Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Peran IndiHome Dalam Mendukung Kedaulatan Digital Untuk Kesejahteraan Indonesia

32 komentar
Konten [Tampil]

"Cara terbaik untuk meningkatkan kualitas karakter, kompetensi dan kesejahteraan hidup seseorang, adalah dengan menanamkan budaya literasi (membaca-berpikir-menulis-berkreasi)" -Lenang Manggala

Peran IndiHome Dalam Mendukung Kedaulatan Digital Untuk Kesejahteraan Indonesia

Peran IndiHome Dalam Mendukung Kedaulatan Digital Untuk Kesejahteraan Indonesia


Assalamualaikum sahabat bunda imut. Pandemi yang sudah hampir menuju tahun ke-2 ini sungguh menciptakan banyak sekali cerita. Termasuk cerita tentang sangat pentingnya akses internet yang saat ini bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seluruh elemen masyarakat.

Adanya akses internet dengan jaringan yang sudah sangat mendukung di Indonesia, seluruh elemen masyarakat sangat termudahkan dalam melakukan semua aktivitas yang bisa menunjang kualitas kompetensi dan tetap produktif dalam melakukan aktifitas tanpa batas meskipun hanya dari rumah.

Namun, atas kemudahan tersebut. Ternyata data jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 200 juta jiwa dan hal ini menjadikan Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna internet terbesar ke empat di dunia. 

Dengan banyaknya akses internet di Indonesia, malah membuat masyarakatnya menjadikan segalanya yang muncul di internet menjadi rujukan yang benar. Padahal bisa jadi sebaliknya. Dengan masih minimnya pengetahuan tentang literasi digital di Indonesia, menjadikan masyarakat Indonesia minim peradaban digital. Hal itu dibuktikan dengan masih mewabahnya berita hoax dan juga hatespeech yang tersebar di dunia Maya atau media sosial.

Atas keresahan yang muncul inilah, IndiHome Internetnya Indonesia hadir dalam rangka mendukung kedaulatan digital untuk kesejahteraan Indonesia.

IndiHome Dukung Pembangunan Digitalisasi di Indonesia


Selain melakukan pemanfaatan dalam pembangunan digital learning generasi bangsa, saat ini IndiHome  sangat gencar dalam melakukan pembangunan digitalisasi di Negara Indonesia. 

Salah satunya adalah dengan membuat beberapa konten yang bisa membangun dunia pendidikan, informal ataupun non formal. Selain itu, IndiHome juga telah menyediakan layanan pendidikan formal melalui aplikasi Indihome study.

Dengan akses Internet Cepat, Anda akan menemui banyak sekali video-video pembelajaran dengan materi yang sangat lengkap, ada juga latihan soal mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Di aplikasi Indihome Study juga tersedia buku digital yang khusus disediakan untuk para guru dan murid di Indonesia. 

Selain itu, pada aplikasi yang disediakan oleh IndiHome ini, Anda akan mendapatkan ulasan dari berbagai jawaban yang ada. Jadi, peserta didik bisa lebih efektif dalam belajar dan mudah menggunakan media digital sebagai media belajarnya. Karena aplikasi ini bisa diakses untuk seluruh peserta didik termasuk mereka yang berada pada wilayah paling pelosok sekalipun.

Bentuk dukungan dari IndiHome dalam segi pendidikan non formal adalah dengan tersedianya ruang tampil dengan berbagai macam channel pembelajaran yang bisa didapatkan dari IndiHome TV.

Dengan tersedianya berbagai macam program seperti ruang musik, ruang fashion, ruang kreatif dan ruang belajar yuk. Diharapkan masyarakat Indonesia bisa belajar berbagai macam jenis kerajinan tangan kreatif yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian keluarganya.

Kenalan dengan IndiHome

Pengertian-IndiHome


Ada yang sudah kenal tentang IndiHome? IndiHOME adalah sebuah produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang terdiri dari tiga (3) layanan komunikasi dan data dalam satu paket yaitu telepon rumah (voice), internet on fiber (high speed internet), dan layanan televisi kabel (USee TV dan IP TV). Oleh pihak Telkom sendiri melabeli IndiHOME sebagai paket 3 in 1 (three-in-one). Selain tiga layanan tersebut, IndiHOME juga dilengkapi dengan konten lain seperti layanan portal musik digital dan Home Automation.

Paket layanan ini dirilis pada tahun 2015, sejak itu pelanggan paket internet Speedy satu-persatu diajak untuk beralih menggunakan layanan ini, karena di tahun yang sama layanan Speedy mulai dihentikan oleh pihak Telkom. Perbedaan spesifik antara Speedy dan IndiHOME adalah penggunaan kabel optical fiber yang mendukung akses internet berkecepatan tinggi, dengan teknologi kabel optical fiber tersebut pelanggan sekaligus juga dapat menikmati layanan TV kabel dengan performa koneksi internet yang baik.

IndiHOME sendiri adalah merupakan salah satu proyek primer dari Telkom yang berlabel Indonesia Digital Network 2015, dalam pelaksanaannya Telkom berkerjasama dengan sejumlah developer teknologi komuniksasi untuk membangun rumah/tempat tinggal berkonsep digital atau lebih populernya disebut sebagai IoT (Internet of Things).

Telkom mengklaim bahwa layanan ini sudah dipesan sebanyak kurang lebih oleh 2.000 pelanggan setiap harinya sepanjang tahun 2015, ini adalah sebuah migrasi layanan besar-besaran mengingat para pelanggan juga tahu bahwa layanan ini adalah pengembangan dari layanan sebelumnya yaitu Speedy. 

Sehingga para pelanggan pun menaruh harapan baik akan trend layanan terbaru yang ditawarkan Telkom ini. Sepanjang tahun 2015 tersebut, pelanggan dengan respon terbanyak tercatat berada di Jabodetabek, dan sebelum pertengahan semester 2015 jumlah pelanggannya sudah mencapai 350.000 di seluruh Indonesia.

IndiHome Serahkan Bantuan Kepada Masyarakat Senilai Rp420 Juta


Selama pandemi, IndiHome telah menyerahkan bantuan kepada masyarakat senilai Rp420 juta. Bantuan tersebut disalurkan agar bisa membantu masyarakat dan membuatnya bangkit dari Pandemi.

IndiHome-Charity-2021


Bantuan tersebut diserahkan melalui Program IndiHome Charity, Telkom Regional I hingga VII kepada lembaga, organisasi masyarakat, sekolah, maupun yayasan yang terkena dampak pandemi. Mengutip dari Times Indonesia, Acara yang bertajuk “Berbagi Tanpa Batas” ini dilakukan secara serentak pada Selasa, (26/11/2021).

Program IndiHome Charity ini ternyata sudah dicanangkan sejak awal pandemi 2020 dan dilakukan secara regular setiap kuartalnya. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat produktif dan kreatif masyarakat Indonesia yang tengah menghadapi pandemi Covid-19.

Pontjo Suharwono selaku Executive Vice President Telkom Regional 5, mengatakan bahwa IndiHome sebagai fixed broadband unggulan milik Telkom tidak hanya mengedepankan aspek bisnis semata namun juga aspek sosial. Selain itu, IndiHome yang juga menjadi bagian dari BUMN akan akan membantu masyarakat menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

“IndiHome telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dengan misi 3C-nya yaitu Connectivity melakukan pemerataan akses digital telah hadir di 96,5% kab/kota Indonesia, Creativity mendukung kreativitas dan produktivitas bangsa melalui beragam kegiatan menariknya, dan Charity selalu mengedepankan nilai kebaikan dan kemanusiaan untuk sesama,” ungkap Pontjo.

Bantuan tersebut diserahkan secara serentak di tujuh wilayah Telkom Indonesia dan pada periode kali ini Telkom Regional 5 berkesempatan menyerahkan IndiHome Charity kepada beberapa penerima yang merupakan komunitas olahraga, SSB, pondok pesantren serta panti asuhan di wilayah Jawa Timur dan NTB.

Penerima diantaranya Ukhuwah Unggul Karate Champions (U2KC) dan Lombok Garuda Karate Club yang berlokasi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Madrasah Aliyah Al-falah dan Pondok Pesantren Tahfidzul Quran "Nurul Quran" Aisyah di Kabupaten Nganjuk, Panti Asuhan Yayasan Wilujeng Firdausi Kota Jember, Komunitas Al Multazam Banyuwangi.

Selain itu, bantuan juga diberikan untuk SSB Kadung Rembug Lamongan, SSB Bumi Malang Indonesia Ampeldento, PSSM Sumber Mulyo Pujon, Gurami Junior Tunjung Sekar dan Persegi Bumiaji yang berlokasi di Kabupaten Malang dan Batu, dan yang terakhir kepada Komunitas Sepak Takraw Pioner di Pulau Bawean yang beberapa anggota komunitasnya menyumbangkan emas pertama untuk kontingen Jawa Timur pada Pekan Olahraga Nasional ke XX tahun 2021 di Papua beberapa waktu lalu.

Atas aksinya tersebut, IndiHome berkomitmen akan selalu mengedepankan tiga misi terbaiknya itu dengan harapan bisa lebih membantu masyarakat untuk tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga tetap produktif, kreatif, dan beraktivitas tanpa batas bersama IndiHome.

Jadi, apakah kalian siap untuk membantu IndiHome untuk benar-benar berkomitmen dalam memajukan Indonesia di bidang digitalisasi untuk berbagai macam aspek kehidupan?

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Sumber pendukung:

https://amp.timesindonesia.co.id/read/news/378398/indihome-serahkan-bantuan-kepada-masyarakat-senilai-rp420-juta

https://www.indihome.co.id/

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !
Terbaru Lebih lama

Related Posts

32 komentar

  1. Bagus banget ya program indiehome ini, kayanya baru kali ini deh aku tau provider punya program yang langsung bersinggungan dengan masyarakat. Semoga kedepannya program ini terus jalan ya.

    BalasHapus
  2. Indihome keren ya. Bukan hanya pelayanan aja tapi bakti untuk Indonesia juga terlihat nyata. Indihome charity bukti nyata.

    BalasHapus
  3. IndiHome ini sekarang banyak banget ya kontribusinya di Indonesia..
    Kegiatan charity juga dilakukan.. Aku juga masih pakai IndiHome nih sampai sekarang di rumah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Dan aku baru tau juga loh ada indihome charity ini. Kualitas dari indihome emang bagus ya.

      Hapus
  4. Alhamdulillah ya IndiHome Charity ini, bermanfaat banget. Apalagi buat membangkitkan semangat produktif dan kreatif masyarakat Indonesia yang tengah menghadapi pandemi Covid-19

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju aku juga kak, masa pandemi gini udah saatnya ya perusahaan apapun ikut membantu yang terdampak pandemi. keren nih indiehome. semoga kedepannya program ini terus berjalan ya

      Hapus
  5. Semoga masyarakat semakin banyak terbantu dengan adanya berbagai program charity dari IndiHome

    BalasHapus
  6. Charity yang diselenggarakan oleh IndiHome pas sekali dengan tantangan dari pandemi yang terjadi. Apalagi memang jangkauan layanan dari IndiHome ini luas.

    BalasHapus
  7. Seneng bangett eiy lihat indihome berbagi kayak ginii. Jumlah yang disalurkan jg ngga main2 ya mba

    BalasHapus
  8. bersyukur banget hiduo di jaman internet ini jadi serba mudah ya hihi.. aku pengguna indihome hampir 4 tahun dan gak pernah ada keluhan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren sudah 4 tahun ya mba pakainya.. Aku baru 2 tahunan aja nih dengan kecepatan 20Mbps.. Pingin nambah jadi 30 Mbps juga nih kalau kesampaian.. hehe..
      Mantap aktivitas IndiHome makin keren nih..

      Hapus
  9. semakin juara aja nih indihome, ditambah program charity nya. semoga semakin aya dan bisa memberikan layanan yang lebih dan lebih baik lagi untuk pelanggan..

    BalasHapus

  10. Indihome sejak dulu dekat dengan masyarakat, sebab ada pula program dari indihome yang membantu UMKM juga sejak dulu dengan CSR nya

    BalasHapus
  11. IndiHome secara nggak langsung itu support literasi Indonesia ya. Program charitynya juga keren. Semoga semakn jaya dan bisa diakses seluruh pelosok tanah air ;)

    BalasHapus
  12. IndiHome tidak hanya memberikan pelayanan terbaik mereka tapi membuat program charity juga untuk daerah ujung Indonesia. Mantap nih..

    BalasHapus
  13. Luar biasa keren-keren programnya, semoga terus konsisten memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat Indonesia..
    Amin Ya Allah ..

    BalasHapus
  14. Provider yang banyak dipakai di kantor-kantor. Untuk skala rumah juga oke banget. Terlebih, program kepeduliannya ini, keren banget, awal pandemi sudah langsung meluncurkan internet murah untuk pembelajaran jarak jauh

    BalasHapus
  15. Setuju banget,

    IndiHome Internetnya Indonesia

    Karena gak sekadar mencari profit, juga memberi kebermanfaatan untuk Indonesia

    BalasHapus
  16. Sebagau pengguna indhome jadi ikutan bangga dg program2 nya. Smga makin sukses indihome.

    Tentu dg pelayanan2 yg lebih baik lagi dan lagiii

    BalasHapus
  17. Semoga semakin banyak yang melek literasi terutama literawasi digital dengan adanya dukungan internet dari IndiHome ini.

    BalasHapus
  18. Bagus banget ini program charitynya Indihome. Semoga makin banyak daerah yang terbantu

    BalasHapus
  19. Wah, IndiHome memang the best kayaknya ya mbak, program-peogramnya sangat menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalo berbau sosial gini ya mbak, rasanya tuh pemgguna indhome juga ikutan bangga gtu kan..
      Semga indihome makin sukses dg pelayanan yg lebih baik dam program2nya

      Hapus
  20. Asli keren ya indihome, sayangnya di aku kudu narik kabel sama masang tiang Bun, jadi aku gak pake dulu hiks.

    BalasHapus
  21. Indihome ini peduli juga dengan masyarakat dengan menyalurkan bntuan ke pihak yg membutuhkan. Salut saya

    BalasHapus
  22. Visi misi Indihome keren ya... Sejak pandemi saya langganan indihome dan alhamdulillah lancarjaya

    BalasHapus
  23. MasyaAllah yaa mba aku suka takjub sama program charity kayak gini. Membuktikan bahwa masih banyaaaak banget orang baik di sekitar kita

    BalasHapus
  24. keren nih indihome, punya kegiatan yg tidak hanya mengutamakan perusahaannya, tapi juga memperhatikan kebutuhan para pelanggannya yaa. semoga makin sukses dan terjaga kualitasnya.

    BalasHapus
  25. Aku jadi penasaran deh sama IndiHome. Bangga pula kan.

    BalasHapus
  26. Wah keren banget ya indihome, gak cuma internet aja

    BalasHapus
  27. Setuju nih bund. IndiHome selalu jadi yg terdepan dalam mendukung kemajuan negeri dan khususnya anak-anak.

    BalasHapus
  28. Masya Allah, CSR indihome ga tanggung2 ya, keren nih..
    Smoga indihome makin bagus lagi jaringan dan pelayanannya yaa

    BalasHapus

Posting Komentar