Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tips Ngobrol Efektif Dan Asyik Dengan Suami

12 komentar
Konten [Tampil]
Tips ngobrol efektif dan asyik dengan suami

Assalamualaikum sahabat bunda imut ;) 
Pas banget bulan februari yang katanya banyak disebut dengan bulan kasih-sayang, termasuk dengan pasangan. Kalau saya, mengungkapkannya lebih banyak dengan ngobrol yang efektif dan asyik.

Adakah di antara kalian yang jika dirumah sangat sulit komunikasi dengan suami? Biasanya banyak yang susah memahami tentang cara bicara hati ke hati dan cara berbicara dengan suami yang baik.

Padahal ada banyak manfaat baik jika kita mampu menyisihkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk mengobrol berdua, lho. Salah satunya adalah agar pasangan suami-istri bisa bicara masalah kecil dalam rumah tangganya dan bisa segera menyelesaikan masalahnya tersebut.

Karena, jika setiap permasalahan kecil yang kerap muncul nggak langsung dicari jalan keluarnya, maka lama-kelamaan masalah kecil tersebut bisa menumpuk dan bisa jadi tiba-tiba akan meledak kapan saja. Serem kan?

Nah, kali ini saya akan menuliskan beberapa tips yang bisa sahabat aplikasikan dalam kehidupan rumah tanggamu agar kamu dan pasangan bisa lebih leluasa dan nggak canggung untuk mengobrol 30 menit setiap hari. Yuk, simak artikel berikut ya

1. Pahami Karakter Pasangan 

Untuk menemukan chemistry antar pasangan,Sudah sebaiknya ketahui dulu bahwa sifat manusia terbagi dalam beberapa jenis karakter. Yaitu sanguinis, korelis, melankolis, dan plegmatis. Masing-masing karakter memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri juga ada ciri-ciri tersendiri.

Dengan saling memahami dan mengerti karakter pasangan, kalian beserta pasangan akan bisa saling menemukan chemistry antara satu dan yang lain. Chemistry ini berarti bahwa kamu dan pasanganmu punya rasa kesejiwaan untuk bisa saling melengkapi. Jika chemistry sudah ada, kamu dan pasangan bisa lebih nyaman dan nyambung saat mengobrol dan berdiskusi dengan suami.

2. Tetapkan Waktu Yang Pas Untuk Mengobrol

Sebaiknya bikin waktu dan kesepakatan kapan sahabat akan ngobrol dan menyampaikan uneg-uneg pada suami, pilih waktu untuk mengobrol yang pas di setiap harinya dengan pasangan kamu, agar komunikasi bisa lebih nyaman dan tak mengganggu aktifitas yang lain.

Penentuan waktu mengobrol ini cukup fleksibel, bisa kapan saja. Misalnya sebelum waktu tidur, setibanya suami pulang dari kantor, saat anak-anak sudah terlelap, atau sesudah menunaikan salat subuh. Yang terpenting, ketika kesepakatan sudah dibuat, kamu dan pasangan harus konsisten menjalankannya.
Tips ngobrol efektif dan asyik dengan suami


3. Bicara To The Point

Selain lebih menghemat waktu, mengobrol dari hati ke hati dan langsung ke inti pembicaraan juga gak akan bikin pasangan geregetan karena penasaran. Meskipun saya sendiri selalu berbelit-belit dulu saat ngobrol dengan suami. Padahal, para suami sesungguhnya paling malas bermain kode-kodean. Mereka lebih suka bicara to the point agar bisa segera menangkap inti perbincangan.

Untuk itu, sebaiknya memang selalu biasakan untuk berbicara langsung ke poin utama obrolan, sebelum pasanganmu keburu malas mendengar cerita dari kamu.

4. Hindari Berbicara Dan Kasar

Meskipun saya sendiripun nggak bisa mengontrol kalimat yang sudah diucapkan, apalagi ketika emosi sudah menguasai udah pasti akan ada kalimat kasar yang tersampaikan. Nah, kebiasaan buruk tersebut sebaiknya kamu hindari dan jangan sampai terjadi ketika kamu dan pasangan sedang mengobrol bersama, ya. Bagaimanapun juga, kalian harus bisa menahan emosi meski kadang terasa berat.

Saat emosi secara mendadak hendak menyerang, redakan dengan menarik napas panjang dan hembuskan selama beberapa kali. Kalian juga bisa menerapkan terapi "pelukan" saat kamu melihat pasanganmu yang nampak sedang kesal.

5. Hindari Mengobrol Dengan Bermain Ponsel

Tips ngobrol efektif dan asyik dengan suami


Matikan seluruh perangkat elektronik dan gadget agar sesi mengobrol kamu dan pasangan bisa dimanfaatkan dengan maksimal tanpa terganggu oleh orang lain, matikanlah televisi, laptop, dan gadget. Karena, jika ketiga benda tersebut masih menyala di saat kalian mengobrol berdua, sudah pasti kalian nggak akan fokus dan menikmati obrolan kalian.

6. Perhatikan Mata Pasangan Saat Berbicara

Tatap mata pasangan saat dia sedang bicara, Nah selain bisa lebih fokus pada bahan obrolan, mematikan perangkat elektronik dan gadget juga memberi kamu peluang untuk menatap mata atau wajah pasangan saat dia sedang mulai bercerita.

Menatap lawan bicara mengindikasikan kalau kamu menghargainya dan sepenuh hati memperhatikannya ketika dia sedang berbicara. Fokus menatapnya juga bisa lebih menenangkan dan mendamaikan hati pasangan, lho.

7. Hindari Ungkapan Menyalahkan

Sebaiknya hindari kalimat yang bernada menyalahkan atau memojokkan pasangan. Contohnya seperti "lha kan salah kamu, harusnya kamu jangan begini"

Duuhhh, rasanya pasti sakit kan saat ngobrol malah ditanggapi dengan kalimat begitu oleh pasangan? Kalimat di atas merupakan salah satu contoh kalimat bernada menyalahkan dan memojokkan pasangan. Alih-alih bikin adem hati dia, kalimatmu tadi justru bikin dia makin sedih, makin ngerasa nggak berguna dan makin membuat dia nggak percaya diri.

Sebaiknya hindari kalimat dengan nada tersebut dengan menggantinya dengan kalimat yang lebih sopan dan lembut. Contohnya seperti "nggapapa, tapi lain kali harus lebih di hati-hati ya, biar bisa nggak sampai terjadi kayak gitu lagi" dijamin pasanganmu pasti bakal luluh dan merasa lebih dihargai.

8.  Selingi Obrolanmu Dengan Bercanda Agar Lebih Efektif Dan Asyik

Ada saat dimana saat kamu dan pasangan sedang membahas hal yang serius, bukan berarti kamu gak boleh menyelipkan sedikit gurauan di dalamnya. Topik guyonan terkadang perlu dibubuhkan juga saat sesi mengobrol antar suami-istri agar kalian nggak terlalu tegang dalam berdiskusi, gurauan ini juga bisa membuat sesi ngobrolku tetap efektif dan asyik.

Tetapi ingatlah, ketika bergurau jangan sampai kebablasan ya, jangan sampai karena guyonanmu pasangan jadi tak berselera kembali untuk mengobrol denganmu.

Nah, ternyata sangat mudah kan untuk berdiskusi, meluangkan waktu untuk mengobrol dengan pasangan setiap hari. Dengan tips ngobrol efektif dan asyik yang sudah saya tulis di atas, semoga kalian akan tahu tentang cara berbicara sopan kepada suami, dan kalian akan bisa mengatasi jika kalian sulit komunikasi dengan suami.

Semoga bermanfaat ya.

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

12 komentar

  1. Menghindari ungkapan menyalahkan menurutku penting buat komunikasi. Ada rasa malas lagi kalau mau apa-apa disalahkan. Jadinya bisa tidak jujur. Tidak hanya untuk pasangan, bersama teman pun bisa begitu.

    BalasHapus
  2. Kalau dipikir-pikir kayaknya aku yang sering seperti itu wkwkw, soalnya perempuan itu tidak pernah salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeh, ada yang curcol di sini, wkwkw. Ya, memang kebaikan diri sendiri itu terlihat lebih nyata daripada kekurangannya sih :D :D

      Hapus
  3. Emang harus jauh-jauh dari gadget kalau ngobrol bund, nggak enak soalnya kaya dicuekin.

    BalasHapus
  4. Aku sukanya sebelum tidur sih hahaha kayak berasa lebih intim aja gitu suasananya mbak

    BalasHapus
  5. kayanya waktu yang pas buat ngobrol dengan pasangan itu emang sebelum tidur ya

    BalasHapus
  6. Tertarik dengan tipe-tipe anguinis, korelis, melankolis, dan plegmatis. Kira-kira pasangan saya yang mana ya? Bikin artikel tentang ini dong, Bun!

    BalasHapus
  7. Moment paling aku nanti-nanti adalah mendengarkan suami bercerita. Dalam hal ini cerita suami lebih menarik dan selalu bikin nagih. Jadi aku tipe pendengar yang baik. wkwkwk ..

    BalasHapus
  8. Makasih sarannya bund, nnti aku praktekin sana jodoh hehe.
    Btw, aku juga tipe pendengar nih, nnti jdhku yg cerita panjang lebar hhe

    BalasHapus
  9. Banyak triknya ternyata saat berbicara dengan pasangan. Aku belajar dulu sambil nunggu jodohnya datang..

    BalasHapus
  10. Jujur sekarang waktu saya ngobrol dengan suami, tidak lebih dari setengah jam sehari. Bahaya sebenarnya nih...
    Karena memang pekerjaannya full Senin-Ahad. Karena selalu pulang malam, jadi kalau ada waktu kosong...ya tidur.
    Selama ini mensiasatinya yang chat di wa, kirim VN. Malah tadi pagi tumben paksu kirim video YT lagu sepanjang hidupku, ihiiiirrr

    BalasHapus
  11. Setujuuu, wlpn nggak bisa pisah dgn gadget, tetap harus dikurangi pelan² ya

    Demi kehidupan yg lebih bahagia dan harmonis 🤩

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email