Cara Mengatasi Redirect di Blogspot, Error 301 dan 302

38 komentar
Konten [Tampil]

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hampir di ujung bulan Juni nih, bagaimana kabar Sahabun semua? Menulis di ujung bulan yang sebentar lagi berganti nama, heheheh kali ini saya mau menuliskan tentang pengalaman mengikuti salah satu kelas audit SEO. Kelas tentang crawling blog dengan Screaming Frog yang dipandu oleh Coach Irwin. 

Cara mengatasi redirect di blogspot
Mengatasi redirect di blogspot

Nah, tugas sesi ke dua kelas ini adalah menulis tentang salah satu materi yang diajarkan, disini saya akan menulis tentang cara mengatasi re direct di blogspot. Membersihkan error 301 dan 302 juga bagaimana cara mengatasi https ke https dan cara untuk mengatasi link yang sudah kita ubah sebelumnya. 

Penasaran kan, apasih sebenarnya pengertian error 301 dan 302 ini? Selengkapnya saya akan jelaskan di bawah ini. 

Apa itu error 301 dan 302? 

Pengertian Error 301

Penjelasan tentang error 301 adalah adanya kode status yang dikirimkan dari server ke browser kita untuk menyatakan bahwa lonk lama kita sudah berlindah ke link yang baru secara permanen. Nah 301 ini lebih simpelnya adalah tentang re direct atau pengalihan. 

Re direct atau pengalihan 301 ini biasanya digunakan untuk kita yang pernah mengubah link atau permalink baru. Dengan adanya re direct 301, maka pengunjung blog atau situs kita akan mendapatkan info pada blog kita dengan langsung mengarahkan ke link yang baru. 

Pengertian Error 302

Sebaliknya, berbeda dengan 302 yang akan memindahkan link secara sementara dan bisa dikembalikan ke link lama jika di perlukan. Jadi singkatnya Re direct 301 adalah oengalihan url yang bersifat permanen, sedangkan re direct 302 adalah pengalihan url yang sifatnya sementara. 

Lalu, apa hubungannya jika kedua error ini tidak diperbaiki? Baca tulisan ini sampai habis, ya. 

Alasan Error 301 dan 302 Harus diperbaiki

Pasti Sahabun alias Sahabat Bunda pada bertanya-tanya kan? Kenapa kok harus diperbaiki padahal harusnya kan link-link 301 juga 302 ini baik-baik saja, kalau kata coach Irwin lebih baik kita mengikuti link baru yang tersedia, daripada masih bertahan dengan link yang lama. 

Seperti misalnya ketika saya pernah menulis artikel yang di dalamnya ada link website asemmanis.com/manis, nah ternyata di waktu lain link tersebut berubah otomatis menjadi asemmanis.com/manismadu jadi lebih baik kita gunakan link yang baru tersebut, itu akan jadi lebih baik. 

Perbaiki Redirect Blog dengan Screaming Frog 

Biar lebih mudah, Teman-teman nggak perlu lho cari satu-persatu link yang berubah tersebut, cukup dengan memakai software bernama Screaming Frog. Apa ini? Kok ada kodok-kodoknya, hehehehhe. 

Secara singkat, Screaming Frog ini adalah salah satu software yang bisa melakukan site audit, software ini bisa mencari suatu kesalahan dengan menunjukkan kode respon di suatu halaman blog kita. 

Hanya dengan memasukkan link blog kita di Screaming frog, maka dia akan menghitung dengan cara crawling setiap apa yang ada pada halaman blog kita. Jadi nanti akan muncul keterangan mana saja yang error, dan mana saja yang perlu diperbaiki. Yang sudah benar juga ada keterangannya jadi kita tidak perlu mengotak atiknya lagi. 

Bagaimana Cara Mengatasi Redirect di Blogspot? 

Nah, sekarang bagaimana cara mengatasi redirect di blogspot?Sebenarnya permasalahan redirect ini berbeda-beda, jadi saya akan mencoba menuliskan berdasarkan yang dijelaskan Coach Irwin sebagai berikut:

  1. Mengedit Manual Pada Postingan Blog Kita

Yang pertama adalah jika yang kita temui kodenya 302, lihat foto berikut ya
Mengatasi redirect di blogspot

Ternyata ada link sebuah website yang statusnya 302. Cara tahu lokasi link tersebut adalah dengan kita mengklik jendela bagian bawah dengan tulisan out link, nah ternyata link tersebut sudah berubah. Jadi kita harus mengubahnya biar website tersebut tetap bagus. 

Caranya, tinggal edit manual di postingan blogspot kita, cara mencarinya adalah dengan klik bagian inginkan, nah nanti disitu akan ada keterangan lokasi linknya dan kita bisa dengan mudah mengubah link yang berubah di artikel tersebut. 

2. Mengganti Http ke Https 

Caranya adalah dengan mengatur di bagian setting atau pengaturan di blogspot. Scroll ke bawah, nanti ada bagian HTTPS, lalu Pengalihan HTTPS. 

Cara mengatasi redirect di blogspot
Gambar Dashboard Blogspot


Nah, aktifkan tombolnya menjadi warna hijau, yang berarti: memastikan kunjungan ke http dialihkan ke https. Jika sudah secara otomatis, link-link kita menjadi https dan ditandai aman. 

Penutup

Sebenarnya ada satu lagi masalah redirect yang keterangannya adalah link bitly, cuma karena kebetulan kesalahan di blog saya belum ada link bitly jadi saya belum bisa mengerjakan jika yang muncul adalah link bitly, kalau kata coach Irwin sih suruh biarkan karena biasanya link itu memang sengaja dibuat untuk memudahkan dalam melacak jumlah klik di website tertentu. 

Nah, jadi itulah beberapa masalah redirect yang saya benerin dengan bantuan Screaming Frog, meskipun agak lama sih proses Crawl nya, tapi dengan kemudahan yang diberikan saya sangat bersyukur bisa belajar di kelas ini. Doakan saya bisa lolos sampai akhir dan blog satu-satunya ini bisa lebih baik, ya. Semoga bermanfaat. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

38 komentar

  1. Mantap banget nih ilmunya di kelas screaming frog coach irwin. Terima kasih Mbak Sasha sudah berbagi ilmunya, next mudah-mudahan bisa praktekkin perlahan untuk redirect ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih awal perjalanan nih pak Yo.. Hehehe doakan aku bisa lolos ya.. Hehehe

      Hapus
  2. Aku banyak nieh eror 301 puluhaan, wah pe ER banget ngerjainnya mbak. Bismillah Semoga bisa terkejar menyelesaikan tugas Redirect ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaak... Krn mbak sudah blogger senior jadi banyak ya... Aku masih piyik nih.. Wkwkk

      Hapus
  3. Seru banget ngerjain ini, efeknya langsung naik kunjungan di blog ku lho setelah diberesin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Bu Rita, semoga kita bisa sama² lolos sampai Kelas berakhir ya

      Hapus
  4. Wah alhamdulillah udah selesai ya mbak tugasnya...
    Seneng seneng gemes ngerjain ini..
    Happy banget kalau udah beres..hehe
    Aamiin semoga kita lulus sampai akhir ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya masih ada satu yang belum nemu lokasinya dimana mba.. Hehehe

      Hapus
  5. Barakallaah dapat ilmu terus ya mbak...
    Jadi paham deh obrolan teman-teman tentang kodok menjerit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Bund, nanti batch selanjutnya kalau dibuka ikut kelasnya ya.. Hehehehe

      Hapus
  6. Wah udah selesai aja nih tulisannya, aku masih belum apa-apa nih :D. Kodok dah aman, tinggal tulisnya belum jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak sugi mah udah ahli.. Heheheh sehari semalam langsung jadi aja artikelnya.. Wkekek

      Hapus
  7. Masha Allah,pada pinter2 editi beginian ya, tolong aku dibantu mbak, bisikin tutorial yutubnya, wis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti doakan sampai lulus ya mbaa... Ntar Insya Allah ditulis detailnya di blog.. Hehehe

      Hapus
  8. Aku pingin deh join sesi kelasnya coach irwin yang screaming frog ini. Kayanya seru ya, blognya makin sehat ngaudit gini. Kalau nggak praktek masih bingung harus ngapain nih sama blgonya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kalau ada Batch 2 semoga bisa ikut ya mbaa... Biar ngerasain pusing juga audit blognya.. Wkekek

      Hapus
  9. Ikut kelas ini berguna sekali ya mba.. Awalnya yg tidak tahu sama sekali tentang link dan bisa menyebabkan ksehatan blog jadi kurang, dan sekarang bisa tau cara memperbaikinya sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak.. Meskipun juga pusing ya cari link dan in linknya.. Hehehe

      Hapus
  10. aku sering dapet laporan hasil crawl tapi gak tau gimana cara perbaikinya bun....huhu pengen ikut kelasnya biar sehat blogku, ternyata merawat blog gak gampang ya bun wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak.. Ntar pas ada batch 2 semoga bisa ikut ya... Hehehhe

      Hapus
  11. Bermanfaat sekali artikelnya, mb. Aku pun dulu suka error gini

    BalasHapus
  12. Bagi penggelut blog atau yang diseut blogger, rasanya perlu sekali membaca artikel ini supaya bisa beberin error 301 302 dan performance blog jadi lebih bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak... Harus bisa juga cari² kesalahan linknya juga.. Hehehe

      Hapus
  13. Wah semangat mbak ikut kelasnya, semoga lolos sampai akhir. Jadi tau nih sekarang kalo kejadian error begitu harus gimana

    BalasHapus
  14. Wah mantap mbak, beljar lagi dan lagi yaaa.. biar makin nambah ilmunya, seneng kalau bisa sharing jg yg bermanfaat gini :)

    BalasHapus
  15. Screamingfrog memudahkan kita menemukan mqsalahnya ya mbak gitu aja kalo ketemu banyak case puyeng juga

    BalasHapus
  16. Wah keren banget nih tulisannya. Berguna buat aku yang newbie ini. Banyak ilmu baru yang aku belum tau. Pas banget nih apalagi aku pakai blogspot juga.

    BalasHapus
  17. Ada kodok-kodoknya. Hehehe.... Aku pas pertama baca "screaming frog" di status salah seorang teman FB, sempat mengerutkan kening. Apaan nih kodok teriak? Hehe... ternyataaa .....

    Bener, urusan brokenlink memang bikin pening. Aku biasa pakai brokenlinkchecker buat bersih-bersih. Screaming frog lebih praktiskah?

    BalasHapus
  18. Nah aku pun melakukan poin dua mba, mengubah ke https

    BalasHapus
  19. Memang perlu redirect link ya, dan paham kodenya ini. Siip mbak jadi wawasan

    BalasHapus
  20. Info penting nih buat para blogger. Kalo aq kena masalah ini udah auto panik duluan hehe

    BalasHapus
  21. Sering baca artikel tentang eror macam ni, tapi belum pernah berbenah. Wih butuh semangat dan niat lurus nih. Saya baca2 lagi InsyaAllah biar lebih ngeh ya mba. Makasih sharing ilmunya.

    BalasHapus
  22. Mantap banget mba artikelnyaa, lengkap huhu thanks banget sudah nulis ini

    BalasHapus
  23. Kereen mbak, aku angkat tangan, wkwk. Langsung pelan-pelan mundur teratur, sampai lihat screaming frog girap-girapen haha.

    BalasHapus
  24. untuk pengalihan error 301 dengan mengaktifkan tumbol peralihan https ke https dalam dasboard malah justru muncul error 301nya. ini kurang efektif malah masalahnya bertambah

    BalasHapus
  25. kak bantu saya donk, cek di semrush link sudah diarahkan ke alamat url yang benar, tapi masih juga keterangan error, kenapa ya tu

    BalasHapus
  26. sy selalu error kenapa ya, kemarin pas buat di masterweb. padahal sudah sy tunggu hingga 3 harian

    BalasHapus

Posting Komentar