Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Jitu Branding Sosial Media

8 komentar
Konten [Tampil]

 

Tips jitu branding sosial media

Yeay, hari ke-2 Marathon Coaching dari Growthing.id sudah dimulai. Hari ke-2 ini topik yang dibahas adalah tentang Tips Branding Sosial Media kita agar bisa lebih banyak memancing  interaksi di akun sosial media kita. Bagaimana caranya? 

Kali ini, materi tentang Branding sosial media disampaikan oleh Coach kak Ilham Sadli selebtwit @pengagumrahasiamu di Twitter dan juga CEO of  Growthing.id. Dengan pembawaan yang santai namun tetap menarik, berikut resum materi webinar yang akan coba saya tuliskan untuk para sahabat jurnal bunda imut.

Manfaat Media Sosial

Seperti yang sudah banyak kita ketahui, sampai saat ini perkembangan media sosial sangatlah luar biasa. Yang dulunya sosial media lebih banyak kita kenal sebagai platform yang hanya mencurahkan curhatan hati para bucin-bucin muda. Saat ini, sudah sangat banyak mengalami perkembangan termasuk sebagai platform yang mampu memproduk jualan atau produk dari penggunanya. Tak hanya itu, dengan terus berkembangannya sosial media, manfaat lain yang kita dapatkan dari media sosial diantaranya :

  • Menjaga Silaturrahmi
  • Perbanyak Koneksi
  • Branding
  • Media Promosi Blog
Berikut list sosial media yang paling populer hingga saat ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Youtube
  • Linked in
  • Snapchat
  • Tiktok
Selajutnya, media sosial yang mana sih yang paling bagus untuk Branding produk kita? Dengan itu semua, kita harus bisa memprioritaskan  Media Sosial yang akan digunakan untuk branding. Kita lebih cenderung kemana diantara semua medsos tersebut?

Dengan banyaknya brand yang terjun ke media sosial untuk melakukan digital marketing, membuat target audiens yang melihat brand sahabat bunda menjadi suatu hal yang cukup menantang. Itulah kenapa kalian sangat disarankan untuk membangun social brand. Dengan begitu, brand yang kalian ciptakan bisa lebih mudah dikenali dan ditemukan oleh target audiens. Caranya bagaimana?

Tips Jitu Branding Sosial Media

Bagaimana Cara Branding Sosial Media

1. Tentukan Audiance, tentukan berdasarkan usia, pendidikan, kebiasaan, gaya hidup, hingga hal yang
disukai
2. Mau Dikenal Sebagai Siapa? Ketika menggunakan media sosial pengen dikenal sebagai apa dan siapa?
3. Kemarin kak ilham mencontohkan seperti ini "Saya Ingin Dikenal Sebagai Blogger yang mellow di twitter". Karena saya lebih memprioritaskan penggunaan twitter, akhirnya bisa mendulang impressi di twitter dan kadang diarahkan untuk saling follow instagram (dan berhasil menambah 1000 followers) dengan tidak menghilangkan khas dari twitternya. Caranya bagaimana?
  • Lakukan Interaksi (Sok Kenal Sok Dekat)
  • Jangan hanya saling follow pada yang satu profesi
  • Selalu perhatikan Analytic
  • Sering tampil di konten yang viral dengan komentar yang nyentrik
4. Apa Bedanya Dengan Akun Lain? Berikan sesuatu yang khas, minimal itu di caption atau di foto, atau bahasan, atau sudut pandang.
5. Tentukan Arah Akunnya. Sapaan untuk followers, gaya bahasa, penggunaan kosa kata
6. Konsisten. Konsisten Posting, humble, dan sering interaksi

Blogger dan media sosial itu dua hal yang sulit dipisahkan, kecuali jika kita adalah seorang pemain film, aktris, model dan seterusnya.

Hal yang perlu diperhatikan ketika akan branding di media sosial

  • Tujuan, meliputi hiburan, inspirasi, informasi, edukasi, interaksi, ajakan
  • Karakter, meliputi lucu, menyenangkan, berwibawa, supel, ramah, inspiratif, profesional
  • Bahasa, meliputi sederhana, santai, bercanda, baku, formal, kompleks
  • Gaya Bicara, meliputi sopan, rendah hati, muda, blak-blakan, kritis, dewasa, elegan.

Hal yang mempengaruhi optimalnya sosial media, meliputi

  • Konten. Setiap platfom memiliki kontennya masing-masing, misalnya twitter dengan caption, ig dengan grafis, facebook dengan caption, tiktok dengan video dan seterusnya
  • Konsisten. Seberapa konsisten kita menggunakan platform itu. Sama halnya dengan youtube, semakin sering kita upload video semakin bagus trafficnya
  • Timing. Perhatikan waktu yang tepat untuk upload konten kita
  • Aundience yang tepat sasaran, karena penting untuk kita mengenali siapa target kita di media sosial
  • Ikuti Trend. Tetap harus bisa memilah dan memilih trend yang bagus dan banyak di minati. Jangan sampai asal pilih konten.

Branding sosial media



"Brand Kita adalah apa yang orang katakan ketika Kita tidak ada di dalam ruangan"
(Founder Dan CEO Amazon)


Membahas tentang konten, sebagai seorang blogger seharusnya memang perlu adanya upaya dari kita untuk manyajikan konten yang terbaik. Termasuk mmemperhatikan dalam hal menampilkan sebuah foto yang akan di jadikan konten di dalam blog kita.

Beruntungnya hari ke-2 Marathon Coaching dari Growthing.id  kemarin, selain tentang branding sosial media yang sudah saya tulis diatas. Luar biasanya ada materi tambahan yang dibawakan oleh mbak Gilang  dengan tema Tips Mengabadikan Objek Dengan Kamera Smartphone. Ternyata, kak Gilang ini bisa lho menampilkan gambar untuk branding dengan konten terbaik hanya bermodal smartphone. Penasaran tips-tipsnya? Yuk kita Kulik bersama

Tips Mengabadikan Objek Dengan Kamera Smartphone

Sedikit-banyak saya tahulah apa manfaat foto di dalam artikel blog, selain untuk melengkapi gambar visual dari isi Artikel yang sedang di bahas Juga menarik perhatian para pengunjung blog kita. Konten foto di dalam blog ini juga berfungsi sebagai pembatas diantara paragraf yang panjang agar tidak terkesan melelahkan ketika di baca, yang nantinya akan membuat artikel kita ada kemungkinan besar akan di share atau di bagikan ke media sosial.

Selain dengan mengambil foto secara mandiri atau hasil jepretan sendiri, kita juga bisa memanfaatkan situs sumber penyedia foto secara gratis lho. Situs tersebut adalah pixabay, pexels, unplash, flickr, freeimages dan masih banyak lagi.

Namun, saat kita menggunggah konten berupa foto jepretan sendiri, itu rasanya pasti akan beda dengan foto hasil dari situs gratisan. Pasti akan ada manfaatnya jika kita memakai foto original atau gambar hasil jepretan sendiri, diantaranya adalah :

  • Tidak khawatir tentang Copyright
  • Lebih di percaya ketika mengulas benda atau tempat
  • Gambar tidak pasaran
  • Bisa untuk branding 
  • Bisa dapat backlink secara gratis

Jika sahabat jurnal bunda memilih untuk menampilkan konten di blog dengan gambar original milik sendiri, khususnya untuk yang hobi fotografi dengan kamera smartphone,  berikut semoga bisa membantu agar gambar yang di ambil bisa lebih berkualitas dan gambar jepretannya menjadi lebih bagus.

Apa yang perlu di siapkan?

1. Ponsel berkamera
2. Pilih Tema dan Konsep foto
Tentukan tema sebelum memulai memotret,
misalnya tema tradisional, moderen,
makanan, kesehatan, berkaitan dengan
anak, dan lain-lain.
3. Pencahayaan
Bisa menggunakan pencahayaan alami(diluar ruangan) atau cahaya bantuan lampu untuk foto indoor
4. Pilih Backdrop atau Backround
Pilihlah backdrop atau alas sesuai dengan kebutuhan, bisa menggunakan alas tembok, atau bisa menggunakan kertas khusus alas foto yang berwarna-warni
5. Nuansa dan Properti
Untuk mengabadikan suatu objek terutama benda mati sebaiknya jangan terlalu banyak memasukkan warna, apalagi yang dipotret adalah makanan. Utamakan warna yang
senada dengan objek dan tidak lebih terang dari objeknya supaya tidak gagal fokus. Begitupun dengan properti, jangan sampai
mengalahkan objeknya. Objek utama harus menonjol dibandingkan propertinya.
6. Angle yang pas. Angle yang sering digunakan diantaranya:
  • Low Angle. Posisi kamera lebih rendah dari objek, sehingga biasanya menampilkan kesan mewah.
  • Eye View-Normal. Pengambilan gambar yang sejajar dengan objeknya
  • Bird's Eye View Atau Flatlay. Objek berada di bawah dan posisinya "rebahan" dan pengambilan gambarnya dari atas dengan posisi lurus
  • High Angle. Posisi kamera lebih tinggi dari objek.

Yang paling penting adalah, sering-seringlah  berlatih untuk memotret objek, dengan begitu feeling serta kemampuan kita dalam memoret akan semakin terasah.
Lalu, soal bagus atau tidaknya hasil memotret kita, itu semua kembali pada selera masing-masing orang.

Penutup

Nah, setelah tahu tentang tips jitu branding sosial media, Juga Tips Dan Trik mengambil foto dengan modal smartphone. Semoga sahabat jurnal bunda bisa lebih menyajikan konten terbaik di blog kita sehingga akan membuat banyak pengunjung tertarik dan otomatis meningkatkan page view blog kita.

Terimakasih sudah membaca ulasan saya. Semoga ada manfaat dan selalu ditunggu kritik beserta saran baiknya di kolom komentar ya.

Selamat menyambut akhir pekan yang panjang.

Ditulis di malang, 28 Oktober 2020




Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

8 komentar

  1. Sudah selesai aja ini. Semoga nular semangatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Tami malah selesai lebih dulu kaaannn....heheheh

      Hapus
  2. Wah rajin udah nulis aja bun. Masih PR nih aku masalah sosmed, rasanya aneh mau memulai lagi aktif di sosmed,. Selama ini ya cuma jadi tukang komentar aja di postingan orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah selesai kan tugasnya mbbaak..ehehehe

      Hapus
  3. Wah lengkap pol pol mbak resumenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bahan belajar dilain waktu mbaak..ehehehe

      Hapus
  4. Hebat udah resume yg ke dua.
    Dua materi lagi, uhuy.
    Aku masih belom nihh

    BalasHapus
  5. Mbak Yulia udah selesai juga kan mbak..hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar