Mengenal Google Search Console pada Blog dan Fungsinya

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum teman-teman, bagaimana kabar ngeblog di awal tahun 2022 ini? Jujur, ini adalah postingan pertama blog bunda imut. Awal tahun ternyata banyak sekali aktivitas offline yang sangat berpengaruh terhadap waktu menulis saya. Hasilnya, ngedraft tulisan terus deh, heheheh.

Mengenal Google Search Console pada Blog dan Fungsinya


Tulisan ini juga melengkapi tugas kelas di grup Odop Blogger Squad tentang Google Search Console. Setelah sebelumnya telah berhasil memasang Google Analytic yang sudah saya tuliskan disini, sekarang yuk lebih mengenal tools selanjutnya, yaitu GSC atau (Google Search Console). 

Apa sih fungsi dari GSC ini? Terus pentingkah memasangkan pada blog kita? Apa bedanya dengan GA (Google Analytics)? Penasaran nggak sih? Hehehe

Saya pribadi menganggap pemasangan GSC (Google Search Console) ini sangatlah penting, sama seperti kita memasang Google Analytics. Karena tools yang ada di GSC berbeda dengan GA. Jadi mereka ini seperti satu kesatuan karena saling terhubung antara satu dengan lainnya. 

Selengkapnya, yuk kita bahas satu persatu tools dari GSC ini agar pembaca juga lebih memahami apa sebenarnya fungsi dari tools ini.

Mengenal Google Search Console

Google Search Console atau yang akan lebih sering saya tulis GSC ini merupakan sebuah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google. Gratis lho ini toolsnya, jadi sayang juga kan kalau nggak difungsikan dengan baik.

Layanan ini juga digunakan untuk membantu memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs kita pada hasil Google Penelusuran. Ya meskipun sebenarnya situs kita akan secara langsung terbaca oleh Google tanpa adanya GSC, tapi dengan memakai GSC kita akan lebih bisa memahami situs kita. GSC ini juga bisa meningkatkan cara Google dalam mengamati dan melihat situs kita lho.

Jadi, lebih baik jika semua orang, entah pebisnis maupun individu yang mempunyai situs untuk segera mendaftarkan GSC agar situs yang kita miliki bisa lebih meningkat. Dan kita juga bisa memahami dengan lebih dalam tentang situs kita untuk kedepannya. Kalau saya sih biasanya akan lebih cepat untuk mendapatkan keyword yang pas dari artikel yang sudah saya buat sebelumnya untuk bisa dikembangkan lagi di artikel baru.

Fungsi Google Search Console

Untuk mengenal lebih dalam tentang GSC, berikut saya tuliskan beberapa fungsi yang dimiliki oleh GSC. Diantaranya adalah:

1. Kinerja Blog

Kinerja blog

Ketika kita menggunakan GSC, kita akan bisa melihat kinerja pada blog kita. Di menu kinerja, kita bisa menyesuaikan data yang ingin didapatkan. Rentang tanggalnya pun bisa diatur seperti 7 hari terakhir, 28 hari terakhir, 3 bulan terakhir, dan bisa juga menyesuaikan dengan mengisi data tanggal sesuai dengan keinginan kita. 

Pada ini, kita juga bisa mendapatkan hasil dari berapa kali blog atau situs kita di klik dan berapa jumlah tayangan blog. Oya, pada bagian kinerja blog ini juga menampilkan kata kunci atau keyword apa yang paling banyak memberikan klik dan impresi di blog kita. Hasilnya kitapun bisa tahu tentang posisi dan ranking situs keyword kita di google. Sehingga selanjutnya, kita bisa memperbaiki artikel, juga isi dari artikel kita agar bisa lebih baik dari sebelumnya.

Kita bisa melihat menu kinerja pada bagian kueri. Namun, banyak pula bagian lain yang memberikan informasi sejenis berdasarkan kategori tertentu. Seperti halaman blog mana yang banyak mendulang trafik di blog. Negara mana yang memberikan trafik organik di blog kita. Melalui perangkat apa blog kita saat diakses, dan tanggal berapa blog kita di buka.

2. Inspeksi URL

Inspeksi url

Fungsi Inspeksi URL adalah untuk mempercepat proses indexing artikel blog. Kalau menurut mbak Marita sih, artikel blog itu lama-lama juga akan terindeks oleh google. Tapi dengan menggunakan inspeksi URL, artikel yang baru kita buat akan lebih cepat proses pengindeksannya oleh google. Jadi bisa lebih cepat masuk pada pencarian google. Sehingga akan bisa menambah trafik blog kita juga.

Caranya cukup simple lho, kita hanya butuh meng copy link URL dan langsung pastekan di kolom inspeksi URL. Kemudian tekan enter, maka akan muncul hasil apakah artikel kita sudah masuk di pencarian google atau belum. Jika sudah, maka akan muncul tanda centang hijau. Namun, jika belum, kita harus meminta pengindeksan atau klik request indexing. Setelah itu kita hanya menunggu saja agar artikel terindeks.

3. Peta Situs

Sitemaps pada blog berfungsi untuk menampilkan semua data artikel yang ada di blog sesuai dengan label atau kategorinya masing-masing. Peta situs merupakan menu yang ada di GSC. Disana kita bisa menambahkan halaman sitemaps blog kita agar artikel tersebut terindeks oleh google. Informasi yang kita kirimkan melalui peta situs ini membantu kita untuk mendapatkan laporan tentang halaman yang ada pada blog kita.

4. Internal dan External Link

Mengenal Google Search Console pada Blog dan Fungsinya

Salah satu metode SEO adalah memberikan internal dan external link ke dalam artikel blog. Link yang dikaitkan ternyata memiliki peran penting untuk meningkatkan peringkat situs kita. Selain mendapatkan peringkat, link yang dikaitkan di dalam artikel, link ini juga akan membantu orang lain untuk menavigasi situs atau blog kita.

Link tersebut juga akan muncul di halaman tools GSC ini. Kita bisa memantau link mana yang bermanfaat untuk pembaca. Dan link mana yang sering dibuka oleh pengunjung blog. Kitaun bisa mendapatkan data ini di menu tautan. Terdapat link internal, link external, situs teratas, dan text yang tertaut di peringkat atas.

5. Pesan Tentang GSC

Pernah nggak sih disaat kita sibuk membuat artikel sehingga tidak ada waktu untuk mengecek GSC atau GA? Saat kita menggunakan GSC, secara berkala kita akan mendapatkan pesan atau message yang akan dikirimkan ke email kita. Baik itu performa blog kita, atau disaat ada error yang terjadi pada artikel kita yang membuat google gagal mengindeks artikel kita.

6. Menganalisa Data Penting yang Ada di Google Search Console

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, Google memberikan keleluasan kepada para blogger/webmaster dalam menganalisa data website secara lengkap. Search traffic merupakan salah satu data penting yang bisa dilihat untuk mengoptimalkan performa kunjungan dan aktivitas pengunjung didalam website.

Search traffic ini bisa dilihat berdasarkan banyak variabel, mulai dari data query, page, country, device, tanggal, dan search apperance. Biasanya blogger paling sering membuka data query untuk menemukan ide postingan baru. Sementara tab device biasa digunakan jika ingin mengetahui tipe perangkat yang mayoritas digunakan oleh pengunjung blog kita.

Penutup 

Rangkumannya, Google Search Console bisa dibilang memiliki manfaat yang cukup besar dalam mendukung kesuksesan optimasi website. Sehingga sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkan tools gratisan dari Google ini.

Nah, gimana? Setelah membaca tulisan diatas, semoga bisa lebih memahami fungsi dan manfaat pemasangan dari GSC tersebut. Semoga bermanfaat ya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar