Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Menjadi Ibu Bahagia

21 komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum ;)

Sudahkah sahabat bunda menjadi ibu bahagia hari ini?

Seperti ungkapan pepatah 

"Dunia berada di bawah telapak kaki ibu"

Bagaimana ungkapan itu menggambarkan betapa besar seorang ibu terhadap anak-anaknya. Sejak dari bayi, hingga anak-anaknya dewasa. Begitu sibuknya seorang ibu dalam mengurus anak serta rumah tangganya sehari-hari. sehingga tak jarang seorang ibu tidak memiliki waktu lebih untuk dirinya sendiri.

menjadi ibu bahagia


Menjadi Ibu Bahagia

Terkadang, perasaan dan mood seorang ibu bergejolak dari waktu ke waktu seiring dengan kesibukan yang dilakukannya sehari-hari. Perasaan bahagia, gembira, senang, marah bahkan sedih, dan menjadikan kita stress, semuanya datang silih berganti dari hari ke hari. 

Untuk ibu yang bekerja diluar rumah, kesibukan akan menjadi berlipat ganda dan menjadi double. Akan selalu ada masalah dan stress dengan pekerjaan di kantor, ditambah dengan rutinitas kemacetan sehari-hari, yang tentunya akan membuat perasaan semakin tidak menentu. 

Tak hanya dirasakan oleh ibu bekerja, Ibu rumah tanggapun akan mengalami kesibukan yang tak kalah dengan ibu bekerja, seperti yang terjadi dengan saya, ketika saya memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga, dengan tugas utama adalah mengurus rumah dan segala macamnya termasuk tugas utamanya membersamai anak-anak dan membuat mereka merasakan kenyamanan.

Dalam sehari-hari, sudah tentu banyak sekali pekerjaan yang akan membuat saya dan mungkin banyak ibu-ibu rumah mengalami kebosanan atau kejenuhan terutama dalam menjalani aktifitas yang itu-itu saja. Namun, untuk menghadapi itu semua, saya dan ibu-ibu yang lainnya tentulah memiliki cara tersendiri untuk mengatasi kebosanan dan membuat kita menjadi lebih rileks dan santai. 

Apa yang harus kita lakukan agar kita bisa menjadi ibu yang bahagia setiap saat?

  •  Usahakan untuk selalu berfikir positif

Sudah seharusnya kita menyadari  bahwa tugas seorang ibu adalah tugas yang sangat mulia. Mood seorang ibu biasanya berpengaruh pada suasana keluarga. Perasaan gembira dan ugaj semangat yang dimiliki seorang ibu yang bahagia akan otomatis ditularkan kepada anak-anak juga anggota keluarga yang lainnya.

Mencoba untuk berpikir positif atas setiap masalah yang terjadi, dan usahakan tetap tenang menghadapi dan tetap menggunakan pikiran jernih dan hati yang bersih untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Karena, jika kita berpikir positif, itu semua akan dapat mengurangi perselisihan yang terjadi dan keluarga menjadi lebih harmonis dan terjaga dengan baik.

  • Menyusun dan membuat prioritas pekerjaan

Akan begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang ibu, terkadang tidak semua bisa kita lakukan sesuai jadwal. Untuk ibu rumah tangga yang pekerjaannya hanya berpusat di rumah pun akan selalu ada yang perlu di prioritaskan dan adapula yang mundur dari jadwal. Untuk itu sangat baik jika kita membuat list jadwal untuk mana yang lebih prioritas untuk dikerjakan dan mana yang bisa dikerjakan saat senggang atau bareng dengan keluarga lainnya.  

Saya biasanya membagi tugas rumah dengan suami dan juga anak pertama saya, seperti ketika selesai makan putra pertama saya harus bisa membereskan tempat makannya sendiri dan menaruh di tempat cuci piring, membereskan mainan ketika selesai dimainkan dan juga tak jarang meminta pertolongan suami untuk membantu dalam urusan domestik rumah.

Dengan begini, rasa kuwalahan dan capek yang berlebih tidak akan terasa karena kita sama-sama gotong royong dalam mengerjakannya.

  • Memberi waktu untuk me-time

Sebanyak apapun pekerjaan kita dan sesibuk apapun kita, yuk luangkan sedikit waktu untuk kita bisa memanjakan diri sendiri setidaknya seminggu sekali. Seperti meminta tolong suami untuk Misalnya bergantian menjaga anak-anak lebih lama, membantu menidurkan anak-anak dengan membacakan cerita dan kadang, sayapun meminta suami untuk gantian memasak diwaktu libur kerjanya.

Bagi saya, dengan bergantian ini saya lebih bisa merasakan sebentar saya waktu untuk saya bisa berlama-lama ketika mandi atau bisa berlama-lama menulis karena hal saya gemari adalah menulis. Dengan berkoordinasi dengan suami, pekerjaan yang awalnya merasa membosankan atas bantuannya semua jadi terasa ringan dan otomatis membuat mood bahagia saya akan terpancar.


Ibu butuh meetime


  • Menjadi ibu bahagia dengan menjadi ibu yang kreatif

Ibu bahagia adalah, jika ibu tersebut bisa menikmati semua kegiatan dan aktifitasnya dengan baik dan bisa menikmatinya dengan gembira. Melakukan kegiatan dengan ridho dan ikhlas. Ibu bahagia bisa menciptakan cara kreatif dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Biasanya saya mengkombinasikan dengan kegemaran dan hobi agar saya  bisa menikmati kesibukan saya menjadi ibu rumah tangga. 

Seperti ketika saya mencoba-coba resep masakan dan trik untuk cara menyajikan masakan tersebut untuk suami dan anak-anak. Hingga membuat mereka bersimpati dan akhirnya berterimakasih atas masalah yang hari itu saya masak. Atau bisa juga ketika saya berhasil membuatkan mainan home Made untuk anak-anak saya, saat mereka senang dan gembira dengan hasilnya itu akan semakin membuat jiwa bahagia saya sebagai seorang ibu terbangkitkan.

Kreatif juga bisa dilakukan ketika saya berhasil menjaga kebahagiaan sehingga menciptakan keharmonisan untuk keluarga saya, biasanya saya suka bermain tebak-tebakan dengan anak-anak dan juga suami untuk semakin membuat suasana rumah bahagia dan saling melengkapi.







  • Ibu bahagia harus menjaga kesehatan dan sebisanya untuk tampil modis sesuai kesukaan

Seperti yang kita tahu, wanita manapun akan merasa bahagia jika dirinya sehat dan merasa cantik. Untuk saya, sangat penting dalam hal menjaga kesehatan itu, berusaha menjadi ibu yang sehat tetaplahdan bahagia dengan makan makanan yang bergizi cukup dan makanan yang saya sukai. Dengan menambah porsi karena saya masih menyusui dan lebih sering meminta dibelikan buah-buahan saat suami pulang dari kerjaannya. Secara langsung, mood positif akan terpancar jika saya bisa melakukan apa yang saya inginkan dan memakan apa yang saya sukai.

Begitupun untuk berpenampilan, tetap usahakan agar selalu enak dipandang oleh suami kita, ketika beliau pulang kerja usahakan untuk bisa menyambutnya dengan senyum ceria, tidak menampakkan muka yang masam dan itu akan bisa memunculkan jiwa bahagia juga untuk pasangan kita.

menjadi ibu bahagia

Me time membuat saya menjadi ibu yang lebih baik. Anak saya membutuhkan seorang ibu yang bahagia, tenang, dan mampu berpikir jernih, dan semua itu bisa dan mampu saya wujudkan dengan 'me time' dan beristirahat. Kondisi yang terjadi jika saya lelah dan kecapekan, saya akan stress dan yang terjadi adalah saya tidak bisa dan tidak mampu mengontrol emosi untuk berinteraksi dengan suami dan anak-anak saya. Tak jarang rasa ingin cepat marah sering timbul jika saya terlalu capek dan stress. 

'Me time' membuat saya merasa lebih mapan secara finansial. Bagaimana bisa? Karena lebih banyak seorang ibu bisa berusaha dengan baik untuk mengelola keuangan dan berusaha untuk berhemat untuk tetap bisa menjaga kondisi keuangan keluarganya. Uang yang berhasil tersisa bisa kita gunakan untuk dana darurat dan tabungan untuk anak-anak sekolah. Tapi untuk kita melakukam 'mitime' itu adalah suatu kemewahan yang terjangkau dengan harga murah. Bu, toh tidak memerlukan uang banyak untuk sekedar membaca buku di teras sambil menikmati teh di sore hari kan?

Penutup

Jadi Bu, jangan ragu untuk meluangkan waktu untuk menikmati hobi kalian ya. Lakukanlah hal ini tidak hanya untuk diri ibu, tapi juga untuk keluarga tercinta, karena ibu bahagia akan menciptakan kebahagian pula untuk keluarganya.

Jangan lupa bahagia ya, Bu ....

 

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

21 komentar

  1. Wowww gambar yang bagus, postingan berkualitas, btw tempelatenya sudah dirubah yah mba?beda dari kemarin2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar oret-oret ini emmakam waktu yang lama mbaak..wkwkwkwk .. aku udah pakai tema fiksioner nih mbaak..hehehebeb

      Hapus
  2. jadi ibu harus selalu bahagia meski lelah mendera, cape tapi seneng ya hehe ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Capek tapi seneng bener banget mba mayaa... Ehehehehe ibu itu adalah Koentchi kebahagiaan keluarga..hehehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. Mangkanya itu buu.. kaget pas udah dishare..ehehehe mau ganti kok sayang udah ngedesain..ehehehehe

      Hapus
  4. Wooow...pake baju modis dan aksesoris ternyata bisa jadi mood booster buat bahagia juga ya...

    Ah sukaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya iya sih buu.. modusnya dalam artian baju yang kita sukaiinnn plus buat nyenengin suami sih.. #eh

      Hapus
  5. Happy moms, happy kids..
    Ibu yg bahagia akan membentuk anak yang hebat

    BalasHapus
  6. Agar ibu bahagia harus meminta bantuan dalam mengerjaan pekerjaan rumah ya mba, nggak harus dikerjakan sendiri semua. Kalau memang butuh bantuan ya nggak papa, biar tetap waras dan bahagia :)

    BalasHapus
  7. Me time tips segala usia yang mujarab hehe

    BalasHapus
  8. kalau aku buat naikin mood nya pesen gofood, mandi pake body scrub, skincare-an, pake lipstick, nonton drakor hahahaha

    BalasHapus
  9. Samaan kita. Habis yang terpikir pertama kali buat ceritain diri sendiri aja.

    BalasHapus
  10. Baru ngeh seorang Ibu juga butuh "me time" Mba, terimakasih Mba, jadi punya gambaran nih nanti kalau mau jadi Ibu hehee. Btw desainnya keren Mba

    BalasHapus
  11. Me time saya, nyuci manual. Soalnya bisa ngobrol sama diri sendiri.

    BalasHapus
  12. jadi pengen aku tu jadi ibu juga /plok kwokwok XDDD emang me time itu kebutuhan pokok ya mbaa hihi

    BalasHapus
  13. bener banget, seorang ibu butuh me time meski sejenak. aku pingin berbenah soal menjaga penampilan nih, hihi.

    BalasHapus
  14. Aku yang belum jadi ibu, sedang belajar caranya menjadi ibu yang bahagia. Semoga nanti aku bisa jadi ibu yang bahagia :)

    BalasHapus
  15. Me time bener-bener cara yang manjur buat balikin mood, mengurangi stres dan membuat kita lebih cinta sama diri sendiri ya mba

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email