Resume Zoominar Short Course Gratis 30 Juta dari Blog

18 komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum sahabat bunda imut, Bulan November 2021, sudah mau masuk tengah bulan nih, dan ini spesial tulisan pertama saya di bulan ini, hehehehe. Kenapa spesial? Karena tulisan ini akan saya dedikasikan untuk para senior-senior saya dalam dunia blog, wujud terimakasih saya terkhusus kepada mbak Jihan Mawaddah.

Resume zoominar short Course Gratis 30 Juta Pertama dari blog

Mbak Jihan, seorang blogger asal kota malang yang saya kenal saat sama-sama menulis proyek buku antologi di tahun 2018, blogger yang lebih dari 30 kali menjuarai lomba, terimakasih karena mbak Jihan telah mengadakan kursus online Short Course Gratis 30 Juta dari Blog kepada calon dan blogger pemula secara gratis alias tanpa biaya apapun.

Rasa terimakasih juga saya ucapkan kepada pemateri dalam webinar. Mbak Shafira Adlina, seorang blogger di ceritamamah.com dan mas Rozak Al-Maftuhin dari inspiratips media. Masya Allah, saya bersyukur sekali bisa masuk dan bergabung dalam kelas yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut ini.

Sahabat bunda imut ngerasa juga nggak sih? Jika selama pandemi ini, banyak sekali event zoominar ataupun kulwap secara gratis, dan ini bagi saya adalah suatu keuntungan yang sangat luar biasa, karena kita, termasuk saya pribadi bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Apakah teman-teman pembaca juga begini? 

Alasan diadakannya Short Course 30 Juta dari Blog

Ternyata, alasan Kursus blogger online yang diberi judul 30 Juta Pertama dari Blog ini terselenggarakan karena begitu banyak teman-teman blogger yang bertanya pada mbak Jihan, tentang bagaimana blog bisa menghasilkan uang dan bisa mendapatkan benefit lainnya. 

Saking banyaknya pertanyaan yang sama dan berulang itulah, akhirnya mbak Jihan dengan didukung mbak Shafira dan mas Razak mengadakan Short course ini selama 3 hari berturut. Dimulai dari tanggal 26-28 Oktober 2021 dengan durasi kurang lebih 90 menit setiap harinya.

Materi Hari Pertama

Nah, pada hari pertama kelas, mbak Shafira menjadi pemateri dengan di moderatori oleh mba Jihan dengan tema “Pengantar Bagaimana Mendapatkan Penghasilan dari Blog dan Cara Membuat Artikel yang Menarik." 

Dalam materi ini, mbak Shafira memaparkan tentang apa sih sebenarnya kita ngeblog? Bagaimana konten yang nanti akan kita sajikan di blog dan bagaimana cara kita meramu tulisan blog kita agar pembaca akan kembali untuk membaca tulisan kita.

Berikut adalah beberapa tips meramu tulisan ala mbak Shafira, penulis di ceritamamah.com, diantaranya adalah

  • Temukan topik yang sesuai
  • Kemas judul yang unik dan menarik
  • Pastikan format tulisan user friendly
  • Selalu upgrade kualitas tulisan


Materi Hari Kedua

Review short Course Gratis 30 Juta Pertama dari Blog

Pada hari kedua, giliran mbak Jihan Mawardah seorang blogger di jeyjingga.com menjelaskan materi utamanya tentang penghasilan 30 juta dari Blog yang telah dibuktikan sendiri.

Setidaknya ada beberapa peluang atau sumber penghasilan dari ngeblog, diantaranya adalah 

  • Market job
  • Content placement
  • Sponsor post
  • Iklan atau Ads
  • Afiliasi 
  • Lomba blog

Di hari kedua ini mbak Jihan juga memaparkan bagaimana tips agar kita bisa memenangkan sebuah lomba blog dan menjelaskan apa yang sebaiknya kita lakukan jika kita ingin benar-benar terjun dalam dunia ngeblog. Beliau juga memberikan penjelasan tentang bagaimana artikel SEO dan tips agar artikel atau tulisan kita bisa berada pada page one Google.


Materi Hari Ketiga

Hari terakhir giliran mas Rozak yang menjelaskan tentang materi Adsens juga SEO lanjutan.

Lebih dari 140 peserta kursus dari berbagai kota dan profesi yang hadir dalam Short Course ini. Salah satunya adalah saya. Sama seperti kebanyakan peserta yang lain, sayapun mengharapkan adanya kelanjutan dari kursus gratis yang sudah selesai dilaksanakan ini. 

Zoominar short Course Gratis 30 juta Pertama dari Blog

Dengan menulis resume zoominar Short course gratis 30 Juta blog ini semoga semakin banyak para blogger yang kebetulan membaca tulisan saya ini makin bisa lebih berkembang lagi,lebih bisa menerapkan ilmu agar blog yang dipunyai bisa menghasilkan uang.

Zoominar short Course Gratis 30 Juta Pertama dari Blog

Karena menulis untuk mendapatkan uang bukan sebuah hal tabu, tetapi menulis adalah sebuah karya seni yang layak mendapatkan apresiasi dan penghasilan.

Semoga ulasannya bermanfaat ya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

18 komentar

  1. Salut saya sama mba jihan dan mba Shafira. Mereka konsisten banget ketika ngeblog. Saya masih harus banyak belajar dari mereka berdua

    BalasHapus
  2. Para pematerinya keren sekali ya, ada mbak shafira, mbak jihan, dan mas rozak. Sudah pasti banyak sekali ilmu yang bisa didapetlan dari webinar ini

    BalasHapus
  3. Aku juga ikut short Course ini mbak.. Dan memang ilmu yang dibagikan mbak Jey dan kawan-kawannya warbiasak... Jadi makin semangat deh ngeblognya.

    BalasHapus
  4. Seru nih, aku juga ikut yang sesi mba Jihan. Jadi banyak banget insight yang didapatkan dan peluang untuk mendapatkan cuan dari ngeblog.

    BalasHapus
  5. Aku juga ikut short course ini. Karena ini based on pengalaman jadi sharingnya sekaligus memotivasi ya. Insight pematerinya dapet banget. Dari mulai mba Ji yg bisa menang banyak lomba karena riset yg panjang, mba ina sama mas rozak yg materinya jg keren dan semangat bercuan wkwk;)

    BalasHapus
  6. Masyaallah keren banget pasti ya kelasnya. Aku jadi penasaran juga mba zama kelasnya. Mba jihan emang jadi panutan banget ya 🤩

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah bisa ikut short course ini. Mudah-mudahan juga bisa mengikuti jejak para pemateri yang sudah luar biasa di dunia blog

    BalasHapus
  8. Wah emang kelas ini bikin nggak bisa move on ya Bun :D apalagi quote-qoute nyempil yang bikin semangat terutama qoute 1000 jam terbang :D .
    Terima kasih sudah mengulasnya di sini Bunda, sangat bermanfaat buat saya :D

    BalasHapus
  9. seru sekali yaaa ini kelasnya, huhu aku nggak keangkut tapi senang baca review zoominar aku jadi dapat juga nih secuil materinya

    BalasHapus
  10. Ngeblog memang sekarang sudah bisa dijadikan penghasilan utama. Asal mau kerja keras saja. Saya pribadi enggak nyangka awalnya iseng nulis di blog eh ternyata makin ke sini malah bisa jadi pundi2 rupiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh sama lho mbak.. Ga nyangka banget dari ngeblog bisa ngejob gini ya.

      Luar biasa mbak Jihan dan kawan-kawannya menginisiasi acara ini buat kita. Jadi bisa belajar banyak dari mereka.

      Hapus
  11. Nyesel banget deh gak jadi ikut zoominar ini. Padahal sudah daftar lo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah di grupnya tapi nggak ikut ngezoom dok? Wah sayang banget ya :') semoga soon bisa join dok. Banyak insight yg didapet & motivasi juga biat bisa menang lomba terutama.

      Hapus
  12. Alhamdulillah banget bisa ikutan short course keren ini ya, Bund. Kita bisa banyak belajar dari mereka. Jadi amal jariyah mereka bertiga, amin.

    BalasHapus
  13. Mudah-mudahan satu waktu Allah beri kesempatan Bunda juga bisa menimba ilmu kepada mereka, aammmiiin

    BalasHapus
  14. masya Allah dari sekian banyak summary tentang short course blog inii selalu positif. semoga jadi amal jariyah bagi pemateri yak . meski bukan yang pertama dapat materi seputar nulis dna blog selalu ada insight baru

    BalasHapus
  15. Materinya daging asemua ya dari hari pertama sampai hari ketiga.. Seneng banget juga rasanya ikut short course selama 3 hari ini ya mba :D

    BalasHapus

Posting Komentar