang terjadi pada saya. Ketika saya menemukan salah satu blog yang tulisannya memang saya banget, blog yang kontennya saya sukai, jika tiba-tiba bertemu orangnya sudah pasti akan tercengang. Karena memang para blogger ini akan membangun seperti fanbasenya sendiri dari blog yang dia miliki. 

Melatih Kesabaran Dan Kejujuran

Jika ada yang tanya, kenapa saya bisa punya sabar yang beda dengan yang lain? (Meskipun sayapun juga gak sesabar orang-orang yang paling sabar sih), saya akan menjawab dengan "cobalah dengan banyak menulis". Menulis aja terus, latihanlah terus. Meskipun awalnya gak ada yang baca, traffic blog sepi, gimana bisa membangun sebuah blog, bagaimana sampai dikenal orang, belajar SEO, kejar angka engangment, dan lain-lain, itu semua sungguh membutuhkan kesabaran yang sangat luar biasa, kalau gak bisa sabar, tentulah perasaan ngeblog itu akan sia-sia sungguh akan terasa.

Sayapun merasa ngeblog ini memang butuh kesabaran yang ekstra, harus banyak belajar, sabar dengan prosesnya dan kesabaran ini akhirnya terasa manis ketika sudah berbuah.

Begitu juga dengan kejujuran. Bagaimana kita bisa menulis dengan tulisan yang emang sesuai dengan keadaan. Ya meskipun bisa aja sih menulis  tentang cerita fiksi atau sesuatu yang mengada-ngada. Tapi, bagi saya itu hal yang harus dihindari, karena bagaimanapun kita berhati-hati dan menyembunyikan sesuatu yang tidak baik, suatu saat nanti pasti akan ketahuan dan terlihat bagaimana sebenarnya.

Membangun Kredibilitas Dan Branding

Jika kita ngeblog ya dengan jujur dan banyak memberikan manfaat untuk pembaca, orang-orang sudah pasti akan mengingat kita dari apa yang kita tulis kan? Branding yang kuat itu adalah kunci kita bisa mendapatkan penghasilan lho, hehehehe. Misalkan nih orang mengenal blog saya dengan postingan yang sering cerita tentang perkembangan anak-anak, tentang konten saya tentang tips menjadi sahabat anak, ketika mereka butuh tentang hal itu yang diingat blognya "bunda imut". Jika ada teman yang butuh artikelnya juga mereka akan sarankan buka blog saya. Ini hanya perumpamaan, sebagai contoh saja.

Menjadi Penulis Yang Terus Menjadi Lebih Baik

Nah, jadi misalnya ada yang mau jadi penulis, terus bingung mulainya dari mana dan gimana sih caranya untuk bisa ngeblog, kuncinya adalah teruslah menulis. Menulis apapun, menulis tentang apapun. Baik menulis tentang fiksi, non fiksi, cerita anak atau jika kalian suka memasak dan berkeinginan untuk membuat resep-resep masakan, kalian bisa memulai dengan menuliskan di blog dan fokus bikin konten tentang food-blog. Ya meskipun terasa berat di awal, tapi saya yakin semuanya akan menjadi terbiasa seiring berjalannya waktu.

Saat inipun banyak bertebaran artikel tentang bagaimana tips menulis blog untuk pemula. Kalian bisa mulai berselancar dan mempelajari tips-tips yang ada disana. Tentang bagaimana cara membuat blog di hp dan menghasilkan uang. Kuncinya adalah terus belajar, belajar untuk menjadi lebih baik.

Itulah beberapa tips tentang big why saya kenapa pilih ngeblog. Apakah sahabat bunda imut sudah punya big why dari apa yang menjadi prioritasnya selama ini? Semoga sedikit tips yang saya tulis bisa bermanfaat ya.

Jika kalian ada tips hebat lainnya, silahkan sharing di kolom komentar ya, siapa tahu tips dari sahabat bisa bermanfaat juga untuk banyak orang. Tetap semangat menulis, semangat menulis untuk menebar kebermanfaatan lewat tulisan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email