Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Ampuh Mengasah Kemampuan Otak dengan Bermain Game di Rumah

18 komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum sahabat bunda imut ;) Semoga kabar pembaca setia blog saya senantiasa diberikan kesehatan juga kebahagiaan. Aamiin… Nulis apa ya? Heheheheh.

Masuk akhir pekan kedua bulan November 2021, tulisan kedua bulan ini adalah tentang tips ampuh mengasah kemampuan otak kita dengan bermain game di rumah. Ha? Main game bisa mengasah kemampuan otak? Bukannya jadi makin pening tuh? (Celetuk netizen dalam hati)🤭

Jadi, selain rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat, cara lain yang banyak diyakini untuk mengasah dan meningkatkan fungsi otak adalah dengan bermain games atau melakukan sebuah permainan. Karena permainan ini dinilai dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, juga kesehatan otak. 

Tips ampuh mengasah kemampuan otak dengan bermain game di rumah

Benarkah seperti itu? Dan apa saja sih games atau permainan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengasah otak tersebut? 

Benarkah Games Bisa Membantu Mengasah Otak?

Sebenarnya sudah ada banyak sekali manfaat yang bisa sahabat dapatkan dari bermain games. Melansir dari American Psychological Association, bermain games, termasuk video games, dapat membantu meningkatkan pembelajaran, kesehatan, dan keterampilan sosial pada anak-anak.

Namun, tak hanya pada anak, permainan ini juga disebut bisa membantu mengatasi stres dan depresi, mengurangi kemungkinan antisosial, hingga memperbaiki hubungan dengan pasangan, pada orang dewasa. Bahkan, pada games tertentu juga diyakini bisa meningkatkan kemampuan pembelajaran, koordinasi gerak tangan dan mata, fokus, serta membuat Anda lebih bugar (terutama untuk games yang melibatkan gerak tubuh).

Meski begitu, manfaat dan pengaruh games pada otak hingga saat ini masih kontroversial. Sebuah studi di jurnal PLoS One menyebutkan, games bisa meningkatkan fungsi eksekutif, memori, hingga kecepatan pemrosesan informasi pada otak anak muda.

Dalam penelitian lainnya pun disebutkan, aktivitas pada waktu senggang yang merangsang kognitif bisa mengurangi risiko demensia dan gangguan kognitif lainnya pada kemudian hari. Tak hanya itu, penderita multiple sclerosis juga disebut bisa terbantu dengan bermain game karena kemampuannya dalam melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Di sisi lain, pengaruh games terhadap fungsi kognitif otak justru tidak terbukti. Memainkan satu jenis games secara rutin disebut hanya akan meningkatkan kemampuan seseorang pada games tersebut, tetapi tidak mempengaruhi kemampuan otak secara keseluruhan.

Meski masih menjadi kontroversial, tidak ada salahnya jika Anda ingin memainkan game mengingat manfaat lain yang bisa Anda peroleh. Tetapi, jangan jadikan game sebagai satu-satunya cara untuk meningkatkan kemampuan fungsi otak Anda, ya. 

Anda juga perlu melakukan cara lainnya yang telah terbukti, seperti berolahraga, senam otak, atau mengkonsumsi beberapa makanan untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Ada beragam bentuk games atau permainan yang bisa Anda mainkan untuk membantu mengasah otak Anda. Salah satunya adalah yang ada pada website Solitaire.org. Games ini tersedia gratis dan bisa Anda mainkan langsung di layar laptop atau ponsel Anda. Beberapa contoh game pada website Solitaire Games adalah sebagai berikut:

Puzzle Games Nonogram 

Tips ampuh mengasah kemampuan otak dengan bermain game

Silahkan Anda dowload disini  ya. Menjalankan games ini, Anda bisa mulai dengan mewarnai kanvas menggunakan blok warna di bagian atas atau kiri teka-teki.

Warnai kisi dan ungkapkan gambar. Di bagian atas setiap kolom, dan di samping setiap baris, Anda akan melihat satu set angka atau lebih. Angka-angka ini memberi tahu Anda deretan kotak berwarna di baris/kolom itu. Jadi, jika Anda melihat '4 merah 1 biru', itu memberi tahu Anda bahwa akan ada tepat 4 kotak dengan warna yang ditunjukkan merah diikuti oleh satu kotak berwarna biru. 

Jika 4 dan 1 memiliki warna yang sama maka setidaknya ada 1 kotak putih di antara keduanya. Tombol bantuan di layar selamat datang game menunjukkan sebuah contoh. Jika persegi berwarna putih berarti persegi tersebut tidak berwarna.

Mahjong Games 

Bermain game untuk melatih kemampuan otak

Mahjong solitaire ini menggunakan ubin sebagai lawan kartu. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencocokkan pasangan ubin yang memiliki gambar yang sama. Ini akan mengungkap lebih banyak ubin di bawahnya, yang kemudian dapat dipasangkan. 

Setelah semua ubin dipasangkan, permainan telah dimenangkan. Tidak semua ubin bisa dipindahkan. Sebuah ubin tidak dapat dipindahkan jika ada ubin di atasnya. Itu juga tidak dapat dipindahkan jika ada ubin tepat di sebelahnya, di kedua sisi. 

Anda kehilangan permainan jika tidak ada lagi ubin yang bisa dipindahkan. Dalam permainan komputer, tentu saja, Anda dapat membatalkan langkah sebelumnya dan terus bermain sampai Anda menang. Tapi, dengan sedikit latihan, Anda seharusnya tidak membutuhkan fitur ini. Mahjong "tertutup" karena banyak ubin disembunyikan di awal permainan. Dan Anda harus mengungkap ubin untuk maju.

Hidden Object 

Ada beberapa games yang bisa Anda mainkan di Hidden object ini, diantaranya adalah 

  1. Kuil China  - permainan objek tersembunyi yang agak sulit yang berisi objek, angka, dan temukan perbedaan fitur di masing-masing dari 10 level
  2. Circus Adventure - temukan 10 objek, 30 angka, dan 4 temukan perbedaan di setiap 10 level permainan. Gim yang lebih mudah mirip dengan Kuil China.
  3. Rahasia Taman Benda Tersembunyi - ini adalah permainan benda tersembunyi tradisional
  4. Hidden Kitchen - game bertema kuliner 10 tingkat
  5. Putri Tersembunyi - permainan objek tersembunyi 3 tingkat yang menantang di mana item tertanam dalam ke dalam lanskap
  6. Objek Tersembunyi Kastil Abad Pertengahan - temukan angka 1 hingga 30 yang tersembunyi di setiap level
  7. Pirates and Treasures - Game objek tersembunyi 8 tingkat dengan nomor tersembunyi dan fitur garis besar item.
  8. The Palace Hotel - permainan objek tersembunyi 10 tingkat yang mudah

Selain games yang tertulis di atas, masih ada banyak permainan serupa yang bisa Anda mainkan secara gratis di layar ponsel Anda. Seperti Games Kartu dan Games Sepak Bola. Dengan memainkan berbagai jenis permainan ini, Anda akan bisa mengisi waktu luang Anda sekaligus merilekskan pikiran dan mungkin mengasah otak.

Sejarah Solitaire Game

Sejarah Solitaire Game

Para pengguna perangkat Windows, sudah pasti tidak asing dengan game kartu, Solitaire. Game legendaris buatan Microsoft tersebut saat ini telah berumur lebih dari 30 tahun lho.

Meskipun terbilang lawas, ternyata game ini masih banyak diminati oleh para penggemar. Bahkan, menurut Microsoft, ada sebanyak 35 juta orang yang memainkan game ini setiap bulan. Solitaire sendiri merupakan game sederhana yang berbentuk penyusunan kartu dengan mekanisme tarik dan taruh (drag and drop).

Game ini memulai debutnya pada tahun 1990 silam yang disertakan dalam sistem operasi Windows 3.0. Saat itu, Solitaire dibuat sebagai sebagai game untuk mengajarkan penggunaan mouse kepada para pengguna komputer.

Otak di balik game ini adalah seorang programmer bernama Wes Cherry yang kala itu bergabung sebagai karyawan magang di Microsoft. Sementara desain card deck-nya dirancang oleh Susan Kare. Susan Kare sendiri lebih dikenal sebagai perancang desain GUI pada Mac. 

Solitaire yang dulunya bernama Windows Solitaire menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan. Sebab, game ini tersedia di semua versi Windows selama dua dekade.

Saat ini, Solitaire pun masih diterima secara luas di seluruh dunia. Game tersebut bahkan telah tercatat dalam World Video Game Hall of Fame pada tahun lalu.

Microsoft telah merilis game ini dalam 65 bahasa di lebih dari 200 negara sebagaimana dihimpun dari The Verge, Selasa (26/5/2020).

Solitaire juga telah melakukan pembaruan terbesar pada tahun 2012 lalu, yaitu tepatnya saat game ini dipisahkan dari Windows 8 dan menjadi aplikasi mandiri.

Pada versi baru, Microsoft menambahkan 5 mode permainan mulai dari tantangan harian, kompetisi, integrasi Xbox Live, hingga opsi untuk memilih tingkat kesulitan.

Game yang telah kembali ke Windows 10 pada tahun 2015 lalu itu kini sudah tersedia di seluruh sistem operasi buatan Windows, iOS, Android, dan di web.

Jadi, apakah sahabat tertarik untuk mencoba bermain games untuk mengasah kemampuan otak sahabat. Jika ada rekomendasi game lain, silahkan dropp di kolom komentar ya. Semoga artikel yang saya tulis bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

18 komentar

  1. Debut Solitaire tuh udah lama banget. Keinget dulu di sekolah pas pelajaran komputer nungguin guru sambil main Solitaire ini. Seruuu!

    BalasHapus
  2. Main game nggak selalu negatif ya. Kadang juga bisa melatif kreatifitas jugaa

    BalasHapus
  3. Jadi inget permainan jaman dulu ya bun kalau main game ini.. Btw, aku baru tau nih sejarahnya gamenya ternyata.. hehe,, seru juga ya :D

    BalasHapus
  4. Bener banget ini games udah legendaris banget dari zaman ku sekolah. Kini bisa dimainkan anak usia brp y?

    BalasHapus
  5. Solitaire ini legend banget ya. Dulu selalu main game ini untuk mengisi waktu luang. Setiap levelnya selalu bikin penasaran sih. Butuh strategi biar menang terus.

    BalasHapus
  6. udah lama banget nih aku gak main game, biasanya sih aku main game untuk hiburan aja gak bikin cape otak kaya the sims atau game yg di facebook gitu mom

    BalasHapus
  7. Main game emang releasing stress banget sih ya. Aku dulu juga demen main solitaire classic, padahal ya sederhana tapi kok nagih wkkw.

    BalasHapus
  8. wah butuh nih ,

    sering banget ingin main games tapi males install

    dengan adanya website Solitaire.org. gak usah install ya?

    BalasHapus
  9. Aku suka main game, tapi sampai sekarang gak bisa main Solitaire ini. Padahal kalau liat orang main keliatannya asyik banget

    BalasHapus
  10. Salah satu game lamaa yang aku ngga pernah bosen nih mba. dridulu nongkrong di pc. terus pas pc udah rusak eh yaudahh deh sedih haha ngga ada tempat pelarian. Eh skrg ada onlinenya jg dong ya

    BalasHapus
  11. main game adalah salah satu me time ku. game-game di solitaire ini bikin nostalgia ya mb :D

    BalasHapus
  12. Permainan legend bangey ini ya mbak. Jenis permainan solitaire ini bahkan dah aku mainin dari SD atau SMP gitu di pc oom aku wkwkwkwk dan skg nostalgia banget main ini lagi :')

    BalasHapus
  13. mahjong ini menarik. ya aku jadi pengen nyobaik juga nih hahahah duh aku suka main game juga akhir2 ini

    BalasHapus
  14. gamesnya semuanya sering saya mainkan kak, seru banget ya jadi main games sambil mengenang masa kecil

    BalasHapus
  15. emang ngeame gak selalu berarti negatif yaa hehe.. asal gak lupa waktu aja wkwkwkk aku juga suka ngegame disini :)

    BalasHapus
  16. Sudah coba juga main game di situs solaitire ini. Sangat menarik karena praktis, bisa main game di sana langsung tanpa perlu download, game yang disajikan juga bukan cuma permainan kartu saja. Senangnya lagi karena situs gamenya bisa diakses secara gratis dan bebas iklan.

    BalasHapus
  17. Sollitaire ini emang jalan ninja kalau udah mati gaya di depan PC sih. Favorit sejak kecil dan selalu dimainkan pas kerja juga hahaha. Aku udah coba juga Solitaire di Plays.org, seruu variannya

    BalasHapus
  18. Solitaire itu game yg legend bgt ya sejak jaman sekolah dulu. Eh ternyata aku masih download di hp lho. Lumayan buat usir stress

    BalasHapus

Posting Komentar