Blog pribadi Sasha

 

Rekomendasi Instrumen Investasi bagi Sandwich Generation

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Investasi

https://www.freepik.com/premium-photo/businessman-recording-earnings-with-coins-stacking-with-plant-growth-jar-money-saving-profit-investment-concept_13531384.htm#page=6&query=money%20investment&position=15&from_view=keyword&track=ais


Banyak sandwich generation yang merasa sulit berinvestasi karena harus menanggung hidup orang tua hingga adik-adiknya. Namun dibalik itu, Anda tetap dapat melakukan investasi asalkan bisa mengelola keuangan secara bijak dan cerdas. Investasi tetap penting Anda lakukan untuk menyiapkan keuangan di masa mendatang dan agar tidak meneruskan beban sandwich generation kepada generasi selanjutnya. 

Menanggung banyak beban sebagai sandwich generation memang cukup membuat stres dan menguras keuangan. Namun agar tidak berlarut-larut dalam kondisi tersebut, Anda wajib memikirkan perencanaan keuangan di masa kini maupun secara jangka panjang. Salah satu cara untuk memutuskan rantai sandwich generation adalah dengan berinvestasi mulai dari sekarang.

Apalagi saat ini berinvestasi dapat dilakukan secara mudah dan bisa dimulai dari modal yang terjangkau. Salah satunya berinvestasi Reksadana melalui platform mobile banking. Namun saat berinvestasi, Anda perlu memilih perencanaan dan memilih instrumen investasi yang tepat bagi sandwich generation agar tidak mengacaukan finansial. 

Instrumen Investasi yang Cocok bagi Sandwich Generation

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk melipatgandakan uang dan mengamankan finansial di masa mendatang. Namun sebagai sandwich generation sebaiknya Anda tidak asal-asalan berinvestasi, sebab setiap instrumen investasi memiliki tingkat risiko dan imbal hasil yang berbeda.

Investasi

(Freepik:


https://www.freepik.com/premium-photo/planting-tree-pile-coins-including-woman-s-hand-holding-coin-tree-coin-concept-saving-money-future-investment_26441952.htm#page=5&query=money%20investment&position=26&from_view=keyword&track=ais)

Saat akan berinvestasi, Anda harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan dan profil risiko yang diinginkan agar tidak memberatkan finansial. Berikut ini rekomendasi beberapa instrumen investasi yang cocok dipilih para sandwich generation. 

1. Reksadana

Instrumen investasi yang sering disarankan untuk dipilih para sandwich generation adalah reksadana. Jenis investasi ini menawarkan kemudahan karena produk investasinya akan dikelola oleh manajer keuangan profesional. Manajer investasi akan mengelola dana yang ditempatkan dalam berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, dan produk pasar uang.

Bagi sandwich generation yang belum memiliki pengetahuan mendalam tentang investasi, reksadana bisa menjadi pilihan yang ideal. Selain itu, investasi ini juga menawarkan risiko yang rendah sehingga Anda tidak perlu terlalu mencemaskan potensi kerugiannya. Bahkan return atau imbal hasil yang bisa Anda dapatkan pun juga bersifat kompetitif dengan instrumen investasi lainnya.  

2. Emas

Logam mulia atau emas juga menjadi pilihan instrumen investasi yang cocok bagi sandwich generation. Emas adalah instrumen investasi yang dinilai aman, dalam situasi resesi ekonomi sekalipun. Itulah mengapa emas dikenal sebagai "safe haven", yang artinya dapat melindungi nilai investasi dari inflasi dan krisis ekonomi. Nilai investasi ini cenderung stabil dan bahkan bisa naik dari waktu ke waktu. 

Meskipun begitu tetap ada risiko dalam investasi emas, seperti penurunan harga. Namun risikonya tidak sebesar pada instrumen investasi saham, sehingga cocok untuk sandwich generation. Apalagi saat ini emas dapat dibeli secara online dengan modal yang terjangkau, bahkan mulai dari Rp10.000. Anda dapat menyimpan emas dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk batangan maupun perhiasan. 

3. Tabungan Berjangka

Investasi dalam tabungan berjangka mirip dengan tabungan biasa, namun terdapat perbedaan pada jangka waktunya. Jenis investasi ini memberlakukan jangka waktu tertentu yang harus diikuti hingga dana bisa ditarik. Seperti deposito, tabungan berjangka juga dijamin oleh LPS dan memiliki risiko yang terbatas. 

Meskipun suku bunga yang ditawarkan tidak begitu tinggi, produk investasi ini cocok dipilih para sandwich generation untuk menghimpun dana di masa depan. Selain itu, investasi ini juga cocok untuk tujuan keuangan jangka panjang karena dana tidak dapat ditarik sewaktu-waktu. Anda bisa menggunakan tabungan berjangka untuk financial goals seperti dana pensiun, membeli rumah, dana pendidikan anak, upgrade kendaraan, dan lain sebagainya.

4. Deposito

Deposito juga menjadi salah satu instrumen investasi yang aman bagi sandwich generation. Deposito adalah investasi yang disediakan oleh lembaga perbankan dan keuangannya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jenis investasi ini menawarkan risiko yang rendah, terkait dengan fluktuasi suku bunga yang dapat dipengaruhi oleh kebijakan Bank Indonesia (BI) dan perbankan. 

Deposito umumnya menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekening tabungan. Tingkat suku bunga ini dapat bervariasi tergantung pada jangka waktu dan jumlah deposito yang Anda pilih. Suku bunga biasanya berkisar antara 4 hingga 7 persen. Minimum dana yang diperlukan untuk membuka deposito juga terjangkau dan bervariasi, mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta. Sementara jangka waktu deposito biasanya berkisar antara 1 hingga 24 bulan.

5. Surat Berharga Negara

Rekomendasi instrumen investasi yang cocok bagi sandwich generation selanjutnya adalah Surat Berharga Negara (SBN). SBN merupakan instrumen investasi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia untuk mendanai defisit anggaran dan proyek pembangunan. Investasi ini menawarkan potensi imbal hasil yang tinggi, dengan risiko yang cenderung rendah. 

Konsep investasi SBN pada dasarnya, Anda memberikan pinjaman kepada pemerintah, dengan janji pengembalian pokok dan bunga sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan. SBN terbagi menjadi dua jenis yang bisa Anda pilih sesuai prinsip keuangan masing-masing, yaitu Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). SUN adalah jenis investasi yang dikelola secara konvensional dan memberikan imbal hasil berupa pembayaran bunga secara berkala, serta pengembalian pokok hutang pada akhir periode investasi. Sementara SBSN merupakan instrumen investasi yang dikelola sesuai prinsip syariah dan memberikan imbal hasil berupa uang sewa (ujrah) yang dibayarkan setiap bulannya. 

Menggunakan Mobile Banking  untuk Investasi Reksadana

Kini pastinya Anda sudah siap berinvestasi dan merencanakan keuangan demi memutus rantai sandwich generation dan mempersiapkan keuangan di masa depan. Dari berbagai instrumen investasi yang ada, Reksadana bisa jadi pilihan terbaik bagi sandwich generation karena menawarkan risiko rendah dengan keuntungan yang kompetitif. 

Saat ini berinvestasi Reksadana juga bisa dilakukan secara mudah, salah satunya melalui platform mobile banking. Salah satu mobile banking yang menyediakan fitur investasi Reksadana adalah PermataMobile X. Mobile banking dari PermataBank ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. 

Pendaftaran PermataMobile X sangatlah mudah karena bisa dilakukan secara online, serta persyaratannya nggak ribet. Melalui PermataMobile X, Anda bisa memulai investasi Reksadana dengan modal sebesar Rp100,000. Ada empat produk investasi reksadana yang bisa Anda pilih, yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. 

Informasi lebih lengkap mengenai apa itu m banking PermataMobile X dan pendaftarannya bisa Anda baca di sini

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar