Blog pribadi Sasha

 

Tips Menjaga Imunitas Anak Saat Sekolah Tatap Muka

3 komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum sahabat bunda imut ;) 

Bulan Juli, sudah pasti menjadi bulan ajaran baru tahun 2022/2023. Melihat angka kasus Virus Covid-19 yang semakin menurun. Membuat persiapan sekolah tatap muka kini mulai dilakukan oleh sejumlah orang tua, termasuk saya pribadi. 

Dengan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka ini, diharapkan bisa mengurangi dampak buruk yang berkepanjangan akibat pandemi terlebih tentang kualitas pendidikan, tumbuh kembang, juga hak anak.
Tips menjaga imunitas anak saat sekolah tatap muka

Untuk itu, peranan orang tua menjadi sangat penting dan dibutuhkan agar bisa menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif saat tahun ajaran baru sudah dimulai.

Selain sibuk mempersiapkan beragam perlengkapan yang perlu dibawa anak saat kembali sekolah offline, orang tua juga dianjurkan untuk bisa menjaga imunitas tubuh anak.

Apalagi, saat pembelajaran tatap muka di tahun ajaran baru, anak kita akan berinteraksi dengan banyak orang, yang mengharuskan kondisi anak harus selalu dalam keadaan sehat.

Melansir dari laman Daily Sabah, Spesialis Kesehatan dan Penyakit Anak Dr. iğdem Yavrucu memberikan tips tentang cara meningkatkan sistem kekebalan anak-anak dalam rangka persiapan sekolah tatap muka. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berikan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi


Dr. Yavrucu menyarankan untuk memberikan anak makanan yang kaya akan kandungan protein.

Hal tersebut karena protein merupakan bahan pembangun jaringan dan tubuh kita secara keseluruhan.

“Untuk memastikan anak-anak mendapatkan protein yang cukup, berikan konsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu, daging merah dua atau tiga kali seminggu, dan kacang-kacangan seperti buncis dua hingga tiga kali seminggu,” ungkapnya.

Lebih lanjut lagi, Beliau menyarankan jika anak tidak mengalami alergi, orangtua setidaknya bisa memberikan mereka telur, keju, dan mentega setiap pagi.

Dalam persiapan pembelajaran tatap muka, sangat penting bagi orangtua untuk selalu memintanya agar mengonsumsi buah dan sayuran sebagai vitamin alami.

Pilihan buah yang bisa Anda jadikan referensi dan diberikan kepada anak, seperti buah jeruk, dan buah delima yang berfungsi sebagai sumber vitamin C yang sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, makanan yang kaya akan kandungan probiotik dan prebiotik juga bisa membantu menjaga imunitas anak dalam rangka persiapan pembelajaran tatap muka.

2. Mengajarkan anak tentang menjaga kebersihan dan selalu memakai masker


Melihat kebiasaan anak yang suka menyentuh area mulut dan hidung, orang tua sangat perlu untuk mengajarkan anak agar selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, juga agar mandi setelah beraktivitas di luar.

Selain itu, orang tua juga harus bisa memberikan contoh kepada anaknya untuk selalmemakai masker di lingkungan yang ramai dan tertutup, selanjutnya agar meminta anak-anak untuk melakukan hal yang sama.

3. Pastikan anak Anda rajin meminum air putih


Umumnya, anak-anak sering lupa untuk minum air, bahkan ada beberapa anak yang justru tidak menyukai air putih. Jadi pastikan agar Anda tahu kadar air putih yang sudah mereka minum dan selalu ingatkan mereka untuk meminum air putih agar mereka bisa terhidrasi dengan baik. 

Selain itu, manfaat minum air putih juga bisa membantu mengatur sirkulasi darah, mendukung metabolisme juga membantu membunuh racun dari dalam tubuh.

4. Tetapkan jadwal tidur


Ketika anak-anak mengalami kelelahan dan kurang tidur, otomatis daya tahan tubuh mereka juga akan menurun dan membuat mereka menjadi lebih mudah sakit.

Untuk itu, dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka dan sekolah offline, pastikan agar mereka tidur dalam waktu yang cukup, ya. Karena, dengan waktu tidur yang cukup bisa meningkatkan kemampuan imunitas tubuh melawan penyakit apa pun yang mungkin datang. Yavrucu juga menekankan untuk memastikan anak tidur pada waktu yang sama setiap malam.

5. Ajak anak untuk ikut berolahraga


Selain nutrisi yang dikonsumsi, olahraga juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Sebagai orang tua, Anda tentu memiliki peran penting dalam mengajak anak untuk rajin berolahraga. Yavrucu menyarankan, cara terbaik dalam mengajak anak-anak bergerak adalah dengan memilih olahraga yang menurut mereka menyenangkan dan membantu mereka berkembang.

6. Jaga imunitas anak dengan Interlac +Vit D3


Saya sendiri sudah melakukan berbagai cara untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tetap bisa beraktivitas saat di sekolah dan di luar rumah dengan aman. Selain memenuhi asupan yang kaya akan nutrisi dan gizi seimbang. 

Sebagai asupan tambahan, saya juga menyediakan INTERLAC + Vit D3 sebagai vitamin booster untuk anak. INTERLAC + Vit D3 adalah suplemen praktis berbentuk tablet kunyah rasa jeruk. Selain rasanya yang enak dan disukai anak-anak, INTERLAC + Vit D3 juga memiliki komposisi probiotik dan Vitamin D yang manfaatnya tak perlu diragukan lagi untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Cerita Pengalaman saat Mengonsumsi INTERLAC + Vit D3

Jaga  imunitas anak saat sekolah tatap muka

Interlac+Vit D3 yang asli hanya tersedia di Shopee, Tokopedia, apotik dan baby shop. Interlac adalah probiotik berpaten yang memiliki paling banyak studi dibandingkan probiotik lainnya. INTERLAC + Vit D3 diformulasikan dari 2 bahan utama, yaitu:

  1. Lactobacillus Reuteri DSM 17938 yang efektif menjaga kesehatan saluran cerna, mencegah dan mengatasi diare, sembelit, juga kembung.
  2. Vitamin D3 yang dapat mempengaruhi imunitas bawaan (innate) dan imunitas yang di dapat di luar (adaptive), mengatur kadar insulin dan gula darah, menjaga kesehatan tulang, jantung dan pembuluh.
  3. Kombinasi antara probiotik dan Vitamin D3 terbukti dapat meningkatkan penyerapan Vitamin D dibandingkan jika dikonsumsi dalam bentuk Vit D tunggal. Selain itu, kombinasi keduanya juga efektif menjaga daya tahan tubuh karena dapat menjaga saluran cerna, mengurangi gangguan alergi kambuhan, seperti asma dan dermatitis atopic. Juga mencegah infeksi bakteri dan usus.

Tak hanya baik untuk menjaga daya tahan tubuh anak, kombinasi INTERLAC +Vit D3 juga sangat baik di konsumsi ibu hamil untuk bisa menunjang pertumbuhan bayi di 1000 hari pertama kehidupannya lho. 

Kelebihan Mengonsumsi INTERLAC + Vit D3


INTERLAC + Vit D3 memiliki rasa yang enak dan mudah dikonsumsi karena berbentuk tablet kunyah. Cara konsumsinya sangat mudah dan dapat dibawa ke mana-mana karena praktis, tinggal dikunyah saja. 

Selain itu, INTERLAC + Vit D3 rasanya tidak pahit meskipun terlihat seperti obat, sehingga sangat disukai DuoNaj. 

Sejak mengkonsumsi INTERLAC + Vit D3, baik Najwa maupun Najib jadi jarang mengalami masalah pencernaan. Selain itu keduanya juga jadi jarang sakit sehingga tetap aktif berkegiatan baik di rumaupun maupun di sekolah.

Beli dan Konsumsi Hanya INTERLAC + Vit D3 yang Asli


Interlac suplemen praktis berbentuk tablet kunyah
Bagi orang tua yang sedang mencari suplemen untuk meningkatkan imunitas anak di masa #backtoschool seperti sekarang, saya sangat merekomendasikan INTERLAC + Vit D3 karena efektif menjaga saluran cerna dan daya tahan tubuh anak.

Selain itu, INTERLAC + Vit D3 praktis dan dapat dikonsumsi sendiri oleh anak-anak karena berbentuk tablet kunyah sehingga tidak khawatir tumpah seperti vitamin sirup. Juga tidak khawatir dosis pemakaian berlebih atau kurang.

Berhubung sekarang sedang marak pemalsuan produk Interlac, pastikan hanya membeli produk INTERLAC + Vit D3 yang asli melalui toko online Interlac di Shopee atau Tokopedia. INTERLAC + Vit D3 yang asli juga bisa didapatkan di apotik dan baby shop kepercayaan kita semua. Untuk mendapatkan segala informasi tentang suplemen pencernaan ini, ikuti dan pantau terus IG Interlac di @interlacprobiotics. 

Tips menjaga inunitas anak saat sekolah tatap muka

Kesimpulan

Menjaga daya tahan tubuh anak merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu melejitkan prestasi mereka. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, orang tua perlu menjaga imunitas anak pada momen back to school yang sangat mereka nantikan.

Menjaga kesehatan saluran cerna merupakan cara penting untuk menjaga imunitas tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, usahakan menjaga pola makan, memenuhi asupan dengan gizi seimbang, penuhi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup. Jangan lupa konsumsi suplemen probiotik dari INTERLAC + Vit D3 yang asli sebagai booster imunitas anak.

Dengan melakukan persiapan sekolah tatap muka sebaik mungkin, orang tua dapat meminimalisir adanya penularan virus Covid-19, sehingga pembelajaran pun dapat berjalan dengan baik dan aman.

Semoga artikelnya bermanfaat, ya. 
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh. 




Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !
Terbaru Lebih lama

Related Posts

3 komentar

  1. Anak memang butuh imunitas lebih agar tetap sehat saat sekolah ya mbak. Apalagi saat ini sudah full day. Pasti capek. Harus dijaga kesehatannya biar gak gampang sakit

    BalasHapus
  2. Harus jaga kondisi ya. COVID-19 jangan dianggap sepele, temen-temen Jakarta masih ada yang terpapar hingga kini. Semoga semua anggota keluarganya sehat selalu mba

    BalasHapus
  3. Meski katanya covid udah selesai tapi tetap harus berhati hati ya terutama anak anak harus diberi perhatian ekstra dan vitamin juga ekstra seperti pemberian suplemen

    BalasHapus

Posting Komentar