Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Rekomendasi Game Edukasi Untuk Anak-anak yang Bermanfaat

17 komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum sahabat bunda imut, ada yang sama nggak sih, jika anak-anak lebih sering ngerasa bosan saat di rumah, apalagi kegiatan belajar masa pandemi ini dilakukan full daring yang otomatis membuat anak kita menjadi lebih cepat jenuh. 

Rekomendasi Game Edukasi Untuk Anak-anak yang Bermanfaat


Ya, tentunya kita sudah pasti sadar kan bagaimana pentingnya peran orangtua yang harus selalu mendukung dan memberikan support kepada anaknya meskipun pendidikan dilakukan di rumah saja. Salah satu yang bisa kita lakukan sebagai orangtua adalah menyiasati dengan mengajaknya bermain game edukasi.

Game edukasi? Emang ada ya? Nah tulisan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang rekomendasi game edukasi untuk anak-anak yang bermanfaat. Apa saja sih pilihan permainan atau game edukasi uang bisa dilakukan di rumah? Yuk simak selengkapnya disini ya.

Rekomendasi game edukasi anak yang bermanfaat

Sebagai orangtua, kita akan dihadapkan dengan kebingungan ketika memilih sebuah game edukasi untuk anak kita bukan? Nah, beberapa pilihan game edukasi dibawah ini bisa jadi akan membantumu dalam mengajak anak-anak bermain sekaligus belajar di rumah.

1. Game tebak kata

Jika Anda memiliki anak lebih dari satu, kesempatan Anda untuk bisa mengajak mereka bermain tebak kata. Meskipun terdengar sederhana, permainan ini juga bisa menjadi salah satu pilihan game edukasi untuk anak SD.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengajarkan anak agar mau berpartisipasi dalam permainan. Di samping itu, anak akan bisa lebih percaya diri saat berpartisipasi dalam proses belajar mengajar di sekolah. hal ini adalah salah satu cara yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi stres pada anak terkait pelajaran sekolah.

Game edukasi tebak kata empati ini bisa dimainkan dengan cara memilih sebuah kata yang Anda berikan kepada anak pertama, kemudian biarkan anak pertama memperagakan kata tersebut sehingga anak kedua bisa menebaknya. Jika anak kedua berhasil menebak kata tersebut, biarkan mereka bertukar posisi, dan lakukan seterusnya secara bergantian.

Selain mendorong anak agar lebih percaya diri, permainan ini mungkin bisa jadi salah satu cara agar anak-anak Anda lebih akur dan kompak. Permainan tebak kata juga bisa memperkaya kosakata bahasa yang dimiliki oleh anak-anak tersebut. Permainan ini bisa Anda buat sendiri, tetapi ada pula versi online yang akan bisa mempermudah Anda dalam menciptakan permainan.

2. Game membaca jam

Membaca jam seringkali masih menjadi masalah bagi anak usia sekolah dasar atau di masa perkembangan anak 6-9 tahun. Sayapun juga mengalami hal ini, anak saya ketika usianya 7tahun, dia masih bingung membedakan jarum panjang dan jarum pendek jam, untuk jam digital dia bingung membaca menit dan jamnya.

Salah satu yang saya lakukan untuk bisa membantu melatih kemampuan anak saya dalam membaca jam sekaligus sebagai latihan pelajaran matematikanya adalah bermain games membaca jam. Saya melakukannya agar si anak bisa memperhitungkan dan memahami waktu, sekaligus cara ini bisa mendukung perkembangan kognitif anak.

Cara melakukan permainan ini adalah dengan menyediakan tiga jenis gambar jam.Bahkan, akan lebih baik lagi jika Anda memiliki tiga jenis jam ini dalam bentuk nyata. Namun, jika tidak ada, Anda bisa menggambar sendiri bentuk jam ini.

Salah satunya adalah jam analog, yaitu jam yang memiliki tampilan dasar jarum. Sementara kedua jam lainnya adalah jam digital yang bisa menunjukkan waktu 12 jam maupun waktu 24 jam. Anda bisa menentukan waktu tertentu pada salah satu jam kemudian minta anak untuk mengikuti perhitungan waktu tersebut di kedua jam lainnya.

3. Game belajar dengan sistem kuis

Permainan ini juga sangat cocok jika dimainkan oleh anak usia sekolah. Anda bisa melakukan game edukasi yang satu ini saat teman-teman si kecil sedang belajar bersama di rumah atau saat anak-anak sedang berkumpul di rumah.

Meskipun terlihat nyata “belajar” tapi Anda bisa membuatnya menjadi lebih menyenangkan dengan sistem kuis. Selain itu, secara tidak langsung Anda juga sedang mengajarkan anak untuk berbagai dengan bermain bersama orang lain.

Anda bisa memberikan anak main game edukasi ini dengan memberikan skor dan hadiah berdasarkan urutan juara. Hal ini akan memotivasi anak untuk belajar dan mengetahui lebih banyak hal.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat kuis mengenai pengetahuan umum atau kuis matematika. Tema belajarnya bisa Anda sesuaikan dengan situasi dan kondisi ya. Meski begitu, pastikan anak tetap merasa senang selama proses “belajar” melalui games edukasi yang dimainkan.

Untuk rekomendasi game edukasi untuk anak yang lainnya, Anda juga bisa cek di website Plays.org. Selain bisa langsung dimainkan, game yang tersedia juga Free alias gratis lho. Salah satu games yang sering saya mainkan bersama anak saya di website ini adalah sebagai berikut:



Rekomendasi game edukasi untuk anak

Games ini adalah sebuah permainan Insinyur dunia Kereta Dinosaurus yang mengadakan perlombaan untuk melihat mesin kereta mana yang dapat mencapai lokasi tercepat. Kendalikan salah satu mesin ini dan lewati kompetisinya.

Anda bisa memilih salah satu dari empat mesin untuk balapan. Pilih trek yang memungkinkan Anda menggunakan kemampuan mesin Anda sepenuhnya dan jadilah yang pertama melewati garis finish.

Rekomendasi game edukasi untuk anak


Games Ini adalah permainan menggambar point-to-point yang mudah untuk anak-anak. Sebagian besar hewan sudah digambar dan pemain harus menyelesaikan bagian terakhir untuk menyelesaikan gambar.

Cara bermain nya adalah dengan menyentuh layar atau klik mouse pada angka pertama. Seret jari atau mouse Anda ke nomor urut berikutnya. Ulangi proses ini sampai Anda mencapai jumlah terbesar. Salah satu aspek dari game ini yang sangat bagus untuk anak kecil adalah mereka hanya perlu menghubungkan satu titik pada satu waktu dan game ini memberikan bintang afirmasi positif saat mereka membuat koneksi, membuatnya tidak terlalu membuat frustrasi daripada game yang membutuhkan seluruh rangkaian gerakan yang kompleks untuk menghubungkan. semua titik sekaligus.

Rekomendasi game edukasi untuk anak

Ini adalah sebuah game seluler sederhana di mana pemain mencoba menggambar garis yang mengarahkan bola ke jaring dan mencegahnya jatuh. Setelah melompat ke layar bola jatuh melalui gravitasi.

Gaya gravitasi diubah menjadi gerakan terarah berdasarkan bagaimana bola memantul dari garis. Permainan berakhir ketika seorang pemain melewatkan satu tembakan.

Penutup

Nah, dengan meluangkan waktu untuk bermain game edukasi untuk anak, kemampuan konsentrasi dan kesehatan mental anak Anda akan bisa lebih terjaga dan trik ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan perkembangan kognitif nya. Untuk info game online lain yang lebih lengkap, silahkan cek di plays.org ya. Semoga artikelnya bermanfaat ya.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

17 komentar

  1. Hwah saya baru nyobain satu tuh dari lima games itu, yang menggambar dengan dot to dot. Next, yang lainnya bisa jadi rekomendasi nih buat menemani anak-anak belajar sambil bermain.

    BalasHapus
  2. Waah game dot to dot tuh mirip kaya dibuku pelajaran gitu ya mba :D
    Kemarin aku coba juga main di sini yang kategori zombi dan ternyata terinpirasi dari angry bird

    BalasHapus
  3. wah, aku belum explore sampai ke game-game ini mb. makasih sudah beri refrensi, mau aku cobain ah..

    BalasHapus
  4. Game tebak gambar kayaknya cocok saya terapkan untuk pembelajaran di kelas, biar anak TDK Bosan ...

    BalasHapus
  5. Wah, ada game lainnya juga ternyata, asiqqq jadi pengen nyobain ke ponakan :D makasih sharingnya Kak :D

    BalasHapus
  6. wah aku suka game yg tak sekedar membuat anak sennag tapi ada nilai edukasi gini wah anakku pasti uska tuh tebak kata aku mau coba ah

    BalasHapus
  7. Gamenya pas banget buat anak-anak mba sasa. Semoga belajarnya makin menyenangkan buat 3A.

    BalasHapus
  8. Waaah.. Aku suka bingung kalau ngasih game edukatif ke adeade ku,, makasih ya mba.. Udah nambahin referensi game edukatif ku untuk adeade tersayang kuu

    BalasHapus
  9. Game dot to dot boleh juga ya... Mau ngajak anakku main game ini juga.

    BalasHapus
  10. Hari gini ortu harus pintar milihin game buat anak2. Pendampingan juga sangat penting. Bermain sambil belajar prinsipnya

    BalasHapus
  11. Bunda juga main di plasy.org tapi masih di mainan jadul. Nostalgia dulu.

    Games memang mengasyikkan, harus dipilih yang sesuai untuk dimainkan, terutama untuk anak-anak

    BalasHapus
  12. Ini emaknya harus kreatif ya mbak. Punya nih temen yang begini, salut banget ngeliatnya. Saya dulu pernah main dot to dot aja.

    BalasHapus
  13. banyak bgt ya pilihan game di plays.org ini
    ga cuma asal main tpi bisa melatih ketrampilan anak ya

    BalasHapus
  14. Wah, baru tau nih ada game dot to dot juga.. Kayaknya seru banget ya.. Aku sampai bingung mau pilih game yg mana di plays..

    BalasHapus
  15. Aku suka main game basket, susah sih tapi seru... Lawan anak-anak tambah seru.

    BalasHapus
  16. anakku baru nyoba yang kereta api dino mba hihi seru ya, mau nyobain rekomendasi game lainnya ah

    BalasHapus
  17. nanti deh kalau anakku udah gedean aku ajak main ginian mbak hahaha sekarang ibuknya aja dulu yg main kan

    BalasHapus

Posting Komentar