5 Mindset yang Harus Dihindari saat Berinvestasi Reksadana

Posting Komentar
Konten [Tampil]
5 Mindset yang Harus Dihindari saat Berinvestasi Reksadana
https://www.pexels.com/photo/black-blue-and-red-graph-illustration-186461/

Apa itu reksadana? Reksadana merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang banyak dipilih orang. Pasalnya, instrumen investasi ini dikenal minim resiko, aman, transparan dan mudah diakses. Terlebih, ada banyak sekali jenis reksadana yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masa depan seperti reksadana saham, campuran, pendapatan tetap, hingga pasar uang.


Apabila Anda menerapkan strategi yang tepat maka peluang return yang didapatkan akan semakin meningkat.  Namun, apabila mindset yang Anda terapkan salah tentu menimbulkan kegagalan untuk memperoleh keuntungan reksadana . Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari beberapa mindset yang salah ketika investasi reksadana.


Catat, Inilah 5 Mindset Investasi Reksadana yang Salah!

Investasi reksadana dikenal minim resiko yang ditimbulkan, hingga banyak investor pemula memperoleh return yang menguntungkan. Sayangnya, ada berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam  meraih keuntungan reksadana, salah satunya yakni pengaruh mindset.


Karena, tidak jarang banyak investor yang harus menerima kerugian karena mindset yang salah dalam berinvestasi. Berikut ini, beberapa mindset salah yang harus dihindari seorang investor agar memperoleh keuntungan reksadana secara optimal.

  1. Memantau Investasi Setiap Hari

Memantau pergerakan investasi memang menjadi agenda wajib seorang investor. Kebanyakan investor pemula melakukan pemantauan setiap hari untuk memastikan progres pergerakan investasinya mengarah positif. Padahal, itu bukanlah langkah yang tepat karena tidak akan berpengaruh pada keuntungan reksadana yang akan diperoleh. 


Perilaku ini dapat membuat Anda selalu was-was dan gegabah dalam mengambil keputusan, seperti menjual produk atau mengalihkannya padahal belum mendapat keuntungan sesuai yang diharapkan. 


Pemantauan ini seharusnya dilakukan secara berkala sesuai dengan tujuan, rencana dan jangka waktunya. Misalnya saja, untuk reksadana pasar uang yang memiliki jangka waktu kurang dari setahun, maka Anda hanya perlu melakukan pemantauan 2 atau 3 bulan sekali.

2. Investasi Merupakan Cara Instan untuk Cepat Kaya

Apakah Anda masih berpikir demikian? Jika iya, segera buang jauh-jauh mindset yang salah itu karena dapat membawa Anda masalah keuangan yang fatal. Misalnya saja, Anda dapat tergiur oleh investasi bodong ataupun tergiur return tinggi tanpa memperdulikan resiko besar yang akan ditanggung.

Anda perlu mengingat bahwa tidak ada investasi yang cepat mendatangkan kekayaan. Tentu, keberhasilan dalam investasi harus diimbangi dengan pengetahuan terkait apa itu reksadana, pengalaman, strategi, kemampuan menganalisis, konsistensi dan kematangan berpikir dalam mengambil keputusan. Bahkan, return sedikit yang stabil dapat membawa Anda mencapai finansial yang baik. 

3. Investasi Semua Dana pada Satu Instrumen

Keuntungan reksadana memang dinilai banyak orang mudah didapatkan karena minim resiko. Namun, memiliki mindset untuk menginvestasikan seluruh uang yang Anda miliki pada satu instrumen saja adalah kesalahan yang besar. Mungkin, dalam benak Anda apabila progresnya positif maka akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar pula.

Tapi, pernahkah Anda berpikir apabila kondisi sedang memburuk seperti adanya gagal bayar tentu semua uang yang Anda investasikan akan lenyap seketika. Oleh karenanya, segera buang jauh-jauh mindset keliru itu. Sebaiknya, Anda melakukan diversifikasi investasi sehingga dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

4. Menunggu Waktu yang Tepat untuk Berinvestasi

Tidak ada waktu yang tepat untuk berinvestasi, segeralah memulai investasi atau Anda akan kehilangan peluang untuk belajar. Anda tidak perlu menunggu nilai reksadana turun atau menunggu produk impian mulai dibuka penjualan sahamnya. Mindset seperti ini adalah faktor penghambat Anda dalam berinvestasi.

Anda dapat langsung mencoba berinvestasi setelah mengetahui tujuan yang akan dicapai. Anda dapat memulai investasi reksadana dengan minim resiko untuk memperoleh kepercayaan diri dalam berinvestasi. Keuntungan reksadana yang Anda dapatkan bisa menjadi motivasi yang baik untuk konsisten berinvestasi.

5. Investasi karena FOMO 

Perilaku FOMO atau fear of missing out salah satu mindset yang salah dalam berinvestasi. Sikap ikut-ikutan hanya akan membuat Anda jatuh pada lubang yang salah. Padahal, dapat kita ketahui bersama bahwa setiap orang yang berinvestasi pasti memiliki rencana dan tujuan yang jelas.

Ketika hanya mengikuti trend saja tentu akan membuat Anda melakukan tindakan yang impulsif seperti salah memilih jenis investasi hingga fatalnya tergiur investasi bodong. Maka sebelum terlambat, sebaiknya evaluasi terlebih dahulu apa tujuan Anda melakukan investasi, jangan hanya sekedar ikut trend saja.

Raih Keuntungan Reksadana dengan Mudah 

Mulai sekarang buang jauh-jauh mindset yang salah soal investasi. Saat ini harapan memperoleh keuntungan reksadana tidak hanya di angan saja, bersama digibank by DBS Anda bisa mewujudkannya! Aplikasi digibank by DBS merupakan aplikasi investasi terpercaya yang menyediakan lebih dari 150 produk investasi, termasuk reksadana. 

Anda tidak perlu khawatir bertransaksi melalui aplikasi ini karena terjamin aman di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Keuntungan reksadana jauh lebih mudah Anda dapatkan ketika bertransaksi menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Adapun keunggulan lain yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan digibank by DBS antara lain :

  • Investasi terjangkau dengan modal mulai dari Rp100 ribu. 
  • Pembelian reksadana secara berkala terasa lebih fleksibel. 
  • Tersedia 3 kategori reksadana yaitu reksadana terbaik, terpopuler, serta scoring terbaik. 
  • Ada lebih dari 50 penawaran produk reksadana yang bisa dibeli.
  • Mudah daftar SID (Single Investor Identification) serta jual, beli, dan switch reksadana melalui satu aplikasi mobile. 


Melalui aplikasi ini Anda bisa mengetahui lebih jelas terkait apa itu reksadana dan bagaimana transaksi yang benar dan aman. Berbagai keunggulan di atas dapat membantu Anda dalam meraih return. 


Investasi reksadana juga sangat disarankan bagi Anda seorang investor pemula karena minim resiko. Jadi tunggu apalagi, segeralah berinvestasi bersama digibank by DBS. Info selengkapnya dapat Anda ketahui di sini.



Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar