Blog pribadi Sasha

 

Optimalkan Blog dengan Belajar Site Audit dan Screaming Frog

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamu'alaikum teman-teman, sahabat Bunda Imut. Yeaaayyyy, awal April... Mengawali April ceria ini, yuk belajar untuk lebih mengoptimalkan blog dengan belajar kelas site audit dan screaming frog. 

kelas site audit dan screaming frog

Teman-teman sesama pejuang blog, sudah paham belum sih tentang screaming frog, nah apa fungsinya untuk site Audit blog? Kebetulan banget aku lagi ikutan kelas ini dengan Coach Irwin. Nah, salah satu syarat agar bisa ikutan kelasnya adalah harus menjawab 15 dari 20 pertanyaan yang diberikan. 

Penasaran juga nih sama pertanyaannya, langsung aja aku jawab dibawah ya. 

1. Ceritakan Bagaimana Anda terjun di Dunia Blogger

Tejun ke dunia blogger, awalnya cuma iseng-iseng aja sih. Blog nya udah ada sejak 2017, tapi nggak pernah di isi apa-apa. Penasaran dan mulai ikut kelas ngeblog akhir tahun 2020. Mulai serius, beli domain tld dan mencoba konsisten menulis. 

Ternyata ribet lho. Harus belajar banyak hal dan nggak boleh males (males nulis) kalau memang niatnya udah mau terjun di dunia blogger. Dari kelas-kelas blog mulai terasa kalau dari ngeblog, kita bisa mendapatkan cuan. Gaji pertama dari ngeblog waktu itu sebesar Rp.250.000, - + Produk, Masya Allah seneng sekali waktu itu, setidaknya aku udah merasa balik modal uang untuk beli domain Tld. Heheheh

Makin banyak kelas blog, makin banyak cara untuk bisa membuat blog banyak dilirik brand dan lebih banyak menghasilkan uang. Aku makin semangat juga buat blog ini bisa terus aktif dan tentunya nulis artikel yang akan dibaca banyak orang. 

2. Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?

Untuk bisa konsisten itu sungguh membutuhkan waktu. Terlebih dengan basicku yang seorang ibu rumah tangga dengan tiga anak. Hehehehe 

Bagaimana aku bisa tetap menjaga konsistensi dalam menulis? Biasanya aku curi-curi waktu untuk menulis saat anak-anak asyik bermain atau ketika mereka tidur. Lebih sering aku luangkan nulis setiap hari di jam malam sebelum aku tidur. 

Ya, tengah malam itu adalah waktu yang paling pas untuk aku bisa fokus menulis dan membuat konten tulisan di blog. Hal terpenting untuk menjaga konsistensi menulis itu adalah niat yang kuat dan harus sadar tentang apa yang sudah menjadi komitmen dalam Big Why Ngeblog kita. 

Selain itu, menjaga konsistensi menulis dengan ikut challenge menulis terbukti membuat aku makin semangat untuk bisa menulis setiap hari. Ya meskipun seringnga ke skip, tapi paling tidak selama satu bulan blogku terisi beberapa tulisan. Heheheh

3. Apa Pencapaian Terbesar Anda di Dunia Blogger?

Ngeblog itu seru lho. Aku malah ketagihan dengan dunia blogging. Ketagihan dengan benefit yang udah aku dapatkan tentunya. Hehehhe

Ngomongin pencapaian terbesarku dalam dunia blogger. Ada beberapa wishlist ngeblog yang aku tuliskan dan Alhamdulillah satu persatu sudah terwujud. Seperti traffic blog yang meningkat dan angka DA juga DR blog yang perlahan naik sehingga semakin bertambah job blog yang bisa aku Terima. 

Pencapaian yang sangat aku syukuri selama hampir 2 tahun blogku ber-TLD adalah income dari awal ngeblog yang aku kumpulin ternyata bisa membantu mewujudkan salah satu mimpiku.

Terharu dan bangga tentunya, karena kalau kita serius, dan bersungguh-sungguh dalam dunia blog, penghasilannya bisa banget bermanfaat untuk mewujudkan keinginan kita. 

4. Bagaimana Cara memulai Ngeblog?

Wah, teman-teman udah nggak sabar ya, gimana sih caranya memulai ngeblog? Apa saja yang harus kita persiapkan dan kita lakukan untuk bisa ngeblog? 

Untuk menjawab bagaimana cara memulai ngeblog, selain dengan niat yang kuat, Aku sudah menulis tentang tips sukses cara menjadi blogger pemula ini bisa teman-teman baca juga lho. Lengkap dan pastinya akan membantu teman-teman yang masih bingung bagaimana memulai karir di dunia blogger. 

Mengawali ngeblog dengan membuat blog gratisan yang kemudian di upgrade menjadi blog tld atau berbayar. Mulai konsisten menulis dan ikut kelas tentang blog juga sangat membantu agar teman-teman bisa lebih memahami tentang dunia blog tersebut. 

5. Apa Niche Blog Anda? Mengapa Memilih Niche Tersebut?

Sebagai pemula dalam dunia blog, kebanyakan orang akan memilih tema atau niche blog yang bisa memuat semua tema tulisan. Niche blog ini banyak disebut dengan gado-gado atau lifestyle. 

Sama seperti blogku ini, bunda imut.com bertema lifestyle atau tema campuran yang nantinya akan dibuat untuk membuat beberapa tema tulisan, seperti parenting, tips, kesehatan, review, tips keluarga, kuliner dan banyak tema yang lain. 

Untuk teman-teman yang memang berniat untuk serius dalam dunia blog, bisa juga langsung memilih satu niche blog khusus. Jika masih belum bisa menentukan tema khusus, alternatif nya adalah menggunakan niche atau tema campuran atau lifestyle ini. 

6. Apa saja langkah Anda dari Menulis Hingga Publish?

Menulis artikel itu bukan hanya sekedar nulis lalu selesai. Buatku ada beberapa tahap dari menentukan tema, judul hingga menjadikan tulisan lengkap, enak dibaca hingga akhirnya terpublish di blog. 

Ada beberapa pertimbangan yang wajib dipikirkan agar tulisan tersebut bisa menarik minat pembaca. Aku lebih sering mencari-cari bahan untuk dibaca dan kemudian dijadikan referensi untuk tulisan jika dibutuhkan. 

Selanjutnya membuat kerangka tulisan sangat memudahkanku dalam membuat dan menulis artikel. Dengan adanya kerangka menulis menjadi lebih mudah dan terarah karena sejak awal kita sudah tahu akan menulis apa. 

Setelah tulisan selesai, aku biasanya akan mengecek dan menyesuaikan dengan kaidah SEO, menyisipkan gambar, tabel atau video yang bisa melengkapi tulisanku. Jika semua tahap selesai, maka artikel yang sudah selesai tersebut siap untuk di publish dan di tayangkan di blog. 

7. Sejauh mana pemahaman Anda tentang SEO?

SEO atau Search engine optimization. Salah satu topik yang wajib dipahami oleh seorang blogger. Kenapa? Ya biar apa yang kita tulis bisa terdeteksi oleh google dan dengan mudah ditemukan pada mesin pencari. Kalau kita ngeblog nya cuma sekedar ngeblog, skip aja sih tentang SEO ini, hehehe. 

Tentang SEO ini, blogger tidak harus menjadi pakar atau orang yang ahli di bidang SEO kok, minimal banget harus tahu tentang dasar-dasar SEO itu tersendiri, karena dengan kita paham apa yang kita tulis akan lebih cepat terbaca oleh mesin pencari. 

Tak jarang klien juga biasanya mencari seorang blogger yang paham SEO. Jadi, jika kamu tertarik untuk menjadi blogger yang profesional, kamu harus mau belajar tentang SEO ini, ya. 

8. Sejauh Mana Pemahaman tentang SEO?

Search engine optimization atau SEO yang aku pahami ada dua, yaitu SEO onpage dan SEO offpage. SEO onpage menjelaskan bagaimana struktur blog dan artikel yang kita tulis di blog sudah sesuai dengan kaidah SEO atau belum. Sedangkan SEO offpage biasanya dikenal dengan menanam link blog kita di tempat lain.

SEO onpage bisa dicek dengan menggunakan tools. Salah satu tools yang biasanya aku gunakan adalah Meta SEO inspector. Tools ini akan bkaa mengecek struktur dan artikel kita, seperti urutan heading, gambar, judul, deskripsi dan lain-lain. 

Sedangkan SEO offpage biasanya digunakan agar blog kita lebih terpercaya apalagi jika mendapatkan backlink dari website ternama. Cara ini juga digunakan untuk menaikkan nilai Domain Authority, Page Authority, dan Domain Rating yang biasanya digunakan ketika mendaftar job.

9. Perlukah Blogger Paham SEO?

Jawabannya adalah sangat perlu, jika kamu ingin menjadi blogger yang profesional dan dicari banyak klien, kamu wajib banget paham tentang SEO ini. 

Tapi, jika kamu hanya ingin main-main aja dengan blog yang dibuat dan nggak siap dengan tawaran job, tanpa paham SEO ini, blog yang kamu bikin akan tetap bisa jalan kok. Heheheh

Jadi, sesuaikan dengan niat awalmu ketika memutuskan untuk terjun di dunia blog. 

10. Bagaimana Cara Menaikkan Traffik?

Bagaimana Cara Menaikkan Traffik blog? Aku sih pahamnya dengan dia cara. Yaitu organik dan non organik.

Trafik Organik biasanya didapatkan saat artikel kita muncul di laman pencarian google. Sedangkan non organik biasanya didapatkan ketika link artikel sengaja kita bagikan atau di share melalui media sosial. 

Aku juga banyak ikut grup blog walking agar orang lain bisa langsung klik tulisanku dan mendatangkan trafik pada tulisan tersebut. 

11. Menurut Anda, Apa itu Site Audit?

Apa itu Site Audit? Umumnya, site audit adalah salah satu cara untuk meninjau blog yang kita punyai apakah ada masalah atau hal yang perlu diperbaiki. Hal ini dilakukan agar performa blog kita semakin bagus dan bisa memenuhi kaidah SEO.

Site audit biasanya dilakukan dengan menggunakan tools, seperti moz, ahrefs, dan screaming frog. Tinggal tulis url blig kita, selanjutnya bakan langsung muncul hasil dari analisisnya. 

Jika sudah, kita akan tahu apa saja masalah dalam blog tersebut. Masalah yang muncul seharusnya ya di perbaiki, biar nggak jadi penyakit yang akan membuat performa blog kita hancur. 

12. Mengapa Ingin Mempelajari Site Audit Web?

Sebelumnya aku sudah ikut kelas site audit dan mencoba membenarkan apa masalah yang ada pada blogku dengan beberapa tools. 

Dengan mempelajari site audit web, harapanku adalah bisa menemukan masalah pada blog dan memperbaikinya agar blog yang aku sayang ini bisa berjalan dengan optimal dan performanya menjadi lebih baik. 

Jika masalah blogku sudah ketemu dan sudah berhasil diperbaiki, aku berharap blogkku ini bisa lebih banyak mendapatkan trafik dan mendatangkan banyak tawaran job. 

13. Apa yang Perlu diperbaiki pada Blog Anda?

Hal yang perlu banget diperbaiki pada blogku adalah banyaknya artikel yang belum memenuhi kaidah SEO, terutama pada artikel yang aku tulis di awal-awal ngeblog. Karena dulu aku menulis hanya alakadarnya dan lebih banyak malah menulis tentang curhatan belaka. Hehehehe

Di artikel-artikel tersebut banyak sekali kesalahan seperti judul yang terlalu pendek atau panjang. Banyaknya url yang terlalu panjang. Meta deskripsi yang masih kosong atau terlalu pendek. Dan masih banyak lagi kesalahan-kesalahan lainnya yang dulu sama sekali tidak pernah aku pahami. 

Nah, salah satu cara untuk bisa memperbaiki adalah dengan site audit blog. Dengan cara ini, kita akan bisa mengetahui kesalahan-kesalahan blog kita tanpa harus mengecek dan mencari satu-persatu satu mana saja yang bermasalah dan harus diperbaiki. 

14. Kenapa Harus Ikut Pelatihan Site Audit ini?

Kelas atau pelatihan site audit ini sangat penting buatku. Selain untuk tahu masalah yang ada pada blog, aku sangat perlu ikut kelas ini agar bisa mencari kesalahan-kesalahan blogku dengan tools screaming frog. 

Dengan mengikuti pelatihan ini, aku berharap bisa mencari solusi dari permasalahan blog bersama seorang coach yang ahli. 

Jadi jika ikut kelas atau pelatihan site audit ini, aku tak perlu kebingungan sendiri untuk memecahkan solusi dari kesalahan yang ada dalam blogku. 

15. Harapan Anda untuk Dunia Blogger?

Dunia blogger itu mengadung banyak sekali cerita. Entah itu cerita yang positif dan cerita yang negatif. Ya, meskipun ada beberapa cara negatif untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Aku berharap akan terus berada di jalan yang lurus dan menemukan cara terbaik agar bisa ngeblog dengan positif. 

Harapanku yang lain adalah semoga para blogger yang kurang jujur, bisa lebih memahami tentang bagaimana seharusnya ngeblog itu. Bagaimana seharusnya mencari bahan tulisan tanpa harus mengcopy tulisan orang atau beberapa cara lain yang bisa merugikan blogger lainnya. 

Untuk para blogger senior, aku juga berharap banget kalian bisa saling berbagi ilmu. Agar para blogger pemula yang benar-benar berminat dan serius dalam dunia blogger bisa lebih semangat dan bisa menjadi blogger yang lebih baik. 

Penutup

Nah, sudah 15 pertanyaan terjawab. Semoga jawaban yang aku tuliskan sesuai dengan perasaan hati ini bisa diterima oleh coach irwin dan aku bisa lolos untuk ikut kelas site audit yang akan dimulai setelah hari raya nanti. 

Mohon doanya ya teman-teman. Agar aku bisa lolos dan bisa belajar site audit dengan tools screaming frog. 

Itulah pertanyaan yang perlu aku jawab untuk dapat mengikut kelas site audit. Aku harap bisa lolos dan ikut kelas site audit dengan menggunakan screaming frog.

Semoga apa yang aku tulis bisa bermanfaat ya. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar