Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Review Zoominar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

48 komentar
Assalamualaikum sahabat bunda imut. Bagaimana kabarnya nih? Ternyata lama juga ya nggak menyapa lewat tulisan di blog ini. Selepas lebaran, kok jiwa semangat menulisnya jadi menurun nih. Mohon bantu semangati agar bisa selalu konsisten untuk menebar kebermanfaatan lewat tulisan ya, lebih semangat menulis dan mengisi blog kembali, amin.

Kebetulan sekali, dua hari yang lalu tepatnya tgl 27 Mei 2021 saya berkesempatan untuk mengikuti seminar yang diadakan dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi, seminar yang dihadiri oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia juga Mundipharma Indonesia dengan Webinar yang berjudul ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ bersama Betadine Indonesia dan acara ini diikuti oleh lebih dari seribu wanita atau para perempuan Indonesia. Tujuan dari webinar ini adalah untuk lebih meningkatkan tentang pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). 

bersih dan sehat saat menstruasi


Berhubungan dengan hal ini, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang senantiasa mengajak perempuan untuk lebih bisa menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Sahabat bunda imut tahu nggak? Kalau hari Kebersihan Menstruasi itu diperingati setiap tanggal 28 Mei? Tujuan adanya peringatan #MenstrualHygineDay ini adalah untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas lho. Keren banget kan?

Penjelasan Para Narasumber Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Dalam sesi awal webinar siang itu, beberapa narasumber memaparkan tentang materi yang sungguh luar biasa penting dan sangat bermanfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut

Dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid Selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, memaparkan “Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Kami juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.”

Meski pengetahuan mengenai MKM sangat penting bagi perempuan, data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menarke, hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi ke ibunya. Ironisnya ibu justru menjadi sumber stigma, mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan, hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari, dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

sehat dan Bersih Saat Menstruasi


Narasumber yang kedua adalah Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH beliau menjelaskan, “Pada saat menstruasi, resiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan MKM di antaranya membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala, menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi, menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik, serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.”

Prof. Diana juga menegaskan jika, “Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks. Merawat vagina sangatlah mudah, yaitu dengan membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar, hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan, menggunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina, cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina, menggunakan celana dalam berbahan katun, serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smear atau IVA secara teratur.”

Dilanjutkan oleh narasumber selanjutnya yaitu Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., beliau menjelaskan tentang, “Anak perempuan yang tak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat yang didapat, antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. Tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak tepat, padahal berharap bisa membicarakan hal ini dengan ibunya. Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi".

Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak :

  • Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar
  • Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya; Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap
  • Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan
  • Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi
  • Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan
  • Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.

Narasumber terakhir yaitu Country Manager Mundipharma Indonesia, Ibu Mada Shinta Dewi yang menyampaikan, “Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik, pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator, hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. 
Sehat dan bersih saat menstruasi



Tentang BETADINE®

BETADINE® adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah merek terpercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan, infeksi kewanitaan, dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar. BETADINE® Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. Untuk sehari–hari, BETADINE® Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. Untuk infeksi di area kewanitaan, BETADINE® Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi:

Raisha Wirapersada
Media Relations
Inke Maris & Associates
Telp : (021) 8281250
Email : raisha.wirapersada@inkemaris.com

Sahabat juga bisa langsung klik https://shopee.co.id/betadineofficial atau https://www.tokopedia.com/betadineofficial?source=universe&st=product

Nah, daging semua kan Zoominar tetap sehat dan cantik saat menstruasi bersama Betadine. Semoga kita semakin Aware terhadap kebersihan diri juga lingkungan kita ya. Yang terpenting adalah tentang edukasi terhadap anak-anak kita tentang pentingnya merawat kebersihan saat menstruasi. Semoga ulasannya bermanfaat ya. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 












Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

48 komentar

  1. Bermanfata sekali ini zoominarnya .. Terimakasih sudah menuliskan ulasan ini ya bunda ;)

    BalasHapus
  2. Seneng banget ya bisa ikutan nyimak webinarnya, materinya super lengkap, jd nambah wawasan banget nih :)

    BalasHapus
  3. Auto fokus ke judulnya. Zoominar. Biasanya saya lebih akrab dg webinar. Sayang banget saya ketinggalan event-nya. Pasti banyak ilmunya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya, baru ngeh juga hehe karena pakai zoom jadi zoominar ya hehe.. materinya emang 'daging' banget nih jadi nambah wawasan ttg menstruasi :)

      Hapus
  4. Bunda imut yang beneran imut nih. Wah, banyak banget manfaat webinar ini ya mbak. Sayang banget saya selalu melewatkan webinar karena bentrok dengan jam kerja. Apalagi temanya tentang menstruasi yang kadang sensitif diperbincangkan namun sangat perlu untuk dibahas.

    BalasHapus
  5. senangnya pada banyak ilmu yang didapat ya mba, dari webinar ini, sayangnya saya belum bisa ikutan kegiatan webinar ini. padahal bisa dapat ilmu banyak niy bagaimana merawat area perempuan dengan benar dan bagaimana cara mengenalkannya ke anak-anak

    BalasHapus
  6. Ilmu yang di dapat dari zoom ini banyak banget dan semua penting banget ya bunda.. Khususnya sebagai seorang ibu harus lebih aktif lagi nih ya..

    BalasHapus
  7. aku juga iikut nih bunda, penting banget kita mengisi keilmuan tentang MKM ini untuk diri dan anak-anak kita ya.

    BalasHapus
  8. Seneng banget kemarin bisa gabung juga mbaa di sesi inii. Rasanya banyak dapat pengetahuan soal manajemen kebersihan menstruasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, beruntung banget bisa ikutan jadi nambah pengetahuan ttg menstruasi dan lbh aware sama kebersihan dan kesehatan organ reproduksi :)

      Hapus
  9. Webinar dengan tema yang sangat menarik. Thanks sudah sharing ilmu yang didapatkan ya jadi ikut teresukasi juga nih terkait pentingnya menjaga kebersihan saat haid

    BalasHapus
  10. Detail ya kak. Aku suka sekali bisa membaca ulasan kawan2 yang ikut seminar gini. Berasa kecipratan ilmunyam

    Iya menarke itu menjadi awal ya. Mungkin aku adalah salah satu korban ketidak tahuan akan ini. Ortu juga kondisinya tak banyak memberi edukasi

    Jadi saat tahu darah keluaf aku nangis hahahaha.


    Sekrg punya duo sholihah.berharap bisa lebib aware ke mereka aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sama nih Mbak karena gak ada edukasi sebelumnya jadi pas pertama kali haid reaksinya langsung nangis wkwk. Iya senang banget nih karena meski gak ikut zoominarnya tapi bisa kecipratan juga ilmunya dari baca sharing seperti ini

      Hapus
  11. Iya bun, edukasi tentang mentruasi penting banget nih buat anak. Biar nggak salah informasi dan termakan hoaks.

    BalasHapus
  12. Aku banyak banget dapat ilmu di zoominar kemarin ini. Jadi punya bekal buat cerita ke anak sendiri

    BalasHapus
  13. Webinar yang banyak banget ilmunya lho ini. Termasuk tentang hari menstruasi yang tenyata ada, dan jatuh pada 28 Mei. Baru tau banget soal ini.

    BalasHapus
  14. Jadi pengen ikutan dehh webinar kayak gini..
    Seru dan ndaging semua yaa ilmunya. Aku yang baca ulasannya jadi pengen ikutan bangett..

    BalasHapus
  15. Saya baru tahu ada webinar ini, bermanfaat sekali nih untuk para perempuan yang sedang mengalami menstruasi.
    Awalnya saya juga kepikiran mau nyari obat buat pengharum atau pembersih vagina gitu, soalnya kan saya suka bermasalah dengan kewanitaan saat menstruasi seperti gatal-gatal, mbak . Akhirnya ketemu juga rekomendasi Betadine khusus kewanitaan, termakasih
    nanti saya coba deh 🙂

    BalasHapus
  16. Aku ikut jg seminar ini, keren deh jadi dapat masukan seputar menstruasi

    BalasHapus
  17. Saya juga ikut webinar ini. Jadi lebih paham dan ngerti tentang manajemen kebersihan menstruasi..

    BalasHapus
  18. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    BalasHapus
  19. Laily Fitriani6 Juni 2021 17.25

    Happy banget ikutan webinar yang sangat bermanfaat ini, sehingga para Bunda mempunyai ilmu yang cukup untuk mengedukasi para anandanya.

    BalasHapus
  20. Zoominarnya bermanfaat sekali dong ya, bisa dapat ilmu tentang pentingnya edukasi menstruasi juga.. terimakasih sudaj menuliskan ini kakak..

    BalasHapus
  21. Allhamdulilah ya bun ini acara banyk ilmu banget dan mengedukasi. Hepi bisa ikutan saadar diri diriku harus banyak berbenah

    BalasHapus
  22. webinar yang komplit banget dan bermanfaat bagi para ibu dan perempuan agar mendapatkan pengetahuan menstruasi dengan maksimal.

    BalasHapus
  23. Thank you informasinya mam... Aku juga ikutan webinarnya. Sangat mencerahkan dan bermanfaat ya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  24. Bener banget. Isi webinarnya daging semua. Sangat bermanfaat buat para perempuan yang masih minim pengetahuan tentang menstruasi

    BalasHapus
  25. Seneng banget bisa mengikuti acara ini Sebagai perempuan dan calon ibu pengetahuan soal kesehatan reproduksi sangat diperlukan. Apalagi Menstrual Hygiene Day ini juga mengingatkan perempuan untuk senantiasanya menjaga kesehatan dan kebersihan

    BalasHapus
  26. Keberadaan Hari Kebersihan Menstruasi ini bagus banget ya. Karena faktanya masih banyak orang yang awam tentang sesuatu yang padahal dampaknya besar bagi kesehatan wanita.

    BalasHapus
  27. Wah, webinar ini sangat bermanfaat banget. Khususnya bagi saya yang memiliki anak perempuan, nih. Saya harus mulai mengajarkan pada anak perempuan mengenai menstruasi.

    BalasHapus
  28. Keren banget acaranya, materinya bermanfaat. Jadi serasa ikutan webinar baca penjelasanya

    BalasHapus
  29. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  30. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  31. dengan ikutaan webinar ini, sekarang aku jadi tahu bagaimana cara menyampaikan informasi seputar menstruasi ke anak

    BalasHapus
  32. Ibu selalu punya peranan penting dalam hal apapun termasuk mengedukasi tentang menstruasi ke anak perempuannya, semangat moms

    BalasHapus
  33. Aku juga ikutan kak webinar ini
    Panen ilmu banget. Sampai waktu nggak berasa berlalu. Anti ngantuk karena materi seputar menstruasinya disampai dengan sangat ringan

    BalasHapus
  34. Jujur jadi dapat ilmu baru dan momen aha kok aku baru tahu ya. Zoominar yang keren membahas hal-hal yang terkesan tabu padahal perlu banget untuk dibahas

    BalasHapus
  35. Ikut webinar kemarin banyak ilmu yang didapat jadi tau dah sekarang mana mitos dan mana fakta saat menstruasi

    BalasHapus

  36. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.
    Jadi bekal sebelum anak anak menarke

    BalasHapus
  37. Webinar nya daging banget bekal buat para ibu

    BalasHapus
  38. Semangat mbak.. Yuk kita semangat nulis lagi, akupun kadang naik turun mood buat nulisnya, hihi.
    Ohiya, materi webinar ini lengkap banget ya. Nggak hanya bermanfaat buat para anak perempuan tapi juga buat kita semua.

    BalasHapus
  39. Seneng banget sekarang banyak yg bahas secara terbuka, jd informasi bisa tersampaikan dengan baik dan menyeluruh. Kaya gini bukan hal yg harus ditutupin memang, karena bagian dari memahami proses alamiah diri, baik perempuan maupun laki-laki

    BalasHapus
  40. Dengan semakin canggihnya teknologi dan pengetahuan apapun yang bisa mudah didapat, tentu saja pengetahuan yang dulunya di anggap tabu untuk dibahas dengan anak laki-laki sekarang jadi lebih terbuka yaa..

    BalasHapus
  41. Jadi diingatkan lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan miss v saat menstruasi ya ka. Selama ini sempt dilema juga saat ingin memakai sabun khusus miss v. Alhamdlillaah sekrang tercerahkan.

    BalasHapus
  42. Lengkap banget pembahasan nya, Ibu mmg sosok terdepan utk materi menstruasi ini ya mb, jadi penting banget Ibu membekali diri dengan informasi ini ya mb

    BalasHapus
  43. bermanfaat banget utk orang tua yang punya anak cewek beranjak remaja

    BalasHapus
  44. Baru tau ada peringatannya tiap tgl 28 Mei. Penting banget memang menjaga kebersihan saat mens biar gak gatel

    BalasHapus
  45. saat ini, membicarakan masalah menstruasi ini udah bukan hal yang tabu lagi yaa, Mba. Justru malah sangat penting agar anak remaja yang baru mengalami fase menstruasi bisa mendapatkan info yang benar

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email