Pengusaha Wajib Tahu! Berikut Tips Membuat Website Efektif untuk Bisnis

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamu'alaikum sahabat Bunda. Nggak terasa ya, tahun baru sudah jalan hari ke-12. Bagaimana kabar resolusi tahun ini? Nulis di blog? Apa kabar? Jadi makin semangat, atau makin bermalas-malasan, hehhehe. 

Mengawali menulis dengan tema tips membuat website yang efektif untuk bisnis, seperti yang kita tahu jika saat ini website adalah pilihan cerdas sekaligus tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Tips membuat website efektif untuk bisnis

Website bisa dikatakan sebagai media marketing atau pemasaran yang paling baik untuk memperkenalkan sebuah brand/ branding ataupun produk yang akan kamu tawarkan pada konsumen.

Selain itu, penggunaan website untuk kepentingan marketing suatu produk bisa dikatakan lebih efektif, baik dari segi dana maupun range jangkauan promosi, dimana range promosi menggunakan website tergolong luas.

Tapi, tahukan Anda? Jika mempunyai website saja belum cukup jika kondisinya Anda belum membuat website tersebut berkesan menarik dan betah untuk dikunjungi sehingga peran websitepun menjadi lebih efektif untuk perkembangan bisnis Anda. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk kebutuhan website agar bisa menjadi lebih efektif, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Layout Design Yang Menarik

Website Anda adalah “kesan pertama (digital)” kamu kepada dunia, dan hal pertama yang akan di lihat adalah design dan layout. Professional design dengan penggunaan warna, bullets, spacing dan typography yang efektif adalah kunci untuk membuat pengunjung datang kembali kewebsite yang Anda miliki. 

2. Memiliki Konten Yang ‘Baik’

Konten adalah raja di dunia online marketing. Tanpanya, setiap strategi akan gagal – termasuk website Anda. Pastikan konten kamu fokus pada hal-hal yang INGIN dibaca pengguna, dan bukan hanya tentang perusahaan Anda.

3. Jaga Konten Anda Agar Singkat Dan Mudah Di Baca

Pengunjung website Anda tidak akan mencari bacaan yang sama halnya seperti sebuah buku. Gunakan konten yang pendek agar mereka mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan mudah. Hilangkan informasi yang tidak penting dan langsung kepada pokok-nya dengan menggunakan bullets dan contoh.

4. Gunakan Heading Yang Berisi Kata Kunci

Menggunakan kata kunci dalam konten sangat bagus untuk membuatnya dikenali oleh mesin pencari. Selain itu, ini juga merupakan cara yang bagus untuk membuat konten dapat dibaca secara langsung untuk informasi yang pengguna cari.

5. Gunakan Konten Visual

“Pictures are worth a thousand words”  jadi Anda bisa menjelaskan banyak informasi dalam sebuah gambar, grafik, infographic, video, atau foto. Konten visual menjadi sangat populer belakangan ini karena dapat dengan mudah menarik perhatian.

6. Buat Navigasi Lebih Mudah

Hal terakhir yang biasa dialami pengunjung adalah tersesat setelah masuk kedalam website Anda. Jika ini terjadi, kebanyakan akan langsung pergi. Nah, maka pastikan navigasi Anda lancar, sederhana, dan mudah.

7. Bangun Relasi Pada Pengunjung

Setelah pengunjung meninggalkan website Anda, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali. Oleh karena itu, Anda perlu membangun hubungan dengan mereka, seperti dengan email capture form dan social media “join us” calls to actions

8. Pastikan Semuanya Bekerja

Tidak ada hal lain yang dapat mengecewakan pengunjung lebih dari broken links, slow loading, atau form yang tidak bekerja. Pastikan Anda memeriksa secara berkala untuk memastikan semua aspek bekerja agar tidak kehilangan pengunjung.

9. Buat Website Anda Responsive

Website biasa tidak dibuat untuk dilihat dalam mobile devices. Jutaan orang saat ini menggunakan smartphone mereka untuk membuka website. Jadi anda perlu memiliki website yang mobile-friendly dan responsive agar tidak kehilangan pengunjung.

10. Jangan Lupa Membuat Calls to Action

Setiap halaman website Anda harus memiliki sebuah call to action yang memberitahukan pengunjung apa yang perlu mereka lakukan. Call to action yang kamu buat harus singkat, jelas, dan langsung. Minta mereka menghubungi kamu  atau email? Tingkatkan konversi dengan meminta mereka melakukannya.

Penutup

Nah, 10 Tips membuat website yang efektif untuk bisnis diatas bisa mulai Anda terapkan untuk website yang sudah dipunyai. Menentukan dan mulai dengan target akan membuatnya lebih efektif dan menarik sehingga membuat bisnis yang Anda miliki semakin dikenal dan berkembang, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya. 

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar