Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tujuan Dan Adab Ngeblog Plus Tips Tentukan Niche Blog Impian

18 komentar


Tujuan dan adab ngeblog

Sebenarnya, apasih tujuan dan adab ngeblog? Karena menjadi seorang blogger yang baik itu bagaimana sih? Selain harus bisa bermanfaat, para blogger juga harus terus update dan jangan lelah untuk belajar. Jangan pernah puas terhadap apa yang sudah kita miliki.


Tujuan Dan Adab Ngeblog 

Selain itu, seorang blogger juga harus memiliki adab dalam menulis Artikel, apa saja?

  • Personal Touch, dengan menulis yang jujur dan pakai hati, tulisan kita sudah bis dioastikan akan sampai ke para pembaca dengan baik
  • Bukan cuma tulisan, artinya bukan hanya tulisan, gambar atau video yang kita gunakan di dalam artikel, harus dan wajib menyertakan sumber 
  • No Plagiasi, jangan sekali-kali di lakukan ya! Terinspirasi boleh, tapi jangan plek-ketiplek karena Plagiasi sama dengan Pencuri.
Selain adab tersebut, perlu diperhatikan juga terkait adab dalam blog walking atau adab saat kita singgah dan membaca blog orang lain, meliputi:
  • Jangan asal komen
  • Komentarlah dengan minimal 5 kata
  • Jangan tinggalkan link hidup
  • Jika akan mengkritik, sebaiknya lewat japri saja, jangan langsung kritik di kolom komentar publiknya
  • Selalu balas komentar yang diberikan oleh seseorang yang sudah membaca dan mampir di blogmu ya


Dengan uraian penjelasan diatas, sahabat jurnal bunda sudah tahu belum apa sih tujuan kalian ngeblog? Kenapa sampai kalian terfikirkan untuk membuat blog? Bahkan tak jarang juga sampai menyiapkan gambar yang up to date plus video konten yang Kecee. 


Lantas, apasih tujuan ngeblogmu selama ini? Kemudian, apakah kalian sudah mencapai apa tujuan ngeblog? Atau malah masih ngrasa belum maksimal untuk optimasi blog kalian? 

Jurnal bunda imut kali ini akan menuliskan Tips dan Trik hasil kelas Blogspedia Coaching For Newbie Batch1 nya mbak Marita Ningtyas. Gimana sih, cara optimalisasi untuk blog dan bagaimana mengenali Niche blog yang "kalian banget".

Tujuan Ngeblog Dan Cara Optimalisasinya


Sama seperti tujuan ngeblog saya sebelum ikutan kelas Blogspedia Coaching For Newbie Batch1. Saya ngeblog karena saya mau mengabadikan tulisan-tulisan receh curhatan saya di blog. Namun, setelah ada penjelasan di dalam kelas coaching tentang berbeda-bedanya ngeblog, saya jadi melek tentang sebenarnya manfaat ngeblog.

Salah satunya yaitu blog sebagai sarana tempat berbagi informasi. Tipe saya itu, orangnya suka berbagi informasi. Termasuk informasi tempat makan enak, tempat wisata yang murah dan berbagai hal yang baik lainnya. Nah, kebanyakan orang juga memaksimalkan blognya sebagai tempat berbagi informasi, jadi blog ini menurut saya hampir sama seperti media. 

Yang membedakan adalah, ketika kita menulis di blog usahakan untuk menulisnya dengan gaya tulisan kita. Sekalipun tulisan kita terkesan tegas, pasti akan ada yang suka. Dan sebagai media informasi online, blog ini sangat pas dan bagus sekali, karena di era sekarang ini banyak sekali orang yang memerlukan informasi dan mereka hanya tinggal mengetikkan di mesin pencari (google).

Oiya, blog ini juga bisa untuk sarana mendapatkan penghasilan lho. Dan terbukti sekarang ini sudah banyak sekali orang yang sudah mendapatkan banyak fee dari blognya. Fee dari job review ataupun job dari spesialis blog yang kita miliki, seperti beauty blogger dan lain sebagainya.

Cara Optimalisasi Blog Agar Bisa Menghasilkan Gaji


1. Konsisten Menulis dan Traffic blog tinggi.

Pernah dengar gak, brand membayar blogger yang traffic blognya rendah? Meski traffic tinggi bukan jaminan akan adanya full job blogger, tapi jika traffic rendah brand akan malas melirik dan ngajakin kerjasama. Penting juga adanya konsisten dalam menulis, karena jika sahabat konsisten menyajikan konten-konten dalam blog, maka traffic blog akan berangsur tinggi, sehingga akan ada kemungkinan besar brand melirik blog kalian dan meminta untuk bekerjasama.

2. Fokus yang tinggi

Dengan kita fokus, otomatis akan bisa membantu kita untuk bisa mengisi konten blog dengan baik. Seperti cerita teman saya beberapa hari yang lalu yang sukses menarik sponsor brand terkenal dengan langsung memilih blog bertema otomotifnya untuk bekerjasama. Jadi, tinggal masing-masing dari kita sendiri nih, nyaman di tema yang mana. Hehhehe

3. Pilih jenis monetasi blog yang cocok dan "kamu banget" 

Ibarat kita sedang memulai bisnis, pilihkan bisnis yang benar-benar kita tau bagaimana menjalankan bisnis tersebut. Sama seperti blog, pilih tema blog yang benar-benar sesuai dan cocok dengan kepribadian kalian. Karena dengan menentukan yang benar-benar cocok, otomatis akan sangat memudahkan saat kalian mendapatkan job ngeblog.


Tips Menentukan Niche Blog Yang Menguntungkan

Menemukan niche yang tepat adalah bagian terpenting untuk mengatasi kegagalan pada blog sebelumnya sering diabaikan. Ngomongin soal tema blog, kita harus bisa menemukan minat kita. 

Caranya adalah dengan menulis tentang apa yang kita ketahui, inilah saran bagus yang diberikan oleh mbak Marita ketika saya akan menentukan niche sebelum membuat blog. Selain itu, Niche blog yang sudah saya tentukan juga harus menguntungkan, biar sekalian dan gak akan ada kerjaan berulang di kemudian hari.

Jika kita memilih niche dengan persaingan terlalu banyak, blog kita akan dikalahkan oleh situs web ber-otoritas tinggi. Namun, jika kita memilih niche yang lebih kecil tanpa potensi, blog kita justru tidak akan pernah ditemukan. Jadi, kita harus bisa menemukan niche di tengah-tengah dan dapat dimonetisasi dengan mudah.

Berikut tips memilih Niche blog yang bisa sahabat jurnal bunda lakukan:
  • Pilih topik yang di sukai
  • Lakukan riset pasar
  • Pilih Niche yang lebih kecil
  • Pastikan Niche tersebut menguntungkan

Setelah kita menemukan niche yang tepat untuk blog kita, yang perlu dilakukan adalah mulailah untuk menulis konten terbaik versi kita untuk membantu agar blog kita terus eksis.

Kesimpulan Tentang Tujuan Ngeblog dan Optimalisasi

Jadi, dalam dunia blogging wajib akan adanya adab ngeblog, apapun tujuan ngeblog yang sahabat pilih, masing-masing punya cara optimalisasi sendiri. Ada tujuannya sendiri, beda tujuan ngeblog, akan beda pula cara yang dihasilkan. Jika kalian punya pengalaman tentang menentukan Niche blog dan apa tujuan ngeblog juga gimana cara untuk optimalisasinya? Silahkan share di kolom komentar ya.


Terimakasih sudah berkunjung ;)
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

18 komentar

  1. Hem, membalas komentar masih jarang dilakukan hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga seringnya telat saat membalas komentar Mbak..eheheheh

      Hapus
  2. Lengkap banget bun artikelnya. Ketje. Senyum-senyum sendiri baca kalimat plek ketiplek tiplek (sambil pake nada) 😀

    BalasHapus
  3. Tim blog gado-gado aku bun, masih belum menemukan niche yang aku banget nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama juga mbaak... Aku juga tim gado-gado dan tahu campurrr...wkwkwkwk

      Hapus
  4. Bener. Semua ada adabnya. Paling seneng sama orang-oranh yang peduli hal seperti ini. Sepertinya remeh, padahal penting sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaak... Harus diterapkan agak kita gak sembrono saat jalan+jalan ke blog orang..heheheh

      Hapus
  5. Jika kita memilih niche dengan persaingan terlalu banyak, blog kita akan dikalahkan oleh situs web ber-otoritas tinggi. Namun, jika kita memilih niche yang lebih kecil tanpa potensi, blog kita justru tidak akan pernah ditemukan. Jadi, kita harus bisa menemukan niche di tengah-tengah dan dapat dimonetisasi dengan mudah.

    -jleb- banget deh pernyataan itu jadi bahan renungan hehehe

    BalasHapus

  6. Terima kasih mbaa, selama ini belum kepikiran memaksimalkan blog. Baca tulisan ini jadi mikir deh.

    BalasHapus
  7. wah...terangkum semua di sini, jadi tambah informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai bahan catatan Krn ada tugas mbaa..wkwkwkwk

      Hapus
  8. Hallo bunda, salam kenal ya.
    Sewaktu dulu menentukan niche, saya memilih yang dekat dengan keseharian saya saja. Alasannya simple, supaya saya tidak terbebani mengerjakannya, teutama kaena kegiatan menulis yang saya lakoni ini baru.

    Sekarang berusaha membatasi dan sesuai koridor niche biar nggak jadi gado-gado, udah ada tendensi ke situ soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak renov...salam kenal kembali yaaa... Aku seneng bacain blognya kakak.. udah kece banget.. per tema juga sudah kelihatan..semangat selalu ya kak..

      Hapus
  9. Wah baru tau ada kelas ini. Penasaran. Melipir ke link yang tertera dulu hehe. Makasih mbak infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saat ada kelas free selanjutnya boleh langsung gabung mbaa..ehehhee

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email