Orangtua Wajib Tahu, Parenting Islami Cara Mengajarkan Adab Pada Anak

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum Sahabat Bunda...

Mengajarkan adab pada anak dalam aktivitas parenting Islami sangatlah penting dilakukan setiap orang tua. Ya, meskipun tidak bisa dipungkiri jika mengajarkan adab pada anak bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh orang tua dalam penerapan parenting Islami di lingkungan keluarga,

Dalam parenting Islami menekankan pentingnya menanamkan dan mengajarkan adab pada anak sebab hal ini merupakan bagian dari akhlak Islam yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW.

Merangkum keterangan dari berbagai sumber, berikut 5+ cara yang bisa dilakukan orang tua dalam mengajarkan adab pada anak dalam kegiatan parenting Islami.

1. Orang tua senantiasa menjadi teladan

Orang tua wajib memberikan teladan pada anak, dengan menjaga adab yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan melihat orang tua sebagai panutan maka anak akan mengadaptasi adab dan akhlak baik yang dilakukan orang tua.

2. Mulai dengan hal yang sederhana

Mengajarkan adab dapat dilakukan sejak anak usia dini dimulai dari hal-hal sederhana yang paling umum dan sering dilakukan dalam keluarga.

Hal sederhana ini dapat berupa, mengajarkan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah makan, menyantap makanan dengan menggunakan tangan kanan, membiasakan diri mengucapkan bismillah sebelum memulai aktivitas dan selalu berkata jujur.

4. Bercerita tentang kisah Rasulullah SAW

Rasulullah SAW merupakan sosok pribadi yang harus dijadikan teladan dalam kehidupan, kisahnya semasa hidup dapat diteladani oleh anak sehingga anak mempunyai standar adab yang harus diikuti.

5. Istiqomah

Dalam mengajarkan adab pada anak dibutuhkan sikap istiqomah dan konsistensi, sehingga anak akan semakin terbiasa dan memahami adab yang baik untuk diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari. 

3. Ikut sertakan anak dalam aktivitas ibadah

Mengajarkan adab pada anak dapat dilakukan dengan mengikutsertakan mereka dalam aktivitas ibadah orang tua, seperti melakukan shalat berjamaah di rumah maupun di masjid.


Nah, itulah beberapa Tips Parenting tentang cara mengajari adab kepada anak-anak kita. Semoga bermanfaat ya, Bund.


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar