Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Menjadi Blogger Sukses dan Profesional, Berikut Tips dan Cara Mengisi Hari Blogger Nasional

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamualaikum sahabat bunda imut, masuk di hari terakhir bulan Oktober nih. Meskipun sudah lewat, tulisan ini saya persembahkan untuk merayakan Hari Blogger Nasional dan salam rangka meramaikan Blogspedia Challenge dengan tema Cara Mengisi Hari Blogger.

Cara-mengisi-hari-blogger

Teman-teman, ada yang pingin tahu nggak? Bagaimana sih caranya biar bisa menjadi blogger? Kalau saya ditanya begitu, saya tentu akan menjawab dengan "Menjadi blogger itu sangat mudah" Ya, tinggal bikin blog kemudian menulis konten. Cukup !

Tetapi, cara menjadi blogger sukses seperti para blogger yang sudah senior dan terkenal seperti Bapak Sugeng Riyadi, itu tentu tidak mudah. Akan ada banyak sekali hal yang perlu dilakukan agar kita bisa mencapai sebuah kesuksesan. Dan Inilah yang belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. 

Nah, kali ini, saya akan mencoba berbagi sedikit tentang rahasia dan cara menjadi blogger profesional. Mulai dari tahap awal membuat dan menyiapkan blog dengan benar hingga bagaimana strategi agar kita bisa mendapatkan keuntungan saat menjadi blogger atau kita bisa mendapatkan cuan dari hasil ngeblog itu sendiri.

Lantas, apa saja persiapan yang harus dilakukan? Teman-teman pasti sudah tahu bukan, jika tidak ada cara menjadi blogger sukses yang instan. Karena semua harus dilakukan bertahap dan harus dimulai dengan persiapan yang baik dan matang.

Beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan saat membangun blog pertama kalinya adalah dengan menentukan apa tujuan Anda ngeblog, apa topik yang akan Anda bahan dalam blog dan platform apa yang akan dipilih untuk membuat sebuah blog.

Cara Mengisi Hari Blogger dengan Menjadi Blogger Sukses


Sebenarnya banyak sekali tips yang bisa kita lakukan agar bisa menjadi blogger yang sukses dan Profesional, salah satu yang paling penting adalah dengan meningkatkan skil menulis kita. Karena produk utama yang akan ditonjolkan adalah tulisan, jadi sebisanya kitapun harus berusaha membuat tulisan dengan konten yang berkualitas.

Pilih topik yang unik dan jelaskan dengan bahasa khas Anda sendiri. Terus asah dan latih kemampuan menulis Anda agar kualitas tulisan menjadi lebih baik dan berkualitas. Hindari untuk menuliskan kalimat yang tidak memberikan informasi penting. Karena pembaca datang ke blog Anda untuk sebuah informasi yang mereka butuhkan.

Selain itu, dibawah ini adalah beberapa tips untuk menjadi blogger yang profesional, diantaranya adalah 

Atur Manajemen Waktu dengan Baik
Cara ini sebenarnya bukan eksklusif untuk blogger saja. Namun, banyak sekali blogger yang gagal mencapai hasil yang diharapkan karena kesalahan dalam time management.

Jika teman-teman bertanya pada saya tentang  “Kapan waktu terbaik untuk ngeblog?” saya akan selalu jawab dengan seluangnya saya. Karena pada dasarnya kegiatan blogging tidak mengikat harus dilakukan di waktu tertentu. Akan tetapi, banyaknya hal yang harus dilakukan membuat pengaturan waktu menjadi penting. 

Jadi, Anda bisa tahu kapan waktu untuk merencanakan konten, menulis artikel dan melakukan langkah optimasi blog. Selanjutnya Anda akan bisa menentukan target postingan, memaksimalkan waktu produktif dan akan bisa melakukan banyak hal atau kegiatan blogging yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda sudah menerapkan cara menjadi blogger profesional dengan tepat.

Jangan Bosan untuk Terus Belajar Hal Baru
Seperti yang kita tahu, jika pengunjung blog tidak hanya datang untuk mendapatkan informasi bermanfaat, tapi juga untuk informasi yang baru. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan jumlah pengunjung yang meningkat, selalu pelajari hal baru. Dengan demikian, Anda bisa terus membuat konten unik yang menarik untuk dibaca.

1. Selalu Berkomunikasi dengan Baik


Kesalahan dalam membangun sebuah komunikasi dengan pembaca bisa saja menjadi salah satu hambatan untuk bisa menjadi seorang blogger yang profesional, karena blogger yang profesional akan selalu berusaha meningkatkan upaya komunikasi yang baik dengan audiens atau pengunjungnya.

2. Bangun Jaringan yang Luas

Anda mungkin bisa membuat konten sendiri. Namun, untuk mengembangkan sebuah blog, menggandeng pihak lain bisa menjadi langkah atau strategi yang cukup efektif lho. Misalnya saja dengan mencari penulis atau desain grafis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat tentang solusi dari permasalahan blogging yang Anda temui, salah satunya dengan bergabung dalam komunitas-komunitas ngeblog.

3. Tetaplah Menjadi Produktif

Blog secara umum akan memunculkan postingan terbaru di bagian atas. Jika pengunjung hanya melihat postingan lama, tanggapan yang akan muncul adalah blog Anda tidak dikelola dengan baik. 

Nah, itulah perlu sekali menjadi produktif dan update blog Anda secara rutin. Meskipun menjadi blogger yang produktif tidaklah mudah. Tapi dengan konsisten dan terus update blog Anda, itu akan menjadi nilai tambah bagi blog Anda sendiri.

Jika memungkinkan, buatlah sebuah mind map. Agar Anda tidak kehabisan ide dan produktivitas Anda tidak terhenti. Jika Anda memiliki peta ide yang tercatat dengan baik, rencana konten Anda akan lebih tertata. Dan menggunakan mind map merupakan cara menjadi blogger yang produktif.

Konsisten

Trik terakhir adalah memiliki konsistensi yang merupakan rahasia utama cara agar menjadi blogger yang sukses. Alasannya adalah karena kesuksesan blog itu membutuhkan waktu. 

Mulailah dengan membuat target kecil dan realistis. Lalu perlahan tingkatkan target tersebut. Target ini bisa berupa jumlah kata yang Anda tulis, jumlah posting setiap minggunya hingga target jumlah pengunjung setiap bulannya. Sebaiknya, Lakukan penjadwalan posting. Jika jadwal posting Anda adalah seminggu sekali, maka lakukan sesuai rencana tersebut. Artinya, meskipun Anda telah menyelesaikan 2-3 konten, tetap publikasikan sesuai rencana awal Anda.

Penutup

Nah, setelah membaca ulasan diatas dan Anda sudah belajar banyak tentang bagaimana cara menjadi blogger sukses dan profesional. Anda tentu akan semakin bersemangat untuk segera mengelola blog Anda dalam jangka waktu yang panjang bukan?

Apalagi, saat ini keuntungan menjadi blogger ternyata cukup banyak lho. Karena dengan ngeblog kita akan mendapatkan uang secara online. Semoga dengan mengetahui adanya Hari Blogger Nasional ini, kita tentunya saya akan semakin bersemangat dan semakin konsisten dalam mengelola blog yang dipunya.

Semoga bermanfaat ya. Selamat Hari Blogger Nasional dan Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar