Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Content Plan 2021 Blog Bunda Imut

8 komentar
Assalamualaikum ;)

blog plan 2021 bunda imut

Akan ada banyak hal indah dalam blog ini, di penghujung tahun 2020, sebagai blogger newbie yang ingin bertumbuh di 2021 nanti, tugas dari kelas Blogspedia Coaching Batch1 adalah tentang membuat content planning.

Kenapa harus ada content planning? 
"Perencanaan yang matang adalah separuh
jalan dari kesuksesan." (Materi Blogspedia Coaching)
Ini artinya, sebagai seorang blogger untuk merencanakan planning ngeblog itu adalah penting. Jika kita ingin menjadi blogger profesional, maka sebaiknya kita harus perhatikan tentang blog plan ini, karena dengan blog plain, secara otomatis postingan atau konten kita akan terjadwal dengan rapi dan akan lebih baik.

Penjelasan secara lengkap mengutip dari materi di kelas Blogspedia Coaching Batch1 yang di jelaskan oleh coach Marita sebagai berikut:

Intinya, blog plan adalah rencana yang kita susun untuk membuat konten-konten dalam jangka waktu tertentu, baik tahunan, bulanan, mingguan, maupun harian. Pembuatan blog plan ini berfungsi agar kita lebih teratur dalam masalah jadwal pembuatan konten blog kita, bukan reaktif atau bahkan membuat konten hanya berdasar kondisi mood belaka.

Pembuatan blog plan sangat bermanfaat untuk membantu kita belajar konsisten dan teratur dalam membuat konten untuk blog. Konsistensi sendiri bisa berdasar pada kemampuan masing-masing, bisa mungkin membuat konten setiap hari, dua hari sekali, seminggu dua kali, atau mungkin hanya satu konten dalam satu minggu.

Untuk yang mempunyai blog dengan niche life style atau gado-gado, pembuatan blog plan akan lebih membuat konten kita seimbang dengan membuat jadwal masing-masing kategori secara bergantian, Jadi, tidak akan jomplang antara satu konten dengan konten lainnya dari segi jumlah.

Hal yang juga menjadi kemanfaatan membuat blog plan adalah dapat menghemat waktu. Ketika orang lain masih berpikir tema apa yang ingin dibuat untuk konten blog, kita yang mempunyai blog konten sudah mempunyai data dan jadwal yang sudah kita siapkan untuk konten di blog plan yang kita susun.

Bagaimana Cara Membuat Blog Plan?

  1. Manual. Untuk kalian yang suka menulis dan mencatat di buku tulis, metode manual ini sangat cocok untuk dipakai.
  2. Printable/Freebies. Jika kalian penyuka desain dengan canva, metode ini sangat cocok, apalagi sekarang sudah banyak bertebaran  desain-desain content plan yang menarik di internet, kalian bisa memanfaatkan itu.
  3. Digital. Kalian bisa menggunakan aplikasi pada perangkat Android atau juga bisa membuat pada Sheet atau Excel

Jenis content plan ini bisa kalian buat dengan 4 cara, antara lain secara tahunan, bulanan, mingguan dan harian. Dengan membuat blog plan, akan ada banyak manfaat yang kita dapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut

Manfaat Membuat Conten Blog

  • Membantu Teratur dan Konsisten Posting
Membuat jadwal posting akan membantu kita lebih teratur dalam update blog; apakah 1 hari 1 post, 3x per week, dan sebagainya
  • Merencanakan Konten yang Seimbang_
Jika di blog kita ada lebih dari 1 niche/ kategori, dengan membuat perencanaan di awal, kita bisa menyusun jadwal konten masing-masing kategori secara bergantian. 
  • Menyediakan Konten yang Ditunggu Pembaca
Ketika blog tak lagi sekedar hobby, namun juga tempat berbagi, tentunya kita harus memperhatikan jenis konten apa yang disukai pembaca. Blog plan bisa menjadi modal saat kita akan memulai keyword research. 
  • Tandai Hari-hari Spesial
Dengan perencanaan konten, kita bisa menyesuaikan postingan dengan hari-hari besar/ perayaan-perayaan tertentu. Misal di bulan Juli ada Hari Anak Nasional, kita bisa tuh masukkan jadwal posting dengan tema pendidikan anak di tanggal 23 Juli. Atau di bulan Oktober ada Hari Blogger Nasional, jangan lupa dong siapkan tema tentang blogging di tanggal 27 Oktober, dan sebagainya
  • Memilih Ide Terbaik
Blog Plan membantu kita untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan dieksekusi terlebih dahulu. Misal nih udah dilist 30 tema untuk satu bulan, kita bisa kok bongkar pasang tema-tema tersebut. Kayanya tema yang harusnya posting pekan depan cocok diposting hari ini, dai lain sebagainya
  • Tidak Ada Alasan Buntu Ide
Ketika tema-tema yang akan kita tulis sudah ada dalam genggaman, tidak ada alasan buntu ide saat proses ngeblog. Kalau masih saja gagal posting sesuai jadwal, berarti kita harus mengakui kalau memang manajemen waktu kita yang payah atau memang sudah dari orok sebenarnya malas.
  • Mencari Postingan Lebih Cepat
Jika kita juga mencatat link postingan yang sudah tayang di dalam content plan yang kita buat, kita bisa mencari tulisan lama dengan lebih mudah.
  • Menghemat Waktu
Saat orang lain baru berpikir mau nulis apa hari ini, kita sudah punya daftar topik tulisan hingga seminggu, sebulan atau bahkan setahun sekalian.

Berikut adalah sekilas tentang blog plan blog bunda imut, 

Content Plan 2021 Blog Bunda Imut

blog plan bunda imut

Berharap agar menjadi blogger profesional dan memberikan banyak konten bermanfaat untuk para pembaca, beberapa blog plan berikut adalah upaya yang saya lakukan sebagai pemilik blog bunda imut ini agar bisa bertumbuh menjadi blog yang lebih baik di tahun 2021.

Perencanaan Konten dan Strategi Blogging adalah Kunci Utama.

Blog yang berkembang perlu perencanaan konten yang lebih banyak dan lebih dalam, terutama jika Anda bekerja dengan banyak penulis lain. Kalian perlu menyepakati gaya penulisan, topik yang akan ditulis, dan jumlah kata yang akan ditulis. Berikut adalah blog plan yang akan tayang pada blog bunda imut

Weekly Blogging Bunda Imut


blog plan bunda imut


Nah, itulah beberapa blog plan atau content plan blog bunda imut menuju akhirr tahun 2020 dan menuju tahun 2021. Dengan ikhtiar membuat planner ini, semoga akan menambah semangat dalam ngeblog dan menyajikan konten yang bermanfaat untuk para pembaca. Tulisan ini semoga bisa bermanfaat ya, dan jangan lupa kritik dan saran baikkya di kolom komentar.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ;)




Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

8 komentar

  1. Waaah bakal ada review bukunya mba Nimas. Siap menanti dan menunggu :D
    Ehh itu betulan mba Nimas-nya kita kan bund?
    *gayaaa kita* hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali mba pidaaa... Mba nimasnya kitaaa... Wkwkwkwk ditunggu review-nya yaa.. hehhehehe

      Hapus
  2. Hwah saya akan menunggu content plan niche parenting-nya mbak, secara punya anak juga yang akan diperkenalkan pada toilet training. Can't wait.
    Semoga content plan 2021nya juga dapat berjalan dengan baik dan goal yang diharapkan dapat tercapai. Good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kirim link biar segera di komentarin sama pak yonal kalo artiket TT nya udah tayang ya pak.. hihhiihh

      Hapus
  3. Wah planning sepekan kedepan rapi sekali, siap menantikan konten-kontennya bunda. Semoga tercapai goalnya ya..

    BalasHapus
  4. Aku penasaran cara berkisah dengan Al Quran bund :)

    BalasHapus
  5. Seru nih blog plannya kakak, ditunggu artikel nya yaa. Semangat

    BalasHapus
  6. Ditunggu tulisan-tulisannya dan semangat dengan plannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email