Tips Membuka Bisnis Kosmetik Brand Sendiri

25 komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum teman-teman, sahabat setia pembaca blog bunda imut. Akhir-akhir ini, banyak sekali bermunculan merk-merk baru dunia kosmetik, beberapa brand baru tersebut bahkan selalu muncul dan beriklan di hampir keseluruhan sosial media. 


Tips membuka usaha kosmetik brand sendiri


Seperti yang kita tahu, bisnis kosmetik saat ini memang menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni. Terlebih ketika pandemi ini, bisnis kosmetik bisa jadi ide yang menguntungkan lho. 

Saya menuliskan bukan tanpa data ya, mengutip dari marketsearch.com dijelaskan bahwa data yang menyebutkan jika pasar kosmetik dunia di tahun 2022 diprediksi akan menghasilkan pendapatan hingga $429,8 miliar. Jumlah yang sangat fantastis bukan? 

Dan tak heran saat ini, jumlah bisnis kosmetik di Indonesia pun semakin meningkat, bahkan banyak selebritis papan atas yang juga ikut membangun dan menekuni bisnis kosmetik ini. 

Jika sahabat penasaran dan juga tertarik untuk menjadi salah satu pengusaha kosmetik di tanah air, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan Maklon Kosmetik. Namun, sebelum itu dibawah ini saya tuliskan beberapa tips bisnis kosmetik brand sendiri yang bisa membantu Anda untuk membangun kerajaan bisnis dengan nama branding sendiri. Selengkapnya? Yuk baca tulisan ini sampai akhir ya. 

Tips Berbisnis Kosmetik Brand Sendiri


Tips berikut sangat penting untuk di aplikasikan. Melansir dari informasi beberapa berita, dijelaskan bahwa setidaknya ada 5 tips bisnis kosmetik brand sendiri yang harus Anda terapkan jika Anda ingin memulai bisnis kosmetik brand sendiri. Diantaranya adalah:

1. Konsep Bisnis yang Jelas


Salah satu kunci keberhasilan dari sebuah bisnis adalah konsep bisnis yang jelas. Disini, Anda harus bisa menentukan dengan jelas, seperti apa jenis produk kosmetik yang akan di produksi kemudian Anda jual, apakah itu skincare, bodycare, lipstik, parfum atau yang lainnya. 

Pastikan juga saat menentukan produk kosmetik yang akan di produksi, Anda harus memilih berdasarkan trend kosmetik yang sedang hits dan juga menjadi trend di beberapa bulan mendatang. Sudah tentu Anda harus update masalah trend kosmetik ya. 

Selain itu, Anda juga harus bisa menentukan bagaimana nanti bentuk dari bisnis kosmetik itu sendiri. Apakah nantinya Anda akan menjalani bisnis dengan mempunyai fisik toko atau Anda akan berjualan kosmetik tersebut secara online. 

2. Menentukan Target Pasar


Setelah menentukan konsep bisnis kosmetik yang akan dijalankan, langkah selanjutnya adalah Anda harus bisa menentukan target pasar. Tentukan kepada siapa produk kosmetik Anda akan dijual. 

Misalnya, jika Anda tertarik untuk memproduksi jenis skincare untuk remaja, maka target market Anda adalah para anak-anak remaja. 

3. Pilihlah Mitra Kerja yang Mempunya Visi-Misi atau Target yang Sama


Ini juga merupakan salah satu tips penting dalam memulai bisnis kosmetik. Yaitu memilih mitra bisnis Anda. Mitra yang dimaksud adalah pihak yang akan berinvestasi pada bisnis yang Anda bangun. Temukan mitra bisnis yang memiliki visi-misi yang sejalan dengan bisnis anda, sehingga tidak akan menimbulkan konflik yang tidak diinginkan kedepannya.

Selain itu, Anda juga harus bisa menemukan pihak ketiga yang akan membantu produksi produk kosmetik Anda nantinya. Dalam hal ini, pihak ketiga yang dimaksud adalah jasa maklon kosmetik. Temukan perusahaan jasa maklon kosmetik yang bereputasi baik dan tentu sudah berpengalaman untuk memproduksi produk kosmetik Anda.

Umumnya perusahaan jasa maklon kosmetik ini tidak hanya memfasilitasi proses produksi produk kosmetik, namun juga menyarankan formula kosmetik yang sesuai dengan yang anda inginkan dan juga mengurus perizinan edar serta hak merek dari produk kosmetik tersebut. 

4. Tentukan Formula atau Strategi Pemasaran


Setelah Anda yakin dan telah memutuskan untuk memulai bisnis kosmetik, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan bagaimana cara Anda menjual produk kosmetik hasil produksi Anda tadi. Mulai matangkan apakah nantinya produk tersebut akan dijual secara offline, online atau dengan kombinasi antara keduanya.

Tentukan dengan jelas dan matang tentang strategi pemasaran produk Anda. Sehingga proses eksekusinya nanti akan menjadi lebih terarah. 

Jika nantinya Anda ingin memasarkan produk kosmetik secara offline store, maka pertimbangkan untuk memilih lokasi toko atau store di tempat yang strategis. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara marketing lain, salah satunya adalah dengan mempromosikan produk kosmetik produksi Anda di event-event kecantikan atau bisa menitipkannya di sejumlah toko kecantikan, fashion maupun pusat perbelanjaan.

Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakan strategi pemasaran online, maka langkah yang harus Anda persiapkan adalah memilih tools marketing yang terarah, mulai dari media sosial bisnis, website toko online, dan materi iklan pendukung lainnya.

5. Lakukan Pemasaran Secara Maksimal dan Efektif


Tips penting terakhir yang disarankan untuk Anda aplikasikan jika ingin memulai bisnis kosmetik adalah melakukan pemasaran dengan maksimal.

Saat ini, banyak sekali pebisnis yang gagal dalam membangun bisnisnya dengan alasan tidak konsisten dalam memasarkan produknya sendiri, entah itu mereka malas mengupdate konten di media sosial brand nya, belum maksimal dalam penerapan strategi marketing yang setengah-setengah dan masih banyak lagi.

Jadi, pastikan bahwa Anda tidak melakukan kesalahan ini, ya. Ketika Anda sudah berkomitmen untuk memulai bisnis kosmetik ini, maka berikan effort yang terbaik. Dedikasikan diri Anda dalam segala hal, termasuk dalam hal pemasaran.

Penutup

Nah, gimana? Apakah sahabat bundaimut tertarik juga untuk berbisnis dunia kosmetik dengan brand sendiri? Dengan beberapa tips bisnis kosmetik brand sendiri yang sudah ditulis diatas, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan sahabt tentang dunia bisnis kosmetik. 

Jika ada kritik ataupun saran lain tentang ide bisnis kosmetik ini, silakan teman-teman bisa sharing di kokom komentar ya. Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 


Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

25 komentar

  1. mba iparku juga akhir tahun 2021 kemarin mulai merambah bisnis skincare brand sendiri, emang menjanjikan sih kalau udah bisa dan paham pola pemasarannya yang baik seperti apa...

    BalasHapus
  2. dulu keponakanku mau bisnis skincare sempat nyari2 tempat cetak label dll. Tapi mundur, nah kayaknya emang semangat perlu diperkuat ya

    BalasHapus
  3. Wah booeh banget nih. Saya jadi kepikiran kalau bikin brand sendiri kek gini

    BalasHapus
  4. wah impian banget nih kalau bisa punya brand sendiri ya, apalagi kalau udah gampang gini ada yang bantuin :)

    BalasHapus
  5. Bagus banget ya, beneran kalau sudah tahu pola marketingnya bakal menggila bisnis skin care mah.

    BalasHapus
  6. Allhamdulilah yang punya passion di kosmetik dan ada budget enak bikin sendiri ya. Pantes banyak artis yang bikin brand kecantikan.

    BalasHapus
  7. Kalau saat ini saya sendiri belum ada minat untuk buka bisnis, apalagi di bidang kosmetik, cuz sangat minim juga pengetahuan tentang kosmetiknya. But, who know suatu saat tertarik mencoba, next tinggal buka lagi referensi dari tulisan Mbak Sasha ini untuk menambah informasinya

    BalasHapus
  8. Ini cocok untuk mereka yang punya bekal pengetahuan perskincarean. Nah kalau yang nggak punya bekal pengetahuan bisa juga ambil bagian di pemasaran kali ya..

    BalasHapus
  9. Memang bisnis skincare lagi naik daun ya, banyak yang berlomba-lomba buka bisnis ini sekarang. Karena peluangnya memang menjanjikan banget.

    BalasHapus
  10. Bisnis yang lagi booming sekali nih ya, Bund. Apalagi dikalangan artis, hihi.. Ternyata memang susah susah gampang, karena harus tahu segalanya, mulai dari knowledge skincare dan berbagai riset.

    BalasHapus
  11. bisnis nya bagus sih kalo sudah faham. pastinya butuh ketelitian dan komitmen yang kuat ya untuk memulai suatu bisnis

    BalasHapus
  12. Membangun bisnis harus betul-betul memikirkan bagaimana perkembangan ke depan ya. Apalagi berhubungan dengan strategi dan pemasaran harus betul-betul dipikirkan.

    BalasHapus
  13. Di masa pandemi seperti ini memang membuat orang jadi lebih memperhatikan penampilan. Skincare dan kosmetik kemudian menjadi hal yang tidak bisa diabaikan oleh para wanita.
    Berani ambil risiko adalah modal awal berbisnis.

    BalasHapus
  14. wah pengen juga punya brand sendiri gini kosmetiknya, tapi masih siapin mental dulu niy mba Sa, punya usaha sendiri harus siap semuanya kayaknya niy hehehe

    BalasHapus
  15. Setujuu mba sama tips2nya.
    Apalagi sekarang ini banyak banget terutama influencer yg dulunya promosi kosmetik orang, bisa punya brand kosmetiknya sendiri.

    BalasHapus
  16. banyak sekali akhir2 ini aku mendpati proudk kosmetik brand lokal ya, mungkin karena orang sekrg lebih aware dg kondisi keshatan kulit wajahnya. wah ini ulasan yang bagus untuk yang berminat buka bisnis kosmetik tapi aku kayake kesulitan karena kurang paham terkait dunia perskincarean.

    BalasHapus
  17. make kosmetik buat sendiri aja belum konsisten, so belum kepikiran punya usaha di bidang kosmetik, hehe. Tapi ini bahasan yang apik untuk yang punya passion di bidang skincare.

    BalasHapus
  18. Aku sempet baca rules membuat brand kosmetik sendiri, sekarang ini nggak terlalu ribet sih ya. Bisa diserahkan ke produsen tertentu, kita re-branding. Atau memang kita punya formula sendiri dan memberikan wewenang pihak ke-3 buat produksi brand kita. Nggak harus punya pabrik pribadi. Tapi kalau aku pribadi ruwet bayanginnya wkwkwk. Cuma kenapa skrang artis & brand lokal punya brand kosmetik sendiri memang menjawab peluang bisnis banget sih, pasar Indonesia banyak beauty enthusiast.

    BalasHapus
  19. Wah, info yang menarik nih.. Yang paling penting untuk bisnis ini tuh nyari pihak ke3 sbagai produksi kosmetiknya ya.. Karna kalau cuma abal" resikonya gede banget.. Apalagi untuk kosmetik yg diaplikasikan ke wajah..

    BalasHapus
  20. Banyak banget ya sekarang yang berminat bikin kosmetik brand sendiri, dan ternyata memang bisnis yang menjanjikan sekali

    BalasHapus
  21. Waaah jadi ini rahasianya untuk punya brand kosmetik sendiri. Maklon kosmetik bisa jadi mitra kerja pilihan terbaik ya mba. Kece banget

    BalasHapus
  22. Sekarang, buka bisnis kosmetik itu udah gak sesusah dulu yaa karena sekarang udah ada jasa maklon kosmetik

    BalasHapus
  23. Bagi yang suka kosmetik, ini pasti berita gembira secara sudah punya ilmunya juga dan sekarang ada jalannya untuk bisa punya bisnis kosmetik pakai brand sendiri pula ya, makin oke aja nih sekarang :)

    BalasHapus
  24. bisnis koemsteik belakangan emang banyak dilirik ya mbak, dengan maklon kosmetik gini tentunya lebih mudah dan cepet juga proses produksunya

    BalasHapus
  25. Pantesan ya sekarang makin banyak brand kecantikan lokal. Menarik sih karena bisa bersaing juga dengan brand impor karena kualitasnya juga ok. Pastinya buat yang ingin jalankan usaha di bisnis kosmetik gak perlu susah2 lagi bangunnya karena manfaatkan jasa kosmetin seperti ini

    BalasHapus

Posting Komentar