Tips dan Cara Membuat Ayam Krispi Kriting ala KFC

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum Sahabund....

Banyak sekali teman-teman online yang tidak bisa beli jualan makanan saya yang penasaran tentang resep camilan, lauk atau menu lainnya yang saya jual. Salah satunya adalah menu ayam kepruk, ayam krispi yang saya jual dengan harga Rp. 5 Ribu /pcs ini paling banyak ditanyakan bagaimana resep dan cara membuat ayam krispi yang kriuknya pas, krispi keriting dan tidak keras? 

Ide dan cara membuat ayam krispi kriting

Resep ayam krispi yang kriting dan gurih ala kfc ini memang banyak mencuri perhatian teman-teman yang kebetulan melihat story jualan saya. Degan deskripsi rasa yang renyah, kriuk krispi, gurih dan lezat pastinya membuat siapapun yang mencoba pasti akan ketagihan, hehehe.

Nah, tulisan ini akan membahas tips dan triknya. Jika teman-teman Sahabund berencana jualan makanan khususnya ayam krispi, silakan simak resep dan cara pembuatannya dibawah ini, ya!

Alat dan Bahan untuk Membuat Ayam Krispi Kriting ala Kfc

Alat:

Talenan dan pisau untuk memotong ayam

Bumbu-bumbu rempah lengkap

Ember besar

Wajan/Kuali besar

Sutil dan penyeroknya

Bahan-bahan:

  • 1Kg ayam bagian dada, dipotong tipis-tipis menjadi 12 bagian, geprek atau pipihkan dan sayat-sayat dagingnya
  • 1kg tepung protein tinggi (Merk Cakra)
  • Kaldu bubuk
  • Garam
  • Ladaku
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus (Untuk Marinasi):

  • 1 sdm cabai bubuk/paprika bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt jahe bubuk
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • Setengah bungkus kaldu ayam bubuk
Untuk lebih praktis dan cepat, saya menggunakan bumbu marinasi ayam instan, perbandingannya 1kg ayam memakai 1bungkus racik marinasi ditambah garam 1sdm.

Campurkan keseluruhan bumbu pada ayam, biarkan meresap dan diamkan minimal 1 jam di dalam kulkas bawah atau chiller.

Cara Membuat Ayam Krispi Kriting ala Kfc

Langkah membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong
  2. Balurkan dengan bumbu marinasi, ratakan dan diamkan minimal 1jam di dalam kulkas
  3. Selanjutnya siapkan racikan tepung (1kg tepung cakra, ¼kg tepung maizena, ½sdt baking powder, kaldu bubuk, garam,lada)
  4. Siapkan air rendaman ayam
  5. Setelah bumbu marinasi meresap, ambil beberapa potongan ayam dan baluk ke tepung kering, putar-putar dan remas ayam, taruh di wadah atau saringan dan hentak-hentakkan tepungnya. 
  6. Selanjutnya rendam ayam sebentar dan kembali penepungan dengan diputar-putar dan diremas-remas hingga mendapatkan tekstur krispi yang diinginkan
  7. Segera goreng ayam di minyak yang panas dengan api sedang cenderung kecil hingga ayam matang sempurna
Untuk langkah lebih detail, silakan teman-teman lihat di video berikut ini, ya



Tips Membuat Ayam Krispi Kriting, Renyah, dan Gurih

Untuk teman-teman yang belum begitu mahir dalam hal memasak, membuat ayam krispi bisa jadi menjadi momok tersendiri dan menganggap proses pembuatannya rumit dan susah. Padahal, jika Anda melakukan step by step dan langkah-langkah pembuatan nya, proses membuat ayam krispi jadi lebih praktis, lho. 

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum Anda membuat ayam yang krispi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Ayam Berkualitas Terbaik

Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat ayam krispi adalah memilih ayam dengan kualitas terbaik. Jenisnya sesuai keinginan Anda, bisa ayam kampung atau ayam broiler. Tapi, jika akan diolah sebagai ayam krispi sebaiknya menggunakan ayam jenis broiler yang mempunyai karakteristik daging tebal dan empuk. Pastikan juga kondisi ayam benar-benar segar dan tak berbau, ya.

2. Potong Ayam /Kg Menjadi 12 sampai 14 potong

Proses memotong daging ayam juga tak boleh diabaikan, untuk ayam krispi idealnya potongan ayam per kg nya berjumlah 12 sampai 14 pcs. Ayam dengan potongan besar akan memerlukan waktu yang lama dalam proses pengepungan dan menggorengnya. Sebaliknya, potongan yang terlalu kecil akan membuat ayam hancur saat proses penepungan.

3. Racik Bumbu Marinasi dengan Pas dan Tepat

Pastikan ketika meracik bumbu marinasi benar-benar disesuaikan dengan takaran dan jumlah banyak ya ayam, ya. Karena proses marinasi ini termasuk langkah yang menentukan rasa ayam krispi yang akan Anda buat. Jadi, pastikan racikannya pas dan tepat agar ayam krispi Anda gurih dan lezat.

4. Gunakan Racikan Tepung Krispi yang Tepat

Sebagai bahan dasar, gunakan tepung protein tinggi, saya memakai merk cakra. Perbandingannya Tepung cakra 1kg ditambah dengan ½sdt baking powder dan ¼kg tepung maizena. Tambahkan juga penyedap rasa, garam dan lada ya. Sesuaikan takarannya menurut selera Anda.

5. Proses Perendaman dan Penepungan dengan Teknik Memutar, dan Bolak-Balik

Setelah bumbu marinasi terbalur dengan ayam, langkah selanjutnya adalah proses penepungan. Teknik penepungan inilah yang menentukan berhasil tidaknya ayam krispi Anda, keriting atau menggumpalnya tepung tergantung teknik penepungannya.

Agar berhasil krispi, keriting cantik dan renyah, gunakan teknik penepungannya dengan cara diputar dengan kedua tangan, putar dan bolak balik secara bergantian untuk membuat kriwil pada ayam. 

Urutannya ayam marinasi-tepung kering-celupan air-tepung kering-goreng.

Penutup 

Nah, gimana? Kini Anda sudah paham kan Tips dan cara membuat ayam krispi kriting ala kfc? Kalau tahu langkahnya membuat ayam krispi tak seseram yang dibayangkan bukan? Yuk bikin ayam krispi kriting sendiri di dapur rumah, agar cita rasanya sesuai dengan selera keluarga Anda.

Semoga bermanfaat ya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar