Bikin Ketagihan, Inilah Resep Mie Gacoan Viral

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum sahabat bunda imut. Bagaimana kabarnya? Semoga menjelang pekan terakhir bulan Februari ini tetap semangat ngeblog nya ya. Semangat membaca dan tentu semangat untuk berbuat kebaikan. 
Resep Mie Gacoan

Mengisi pekan terakhir bulan Februari, saya akan menulis tentang makanan yang akhir-akhir ini kembali viral di media sosial. Yaitu Mie Gacoan. 

Siapa sih yang nggak kenal dengan Mie Gacoan? Bagi teman-taman yang belum tahu, Mie Gacoan merupakan salah satu sajian mie kekinian yang mematok dengan harga terjangkau untuk setiap porsinya.

Berkat harga yang terjangkau itulah, Mie Gacoan menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian masyarakat. Apa lagi, menu-menu mie yang disajikan dengan hnama unik dan beragam seperti mie angel, mie iblis, dan mie setan. 

Jadi, tak jarang jika Mie Gacoan ini menjadi bahan perbincangan di media sosial. Terutama tiktok, sampai ada sound khususnya juga lho. Hehehhehe

Yang menjadi pembeda mie ini dengan mie pedas yang lain adalah dilevel pedas dan toping ayamnya. Oiya, Mie Gacoan ini pertama kali buka pada tahun 2018 di Kota Solo.

Mie Gacoan menjadi sentral destinasi tempat favorit para mahasiswa untuk nongkrong, mengerjakan tugas, atau hanya sekedar makan. Karena harganya yang ditawarkan sangat merakyat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Nama Mie Gacoan semakin melejit dan viral setelah beberapa orang mulai membagikan unggahan vidio mereka saat mencicipi Mie Gacoan dibeberapa media sosial.

Tapi sangat disayangkan, restoran Mie Gacoan belum membuka gerainya di beberapa wilayah atau kota besar seperti DKI Jakarta dan sekitarnya.

Namun, kalian yang penasaran sama rasanya bisa lho bikin mie Gacoan ala rumahan dengan rasa khas dan tentu bikin ketagihan, untuk membuat Mie Gacoan pun tidak terlalu sulit. Sahabat bisa membuatnya dengan mengikuti resep Mie Gacoan yang akan saya tuliskan dibawah ini ya. 

Resep Mie Gacoan Ala Rumahan


Bahan-bahan

  • 500 gram dada ayam
  • 8 siung bawang putih
  • 2 sdt minyak wijen
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt saus tiram
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt penyedap rasa

Bahan Minyak

  • Kulit ayam secukupnya
  • 200 ml minyak goreng
  • 4 siung bawang putih
  • Garam dan lada bubuk secukupnya
  • Mie telur basah
  • Pangsit goreng
  • Selada Bawang goreng
  • Daun bawang, iris tipis
  • Bahan Sambal
  • 1 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit merah
Resep mie gacoan ala rumahan

Cara Membuat Mie Gacoan

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat mie gacoan. Pertama, didihkan air. Lalu, masukkan dada ayam ke dalam air mendidih. Rebus dada ayam hingga matang. Angkat, tiriskan. Biarkan hingga dingin.
  2. Selagi menunggu ayam dingin, siapkan food processor. Masukkan bawang putih yang telah dipotong-potong. Proses hingga halus. Sisihkan.
  3. Kemudian, ambil dada ayam yang sudah dingin. Pisahkan antara daging dengan tulangnya. Masukkan ke dalam chopper atau blender. Cacah daging dada ayam hingga cukup halus.
  4. Panaskan secukupnya minyak. Tuangkan dan tumis bawang putih yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan dada ayam yang sudah dicacah, aduk hingga tercampur dengan rata.
  5. Tambahkan minyak wijen, kecap asin, lada bubuk, dan saus tiram. Aduk hingga rata. Tambahkan juga garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk rata dan koreksi rasanya. Terus masak hingga ayam benar-benar kering dengan api sedang. Angkat, sisihkan.
  6. Lalu, buat minyak untuk mie gacoannya. Cincang kasar bawang putih yang sudah disiapkan. Setelah itu, masukkan minyak ke dalam wajan. Masukkan juga bawang putih dan kulit ayam.
  7. Tambahkan secukupnya garam dan lada bubuk. Aduk sampai terampur rata. Goreng hingga kulit ayam kering. Angkat, saring, dan sisihkan.
  8. Selanjutnya, buat pangsit goreng. Ambil satu lembar kulit pangsit, berikan daging ayam yang sudah dimasak sebelumnya sebanyak 1 sdm. Rekatkan tiap sisi kulit pangsit. Lakukan hingga kulit pangsit habis.
  9. Panaskan minyak yang banyak. Masukkan pangsit dan goreng hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Angkat, tiriskan.
  10. Setelah itu, buat untuk sambalnya. Rebus bawang putih dan cabai rawit merah. Rebus hingga matang. Angkat, sisihkan, dan cincang kasar. Jika sudah, didihkan air dan rebus mie telur sampai matang. Angkat, tiriskan.
  11. Kemudian, panaskan beberapa sendok minyak. Masukkan mie telur, 1 sdm sambal, secukupnya kecap asin, minyak wijen, saus tiram, dan kecap manis. Aduk rata dan masak menggunakan api sedang. Koreksi rata.
  12. Terakhir, siapkan piring saji. Taruh selada dan mie yang telah dimasak. Taburi dengan topping dada ayam, bawang goreng, dan daun bawang. Berikan pangsit goreng secukupnya. 
  13. Mie gacoan siap untuk disajikan.           

Nah, gimana? Sudah bisa membayangkan gimana rasa mie Gacoan ini? Dengan bahan yang mudah ditemui dan cara atau langkah membuat yang lengkap dan mudah dipraktekkan, Teman-teman bisa mencoba resep mie Gacoan ini dirumah, dijamin deh rasanya bikin ketagihan dan maunya bikin lagi dan lagi. 

Jika sahabat sudah berhasil membuatnya, jangan lupa share dan bagian juga ya. Semoga bermanfaat. W assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar