Alasan Kenapa Harus Memilih Sekolah Berbasis Islam

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum Sahabun...

Bener nggak sih? Saat menjelang tahun ajaran baru, moment itu akan menjadi momen dengan penuh kegalauan bagi orangtua. Termasuk saya sendiri. 

Gimana nggak galau? Hampir seluruh orangtua yang mempunyai anak usia sekolah, pasti akan berhadapan dengan berbagai macam pilihan sekolah yang baik bagi anaknya. 

Termasuk saya sendiri, sangat bingung untuk menentukan sekolah dimana, survey dan juga mencari info-info lembaga sekolah yang klik dan berbasis Islam, tentunya. 

Bund, tahu nggak? bahwa ternyata sekolah berbasis Islam itu memiliki keunggulan yang lebih lho. Nah itulah kenapa banyak sekali orangtua yang lebih memilih sekolah yang berbasis Islam dengan berbagai alasan dan pertimbangan. 

Alasan kenapa harus memilih sekolah berbasis islam

Karena di zaman sekarang ini, sangat banyak sekali para orang tua yang lebih berhati-hati terlebih saat memilihkan sekolah untuk buah hati mereka. Dan, hal ini sangatlah wajar karena tentu saja demi kesuksesan anak mereka kelak.

Di Indonesia sendiri, tentunya banyak sekali berdiri lembaga-lembaga sekolah, mulai dari sekolah biasa hingga ada pula sekolah yang menawarkan beberapa keunggulan mulai dari fasilitas, gedung, program unggulan, ekstrakurikuler dan masih banyak yang lainnya.

Untuk saya pribadi, salah satu pilihan sekolah untuk anak adalah dengan memilihkan mereka sekolah dengan basic sekolah islam. Kenapa? Berikut beberapa alasan yang juga menjadi alasan para orangtua yang lainnya, diantaranya adalah: 

1. Anak investasi dunia akhirat.

Investasi adalah suatu usaha yang membutuhkan modal sampai akhirnya kita akan menuaikan hasilnya di akhir. Maka buat tidak ada kata mubazir untuk anak, orangtua rela bekerja keras untuk menyekolahkan di sekolah yang relatif mahal menurut orang, tapi hasilnya untuk dunia akhirat.

2. Pelajaran Agama yang Lebih Intensif.

Kalau belajar di sekolah umum, pelajaran agamanya tidak banyak. Paling 2 jam setiap minggunya. Bandingkan dengan sekolah terpadu. Untuk pelajaran agamanya mungkin sama, yakni 2 jam. Tapi banyak pelajaran yang terkait dengan agama, misal: mengaji, menulis Arab, hafalan doa, belajar sejarah agama, shalat Dhuha jamaah dan lainnya.

3. Dilatih Berahlaqul Karimah

Salah satu alasan yang penting dari memilih sekolah berbasis Islami adalah adanya pelatihan tingkah laku dan budi pekerti menurut tuntunan agama. Sejak masuk ke gerbang sekolah sampai nantinya pulang sekolah, anak-anakdilatih untuk berlaku sesuai tuntunan agama. Misal, murid datang ke sekolah disambut oleh guru dan kita menyalami dengan mencium tangan secara takzim para guru, lalu nanti shalat Dhuha jamaah. Juga ikrar sebelum masuk kelas yang sebagian adalah doa sebelum belajar. Masuk kamar mandi berdoa, mau masuk masjid berdoa, dan lainnya.

4. Dipenuhi Kegiatan Tambahan yang Positif.

Mereka memiliki jam khusus untuk membaca dan menulis. Mereka diminta untuk membaca buku-buku umum selain buku pelajaran. Bisa buku pribadi yang dibawa dari rumah atau pinjam dari perpustakaan. Lalu mereka diajari dan diminta untuk menulis. Dua kegiatan ini, membaca dan menulis, adalah positif dan berguna untuk pendidikan. Bahkan secara giliran, guru kelas akan mengajak seluruh siswanya ke perpustakaan untuk membaca bareng di sana.

5. Perhatian Eksklusif dari Guru.

Karena masa belajar yang lama, maka para guru akan lebih kenal dan dekat dengan siswa-siswanya. Sehingga mereka tahu apa yang menjadi kendala seorang siswa dalam belajar. Dia juga tahu kelebihan, kekurangan, bakat dan minat siswa. Dengan perhatian yang lebih, maka harapannya siswa bisa lebih berprestasi.

Bagaimana harapan orang tua terhadap sekolah Islam?

motivasi orang tua dengan memilih sekolah Islam sebagai tempat anak belajar mengahadirkan  harapan. Orang tua berharap putra-putrinya dapat memiliki pemahaman agama yang kuat serta meningkatkan iman dan taqwa mereka. Hal ini dapat tercermin dari akhlak, perilaku dan rajinnya mereka dalam beribadah.

Selain itu banyak juga orang tua yang mengharapkan anaknya menjadi hafidz, ataupun mubaligh dengan adanya tahfidz yang menjadi salah satu program unggulan di sekolah Islam. Namun yang lebih utama adalah bagaimana anak dapat mengaplikasikan ilmu yang tersebut agar bermanfaat bagi orang banyak. 

Manfaat anak bersekolah di SD Islam Terpadu

SD Islam terpadu yang memadukan antara ilmu umum dan ilmu keagamaan menjadi sebuah paket lengkap untuk tumbuh kembang anak.

Program pembiasaan ibadah dalam keseharian-nya akan membentuk ketaqwaan dalam diri anak. fasilitas yang lebih lengkap, juga tenaga pengajar profesional dan cara belajar dinamis memberikan ruang dan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi potensi lebih luas.  

Ada banyak hal yang memotivasi orang tua memilih sekolah Islam. Mulai dari fasilitas sekolah yang lengkap hingga ingin membekali anak pemahaman agama dan ilmu ilmiah. Meski begitu, Orang tua tetap memiliki peran yang penting terhadap perkembangan dan masa depan anak. 

Semoga bermanfaat, ya... 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar