Cocok untuk Kaum Mager, Berikut Tips Agar Semangat Olahraga

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamu'alaikum sahabat Bunda imut, pekan ini udah berapa kali olahraga, nih? Makin semangat atau malah malas olahraga karena weekend? Maunya mager-mageran aja deh kayaknya. Ada yang sama nggak? 

Tips-agar-semangat-olahraga

Karena kebetulan beberapa hari kemarin lagi ikut webinar tentang tips semangat olahraga meski dilakukan dirumah, saya coba rangkum dan tulis disini, ya. Semoga bisa membantu mengembalikan semagat teman-teman yang lagi mager berolahraga. Hehehhe

Jangan mager lagi, ya. Karena olahraga itu sangat penting. Berikut rangkuman webinar "Tips agar semangat olahraga di akhir pekan" yang bisa teman-teman praktekkan dirumah. 

Selama dua tahun lebih kita di uji dengan kondisi pandemi covid-19, banyak sekali masyarakat yang makin sadar betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan menyeimbangkan aktivitas sehari-hari dengan melakukan olahraga. 

Dengan berolahraga akan menjadikan saya tahan tubuh kita menjadi kuat karena racun akan terbuang dengan keluarnya keringat dan akan membentuk antibodi untuk tubuh kita. Dengan adanya beberapa ilmu tentang jenis dan ragam olahraga, salah satunya adalah olahraga yang dapat dilakukan didalam ruangan, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

Contoh olahraga trend yang bisa dilakukan dirumah adalah bersepeda. Trend olahraga yang biasa disebut dengan indoor cycling ini bisa menjadi olahraga yang sangat efektif, tentunya dengan didukung perlengkapan olahraga yang sesuai. 

Meskipun banyak pusat kebugaran atau tempat gym yang menyediakan bermacan-macam sarana juga prasarana yang bisa memenuhi kebutuhan berolahraga masyarakat, dalam kondisi seperti sekarang ini orang-orang lebih banyak memilih untuk melakukan olahraga sendiri dirumah karena lebih dirasa fleksibel. 

Nah, agar makin semangat berolahraga, langkah awal yang kita butuhkan adalah dengan memenuhi kebutuhan perlengkapan olahraga. Dengan memilih perlengkapan olahraga yang sesuai akan membuat aktivitas olahraga kita menjadi maksimal dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan

Tips Memilih Alat Olahraga di Rumah Dengan Tepat

1. Olahraga Kardio

Olahraga kardio merupakan jenis latihan gerak tubuh yang berguna untuk membakar kalori dan lemak tubuh. Menurut Harvard Medical School, beberapa alat olahraga yang bisa di gunakan untuk tujuan kardio adalah sebagai berikut:

1. Alat dengan rangka besi atau plastik serta karet di bagian alasnya ini berguna untuk olahraga seperti berjalan, berjalan cepat, ataupun berlari. Beberapa model treadmill yang dijual di pasaran menawarkan permukaan yang fleksibel dan tidak menonjol. 

Tips: belilah treadmill yang memiliki motor yang kuat, sabuk pengaman yang panjang, rangka kokoh dengan rel di sisi depan, serta perangkat atau sensor penghenti darurat. Semua tips ini tentu berguna baik untuk keselamatan Anda, sekaligus kantong Anda.

2. Sepeda statis. 
Meskipun hanya dalam rumah, sepeda statis ternyata bisa memberikan manfaat bagi Anda yang ingin melakukan olahraga kardio. Alat olahraga ini sudah terbukti bisa mengurangi massa kalori dan lemak tubuh jika latihan yang dilakukan rutin dan sesuai dengan tujuan akhir Anda.

Tips: carilah model dengan jepit dudukan kaki yang nyaman dan dapat disesuaikan, juga jok yang empuk. Kalaupun tidak dapat kursi sepeda statis yang empuk, Anda bisa menggantinya dengan model bantalan empuk yang bisa dibeli terpisah.

2. Olahraga Kekuatan

Seperti namanya, olahraga kekuatan atau strength workout bertujuan untuk membantu Anda mendapatkan kekuatan tubuh. Beberapa contoh olahraga kekuatan meliputi pemanfaatkan gravitasi, pemberian beban pada tubuh, ataupun pemberian tegangan sebagai gaya resistansi. Alat olahraga kekuatan ini seperti:

1. Matras latihan. 
Alat ini lazim digunakan oleh orang yang melakukan yoga ataupun latihan gerak untuk kekuatan seperti plank atau push-up. 

Tips: pilih matras antiselip dan empuk untuk latihan gerak di lantai.

2. Beban pergelangan kaki. 
Alat olahraga yang berfungsi sebagai pelindung ini umumnya berbahan dasar karet. 
Tips: carilah beban pergelangan kaki yang memiliki bantalan nyaman dan saku yang dirancang kuat untuk menahan palang (pemberat) hingga setengah kilogram.

Tips Agar Semangat Olahraga dirumah

Salah satu tips agar tetap semangat melakukan olahraga adalah dengan membiasakan memotivasi diri agar tetap rajin berolahraga meski dirumah. Bagaimana caranya? Teman-teman bisa mencoba cara berikut ini, ya. 

  • Tetapkan tujuan dan buat rencana olahraga
  • Gunakan pakaian olahraga meskipun sedang malas berolahraga
  • Jadikan olahraga sebagai kebiasaan
  • Fleksinelkan waktu dan jenis olahraganya
  • Putar musik atau gunakan aplikasi olahraga yang sedang hits
  • Siapkan hadiah untuk diri sendiri
  • Pertahankan komitmen untuk selalu hidup sehat

Dengan menjaga motivasi olahraga tetap tinggi, kita juga perlu untuk bisa menemukan jenis olahraga yang sesuai dengan minat dan hobi, mix and match sesekali jika mulai bosan. Selain itu, teman-teman juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk semakin menambah semangat berolahraga.

Semoga artikelnya bermanfaat, ya. Jika teman-teman ada Ide atau tips agar semangat berolahraga dirumah boleh silakan sharing di kolom komentar. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar