Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Merapikan Blog Dengan Site Audit

3 komentar

Assalamualaikum....

Masya Allah, Alhamdulillah sudah di penghujung Ramadhan dan besok sudah hari raya, meskipun sedih karena Ramadhan telah berlalu, tapi harapannya semoga tahun depan masih Allah beri kesempatan untuk bertemu kembali. Aamiin...

Site audit blog


Site audit, sahabat bundaimut.com udah tahu belum apa maksud dari site audit pada blog kita? Curhat sedikit tentang bagaimana hingga saya dan teman-teman bisa tahu istilah ini boleh ya, hehehehe. Ketika itu ada salah satu teman di grup komunitas yang ngumumin jika coach Irwin sedang buka kelas site audit, tetapi pendaftaran dibatasi dan harus bener-bener yakin jika ingin masuk di kelasnya.


Sebenarnya saya sudah tahu nama coach Irwin sejak saya daftar kelas growthing yang entah karena apa saya dua kali daftar dan tidak lolos, wkwkwkw. Mungkin karena alasannya adalah blog yang terlalu muda atau jumlah DA dan PA yang masih bayi. Kelas growthing berlalu, akhirnya setelah ada kabar dibukanya kelas site audit saya langsung buru-buru daftar dan modal nekat aja. Berharap bisa masuk sih memang, karena waktu itu syarat bisa masuk kelas ini adalah DA dan PAnya yang masih bayi dan waktu itu kebetulan banget DA blog ini hanya 2. Heheheheh 


Modal keyakinan itulah akhirnya saya bisa di email dan masuk grup kelasnya coach Irwin ini. Seneng sekaliii dan juga deg-degan karena info dari yang pernah ikut kelasnya tipe coach Irwin ini adalah tegas dan langsung keluarkan peserta jika memang diperlukan, ngerii sih tapi bismillaah saya yakin bisa sampai akhir kelas site audit ini.


Dibuka pada tanggal 12 April kemarin dan rencananya hingga pertengahan bulan ini, kelas site audit dimulai dengan penjelasan tentang apa sebenarnya site audit, dan seberapa pentingnya melakukan site audit untuk blog kita, berikut adalah beberapa penjelasan juga langkah-langkah site audit dari grup belajar site audit oleh coach Irwin.


Pengertian Site Audit

Menurut penjelasan coach Irwin, site audit adalah mencari masalah pada blog kita dengan tools, nah tools yang akan digunakan adalah Moz.com. Ibarat blog itu adalah sebuah rumah, maka rumah tersebut haruslah rapi dan terawat. Ya, meskipun menurut kita blog yang kita punya udah rapi, tapi beda lagi menurut google dan kawan-kawan nya. Karena sekarang ini google lebih menyukai blog dengan struktur yang rapi, jadi kita harus siap untuk merapikan blog kita.


Tutorial Site Audit Dengan Moz.com

1. Kunjungi https://www.moz.com klik login dan masukkan akun yang sudah dikasih oleh coach Irwin

Belajar site audit


2. Nanti akan muncul seperti dibawah ini

Site audit

3. Setelah berhasil login kemudian cari menu On-Demand-Crawl

4. Setelah ketemu, klik heading dan nanti akan ketemu halaman On-Demand-Crawl tersebut

Site audit


5. Masukkan domain blog kita dan klik analyze dan tunggu hasilnya keluar, bisa cepat bisa juga lebih dari 24jam.


Nah, dibawah ini adalah hasil dari crawl blog bundaimut.com pertama kali, issuenya banyaaak sekalii dan yang paling banyak adalah url too long, hehehehe.

Site audit


Setelah tahu apa aja issue yang ada di blog kita, baru deh kita benerin satu-persatu masalahnya tadi. Hingga akhirnya pekan ke-3 issue di blog saya berhasil berkurang 50% lebih sedikit. Yeaaayy... Senang sekalii dan berharap bisa terus ikut kelas ini dan belajar perbaiki issue-issue selanjutnya.


Jadi, jika sahabat bunda imut pingin rapihin blognya, silahkan bisa belajar juga dan coba cek issuenya lewat moz.com ya. Semoga tulisan ini bermanfaat. 


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.






Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

3 komentar

  1. Mantepp. Pelajarannya Coach anu nih yaaa hihi. Keren mbaa. Sukses teruss

    BalasHapus
  2. Masih PR ini melakukan site audit. Kalah ama males, huhu. Padahal kalau pas diaudit, banyak banget bocornya blogku tuuuhh.

    BalasHapus
  3. Blog ku pasti banyak PR nya. Duh...

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email