Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Mengubah Template Blog Impian

7 komentar
tipe merubah template blog


Assalamualaikum sahabat jurnal bunda imut ;)

Rumit !!! Itulah yang ada dalam benak fikiran saya ketika materi kelas Blogspedia choaching yang tayang di google clashroom tentang permak template blog. Meskipun saya sudah lebih dulu coba-coba permak blog bunda imut ini dengan template bawaan blogspot, karena kurang puas dengan hasilnya dan saat saya melihat blog milik teman di kelas menulis yang template blognya menarik, kemudian saya memberanikan diri untuk tanya gimana sih biar tampilan blog saya bisa begitu juga?

Artikel kali ini adalah curhatan saya ketika tugas kelas Blogspedia choaching tentang mengubah template blog impian. Pertama kali spoiler materinya tayang di GC, saya sudah deg-degan duluan karena mikirnya pasti tugas yang diberikan nanti susah nih, kalau harus ganti template lagi, harus utak-utik kode lagi, harus mumet-mumet lagi pelajarin kode yang menurut saya rumit dan efeknya adalah cepet laper dan habis-habisin air minum, hehhehhee.

Mengingat saya adalah emak NAGA (Emak Anak Tiga), untuk menyelesaikan tugas kelas ini membutuhkan waktu yang bukan lagi cukup, tapi sangat lama, xixixixi. Kalau ditanya alasannya adalah, selain tugas yang bukan lagi lumayan sulit, tugas kali ini harus membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Harus melek kode dan ngurutin kode-kode, harus hapus kode-kode, belum lagi baru buka laptop krucilnya nimbrung dan banyak lagi yang membuat pekerjaan kali ini terasa sangat lama.

Meskipun terasa sulit, tapi saya mengakui kalau kagiatan yang rumit ini membuat saya kecanduan, kecanduan ingin segera menyelesaikan dan penasaran ingin segera selesai, sampai pada akhirnya kemarin sore saya berhasil menyelesaikan semuanya meskipun ada beberapa artikel yang susunannya masih belum rapi, tapi kata couch marita bisa di benerin menyusul, hehhehe.

Seperti penjelasan diatas, setelah saya memberanikan diri untuk bertanya dengan teman yang tampilan blognya cantik, saya langsung coba pelajari dan download tema fiksioner, sebenarnya saya sudah berlelah-lelah terlebih dulu saat pertama kali mencoba memasang template fiksioner ini, sebelum ada materi di kelas Blogspedia Coaching ini. Orang yang saya repotin untuk tanya ini-itu perihal kode tema fiksioner adalah mbak Rachma Novita. Terimakasih banyak ya mbak, sudah membantu waktu itu. Sampai tengah malem nungguin beres saya ganti template. Allah yang balas ya. Ini adalah bukti kalau saya ngrepotin mbak rachma terus, heheheh

tips merubah template blog

Setelah template fiksioner berhasil terpasang, tampilannya adalah sebagai berikut ini

merubah template blog


Meski sudah berhasil terpasang, tapi masih ada beberapa yang saya belum ngerti dan pengaruhnya adalah di SEO nya. Beruntung sekali saya ada di kelas mbak Marita ini, sebelum terlalu dalam tenggelam saya sudah bisa faham dan mengerti untuk segera mengganti kode-kode yang tidak urut dan mengganggu penampilan blog saya.

Oiya, kenapa sih kita harus mengganti tema blog kita ke fiksioner? Berikut adalah penjelasannya berdasarkan materi di kelas Blogspedia Coaching Batch1

Kenapa Harus Mengganti Template Blog Ke Fiksioner?

  • Template Fiksioner adalah template gratis untuk blogspot yang user friendly
  • Tema fiksioner lebih view friendly karena tatanan tampilannya rapi
  • SEO friendly
  • Tampilan blog menjadi cantik setelah pakai template fiksioner 
  • Lebih bisa mendatangkan banyak traffic karena tampilan yang user friendly sehingga blog kita bisa diakses dimanapun berada
Nah, misi saya mengganti template blog selain agar tatanan menjadi cantik adalah agar blog saya bisa jadi blog yang SEO Friendly, dan setelah membaca materi di kelas, blog saya tampilannya masih acak-acakan dan banyak salahnya, tatanannya amburadul dan banyak yang belum keisi plus tatanannya belum runtut. Ini adalah beberapa capture chat dengan couch marita tentang tatanan blog saya
merubah template blogmerubah template blog

Banyak sekali yang salah kan? Hehhehehe, tapi lagi-lagi, beruntung sekali couch di kelas ini mau dengan sepenuh hati Mendampingi dan membatu membenahi apa-apa saja yang perlu di benahi. Masya Allah... Semoga mbak Marita sehat-sehat ya mbaak... Dan Allah melipat gandakan balasan terhadap apa yang telah mbak Marita bagikan kepada kami.

Oke, next step adalah tentang bagaimana mengubah template blog agar menjadi blog yang reader friendly juga yang terpenting adalah SEO friendly. Setelah sahabat berhasil mendownload file tema fiksioner yang diinginkan, file tersebut adalah model Zip yang otomatis sahabat harus mengekstrak file tersebut terlebih dahulu sebelum akhirnya diupload ke blog kita. 

Cara Mengekstrak File Zip

  • Klik kanan mouse pad pada file unduhan 
  • Cari tulisan Extract, nanti akan ada dua pilihan yaitu (Extract here dan Extract All), pilih salah satunya kemudian klik ok
  • Setelah berhasil, buka folder yang telah di Extract tadi, kemudian cari file yang belakangnya ada keterangan ekstension .xml, nah file inilah nanti yang akan kita gunakan

Langkah Mengganti Template Blog

Setelah sahabat berhasil mendownload dan mengekstrak file unduhan templatenya, sekarang saatnya kita mengganti tampilan template lama kita ke template yang baru. Perlu diingat
Sebelum mengganti, pastikan untuk selalu memback-up data sebelumnya ya terlebih dahulu ya.

Langkah-langkah Mengganti Template Blogspot

  • Silahkan sign in ke Dashboard Blogspot yang sahabat miliki
  • Pilih menu Theme > Edit html.
  • Cari kode Adsense kalian dan Google Analytics pada Edit Html. Biasanya terletak di antara kode.
  • Setelah ketemu Copas pada Notepad dan save
  • Jangan menutup Notepad dulu ya
  • Save theme dan lihat pojok atas, nanti akan ada tulisan Backup/Restore
  • Silahkan klik pilihan tersebut dan backup terlebih dahulu theme yang lama(Penting untuk berjaga-jaga)
  • Setelah Backup kemudian saatnya kita mengupload theme baru
  • Masih pada pilihan yang sama yaitu (Backup/Restore)
  • Kali ini silahkan sahabat pilih yang Restore kemudian Choose File
  • Buka folder template yang sudah kita download dan ekstrak tadi
  • Masukkan file dengan kode .xml yang telah diekstrak ke blogspot
  • Upload, dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah selesai, artinya template kalian sudah sukses terinstal.

Nah sekarang saatnya kita merapikan tampilan blog yang masih acak-acakan. Sebelum kita masuk ke pengaturan layout,  silahkan buka menu Edit Html yang baru. Langkah ini penting banget ya sahabat, silahkan copas kode yang di notepad kita tadi, kemudian tempel atau letakkan pada kotak yang berisi kode-kode kemudian silahkan save.

Berdasarkan pengalaman saya kemarin, ketika template sudah diupload, tampilan blognya masih acak-acakan dan otomatis saya harus mengatur ulang pada layout dan tampilannya. Menghilangkan beberapa widget yang seharusnya tidak ditampilkan dan tatanan letak blog saya. Perlu banget untuk kita preview dulu tampilan blognnya sebelum akhirnya kita klik save ya. Setelah semua dirasa cukup, silahkan klik save dan taraaaa.... tampilan blog kita sudah lebih bagus dan tertata rapi lho.

Berikut adalah tampilan blog saya Before dan After setelah ngerjakan materi permak blog di kelas blogspedia

Before

tips merubah template blog
merubah template blog

merubah template blog

template blog


After



merubah template blog

tips merubah template blog

tips merubah template blog

merubah template unduhan


Nah, itulah beberapa tips dan cara yang bisa sahabat bunda lakukan ketika ingin mengganti template blog dengan template fiksioner ya. Kuncinya adalah berani mencoba, salah, coba lagi, baca-baca referensi, coba lagi hingga akhirnya kita berhasil dan menemukan tatanan blog yang pas sesuai hati, view friendly dan tentunya SEO Friendly.

Semoga artikel curhat tentang merubah template blog ini bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk membagikan keseruan sahabat saat mengganti template blognya. 

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

7 komentar

  1. Aseeek, lelah-lelah dulu selonjoran kemudian. Tinggal update tulisan secara rutin aja sekarang yaa.. :)

    BalasHapus
  2. wah wah jadi tambah kece nih, alhamdulillah ada yang bisa digangguin wkwkwk
    kak ama hihihi

    BalasHapus
  3. Terbayang riwehnya nugas dengan tiga krucil. Aku aja selama beberapa hari nggak masak...saking pengen konsen ngerjain tugas.

    BalasHapus
  4. akupun baru buka laptop krucil udah minta ini itu, walhasil baru bisa fokus kalau udah pada lelap. selamat ya bunda imut ..

    BalasHapus
  5. Congrats mbak, tampiln blognya udah semakin fresh. Semngat ngonten ya. Terimakasih sharing ilmunya

    BalasHapus
  6. Mba keren banget. Emak NAGA yang tetep bisa ngulolik blog

    BalasHapus
  7. Congrats ya bund, lellah mu jadi berkah aaminn

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email