Jadilah Pendengar Yang Baik, Berikut 4 Tips Agar Pasanganmu Jatuh Cinta Setiap Hari

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamualaikum sahabat bunda imut. Masya Allah sudah bulan februari aja nih, bagaimana kabar bulan kedua tahun 2022 nya? Semoga masih semangat untuk membaca dan terlebih semangat untuk melakukan kebaikan ya.

Tips membuat pasanganmu jatuh cinta setiap hari


Hampir masuk pertengahan bulan, blog bunda imut masih adem ayem dan belum ada post baru, duh! Pemilik blog ya jadi khawatir rumah yang dibangun ini akan menjadi sarang laba-laba beneran kalau nggak di isi tulisan, hehehee

Nah, dalam rangka mengisi rumah saya ini. Spesial di bulan februari yang katanya sebagai bulan kasih sayang, tulisan kali ini spesial bertema tentang cinta dan kasih sayang, tentang apa? Teman-teman pasti sudah baca judulnya kan? Hehehehe

Ya, tentang cinta. Cinta adalah suatu hal yang sangat penting dalam menjalani suatu hubungan, khususnya hubungan asmara . Jika hubungan asmara tidak memilikinya, tentu saja akan terasa sia-sia untuk dilanjutkan, karena sudah pasti akan kurang menyenangkan dan hanya dianggap sebagai sebuah beban. Lambat lain,  perasaani bisa saja memudar seiring berjalannya waktu, dimana para pelakunya akan bosan atau jenuh.

Namun, berikut ada solusi atau tips yang dapat membuat pasangan jatuh cinta kepadamu setiap hari. Selengkapnya dijelaskan pada 5 poin di bawah ini. Cari tahu yuk karena penting untuk memperkuat pondasi hubunganmu bersamanya.

Mau Meluangkan Waktu dan Menjadi Pendengar yang Baik


Tips pertama membuat pasangan bisa jatuh cinta setiap hari adalah mau meluangkan waktu serta menjadi pendengar yang baik. Nantinya, ia pasti akan senang karena selalu dipriotitaskan olehmu.

Selain itu, ia merasa dihargai saat kamu tidak pernah absen mendengarkan ceritanya, termasuk yang berisi keluh kesah. Dimana hal tersebut seringkali membuat seseorang jenuh atau perasaan semacamnya.

Libatkan Pasangan di Tiap Keputusan Penting Dalam Hidupmu


Ternyata melibatkan pasangan di setiap keputusan penting dalam hidupmu, dapat membuatnya selalu mencintaimu bahkan setiap hari lho. Pasalnya, ia akan merasa selalu dihargai akan keberadaannya yang tidak kamu lupakan.

Ia akan merasa bahagia dan bangga, terlebih jika bantuannya tersebut mampu membawamu pada kesuksesan atau hasil yang maksimal.

Bisa Memberikan Ruang baginya untuk Menyendiri


Perlu diketahui bahwa ruang pribadi penting dimiliki tiap orang yang tengah menjalani hubungan asmara. Kenapa? Ya, karena memanjakan diri sendiri dapat meningkatkan kualitas serta memperbaiki suasana hati yang seringkali ingin menyendiri. Misalnya saja di kala banyak masalah hidup.

Oleh karena itu, kamu perlu memberikan ruang bagi pasangan untuk menyendiri. Mee time sejenak dan jangan pernah memaksanya untuk bercerita atau melakukan hal bersama jika memang sedang tidak ingin. Biarkan ia sendiri terlebih dahulu, maka bisa jadi itu akan membuatnya selalu mencintaimu karena kamu adalah sosok yang pengertian.

Selalu Memberikan Dukungan Kepadanya


Tips membuat pasangan jatuh cinta setiap hari selanjutnya adalah dengan selalu memberikan dukungan terhadap apapun yang dilakukannya. Selama keputusan tersebut bernilai positif, kamu bisa terus mendukung dan selipkan do'a agar sesuatu yang ia pilih dapat berjalan lancar.

Memberikan dukungan seperti ini nyatanya mampu membuatnya kian mencintaimu karena ia tidak merasa terkekang. Ia menganggapmu bukan penghalang atas impian pribadinya, sebab bisa saling mengerti bahwa kehidupan dan waktu seseorang tak harus selalu untuk pasangan.

Pahami Bahasa Cintanya dan Berikan Hal Itu


Kamu perlu memahami bahasa cinta atau love languange pasangan yang kemudian diberikan padanya di beberapa waktu. Terlebih saat suasana hatinya tengah memburuk atau sedang dihadapkan oleh beragam masalah pekerjaan dan yang lainnya.

Dengan begitu, ia akan selalu merasa bahagia serta menganggapmu sebagai sosok pasangan yang penuh pengertian. Perasaan cintanya padamu juga kian bertambah berkat hal tersebut dan hubungan asmara tentu menjadi semakin harmonis. 

Nah, itulah lima tips bagaimana membuat pasangan bisa mencintaimu setiap hari yang dalam kenyataannya sangat berperan penting dalam meningkatkan keharmonisan hubungan. Adakah dari kamu yang sudah mencoba poin-poin diatas?

5 Tips Jadi Pendengar yang Baik bagi Pasangan


Membangun sebuah hubungan yang kuat dalam hubungan pernikahan sangatlah membutuhkan komunikasi yang baik.

Selain memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, kita juga harus mampu mendengarkan cerita, keluh kesah, hingga saran yang bermanfaat dari pasangan kita. 

Penelitian yang dilakukan oleh Gearhart & Bodie pada tahun 2011 menunjukkan, menjadi pendengar yang baik adalah keterampilan sosial penting yang dapat memelihara hubungan sosial.

Lantas, apakah kita sudah benar-benar menjadi pendengar yang baik bagi pasangan kita?

Jika belum, mungkin kita bisa mencoba lima tips menjadi pendengar yang lebih baik dari profesor psikologi di Monmouth University, Gary W. Lewandowski Jr. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Tips menjadi pendengar yang baik

1. Memperjelas apa yang dibicarakan


Banyak orang yang tidak 100 persen mendengarkan pasangannya saat sedang bercerita. Kebiasaan ini tidaklah baik di dalam hubungan.

Jika pasangan sedang menjelaskan sesuatu yang penting atau mungkin membagikan perasaannya, dia layak untuk dipahami sepenuhnya.

Untuk melakukannya dengan benar, kita pun tidak dapat mengandalkan asumsi. Jadi, tanyakan lagi atau perjelas hal yang sedang dibicarakan oleh pasangan.

Buat dia terus berbicara sehingga kita dapat mengumpulkan lebih banyak informasi dan meningkatkan pemahaman.

Sepanjang komunikasi berjalan, pertanyaan kita juga dapat membantu pasangan memproses pikiran dan perasaannya sendiri.

2. Merefleksikan perasaan

Merefleksikan perasaan pasangan saat dia sedang mengomunikasikan sesuatu menjadi hal yang sangat penting, dan sekaligu menjadi tanda bahwa kita adalah pendengar yang baik.

Terkadang refleksi ini sangat jelas terlihat. Misalnya, ketika pasangan kita mengatakan, "Saya merasa tidak dihargai di sini."

Namun, di lain waktu bisa tidak jelas sama sekali, seperti ketika pasangan hanya mengatakan "Saya lelah."

Tapi, ketika refleksi perasaan yang diungkapkan itu ambigu, jangan langsung mengabaikannya. Sebagai gantinya, kita harus berusaha mencari tahu.

Gali untuk mengidentifikasi perasaan yang lebih dalam dan identifikasi sespesifik mungkin.

Tidak apa-apa juga jika kita salah mengidentifikasinya. Bahkan, jika kita melenceng, pasangan akan melihat bahwa kita sedang mencoba menguraikan perasaannya.

Faktanya, dalam hal empati dan kepuasan hubungan, penelitian menunjukkan, upaya lebih penting daripada akurasi, dan kita bisa mencobanya.

3. Menunjukkan kehadiran sepenuhnya

Menjadi pendengar yang baik bukan hanya tentang apa yang harus kita katakan, tetapi juga kehadiran kita.

Meskipun kita mungkin menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengkhawatirkan menemukan hal yang tepat untuk dikatakan, kita pun perlu memerhatikan sinyal nonverbal.

Pesan apa pun yang kita sampaikan, bahkan yang melampaui kata-kata dapat menunjukkan kepada pasangan bahwa kita benar-benar hadir dan sepenuhnya terlibat.

Melakukan hal itu juga memperlihatkan kepada pasangan bahwa dia sangat peduli dan memperhatikannya.

4. Mengungkapkan kembali inti dari ucapannya

Jika kita ingin menjadi pendengar yang baik, kita harus benar-benar bisa mengungkapkan kembali inti dari ucapannya atau parafrase.

Untuk melakukannya, kita bisa merangkum apa pun yang dikatakan oleh pasangan, dengan kata-kata kita sendiri.

Ini seharusnya tidak berubah menjadi tantangan tesaurus kata demi kata, tetapi harus menjadi ringkasan singkat.

Meski tidak mudah, namun upaya ini sepadan karena parafrase menunjukkan, kita peduli dan sepenuhnya ada untuk dia.

Agar kita dapat menangkap apa yang pasangan katakan, kita harus benar-benar memerhatikan dan mendengarkannya dengan seksama.

5. Mengajukan pertanyaan secara terbuka

Beberapa orang mungkin sulit untuk bisa mendengarkan orang lain, tapi kita harus bisa mencoba meluangkan waktu untuk mendengarkan pasangan.

Karena itu adalah bentuk dari rasa peduli dan rasa sayang yang dapat kita tunjukkan kepada pasangan.

Tidak hanya itu, lakukan semua yang kita bisa untuk membiarkan pasangan berbicara, dan bekerja melalui pikiran maupun perasaan.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengajukan pertanyaan terbuka yang memperlihatkan kepada pasangan bahwa kita ingin mendengar lebih banyak.

Tapi ingat, ini bukan sembarang pertanyaan, jadi sebaiknya hindari pertanyaan yang sangat sederhana. Sebaliknya, ajukan pertanyaan yang membutuhkan analisis lebih dalam.

Nah, gimana nih teman-teman pembaca blog bunda imut? Setelah membaca tulisan ini, semoga sahabat bisa lebih memahami dan mengerti tips untuk bisa membuat pasangan kita bisa lebih mencintai dan menghargai akan kehadiran kita ya. 

Karena hidup berumah tangga berhubungan dengan rasa aman, nyaman dan penuh cinta. 

Semoga tulisan saya bermanfaat ya . Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar