Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Personal Branding For Blogger

1 komentar
Konten [Tampil]
Assalamualaikum ;)

personal branding for blogger

Personal branding termasuk salah satu dari manfaat sebuah blog, selain fungsi lainnya adalah sebagai media ekspresi dan sarana berbagi atau sharing pengalaman sehari-hari dan pengetahuan yang telah diketahui.

Sebagai sarana sharing atau ekspresi, sebenarnya juga bagian dari sebuah personal branding. Dengan menuliskan pemikiran, gagasan, atau pengetahuan, seorang blogger sudah mampu menunjukkan siapa sebenarnya dirinya, bagaimana karakternya, apa saja keahliannya, hobinya, serta minat dan bakat atau passion yang dimilikinya.

Sahabat Jurnal Bunda Imut, jika kalian berkunjung ke blog ini, sudah bisa menebak belum siapa sebenarnya pemilik blog ini? atau jika kalian membaca pada bagian "Aku Dan Jurnal Bunda Imut" apakah kalian sudah bisa menebak bagaimana penulis dari blog ini?

Ya, blog Bunda Imut ini memang menjadi sarana personal branding saya, namun saya juga memiliki branding pada beberapa media sosial seperti facebook, instagram, dan juga twitter. Blog yang saya perbaiki sejak empat bulan yang lalu, sudah mulai mendatangkan keberkahan untuk saya, ya meskipun saya belum pernah mendapatkan uang dari AdSense blog ini.

Kenapa Blogger Perlu Mengetahui Tentang Personal Branding?

Sahabat bunda pasti sudah tahu kan? bahwa jutaan blog sudah beredar luas hingga saat ini. Nah, diantara jutaan blog tersebut, akan ada beberapa blogger yang sudah pasti sangat mencuri perhatian, adalah mereka yang sudah menerapkan personal brand mereka secara efektif. Termasuk saya, ketika saya memiliki harapan untuk menjadi seorang blogger profesional, ini adalah saat yang tepat untuk memahami tentang personal branding.

Beruntung materi kelas Blogspedia Choachingnya mbak Marita saat ini adalah tentang personal branding for blogger. Lalu, apa sih sebenarnya personal branding itu?

Pengertian Personal Branding

Personal artinya pribadi. Brand artinya merek. Branding artinya mempromosikan merek. Maka, secara harfiyah, personal branding artinya mempromosikan merek pribadi, yakni nama serta keunikan karakter, kepribadian (personality), dan keahlian yang dimiliki.

Menurut Wikipedia pengertian personal branding adalah
The practice of people marketing themselves and their careers as brands
Inti dari bahasa inggris diatas adalah, blog itu merupakan salah satu sarana memperkenalkan diri, sarana promosi diri, dan menawarkan keahlian yang dimiliki diri kita. Termasuk keahlian dalam dunia blog yang kita miliki. Bagaimana untuk bisa membranding blog kita agar lebih bisa dikenal banyak orang? Salah satunya adalah dengan konsisten update artikel pada blog kita.

Dengan sering update artikel dalam blog, orang-orang atau pembaca blog kita bakal tahu tentang kompetensi kita, integritas kita, wawasan juga hal-hal positif yang kita miliki. Nah, itulah yang dinamakan Personal Branding! Yang menurut Montoya arti dari Personal branding adalah sebuah seni dalam menarikdan memelhara lebih banyak klien dengan cara membentuk persepsi publik secara aktif.

Elemen Dalam Personal Branding

elemen personal branding

Mengutip penjelasan dari  (Montoya & Vandehey, 2008), personal branding terdiri dari tiga elemen utama, apa saja?
  • Diri Sendiri
Ya, kita adalah kuncinya. Kita dapat melakukan sebuah personal branding melalui sebuah polesan dan metode komunikasi yang disusun untuk menyampaikan sebuah kepribadian, keahlian dan juga kualitas melalui beberapa hal penting, salah satunya adalah 
  1. Siapa diri kita sebagai publik
  2. Hal apa saja yang kita kuasai dan bisa kita kerjakan
  • Promise atau Tanggung jawab
Personal Brand adalah sebuah janji, sebuah tanggung-jawab untuk memenuhi harapan yang timbul pada masyarakat akibat dari personal brand itu sendiri.
  • Relationship atau Hubungan Baik Dengan Klien
Karena, sebuah personal branding yang baik akan mampu menciptakan suatu relasi yang baik dengan klien.

Lantas, bagaimana sebuah peronal branding bisa membantu blogger?
Bagi saya, sebuah personal brand akan membuat saya lebih dikenali orang. Orang lebih mudah mengakui keahlian saya. Saya ingin sukses dalam hal personal branding, jadi setidaknya saya harus lebih memperhatikan penampilan saya. 

Tentang bagaimana saya menyampaikan sebuah pesan yang mudah dipahami, kredibilitas informasi yang saya berikan dan hingga membuat konten yang lebih menarik para pembaca tulisan saya. Bagaimana caranya?

Hal-hal Terpenting Untuk Sebuah Branding

  • Memperhatikan Sebuah Penampilan
Beberapa teman pernah bertanya, bagaimana saya bisa cepat mendapatkan banyak relasi? salah satu jawabannya adalah tentang penampilan yang menarik klien. Jika saya ingin sukses dengan blog saya, setidaknya saya harus memperhatikan tampilan dalam blog saya. Agar seseorang yang berkunjung ke blog saya akan tertarik dengan melihat tampilan blog saya sebagai kesan pertama.

Disini, hal yang saya perlu perhatikan adalah tentang pemilihan tema, desain, banner, warna dan juga banyak hal lainnya yang akan menjadi pemikat pertama saat seseorang mengunjungi blog saya.
  • Penyampaian Pesan
Jika konten utama blog saya adalah tulisan, maka ini menjadi bagian yang sangat penting. Sebagai blogger profesional, tentu pesan dalam tulisan saya tentunya harus jelas dan mudah dimengerti. Dengan demikian pengunjung mudah untuk mengikuti informasi yang saya bagikan.
  • Kredibilitas Informasi
Data pendukung menjadi hal yang sangat krusial jika sudah berbicara soal kredibilitas informasi. Semakin banyak informasi yang kredibel maka akan menjadikan saya menjadi semakin dekat dengan target pasar saya.

Saya berencana untuk menerbitkan buku di awal tahun 2021, maka yang saya perlukan salah satunya tentu sebuah komunitas yang berisi orang-orang yang suka membaca. Sayapun perlu membangun sebuah branding agar orang-orang bisa lebih tertarik untuk blog saya. Informasi menarik tentang artikel yang saya tulis sudah pasti akan menjadi konten yang berkualitas dan akan membuat para konsumen saya lebih mendekat dengan tawaran yang saya berikan.
  • Daya Tarik
Keunikan yang saya miliki dan berbeda dengan blogger profesional yang lain sangatlah penting. Seperti nama dalam blog ini "Bunda Imut", harapannya adalah jika seseorang mengunjungi blog saya, orang tersebut akan mengingat bahwa dia membaca blog saya, bukan blog orang lainnya. Jadi, apa yang membuat blog saya unik? silahkan temukan dan sampaikan kepada saya dikolom komentar ya.

Kesimpulan

Sebuah pemahaman blogger akan personal branding akan menyingkat waktu yang dibutuhkan dalam membangun relasi online. Relasi online merupakan modal awal yang sangat berharga untuk blogger khususnya blogger profesional yang berniat untuk sukses dalam dunia tulis menulis dan perkontenan online.

Penutup 

Nah, itulah sekelumit tentang sebuah branding dari blog saya, selain menjadi ibu rumah tangga, saya adalah penyuka duna tulis menulis, saya bekerja menjadi salah satu content writer di salah satu perusahaan di kota tempat saya tinggal dan menjadi frelancer content writing untuk artikel-artikel yang diorder melalui Blogspedia. Bar-baru ini, sayapun menerima job untuk menjadi seorang influencer sosial media.

Kartu Nama

  • Bagian Depan
kartu nama
  • Bagian Belakang
kartu nama

Terimasih sudah membaca blog Bunda Imut, dan selamat mengenal penulis dalam blog ini.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ;)
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar