Bikin Ramadhan Lebih Asyik! Berikut Ide Kegiatan Ramadhan Asyik untuk Anak

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum Sahabat Bunda, Duuhh kangen banget deh curhat disini, genap dua bulan nih bisa rutin nulis di blog pribadi, hehhehe. Gimana kabarnya Ramadhan tahun ini, Bund? Pas banget momentnya nih. Kali ini aku bakal nulis tentang ide aktivitas atau ide kegiatan Ramadhan yang Asyik dan menarik untuk anak.

Ide kegiatan ramadhan untuk anak

Cepat haus dan bosan! Begitu kata putraku Ahsan, yang usianya 4,5 Tahun. Tahun ini Alhamdulillah dia sedang berlatih untuk belajar berpuasa, setengah hari. Hari pertama yang dirasakan adalah cepat haus, katanya. Dia juga merasa cepat bosan saat menunggu waktu berbukanya, yaitu waktu Adzan Dhuhur.

Untuk mengatasi kebosanannya, juga dalam rangka untuk mengalihkan rasa cepat hausnya Ahsan, aku coba cari-carikan ide kegiatan menarik untuknya. Schooling google, akhirnya kepikiran buatkan Ahsan jurnal kegiatan harian selama Ramadhan.

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak ini selain dibuat untuk Ahsan, aku juga buatkan untuk kakak ya, Asyraf. Yang saat ini usianya 10Th. Ya meskipun kegiatannya lebih banyak di sekolah, tapi dengan adanya jurnal ini diharapkan bisa membuat anak-anak makin aktif, produktif dan kreatif  saat menjalankan hari-hari ramadhannya.

Selain jurnal kegiatan harian, beberapa kegiatan yang aku lakukan dirumah untuk mendampingi anak-anakku berpuasa adalah sebagai berikut:

1. Membaca Buku Kisah Islami

Kegiatan yang pertama ini menjadi aktivitas yang seru untuk anak-anakku saat menjelang pagi, setelah sholat shubuh biasanya mereka antusias untuk mendengarkan buku yang aku atau abinya bacakan. Ramadhan ini, biasanya mereka lebih sering dibacakan buku tentang keutamaan berpuasa, keistimewaan bulan ramadhan, makanan yang baik, halal dan juga haram, apa saja yang membatalkan puasa, kisah Nabi dan Rasul juga buku lain tentang agama Islam yang bisa membuat mereka lebih mencintai agamanya.

2. Menyusul Menu Sahur dan Berbuka Bersama-sama

Kegiatan selanjutnya adalah menyusun menu berbuka dan sahur bersama. Sehari-hari aku memang mengajarkan anak-anak untuk memilih apa yang ingin mereka makan, dan mereka harus bertanggung jawab atas pilihannya tersebut. 

Selain menyusul menu, anak-anak juga diajak saat berbelanja, khususnya anakku yang pertama, biasanya aku akan kasih dia catatan kecil tentang apa-apa saja yang akan dibeli untuk menu yang sudah dipilih. Kegiatan ini, untuk keluargaku terbukti bisa lebih hemat dan cepat ketika memasak, tidak ada yang terbuang karena masakan sesuai apa yang sudah disepakati bersama.

3. Muroja'ah Bersama

Berikutnya adalah muroja'ah bersama. Alhamdulillah, karena anak pertamaku saat ini kelas 3 SD, tugas hariannya adalah muroja'ah hafalannya yang sudah dihafalkan di sekolah, ketika dirumah aku dan suami tidak terlalu kerepotan saat mengajak adik-adiknya muroja'ah, biasanya kegiatan ini kami rutin lakukan setelah sholat Ashar dan Maghrib. Tapi untuk Ramadhan ini muroja'ah kami lakukan di waktu setelah Ashar sembari menunggu waktu berbuka puasa.

4. Bersih-bersih Rumah Bersama

Kegiatan bersih-bersih rumah ini rutin setiap hari kami lakukan, bersama-sama. Mulai dari membereskan mainan anak-anak, membereskan tempat tidur, dan lain-lainnya. Anak-anak lebih antusias untuk bersih-bersih saat bersama-sama. Biasanya kami berbagi tugas, anak pertama membereskan tempat tidur, anak kedua menata buku, anak ketiga membereskan mainannya. 

5. Mengisi Jurnal Harian

Jurnal harian ini terkhusus dibuatkan untuk anak pertama dan kedua kami. Khusus bulan Ramadhan isiannya tentang cek list ibadah, sholat wajib, sholat sunnah, puasa, tarawih, mengaji, aktivitas kebaikan, apa saja yang dilakukan hari ini dan lain sebagainya. Contoh jurnal harian ramadhan anak-anak bisa dilihat difoto berikut ya.

Jurnal kegiatan Ramadhan


6. Memasak Menu Berbuka Bersama

Kegiatan selanjutnya adalah memasak menu berbuka bersama-sama. Ya, meskipun sebenarnya anak-anak tidak bisa membuat masak lebih cepat, tapi aku lebih suka saat melibatkan mereka dalam memasak menu berbuka. 

Dengan mereka ikut proses memasak, mereka jadi tahu tentang prosesnya, bagaimana dari bahan itu diolah hingga bisa jadi masakan yang lezat. Dengan cara ini, anak-anaku jadi lebih semangat saat memakan, karena mereka merasa memakan apa yang sudah diperjuangkan tadi, sehingga mereka akan lebih lahap dan makanan tidak di sia-siakan. 

7. Mendengarkan Kajian Bersama

Yang terakhir, mengajak anak-anak hadir atau ikut mendengarkan kajian. Selain hadir secara langsung, aku juga sering mengajak anak-anak mendengar kajian secara online, kajian yang sesuai dan anak able, mendengarkan di youtube salah-satunya. 

Dengan mengikutsertakan mereka dalam mendengarkan kajian, anak-anak akan lebih bisa mendengar apa yang disampaikan dalam kajian tersebut. Tak jarang juga anak-anak bertanya jika ada hal yang kurang dimengerti juga membuat anak-anak semakin semangat dalam melakukan perbuatan baik.

8. Berbagi Ta'jil untuk Tetangga dan Sekitar

Bulan Ramadhan bulannya penuh pahala, begitu yang disampaikan anak pertamaku sepulang Pondok Ramadhan di sekolahnya. Bulan berlipat gandanya pahala, bulan dimana saat kita tidurpun mendapatkan pahala. Disatu waktu, untuk mengisi kegiatan Ramadhan anak-anak, salah satunya adalah dengan berbagi ta'jil atau menu berbuka untuk tetangga dan anak-anak di sekitar rumah.

Kegiatan ini dilakukan untuk menambah rasa bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan Allah kepada keluarga kami. Kegiatan ini juga dilakukan untuk anak-anak kami belajar lebih mengenal sekitar, lebih peduli kepada yang mungkin lebih membutuhkan.

Penutup

Ide kegiatan Ramadhan untuk anak

Mengajari dan mendampingi anak-anak belajar berpuasa adalah hal yang tidak mudah, kitapun sebagai orangtua juga akan banyak belajar saat mendampingi anak-anak berpuasa. Belajar tentang lebih sabar, lebih bijak, dan lebih baik dari segala hal. 

Semoga dengan tulisan tentang ide kegiatan Ramadhan untuk anak yang sudah ditulis, bisa membantu sahabat-sahabat pembaca untuk lebih memaksimalkan ramadhan tahun ini dengan beberapa kegiatan yang positif dan bermanfaat, ya.

Selamat mendampingi anak-anak belajar berpuasa, semoga Allah selalu memberikan kita perlindungan dan melancarkan apapun aktivitas kebaikan kita. Aamiin...

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.












Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar